9 Pengaruh Kerjasama Internasional Terhadap Kehidupan Ekonomi Indonesia

Perdagangan internasional merupakan sebuah kegiatan jual beli jasa atau produk dengan negara lainnya. Tentunya ada banyak pengaruh kerjasama internasional terhadap kehidupan ekonomi Indonesia yang sifatnya positif bagi negara Indonesia.

Salah satu manfaatnya adalah menjadikan sumber devisa bagi Indonesia. Selain itu dampak positif lainnya adalah membuka banyak lapangan pekerjaan, mempercepat pertumbuhan internasional serta berkurangnya angka pengangguran di Indonesia.

Adapun wujud dari perdagangan internasional itu sendiri adalah kegiatan untuk ekspor impor barang. Ekspor merupakan kegiatan untuk menjual barang ke luar negeri sedangkan impor adalah membeli barang dari luar negeri.

Pengertian dari Perdagangan Internasional

Mengenal-Saham-dan-Keuntungan-yang-Timbul-Atas-Perdagangan-Saham

Perdagangan internasional adalah kegiatan bertukar jasa dan barang antar negara. Hal ini semakin berkembang karena kegiatan kerjasama suatu negara bertujuan untuk mempromosikan sebuah jasa dan barang secara bebas.

Setiap negara menganggap bahwa aktivitas ini merupakan kegiatan penting untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian. Adanya perdagangan internasional maka secara tidak langsung negara satu dengan negara lainnya menunjukkan daya saing ketika mempromosikan produknya secara internasional.

Aktivitas ini terjadi karena sebuah negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri oleh karena itu sebuah negara membutuhkan kerja sama dengan negara lain. Inilah mengapa perdagangan internasional bisa terjadi.

Tentu saja ada dampak kerjasama internasional yang terjadi baik itu positif atau negatif. Tetapi diharapkan dampak positifnya lebih banyak agar perekonomian sebuah negara menjadi lebih maju. Tanpa adanya perdagangan internasional maka aktivitas perekonomian suatu negara akan berkurang.

Perdagangan internasional ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah suatu negara saja melainkan juga antar warga negara atau individu setiap negara. Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan kerjasama internasional.

Pengaruh Kerjasama Internasional Terhadap Kehidupan Ekonomi Indonesia

Adanya kegiatan ekspor impor barang tentunya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia sehingga meningkatkan devisa negara serta membawa dampak positif bagi bidang lainnya. Adapun untuk pengaruh kerjasama internasional ini adalah sebagai berikut:

1. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Memperluas-Lapangan-Pekerjaan

Pengaruh pertama dari kerjasama dengan negara lain adalah dapat membuka lapangan kerja baru. Hal ini sangat penting bagi Indonesia yang memiliki angka pengangguran tinggi, dengan kerjasama internasional maka pengangguran Indonesia akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Apabila aktivitas ekonomi terus mengalami peningkatan maka industri di Indonesia akan semakin sibuk. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya barang yang diekspor ke luar negeri, tentu saja diperlukan tambahan tenaga kerja agar industri bisa lebih cepat bergerak.

Menambah tenaga kerja tentu dimulai dengan membuka lowongan pekerjaan. Masyarakat Indonesia yang menganggur bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan produktivitasnya. Jika hal tersebut berlangsung terus menerus maka dapat dengan mudah untuk menekan angka pengangguran.

2. Menarik Minat Investor dari Luar Negeri

Menarik-Minat-Investor-dari-Luar-Negeri

Tidak hanya membuka lapangan pekerjaan saja tetapi pengaruh kerjasama internasional terhadap kehidupan ekonomi Indonesia yang lainnya adalah dapat menarik minat investor asing. Investor asing nantinya akan menambah modal usaha agar industri Indonesia lebih maju lagi.

Adanya tambahan modal dari investor asing maka pertumbuhan ekonomi di sebuah negara akan semakin berkembang. Dengan demikian maka pemerintah Indonesia bisa membuka banyak lapangan pekerjaan serta berdampak besar pada perekonomian.

3. Transfer Teknologi

Transfer-Teknologi Pengaruh Kerjasama Internasional Terhadap Kehidupan Ekonomi Indonesia

Selain itu pengaruh lainnya adalah mendorong kegiatan untuk transfer teknologi khususnya dari negara maju ke negara berkembang. Negara yang telah memproduksi teknologi baru seperti gawai akan dijual ke negara lainnya yang membutuhkan.

Dengan demikian maka masyarakat Indonesia akan merasakan bagaimana perkembangan teknologi terbaru dari kerjasama internasional ini. Selain itu negara berkembang dapat membeli teknologi agar pertumbuhan teknologinya juga semakin canggih.

