Modal Usaha Cuci Motor Mobil, Peluang, dan Tips Bisnisnya

Tidak banyak yang mengetahui bahwa modal usaha cuci motor mobil yang dikeluarkan di awal akan berbanding lurus dengan keuntungan cukup besar yang akan datang. Hal ini dikarenakan banyak pengguna kendaraan bermotor apabila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Kepemilikan kendaraan bermotor tidak hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi, namun juga sebagai sumber penghasilan. Oleh karena usaha cuci motor dan mobil sangat banyak dicari saat ini.

Usaha Cuci Motor Mobil

Usaha-Cuci-Motor-Mobil

Jasa cuci motor dan mobil kini makin menjamur di kota-kota besar bahkan pinggiran kota. Hal ini dikarenakan bisnis cuci kendaraan bermotor merupakan salah satu bisnis yang cukup mudah dijalankan dengan iming-iming keuntungan menggiurkan.

Belakangan ini banyak orang memiliki kendaraan, namun tidak memiliki cukup waktu untuk merawatnya sendiri. Solusi permasalahan tersebut adalah dengan adanya jasa cuci, pemilik tidak perlu kebingungan untuk membersihkan kendaraannya.

Jenis Usaha Cuci Motor Mobil

Jenis-Usaha-Cuci-Motor-Mobil

1. Cuci hidrolik

Jenis jasa cuci ini merupakan yang paling banyak terdapat di pasaran. Kelebihan sistem cuci hidrolik adalah bisa membersihkan kolong mobil. Dengan modal usaha cuci motor mobil sistem hidrolik yang sebesar Rp 25.000.000, sudah bisa mengangkat mobil untuk membersihkan kolongnya.

Mobil yang dicuci menggunakan cara ini hampir sama dengan menggunakan cuci high pressure pump atau pompa bertekanan tinggi yang ditambah dengan pengangkat mobil hidrolik. Namun, terdapat perbedaan dari sistem pencucian kolongnya.

Sistem high pressure pump menggunakan steam manual hidrolik dengan mesin uap yang suhu airnya berkisar antara 60 hingga 80 derajat celcius. Oleh karena itu, air yang digunakan perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan sehingga harga jasanya akan relatif lebih mahal.

Meski begitu, hasil pencucian menggunakan teknologi steam ini cukup untuk merontokkan kotoran membandel seperti lelehan oli atau getah pada mobil. Penggunaan alat steam harus dilakukan dengan hati-hati karena apabila terjadi kesalahan bisa meruntuhkan lapisan anti karat di kolong mobil.

Sedangkan sistem hidrolik hanya mengandalkan pengangkat mobil hidrolik, tanpa adanya teknologi lain untuk membersihkan kolong mobil.

2. Cuci automatic

Jasa cuci jenis ini populer di Indonesia sekitar tahun 2000-an, dimana pemilik mobil yang sangat sibuk dapat memanfaatkan jasa cuci jenis ini untuk menghemat waktu.

Cuci mobil automatic menggunakan mesin canggih seperti robot yang bekerja untuk menyemprotkan air dan sabun ke mobil, menggosok, mengorek hingga mengeringkan mobil. Meski begitu, di Indonesia masih membutuhkan manusia untuk mengoperasikannya.

Sayangnya penggunaan mesin robotic yang harganya sangat mahal dan tingkat kebersihan yang tinggi, dibarengi dengan tarif jasa yang juga tinggi. Selain itu, biasanya bagian kolong mobil tidak terjangkau seluruhnya.

Kelebihan penggunaan jasa cuci ini yaitu bisa menghemat waktu karena tidak perlu menunggu dan cukup duduk santai saja di dalam mobil saat dibersihkan.

3. Cuci manual

Jasa cuci sistem ini menggunakan pompa pompa bertekanan tinggi lalu kegiatan mencuci dilakukan manual oleh tangan manusia sehingga dalam prosesnya cukup memakan waktu.

Saat ini cuci manual paling banyak ditemui dan laris manis karena pemilik kendaraan bisa meninggalkan kendaraannya untuk melakukan kegiatan lainnya. Namun sayangnya, pencucian ini berpotensi tidak bisa bersih seluruhnya khususnya di kolong mobil.

4. Cuci mobil manual dengan tanjakan

Jasa cuci manual yang tidak bisa membersihkan keseluruhan kendaraan bisa diakali dengan dibuatnya tanjakan. Hal ini juga bisa menjadi alternatif mesin hidrolik yang harganya sangat mahal dan beresiko merusak kaki-kaki mobil.

