6 Manfaat Mobile Banking, Fitur, dan Cara Mendaftarnya

Pasti sudah familiar bukan dengan internet mobile banking? Ternyata ada banyak manfaat mobile banking yang belum banyak diketahui orang. Mobile banking sendiri merupakan sebuah layanan yang dibuat oleh pihak bank untuk memberikan kenyamanan bagi setiap nasabah. 

Mengenal Pengertian dari Mobile Banking

Mengenal-Pengertian-dari-Mobile-Banking

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat dari membuat mobile banking, ketahui dulu apa pengertiannya. Mobile banking atau yang dikenal dengan istilah m banking merupakan sebuah layanan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi jarak jauh. 

Segala jenis transaksi yang dilakukan dapat menggunakan smartphone jadi lebih cepat dan mudah. Mobile banking sendiri biasanya berupa aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Dibandingkan dengan SMS banking, lebih mudah dalam menggunakan mobile banking. 

Jika menggunakan SMS banking nasabah harus mengetik format untuk melakukan transaksi. Akan tetapi berbeda dengan mobile banking yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk melakukan transaksi. Jadi nasabah tinggal mengunduhnya saja lalu dapat langsung digunakan. 

Sebelum itu, nasabah harus membuat akun terlebih dahulu di cabang bank terdekat. Nantinya pihak bank akan membantu membuat akun yang kemudian diaktifkan. Baru setelah akun aktif, nasabah bisa mulai menggunakan aplikasi untuk melakukan transaksi. 

Fitur yang Terdapat Pada Mobile Banking 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat mobile banking ketahui dulu fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi mobile banking. Ini dia beberapa fitur yang terdapat di aplikasi BRI Mobile. 

1. Transfer

Transfer

Fitur pertama adalah fitur untuk transfer atau melakukan transaksi secara online. Nasabah yang membuka fitur ini maka akan diminta untuk memasukkan nomor rekening dan nama bank, kemudian setelah itu tulis nominal uang yang akan ditransfer. 

2. Dompet Digital

Dompet-Digital

Fitur kedua yang terdapat pada aplikasi BRI Mobile adalah dompet digital. Dompet digital merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk melakukan top up. Misalnya nasabah ingin mengisi ulang Link Aja, OVO atau Gopay bisa menggunakan fitur ini. 

3. Riwayat Transaksi

Riwayat-Transaksi

Fitur berikutnya adalah fitur riwayat transaksi yang berisi tentang laporan mengenai transaksi. Akan muncul tanggal atau waktu nasabah melakukan transaksi. Untuk di BRI Mobile nasabah bisa memilih fitur atau menu aktivitas dan mutasi rekening. 

4. Pembayaran Lainnya

Pembayaran-Lainnya

Fitur keempat adalah fitur untuk melakukan pembayaran lainnya. Di BRI Mobile nasabah bisa melakukan pembayaran listrik, pulsa/data, BPJS, KAI, PDAM, TV kabel dan pembayaran lainnya. Pembayaran jadi lebih mudah karena bisa dilakukan di rumah saja. 

5. BRIVA

BRIVA

Menerima juga pembayaran yang menggunakan BRIVA. Caranya Anda harus tahu nomor BRIVAnya dulu baru kemudian nasabah bisa langsung membayar BRIVA sesuai dengan nominalnya. 

Manfaat Mobile Banking

Manfaat-Mobile-Banking

Ternyata ada banyak manfaat dari mobile banking yang masih belum banyak diketahui orang. Beberapa manfaat dari mobile banking adalah sebagai berikut: 

1. Mutasi Rekening Jadi Lebih Rapi dan Cepat 

Manfaat adanya mobile banking yang pertama adalah mutasi rekening jadi lebih rapi dan cepat. Cara ini akan lebih mudah dibanding dengan Anda yang melakukan pengecekan struk selesai transaksi. Anda juga tidak perlu menyimpan struk tersebut. 

Mobile banking akan melakukan pencatatan secara berkala, setiap ada transaksi yang terjadi langsung terinput ke dalam mobile banking. Selain itu nasabah juga dapat mengisi keterangannya sendiri transaksi tersebut digunakan untuk apa misalnya “gaji Andi”. 

2. Tidak Perlu Membawa Bukti Transfer 

Keuntungan yang kedua adalah Anda tidak perlu membawa bukti transfer. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa mutasi rekening dapat langsung Anda lihat. Oleh karena itu tidak perlu lagi membawa bukti transfer lagi. 