4. Untuk Memajukan Lembaga Keuangan

Untuk-Memajukan-Lembaga-Keuangan

Adanya kerjasama internasional sebenarnya juga bermanfaat untuk memajukan lembaga keuangan baik non bank atau bank. Perdagangan internasional akan terus menerus melibatkan lembaga keuangan agar mudah dalam melakukan transaksi.

Semakin sering perdagangan internasional ini dapat berjalan maka semakin berkembang lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Oleh karena itu perdagangan internasional ini harus dijalankan dengan sebaik mungkin.

5. Dapat Memenuhi Kebutuhan Negara

Dapat-Memenuhi-Kebutuhan-Negara Pengaruh Kerjasama Internasional Terhadap Kehidupan Ekonomi Indonesia

Jelaskan dampak positif kerjasama internasional bagi Indonesia yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan negara. Setiap negara pasti membutuhkan bantuan dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan oleh karena itu ada kegiatan ekspor impor barang dan jasa.

Tidak semua negara memiliki teknologi atau produk yang sama dengan negara lain, dengan adanya perdagangan internasional maka akan lebih mudah untuk bertransaksi dengan negara lainnya. Jika perdagangan ineternasional berjalan dengan baik maka kebutuhan akan produk di suatu negara terpenuhi.

6. Untuk Menciptakan Spesialisasi Negara

Untuk-Menciptakan-Spesialisasi-Negara

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negara saja, dampak positif lainnya adalah untuk menciptakan spesialisasi negara. Artinya sebuah negara memiliki produk andalan yang dapat dikirim ke luar negeri. Negara lain yang membelinya percaya bahwa produk tersebut memiliki kualitas bagus.

Misalnya Indonesia memiliki sebuah produk andalan yaitu karet untuk kemudian dijual ke berbagai negara dan sebagian besar karetnya memang dari Indonesia. Hal ini tentu akan membuat negara lain menjadi pelanggan setia dari produk yang dijual oleh negara lain.

Begitu pula dengan negara lain yang memiliki produk andalan dan Indonesia menjadi pelanggan setia dari negara tersebut. Setiap negara memang memiliki barang andalannya masing-masing untuk dijual ke negara lainnya.

7. Menstabilkan Harga Produk

Menstabilkan-Harga-Produk Pengaruh Kerjasama Internasional Terhadap Kehidupan Ekonomi Indonesia

Pengaruh kerjasama internasional terhadap kehidupan ekonomi Indonesia yang lainnya adalah berguna untuk membuat harga menjadi lebih stabil. Dengan adanya perdagangan internasional maka tidak akan terjadi kelangkaan produk karena bisa teratasi dengan kegiatan impor.

Kegiatan impor juga dapat menambah stok barang di pasar domestik negara. Jika barang dalam suatu negara jumlahnya banyak dan harganya tidak dapat turun maka untuk mengurangi jumlah barang bisa dijual ke negara lainnya.

Tentu saja hal ini tidak akan membuat harga di pasar Indonesia naik jadi bisa tetap stabil. Selain itu masyarakat Indonesia juga tidak akan kesulitan dalam menemukan produknya di pasaran.

8. Meningkatnya Kualitas Produk

Meningkatnya-Kualitas-Produk

Adapun untuk pengaruh kerjasama internasional terhadap kehidupan ekonomi Indonesia lainnya adalah dapat meningkatkan kualitas produk milik sebuah negara. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya persaingan dengan negara lainnya sehingga semua negara berlomba-lomba untuk membuat produk bagus.

Apalagi jika hendak dijual ke luar negeri maka kualitas produknya tetap harus terjaga. Apabila kualitas barang semakin membaik maka angka penjualan (ekspor) juga semakin meningkat. Negara lain tentu saja lebih memilih untuk membeli barang dengan kualitas terbaik.

9. Mempererat Hubungan dengan Negara Lain

Mempererat-Hubungan-dengan-Negara-Lain Pengaruh Kerjasama Internasional Terhadap Kehidupan Ekonomi Indonesia

Selain itu manfaat berikutnya adalah untuk memperat hubungan dengan negara lainnya. Hal ini akan membantu Indonesia untuk memiliki relasi dengan negara lainnya dan bisa menguntungkan banyak sektor bukan hanya perdagangan saja.

Ada banyak pengaruh kerjasama internasional terhadap kehidupan ekonomi Indonesia yang menguntungkan berbagai sektor seperti politik, budaya, pendidikan, militer dan sebagainya. Dengan menjalin kerjasama maka bisa menjalin relasi dengan negara lain.

Leave a Comment

x