Peluang Usaha Cuci Motor Mobil

Peluang-Usaha-Cuci-Motor-Mobil

Usaha cuci motor mobil merupakan kegiatan usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan menawarkan jasa cuci mobil atau kendaraan lainnya, dan bertujuan untuk memperoleh penghasilan.

Usaha jenis ini memiliki peluang yang semakin bagus, apalagi saat ini penjualan mobil LCGC menjadi lebih murah dan banyak orang memutuskan untuk membelinya.

Meskipun bisnis cuci motor mobil ini sangat menguntungkan, namun jika kurang mempersiapkan rencana untuk membuat bisnis, maka akan menyebabkan terjadinya banyak kesalahan. Bisnis akan terancam bangkrut dan hanya akan berjalan beberapa bulan saja.

Membuka usaha cuci motor mobil membutuhkan berbagai peralatan untuk dapat menunjang berjalannya bisnis ini. Peralatan yang digunakan sangat bervariatif, tergantung dari jenis usaha cuci mobil yang hendak dijalankan.

Bisnis cuci motor mobil merupakan bisnis yang menjanjikan, dengan prospek yang bagus di masa mendatang. Persaingan bisnis ini boleh saja cukup padat, namun apabila bisnisnya dikelola secara profesional, maka akan bisa bertahan di pasaran dan pelanggan akan lebih loyal.

Hambatan Usaha Cuci Motor Mobil

Hambatan-Usaha-Cuci-Motor-Mobil

Usaha jasa cuci mobil mobil yang keuntungannya sangat menggiurkan ini tidak mungkin dijalankan tanpa adanya hambatan yang melintang. Namun hambatan tersebut tidak terlalu besar hingga menyebabkan bisnis cuci motor mobil bisa mengalami kerugian besar.

Hambatan paling utama dalam bisnis ini adalah faktor cuaca dimana saat musim penghujan banyak kendaraan yang menjadi kotor sehingga bisnis akan ramai konsumen. Sedangkan saat musim kemarau terjadi, maka usaha jasa cuci motor mobil akan menjadi sepi pelanggan.

Apabila menjalankan bisnis di area perkotaan, maka akan terdapat banyak kompetitornya. Namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan promosi secara berkala, standar pelayanan pelanggan yang baik dan kualitas dalam membersihkan mobil, maka bisnis ini bisa terus berjalan.

Estimasi Modal Usaha Cuci Motor Mobil

Estimasi-Modal-Usaha-Cuci-Motor-Mobil

Modal usaha cuci motor mobil umumnya terbagi menjadi 2, yaitu modal awal dan modal untuk biaya operasional. Secara ringkas modal awal dijabarkan sebagai berikut:

KeperluanBiaya (Rp)
Paket alat cuci50.000.000
Pembuatan sumur5.000.000
Kursi tunggu2.000.000
Spanduk100.000
Total (Rp)57.100.000

Sedangkan untuk biaya operasional bulanan usaha cuci motor mobil akan dijabarkan dalam tabel sebagai berikut:

KeperluanBiaya (Rp)
Sewa tempat1.500.000
Gaji karyawan1.500.000
Listrik dan air1.000.000
Bahan bakar kompresor400.000
Sampo200.000
Kanebo80.000
Semir ban140.000
Air minum60.000
Total (Rp)4.880.000

Tips Usaha Cuci Motor Mobil

Tips-Usaha-Cuci-Motor-Mobil

Setelah mengetahui peluang, hambatan dan modal usaha cuci motor mobil, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah beberapa tips agar usaha yang hendak didirikan selalu ramai pengunjung, yaitu:

  1. Memilih lokasi yang strategis
  2. Menyesuaikan tarif cuci dengan harga rata-rata yang berlaku di pasaran
  3. Memberikan pelatihan pada karyawan agar kualitas layanan cuci yang dimiliki memenuhi standar
  4. Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
  5. Memberikan gaji kepada karyawan sesuai yang telah disepakati sebelumnya
  6. Membuat promosi seperti bonus cuci gratis kepada pelanggan setia sebagai bentuk penghargaan
  7. Menggunakan shampo yang aman untuk mobil
  8. Melakukan evaluasi rutin terhadap jasa cuci kepada pelanggan

Modal usaha cuci motor mobil di atas merupakan estimasi semata yang bisa berubah menjadi lebih mahal atau lebih murah tergantung kebutuhan yang diperlukan saat hendak membuka bisnis.

Leave a Comment

x