5 Cara Mengatasi PIN ATM BRI Terblokir dengan Mudah

Kartu ATM merupakan kartu yang berguna untuk transaksi selain itu kartu ATM juga bisa digunakan untuk setor tunai, membayar tagihan, transfer dan juga cek saldo. Saat digunakan pada mesin atm terkadang atm tidak bisa digunakan karena terblokir, bagaimana mengatasi PIN atm bri terblokir.

Beberapa faktor bisa membuat membuat kartu atm Anda tidak bisa digunakan atau terblokir. Saat ini terjadi jangan panik, berikut ulasan mengenai bagaimana mengatasi PIN atm bri terblokir dan juga penyebabnya.

Penyebab PIN ATM Terblokir

Penyebab-Pin-ATM-Terblokir.

Penggunaan ATM semakin banyak digunakan, tentu karena semakin banyak pengguna maka pihak bank juga semakin mempermudah nasabah untuk menggunakannya. Dengan kartu ATM Anda bisa melakukan transaksi baik transfer dan juga pengambilan uang dalam mesin ATM.

Banyak tempat-tempat yang menyediakan mesin ATM BRI dan bank-bank lainya, namun pernahkah Anda mengalami kejadian kurang mengenakkan seperti ATM terblokir. Penyebab ATM terblokir bisa disebabkan oleh hal hal berikut.

Salah Memasukkan PIN

Salah-Memasukkan-PIN

Penyebab utama kartu ATM terblokir yaitu salah memasukkan PIN (Personal Identification Number) secara berkali-kali. Hal tersebut bisa membuat kartu ATM tidak bisa digunakan dan muncul pemberitahuan pada layar mesin ATM.

Memasukkan PIN kartu ATM lebih dari  tiga kali salah akan membuat kartu bisa otomatis terblokir. Namun bagaimana jika baru dua kali salah kemudian di hari berikutnya salah lagi, apakah akan terblokir?

Ketentuannya yaitu jika salah memasukkan PIN lebih dari 3 kali dalam satu waktu, jika dalam satu waktu baru salah 2 kali maka jangan khawatir karena kartu ATM Anda masih aman dan tidak terblokir.

Jika baru dua kali salah memasukkan PIN maka sebaikya Anda berhenti terlebih dahulu dan berusa mengingat-ingat PIN dengan benar. Untuk lebih amannya maka datanglah ke kantor cabang BRI atau bank yang bersangkutan.

Bawalah KTP, Kartu ATM  dan juga buku tabungan untuk selanjutnya diproses pemblokiran ATM dan membuat ATM baru atau bila Anda sudah mengingat dan yakin maka bisa dilakukan pengulangan PIN.

ATM yang terblokir secara otomatis tidak dapat digunakan untuk transfer, mengambil uang dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi PIN ATM Bank BRI terblokir yaitu dengan mengunjungi kantor BRI atau tanpa melalui kantor BRI pun bisa Anda lakukan. Anda bisa lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1.  Melalui Situs BRI

Melalui-Situs-BRI

Untuk mengatasi ATM BRI yang terblokir tidak perlu ke bank karena sekarang sudah dimudahkan dengan adanya situs BRI yang akan membantu Anda mengurus pembukaan blokir PIN. Begitu banyak fitur yang ditawarkan oleh BRI semakin memudahkan nasabahnya.

Kemudahan ini juga berguna untuk meningkatkan kenyaman para penggunanya contohnya saja dalam mengurus pembukaan blokir. Anda tidak perlu lagi lama menunggu di kantor untuk mengurus ATM.

Cara mengatasi PIN ATM BRI terblokir dapat Anda lakukan melalui web resmi BRI, sebagai berikut :

  1. Pertama yaitu membuka alamat alamat website BRI di https://ib.br.co.id/.
  2. Kemudian Anda perlu login dengan akun internet banking ATM yang terblokir.
  3. Selanjutnya tekan menu pelayanan nasabah pada layar.
  4. Tekan aktifkan/mengaktifkan kartu, karena Anda ingin mengaktifkan maka tekan aktifkan.
  5. Kemudian masukkan kata sandi menggunakan akun internet banking.
  6. Klik OK dan proses pembukaan blokir selesai.

Jika sudah dilakukan semua langkahnya Anda dapat melakukan pengecekkan kartu atm pada mesin atm atau jika ada menggunakan m banking milik Anda.

2. Call Center

Call-Center

Selanjutnya yaitu menggunakan call center dengan cara menghubungi pihak bri untuk membantu Anda melakukan pembukaan kartu ATM. Sebelum mulai menghubungi call center pastikan Anda sudah mengisi cukup pulsa.

