Modal Usaha Laundry Pakaian Kiloan + Rinciannya

Laundry adalah salah satu jenis usaha yang sedang menjamur akhir-akhir ini. Tetapi bagaimana cara untuk memulai dan berapakah biaya yang disiapkan sebagai modal usaha laundry? Artikel di bawah ini akan menjabarkan semuanya.

Laundry merupakan sebuah usaha yang memiliki potensi keuntungan sangat besar karena dapat dijalankan oleh siapa saja dan dengan pangsa pasar yang luas.

Usaha Laundry

Usaha-laundry

Laundry merupakan sebuah kata benda yang mengacu pada kegiatan mencuci pakaian, tempat mencuci pakaian, atau pakaian yang telah dicuci. Sedangkan pengertian usaha laundry adalah sebuah usaha di bidang jasa yang menawarkan jasa mencuci pakaian dan sejenisnya yang umum.

Usaha laundry yang tercatat dalam sejarah sudah ada sejak tahun 1851. Usaha laundry ini pertama kali didirikan seorang imigran Cina di Amerika bernama Wah Lee yang menjalankan laundry tangan. Usaha laundry kemudian mulai menyebar hingga ke seluruh dunia.

Skala usaha ini sangat beragam, dimana bisa dimulai dari usaha rumahan sederhana hingga usaha laundry skala besar. Namun tak memandang skalanya, usaha laundry merupakan salah satu jenis usaha yang mendatangkan banyak keuntungan.

Jenis Usaha Laundry

Jenis-usaha-laundry

1. Laundry Kiloan

Laundry jenis ini memungkinkan untuk mencuci pakaian dalam jumlah yang banyak sekaligus sehingga memudahkan pengusaha untuk mencuci karena bisa langsung melakukan proses pencucian dalam satu mesin serta dinilai lebih murah karena menghemat waktu dan tenaga.

2. Laundry Sepatu

Selain untuk mencuci pakaian bisnis laundry juga terdapat yang khusus dibuat untuk mencuci sepatu. Hal ini banyak diminati kolektor sepatu antik. Namun usaha laundry sepatu harus memiliki keahlian dan peralatan canggih yang menjadi garansi agar sepatu mahal pelanggan terawat dengan baik.

3. Laundry Ekspres

Laundry jenis ini menawarkan kecepatan pengerjaan sebagai jasa unggulan.

4. Laundry Koin (Laundromat)

Merupakan jenis laundry yang menerapkan proses pencucian dengan mesin cuci yang dijalankan melalui pembelian koin. Langkah-langkah laundry ini dimulai dari pelanggan yang membeli koin untuk menjalankan mesin lalu melakukan pencucian secara mandiri hingga pakaian kering dan siap dilipat.

Laundry koin bisa lebih murah karena pengusaha hanya menyewakan mesin cuci dan pelanggan melakukan semua prosesnya sendiri. Meskipun begitu, modal usaha laundry koin terbilang cukup besar untuk menyediakan mesin cucinya.

5. Laundry Konvensional

Laundry jenis ini yang paling sering dijumpai karena menargetkan kalangan yang ingin mencuci secara spesifik, seperti dry clean atau proses pencucian pakaian dengan penanganan khusus.

6. Laundry Bisnis

Laundry bisnis melayani pencucian untuk sebuah bisnis usaha atau korporasi untuk mencuci seragam karyawannya.

7. Laundry Hotel

Laundry hotel berfokus pada pengadaan jasa laundry untuk keperluan sebuah hotel untuk mencuci perlengkapan kamar hotel seperti sprei, bed cover dan tirai.

Apakah Usaha Laundry Menguntungkan?

Apakah-usaha-laundry-menguntungkan

Bisnis laundry menjadi salah satu usaha rumahan yang menguntungkan dengan profit marginnya yang berada di atas 50 % sehingga karena potensi berkembangnya sangat cepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan bisnis ini memiliki profit sangat bagus:

  1. Usaha di bidang jasa akan memiliki persentase laba yang tinggi.
  2. Dapat mengeluarkan modal sesuai dengan budget yang dimiliki.
  3. Dapat dijalankan oleh semua kalangan, pemula maupun profesional.
  4. Pangsa pasarnya luas.
  5. Memiliki paket jasa yang banyak.
  6. Perhitungan keuangannya mudah karena penjualan jasanya berdasarkan kiloan.
  7. Apabila skala usahanya hanya rumahan sederhana dapat menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah.

