Kelebihan dan Kekurangan Bank Mega – Di dunia dengan sistem ekonomi seperti sekarang ini, aktivitas perbankan sudah menjadi salah satu aktivitas utama yang dijalankan oleh masyarakat sehari-hari.
Hal ini terjadi karena hampir seluruh kegiatan bisnis dan pekerjaan masyarakat saat ini pasti memiliki hubungan yang erat dengan dunia perbankan, baik untuk simpanan, pengajuan pinjaman, dan masih banyak lagi.
Untuk itu, ranah perbankan di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bank yang menyediakan beragam layanan perbankan bagi para nasabah.
Di Indonesia sendiri, bank terbagi atas 2 jenis berdasarkan kepemilikannya, yakni bank pemerintah dan bank swasta.
Sebenarnya, sistem operasional kedua jenis bank ini adalah sama, dan hanya memiliki perbedaan pada sumber kepemilikan serta struktur organisasi.
Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa bank swasta serta bank pemerintah memiliki kualitas layanan yang relatif setara. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas salah satu bank swasta yang cukup popular di Indonesia, yakni Bank Mega.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia yang terbiasa berhubungan dengan dunia bisnis dan perbankan pasti sudah tidak asing lagi dengan Bank Mega ini.
Ya, Bank Mega memang termasuk salah satu bank yang sudah lama beroperasi di Indonesia. Tak hanya itu, Bank Mega juga gencar meluncurkan berbagai iklan komersial menarik baik di media cetak maupun media elektronik.
Untuk itu, mari kita kenali Bank Mega secara lebih dalam melalui ulasan singkat berikut ini tentang Kelebihan dan Kekurangan Bank Mega.
Mengenal Bank Mega
Pada mulanya, Bank Mega mulai didirikan sejak tahun 1969, dan merupakan bagian dari PT. Bank Karman yang berpusat di kota Surabaya, Jawa Timur.
Setelah itu, pusat operasional Bank Karman direlokasi ke Jakarta dan berubah nama menjadi Mega Bank sejak tanggal 1 Januari 1992. Pada tahun 1996, kepemilikan dari Bank Mega akhirnya diambil alih oleh CT Corp.
Sampai saat ini, Bank Mega berada di bawah naungan CT Corp, bersamaan dengan bidang usaha lain seperti media (Trans TV), retail (Trans Mart), dan masih banyak lagi.

Bank Mega sendiri memiliki banyak sekali jenis produk dan layanan perbankan yang ditawarkan. Produk dan layanan ini mencakup simpanan, pengajuan pinjaman, asuransi, pengelolaan keuangan, dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu, Bank Mega juga menyediakan layanan perbankan berbasis Syariah, yang dioperasikan secara terpisah, melalui Bank Mega Syariah.
Kelebihan dan Kekurangan Bank Mega
Sama seperti bank di Indonesia pada umumnya, Bank Mega juga memiliki kelebihan serta kekurangannya yang patut dijadikan bahan pertimbangan.
Apa sajakah kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Bank Mega? Berikut telah kami rangkum ulasan lengkapnya.
Kelebihan Bank Mega
Adapun beberapa kelebihan Bank Mega dibandingkan dengan Perbankan yang lain adalah sebagai berikut:
- Produk serta Layanan Perbankan yang Lengkap
- Tersedia Layanan Perbankan secara Online
- Tersedia Banyak Promo Menarik
Produk serta Layanan Perbankan yang Lengkap
Salah satu kelebihan atau keunggulan utama yang ditawarkan oleh Bank Mega adalah banyaknya produk serta layanan perbankan yang lengkap dan variatif.

Produk serta layanan Bank Mega ini di antaranya mencakup simpanan (simpanan personal dan simpanan bisnis), pinjaman (personal loan / kredit personal serta pinjaman bisnis / pembiayaan), asuransi, kartu kredit, wealth management (pengelolaan keuangan), dan masih banyak lagi.
Hal ini tentu sangatlah menguntungkan bagi nasabah yang ingin menikmati berbagai layanan perbankan hanya melalui satu bank saja.
Tersedia Layanan Perbankan secara Online
keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh Bank Mega ini adalah tersedianya layanan perbankan secara online yang sangat lengkap.
Kini, para nasabah Bank Mega sudah tidak perlu mengunjungi ATM atau kantor cabang Bank Mega untuk melakukan berbagai kegiatan perbankan secara langsung, karena dapat dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun situs yang telah disediakan.

Layanan perbankan online Bank Mega ini mencakup layanan berbasis mobile serta layanan berbasis internet banking. Layanan berbasis mobile banking Bank Mega dapat diakses melalui aplikasi M-Smile yang dapat diunduh melalui smartphone.
Sementara itu, layanan berbasis internet banking dapat diakses melalui situs Mega Internet. Pada dasarnya, kedua jenis layanan ini menyediakan ragam fitur yang hampir mirip, seperti transfer dana, pengecekan saldo, informasi rekening, pembayaran tagihan, pembelian produk digital, dan masih banyak lagi.
Tersedia Banyak Promo Menarik
Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Bank Mega memang merupakan bagian dari salah satu perusahaan besar di Indonesia, yakni CT Corp.

Banyak sekali jenis usaha lainnya yang terafiliasi dengan CT Corp, seperti retail (Transmart), hiburan (Trans Studio, Trans Mall, dll), Food & Beverage (Baskin Robbins, Wendys, dll). Untuk itu, Bank Mega banyak sekali memberikan beragam promo menarik bagi nasabah, terutama promo pada bidang usaha CT Corp yang lainnya.
Untuk itu, nasabah dapat menikmati keuntungan ini melalui promo beragam produk dan layanan dari CT Corp, serta promo menarik lainnya.
Kekurangan Bank Mega
Adapun kekurangan dari Bank Mega dibandingkan dengan Perbankan yang lain adalah sebagai berikut:
- Tidak tersedia Layanan SMS Banking dan UMB
- Terdapat Biaya Bulanan
Tidak tersedia Layanan SMS Banking dan UMB
Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Bank Mega adalah tidak tersedianya layanan perbankan digital berupa SMS Banking dan USSD Menu Browser (UMB).
Biasanya, layanan SMS Banking dan UMB ini dimanfaatkan oleh nasabah dengan keterbatasan jaringan internet, karena layanan tersebut hanya memanfaatkan jaringan seluler.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Bank Mega menyediakan layanan call center Mega Call yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses ragam informasi dan layanan, yang dapat dihubungi di nomor 08041500010.
Terdapat Biaya Bulanan
Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Bank Mega adalah nasabah yang memiliki simpanan dana di Bank Mega akan dikenakan biaya bulanan.
Komponen biaya bulanan ini mencakup biaya (charge) di bawah saldo minimum, biaya rekening dormant, biaya administrasi, serta biaya admin & layanan. Komponen biaya ini memang berbeda-beda, tergantung pada jenis simpanan yang dipilih.

Namun, nasabah tidak perlu khawatir. Pasalnya, biaya bulanan yang dikenakan ini sepadan dengan layanan yang akan diterima. Nasabah akan selalu dapat mengakses berbagai layanan terbaik Bank Mega dengan mudah, baik secara online maupun secara langsung.
Oleh sebab itu, banyak dari nasabah Bank Mega yang merasa tidak keberatan dengan biaya bulanan yang dikenakan.
Kesimpulan
Demikianlah ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Bank Mega. Untuk dapat mengetahui informasi lainnya berkenaan dengan Bank Mega, Anda dapat mengakses situs resmi Bank Mega di bankmega.com, atau dengan menghubungi Mega Call di nomor 08041500010.