Langkah-langkahnya mengatasinya sebagai berikut :

  1. Sebelum menghubungi call center hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu yaitu Buku Tabungan, Kartu ATM, data diri seperti KTP agar memudahkan dalam proses verifikasi oleh Customer Layanan Call Center BRI.
  2. Mempersiapkan saldo pulsa yang cukup, biaya yang diperlukan biasanya menghabiskan kurang lebih 30.000 rupiah sampai 50.000 rupiah. Agar panggilan tidak tiba-tiba terputus padahal belum selesai proses pengaktifan PIN ATM.
  3. Kemudian Anda dapat menghubungi call center dengan menekan 10417 / 1500 017, Anda bisa memilih salah satunya.
  4. Menunggu beberapa saat jika sudah terdengar suara maka itu artinya sudah tersambung dengan call center.
  5. Selanjutnya Anda perlu tenang dan sampaikan dengan jelas masalah Anda tentang mereset PIN ATM terblokir dengan petugas call center.
  6. Petugas layanan akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk verifikasi data seperti nomor HP, alamat, nama lengkap, nomor rekening dan juga nomor kartu ATM. Jangan memberikan PIN kartu ATM pada siapapun, call center tidak pernah menanyakan hal tersebut.
  7. Jangan meninggalkan panggilan dan tunggu verifikasi data diri Anda sudah benar dan sesuai, jika sudah benar dan sesuai maka Layanan BRI akan mereset PIN kartu ATM.
  8. Untuk memastikan coba untuk menggunakan kartu ATM pada mesin ATM dan tekan PIN, jika sudah bisa maka ATM dapat digunakan untuk transaksi namun jika belum Anda perlu datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

3. BRIMO

BRIMO

BRIMO juga bisa menjadi alat yang digunakan untuk mereset PIN ATM BRI yang terblokir, dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Membuka aplikasi BRImo pada HP Anda.
  2. Pilih menu rekening lain.
  3. Setelah itu menekan tombol Rekening dan cek status kartu
  4. Memasukkan password yang Anda ingat dan segera kirim.

4. SMS Banking BRI

SMS-Banking-BRI

Cara keempat yang bisa Anda pilih untuk mengembalikan PIN kartu ATM BRI yaitu menggunakan SMS Banking BRI, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Masuk pesan atau aplikasi SMS yang ada di ponsel Anda selanjutnya  ketik pada SMS (HLP spasi KARTU spasi ON spasi PIN SMS BANKING).
  2. Kirim ke nomor 3300. Contoh : HELP KARTU ON 54321.
  3. Menunggu beberapa saat hingga ada balasan pengaktifan kartu ATM yang sudah berhasil.
  4. Mengecek kartu dengan cara menggunakan Kartu ATM untuk bertransaksi, jika sudah dapat digunakan untuk melakukan transaksi maka kartu sudah smsn.

5. Mesin ATM BRI

Mesin-ATM-BRI

Mesin ATM juga bisa menjadi pilihan untuk mengaktifkan nomor PIN ATM yang terblokir, caranya sebagai berikut :

  1. Kartu yang terblokir akan memunculkan tulisan enable/re-aktivasi kartu, jika pada mesin ATM muncul tulisan tersebut maka Anda perlu menekan YA di layar.
  2. Akan muncul menu dimana Anda perlu memasukkan data diri seperti tanggal/bulan/tahun lahir sesuai KTP dengan format (dd/mm/yyyy), jika dirasa sudah sesuai maka tekan Benar.
  3. Setelah itu Anda akan masuk dalam menu penggantian PIN ATM.
  4. Memasukkan PIN lama Anda dan klik Benar. Setelahnya masukkan PIN baru yang susah ditebak tapi mudah untuk diingat dan disarankan jangan menggunakan tanggal.
  5. Mengkonfirmasi nomor baru dan masukkanlah nomor baru tersebut.
  6. Menunggu beberapa saat agar konfirmasi nomor PIN berhasil, dan setelah berhasil maka kartu akan dengan otomatis keluar dari mesin ATM.
  7. Proses selesai.

Ketika akan memasukkan nomor PIN ATM pada mesin ATM usahakan untuk tetap fokus karena bisa menyebabkan kesalahan input PIN.

Kemudian jangan panik lakukan dengan tenang, semua sudah ada jalannya. Semoga setelah dibaca bisa mengetahui cara mengatasi PIN ATM Bri terblokir.

3 thoughts on “5 Cara Mengatasi PIN ATM BRI Terblokir dengan Mudah”

  1. I join. And I have faced it. We can communicate on this theme.
    Unfortunately, I can help nothing. I think, you will find the correct decision.
    I confirm. All above told the truth. We can communicate on this theme.
    Very much a prompt reply 🙂
    Absolutely with you it agree. In it something is also to me your idea is pleasant. I suggest to take out for the general discussion.

    Reply
  2. Artikel Terkait Jadi mendaftar di layanan internet banking bri bukan saja sekedar dipergunakan sebagai alat transaksi online saja, akan tetapi bisa di pakai untuk meng enable kartu atm saat terkena blokir. Lantas, bagaimana cara mengatasi ATM BRI terblokir tanpa ke bank tersebut? Cara Membuka Blokir ATM BRI Tanpa Ke Bank Kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah bank guna memberikan kenyamanan untuk para nasabahnya dalam bertransaksi secara online, Di balik itu semua ternyata masih banyak fitur yang diberikan oleh pihak BRI untuk semakin memudahkan penggunanya, Salah satunya ternyata dapat dipakai untuk enable kartu bri yang di blokir.

    Reply
  3. Selanjutnya, petugas juga akan bertanya apakah kamu masih ingat PIN ATM atau tidak. Kemudian, petugas akan melakukan proses pengaktifan dan memberitahukan bahwa ATM kamu sudah aktif atau bisa digunakan kembali. Cara Mengatasi ATM Terblokir Permata Untuk nasabah bank Permata yang mendapati ATM yang kena blokir saat hendak bertransaksi di ATM, maka kamu bisa segera mendatangi kantor bank Permata terdekat di jam operasional.

    Reply

Leave a Comment

x