4 Perbedaan Ekonomi Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi

Ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi tentu mempunyai pengertian yang berbeda. Perbedaan ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi menjadi hal yang perlu diketahui meskipun secara bahasa (kata) hampir sama, namun maknanya berbeda.

Sebelum membahas terkait perbedaan antara ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi, tentu perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi. Apa saja ciri dan perbedaan dari keduanya? Simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Ekonomi Pembangunan

Pengertian-Ekonomi-Pembangunan

Terkait perbedaan ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi, apakah maknanya sama antara ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi? Berikut ini penjelasannya!

Ekonomi pembangunan adalah suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari terkait aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan di negara berkembang. Jadi, ekonomi pembangunan membahas mengenai teori-teori dari pembangunan ekonomi.

Menurut Arsyad ekonomi pembangunan merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis terkait masalah-masalah yang dihadapi negara berkembang dan mencari cara atau solusi agar negara tersebut dapat membangun perekonomiannya lebih cepat.

Dalam ekonomi pembangunan teorinya memfokuskan pada metode pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, serta perubahan terkait aspek sosial masyarakat. Ekonomi pembangunan pun memperluas kesempatan bagi penduduk dalam perbaikan pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Berbeda dengan ilmu ekonomi lainnya, pendekatan ekonomi pembangunan lebih mempertimbangkan terkait faktor-faktor sosial maupun politik dalam membuat sebuah perencanaan.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pengertian-Pembangunan-Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah sebuah proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan per kapita yang mengacu pada pertumbuhan penduduk mengenai perubahan mendasar terkait struktur ekonomi di suatu negara dan juga pemerataan pendapatan.

Sedangkan menurut lansiran dari ensiklopedia Britannica 2015 pengertian pembangunan ekonomi adalah ekonomi nasional yang memiliki penghasilan rendah diubah menjadi ekonomi industri modern. Artinya negara berupaya membangun perekonomian negaranya agar menjadi lebih baik dan stabil.

Selain itu, menurut Subandi pembangunan ekonomi merupakan suatu rangkaian proses kegiatan yang dilakukan oleh negara untuk mengembangkan kegiatan maupun aktivitas ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan yang makmur.

Pembangunan ekonomi didukung dengan penggunaan teknologi, penanaman modal, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, dan kemampuan organisasi.

Perbedaan Ekonomi Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan-Ekonomi-Pembangunan-dan-Pembangunan-Ekonomi

Dari pengertiannya saja sudah jelas berbeda antara ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi. Perbedaan ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi yaitu:

  1. Dalam ekonomi pembangunan lebih kepada teori dan metode terkait bagaimana membangun perekonomian suatu negara, sedangkan dalam pembangunan ekonomi merupakan praktik dan usaha dari suatu negara dalam mengamalkan teori ekonomi pembangunan.
  2. Ekonomi pembangunan tidak hanya membahas mengenai perkembangan ekonomi saja melainkan pertumbuhan, dan perubahan dalam aspek sosialnya. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah perencanaannya dari negara untuk membangun ekonomi yang cepat.
  3. Jika ingin membangun perekonomian yang baik di suatu negara berkembang, perlu mempelajari ekonomi pembangunan agar mengetahui cara dan solusi dari permasalahan terkait perekonomian negara tersebut.
  4. Pembangunan ekonomi adalah suatu usaha yang dilakukan oleh suatu negara, sedangkan ekonomi pembangunan adalah ilmu ekonomi yang harus dipelajari dalam mewujudkan pembangunan ekonomi di negara tersebut.

Dari perbedaan ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi tersebut sudah jelas bahwa ekonomi pembangunan adalah ilmunya untuk mempelajari pembangunan ekonomi di suatu negara sedangkan pembangunan ekonomi adalah usaha dari negara tersebut.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Tujuan-Pembangunan-Ekonomi

Dalam membangun perekonomian yang cepat di negara berkembang, tujuan dari pembangunan ekonomi diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan ketersediaan dan perluasan distribusi berbagai jenis kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, keamanan, dan pendidikan.
  2. Meningkatkan standar hidup, seperti peningkatan pendapatan, penyediaan lapangan kerja, perbaikan kualitas pendidikan, dan peningkatan perhatian terkait nilai kultural dan kemanusiaan.
  3. Memperluas pilihan ekonomis dan sosial bagi semua lapisan masyarakat agar tidak menjadi pribadi dan bangsa yang bergantung pada orang lain maupun bangsa lain.
  4. Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang baik dan cepat di negara tersebut.
  5. Mensejahterakaan hidup rakyat agar makmur dan tercukupinya segala kebutuhan hidup rakyat an negara.