3. Memudahkan Pembayaran 

Manfaat mobile banking yang berikutnya adalah memudahkan pembayaran. Pembayaran akan lebih cepat dan mudah jika Anda menggunakan payment gateaway. Adanya sistem pembayaran ini membuat nasabah bisa melakukan transaksi walaupun jenis mobile bankingnya berbeda. 

Contohnya adalah jika seorang nasabah ingin mentransfer ke rekening BCA sedangkan Anda hanya punya rekening Mandiri. Oleh karena itu tidak mungkin memintanya untuk mengganti ke Mandiri bukan? Pembayaran jadi lebih mudah kalau menggunakan mobile banking. 

Oleh karena itu ketika akan melakukan transaksi maka Anda tinggal memilih jenis bank yang digunakan oleh penerima. Anda juga tidak perlu memasukkan kode seperti ketika melakukan transaksi lewat mesin ATM. 

4. Transaksi Bisa Dilakukan Selama 24 Jam 

Manfaat yang berikutnya adalah Anda dapat melakukan transaksi selama 24 jam alias kapan saja. Mobile banking yang ada di ponsel bisa digunakan kapan saja dibutuhkan. Tidak perlu menunggu jam buka bank jika ingin melakukan transaksi. 

Misalnya memiliki sebuah toko yang hanya beroperasi sampai pukul 6 saja. Akan tetapi jika ada pelanggan yang membeli maka bisa melakukan pembayaran kapan saja, tidak perlu menunggu sampai toko buka. Pelanggan dapat membayar pada tengah malam dan tentu hal tersebut sangat menguntungkan pemilik. 

5. Dapat Mengetahui Sumber Dana 

Manfaat menggunakan mobile banking yang berikutnya adalah dapat mengetahui sumber dana dengan mudah. Tidak perlu meminta pelanggan untuk mengirimkan bukti transfer karena sumber dananya bisa langsung tertera dari pemberitahuan yang muncul di ponsel. 

Manfaat ini akan semakin terasa apabila Anda menjadikan satu rekening usaha dengan rekening pribadi. Sebagai pemilik usaha tidak akan kebingungan mencari sumber dananya dari mana. Hal ini tentu akan memudahkan pemilik usaha jika ada pelanggan yang tidak melakukan konfirmasi. 

6. Transfer Uang Jadi Lebih Cepat 

Manfaat mobile banking yang berikutnya adalah transfer uang jadi lebih cepat. Lengkapnya fitur di mobile banking membuat proses transfer jadi lebih cepat. Apalagi bagi nasabah yang bekerja sebagai pengusaha, tentu membutuhkan mobile banking untuk melakukan transaksi kemana pun. 

Cara Mendaftar Mobile Banking

Cara-Mendaftar-Mobile-Banking

Mobile banking merupakan sebuah aplikasi yang dibutuhkan oleh semua orang. Alasannya adalah karena melakukan berbagai jenis transaksi bisa lebih praktis dan cepat. Jika ingin mendaftar Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut: 

1. Cara Mendaftarkan Mobile Banking ke Kantor Cabang 

Cara pertama adalah dengan langsung mendatangi kantor cabang dari bank tersebut. Persyaratan yang harus dibawa adalah identitas diri, ponsel untuk instal aplikasi, buku rekening tabungan, kartu ATM da email aktif. 

2. Cara Mendaftar Melalui Ponsel 

Cara mendaftar mobile banking yang kedua adalah dengan ponsel. Instal aplikasi mobile banking lalu pilih menu internet banking. Kemudian akan muncul tulisan aktivasi IB Mobile dan tunggu sampai ada SMS mengenai mobile banking yang sudah aktif. 

3. Cara Mendaftar dengan Mesin ATM 

Cara ketiga adalah mendaftarkan mobile banking lewat mesin ATM. Caranya adalah pertama pilih menu transaksi kemudian menu registrasi, internet banking lalu masukkan PIN. Lakukan konfirmasi PIN lalu akan muncul struk dengan nama ID dan alamat website. 

Alamat website tersebut menandakan bahwa registrasi berhasil. Kemudian Anda bisa langsung datang ke kantor cabang untuk melakukan konfirmasi. 

Ternyata selain manfaat mobile banking Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat mobile banking. Mobile banking sendiri bisa dibuat dengan menggunakan tiga cara. Pertama dengan ponsel, kedua ke mesin ATM atau datang langsung ke kantor cabang.

Leave a Comment