Kelebihan Usaha Laundry

Kelebihan-usaha-laundry
  1. Berikut adalah beberapa kelebihan usaha laundry yang dapat membuat usaha ini masih populer hingga beberapa tahun ke depan:
  2. Dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman menggunakan kecanggihan teknologi, teknik mencuci dan kecenderungan orang-orang yang setiap hari membutuhkan pakaian bersih.
  3. Dapat dipelajari dengan mudah karena kegiatan laundry tidak membutuhkan keahlian khusus. Terlebih dengan canggihnya teknologi yang digunakan akan membuat proses mencuci praktis dan cepat.
  4. Dapat dikerjakan di rumah karena usaha laundry tidak membutuhkan ruangan khusus. Dengan menggunakan beberapa meter persegi di rumah, sudah dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk modal.

Kekurangan Usaha Laundry

Kekurangan-usaha-laundry
  1. Seluruh kegiatan usaha pastinya memiliki kelebihan kekurangannya masih-masing begitupun dengan usaha laundry, diantaranya adalah sebagai berikut:
  2. Persaingannya tinggi karena mudah dipraktekkan, sehingga membuat siapa saja bisa membuka usaha laundry dari rumahnya masing-masing. Persaingan yang tinggi ini dapat diimbangi dengan keahlian marketing dan manajemen agar dapat bertahan ditengah arus kompetisi.
  3. Terkendala cuaca. Meski sudah menggunakan mesin pengering, tetapi alat ini cukup mahal sehingga tenaga matahari menjadi cara untuk mengeringkan tumpukan cucian. Apabila cuaca kurang baik, maka akan menjadi masalah besar karena bisa menyebabkan pakaian bau bahkan berpotensi rusak.
  4. Ruangan mesin yang luas. Meski tidak memerlukan ruangan khusus, tetapi mesin cuci akan memakan cukup banyak ruang apabila menjalankan laundry di rumah. Namun, apabila apabila masih dalam proses merintis, luas area yang digunakan biasanya tidak perlu terlalu besar.

Estimasi Modal Usaha Laundry

Estimasi-modal-usaha-laundry

Sebelum memulai sebaiknya terlebih dahulu memperkirakan biaya yang digunakan sebagai modal usaha laundry. Berikut ini adalah contoh kisaran biaya tersebut:

Nama barangJumlah unitHarga per unit (Rp)Total Harga (Rp)
Mesin cuci22.000.0004.000.000
Pengering pakaian11.500.0001.500.000
Setrika2200.000400.000
Peralatan menjemur  200.000
Lemari11.000.0001.000.000
Timbangan1200.000200.000
Meja kursi  200.000
Keranjang pakaian  100.000
Total biaya (Rp)7.600.000

Dengan demikian, perkiraan total modal usaha laundry pakaian adalah sebesar Rp 7.600.000. Selanjutnya, memperkirakan biaya untuk bahan operasional bulanan, berikut adalah estimasinya:

Nama barangTotal harga (Rp)
Detergen500.000
Pewangi100.000
Air250.000
Listrik500.000
Transportasi100.000
Total biaya (Rp)1.450.000

Dengan demikian total biaya bulanan yang harus dikeluarkan diperkirakan sebesar Rp 1.450.000. Apabila ditotal, keseluruhan modal yang digunakan untuk memulai usaha laundry adalah sebesar Rp. 9.050.000.

Tips Memulai Usaha Laundry

Tips-memulai-usaha-laundry
  1. Memahami bisnis laundry. Hal ini mencakup bagaimana cara kerja dan apa saja yang perlu diperhatikan agar tidak kebingungan ketika kegiatan usaha telah berjalan.
  2. Menentukan lokasi yang strategis. Lokasi yang digunakan haruslah yang mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman, contohnya seperti daerah yang berdekatan dengan area kost atau asrama.
  3. Mempersiapkan modal sejak awal. Hal ini berguna untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan agar sudah siap ketika laundry telah dibuka.
  4. Memperhatikan kompetitor. Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah harga yang ditawarkan oleh kompetitor di sekitar. Lebih baik untuk menghindari harga jauh diatasnya, tetapi tidak membanting juga. Harga dapat menyesuaikan dengan servis yang ditawarkan.
  5. Memberikan pelayanan yang memuaskan agar para konsumen mau kembali lagi dan menjadi pelanggan tetap.

Berdasarkan penjabaran di atas, modal usaha laundry yang diperlukan adalah berkisar Rp. 9.050.000. Setelah membaca berbagai informasinya, tertarik untuk mencoba usah ini?

Leave a Comment

x