Indikator Perkembangan Ekonomi

Terdapat indikator tahapan perkembangan ekonomi agar berhasil dalam membangun perekonomian di negara berkembang. Indikator keberhasilan perkembangan ekonomi yaitu:

1. Urbanisasi

Urbansi

Merupakan suatu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Banyaknya penduduk yang melakukan perpindahan tempat tinggal karena di kota lebih terfasilitasi terkait pekerjaan yang didukung dengan peralatan yang canggih-canggih dan pendapatannya lebih besar.

Apabila penduduk desa berpindah ke kota, hal ini akan menjamin kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat di negara tersebut. Perusahaan pun banyak didirikan di kota sehingga membuka lapangan pekerjaan yang berdampak pada pengurangan pengangguran dan jumlah kemiskinan.

2. Pendapatan per Kapita

Pendapatan-per-Kapita

Apabila pendapatan per kapita naik di negara tersebut, hal ini disebabkan oleh stabilitas perekonomian yang baik pula sehingga kesejahteraan rakyat pun akan terjamin. Perusahaan umumnya membutuhkan tenaga kerja untuk kebutuhan dari perusahaan tersebut.

Dengan begitu, pendapatan perusahaan pun akan naik dan berpengaruh kepada para pegawainya. Jika para pegawai menaikkan kualitas kerjanya, maka hal ini akan berpengaruh positif terhadap permintaan dan pendapatan per kapita menjadi naik.

3. Struktur Ekonomi

Struktur-Ekonomi

Dengan berkembangnya pembangunan ekonomi di suatu negara, maka struktur ekonomi juga ikut berkembang. Misalnya pertumbuhan ekonomi mengakibatkan sektor pertanian diganti dengan sektor industri, maka struktur ekonomi akan berubah seiring pertumbuhan ekonomi.

4. Angka Tabungan

Angka-Tabungan

Angka tabungan berkaitan juga dengan struktur ekonomi seperti penggantian sektor pertanian menjadi sektor industri akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan yang dihasilkan juga akan naik.

Tabungan menjadi modal dalam sebuah perekonomian, sehingga semakin banyak angka tabungan yang dimiliki oleh struktur ekonomi, maka perekonomian di negara tersebut pun semakin berkembang.

5. Indeks Kualitas Hidup

Indeks-Kualitas-Hidup

Dalam indeks kualitas hidup terbagi menjadi 3 bagian yakni:

  1. Angka rata-rata harapan hidup
  2. Kematian bayi
  3. Angka melek huruf

6. Pendidikan

Pendidikan

Pembangunan ekonomi di suatu negara akan maju dan meningkat, jika tingkat pendidikan masyarakat itu tinggi. Tingkat pendidikan yang baik dapat dilihat dari jumlah penduduk yang sudah melek huruf dan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.

7. Kesehatan

Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu indikator yang berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi. Jika fasilitas kesehatan lengkap, akses kesehatan yang mudah akan mengakibatkan angka harapan hidup yang tinggi seperti pelayanan KB.

8. Tempat Tinggal

Tempat-Tinggal

Apabila penduduk memiliki tempat tinggal yang layak dan terfasilitasi seperti mempunyai fasilitas air, listrik yang cukup, sarana sanitasi dan kualitas tempat tinggal yang layak dihuni. Semua itu menunjukkan tingkat kesejahteraan rakyat.

9. Kriminalitas

Kriminalitas

Tingkat kriminalitas akan berkurang jika di suatu negara tersebut memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Karena masyarakat pun sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

10. Akses atau Media

Akses-atau-Media

Tersedianya akses yang mudah dalam menuju tempat-tempat yang tidak terjangkau dapat menunjukkan tingkat pembangunan ekonomi di negara tersebut sudah baik.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Faktor-Faktor-yang-Mempengaruhi-Pembangunan-Ekonomi

Berikut ini terdapat 6 faktor yang dapat mempengaruhi pembangunan ekonomi diantaranya adalah:

  1. Sumber daya alam (SDA).
  2. Sumber daya manusia (SDM).
  3. Sosial budaya.
  4. Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
  5. Keadaan politik.
  6. Sistem pemerintahan.

Perbedaan ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi dapat dilihat dari pengertian di atas. Tujuan dan indikator dari pembangunan ekonomi pun dibahas dalam teori ekonomi perkembangan. 

Leave a Comment

x