Kelebihan dan Kekurangan Bank Danamon, Kamu Harus Tau

Kelebihan dan Kekurangan Bank Danamon – Industri perbankan sudah menguasai Indonesia sejak jaman dahulu. Industri ini berkembang pesat hingga di era sekarang. 

Menurut Badan Pusat Statistik, tercatat terdapat 110 bank yang terdiri dari bank umum konvensional dan bank umum syariah. BPS juga mencatat adanya bank perkreditan rakyat. 

Bank  memberi banyak pilihan layanan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya.

Sebagai calon nasabah, tentu kita dihadapkan dengan banyaknya pilihan perbankan.  Pilihan ini juga perlu dipertimbangkan dengan matang karena setiap bank memiliki produk, fasilitas dan biaya yang berbeda yang harus ditanggung oleh nasabah.

Calon nasabah perlu menimbang pros and cons sebuah bank sebelum menggunakan layanannya.

Pada kesempatan ini, Kami akan mengulas salah satu bank yang menjadi salah satu layanan perbankan yang terkenal di Indonesia. Bank dengan logo hijau dan kuning ini kerap memberikan pelayanan terbaiknya untuk mencapai kepuasan pengguna.

Mengenal Bank Danamon

Kilas balik mengenai asal-usul Bank Danamon, Bank yang berdiri di tahun 1956 ini sebelumnya bernama Bank Kopra Indonesia dan berganti menjadi Bank Danamon dua puluh tahun kemudian di tahun 1976.

Dikenal sebagai pelopor bank yang menyediakan layanan pertukaran mata uang asing, bank danamon diakui sebagai bank devisa pertama di Indonesia.

Dimiliki oleh pihak swasta, bank yang mempunyai slogan dan motto “Saatnya pegang Kendali” ini sudah mengembangkan sayapnya ke seluruh nusantara. Mulai dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera hingga Sulawesi sudah berdiri kantor wilayah bank danamon.

Kini, bank danamon menjadi salah satu bank yang berpengaruh di industri perbankan Indonesia. Dengan pertumbuhan laba bersih sebesar Rp998 miliar, naik 18%  dari tahun sebelumnya, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) membuka laporan kinerja keuangan semester pertama tahun 2021 dengan hasil yang baik.

Selain itu, The Asian Banker, salah satu majalah industri keuangan bergengsi di Asia Tenggara, memberi penghargaan kepada PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Best Virtual Account InitiativeApplication or Programme – Virtual Account API dalam acaraTransaction Finance Awards 2021.

Bank Danamon menyediakan berbagai macam produk dan layanan yang lengkap bagi para nasabah, baik personal maupun bisnis.

Kelebihan dan Kekurangan Bank Danamon

Sebagai calon nasabah, kelebihan dan kekurangan layanan bank yang digunakan harus diperhatikan.

Seperti rangkuman dibawah ini yang dapat menjadi guidance terhadap calon nasabah sebelum menggunakan produk dari bank danamon.

Kelebihan Bank Danamon

Adapun kelebihan dari Bank Danamon adalah sebagai berikut ini:

  • Wide Network
  • Pilihan produk dan layanan lengkap
  • Layanan E-Banking Danamon

Wide Network

Keberadaan Bank Danamon yang sudah bertahu-tahun lamanya, membuat jaringan bank ini sangat luas hingga pelosok negeri. Tercatat hingga tahun 2017, lebih dari 1.600 cabang telah dimiliki oleh Bank Danamon.

Bank Danamon juga memiliki jaringan yang luas untuk anjungan tunai mandiri atau yang biasa dikenal dengan ATM. Lebih dari 1.300 ATM Bank Danamon telah tersebar luas serta adanya 70 mesin setoran tunai di penjuru Indonesia.

Bank Danamon juga memiliki kantor wilayah diberbagai kota, sehingga pengguna dapat melakukan transaksi di banyak area.

Pilihan produk dan layanan lengkap

Kelebihan lain yang dapat menjadi pertimbangan calon nasabah adalah bank ini memiiliki berbagai produk dan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dengan lini bisnis yang beragam, pengguna bisa berasal dari pengguna personal atau pun bisnis. Personal User dapat menggunakan jasa bank danamon dalam melakukan tabungan, peminjaman dana, penggunaan kartu untuk bertransaksi, asuransi hingga penggunaan bank syariah yang cukup populer di Indonesia.

Untuk bisnis, jasa yang disediakan juga beragam. Bank Danamon menyediakan tabungan, manajemen keuangan, investasi dan jasa lainnya yang membantu kelancaran aktivitas keuangan bisnis.

Layanan E-Banking Danamon

Di era kemajuan teknologi, Bank Danamon membuat terobosan terbaru untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Kehadiran E-Banking tentu menjadi nilai plus bagi calon nasabah.

Dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di software iOS dan android, transaksi kini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Layanan ini juga tersedia selama 24 jam dan dapat dilakukan setiap hari sehingga akses kegiatan transaksi nasabah akan jauh lebih mudah.

Kekurangan Bank Danamon

Adapun kelemahan dari Bank Danamon adalah sebagai berikut ini:

Layanan E-Banking Bermasalah

Dibalik kemudahan penggunaan layanan E-Banking, tentu tersimpan kekurangan. Dalam segi keamanan, pengguna E-Banking rawan terkena penipuan, karena maraknya modus penipuan yang mengatasnamakan institusi keuangan.

E-banking memerlukan password dalam penggunaannya untuk keamanan user. Namun, nasabah harus berhati-hati dalam memilih dan menyimpan password agar tidak dapat dibobol oleh pengguna tidak bertanggung jawab.

Pengguna E-Banking juga tentunya harus memiliki smartphone dengan software yang kompatibel serta dengan sinyal internet yang tersambung untuk penggunaannya. Namun, permasalahan ini tentunya juga dihadapi oleh pengguna bank secara umum.

Biaya transaksi berbeda-beda

Bank Danamon mengenakan sejumlah fee yang harus dibayarkan oleh nasabah dalam melakukan transaksi tertentu yang biasa disebut biaya administrasi dan biaya layanan.

Menurut kebijakan Bank Danamon, bank akan mengenakan fee terhadap transaksi deposit, transfer, pengambilan kas, dan pembayaran dengan jumlah yang berbeda-beda.

Fee tentunya menyesuaikan dengan layanan yang diterima oleh nasabah.

Kesimpulan

Uraian diatas adalah ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Bank Danamon. Bagi calon nasabah yang ingin menggunakan layanan bank, Bank Danamon bisa menjadi pertimbangan Anda.

Bank ini menyediakan berbagai produk dan layanan yang sudah terpercaya dengan jangkauan luas di seluruh Indonesia. Penggunaan transaksi pun dapat dilakukan kapan saja dengan produk E-Banking Danamon.

Leave a Comment