Cara Dapat Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Bank BRI

Mendapatkan modal awal untuk memulai usaha dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan Bank BRI. Tanpa harus memberikan jaminan, uang pinjaman bisa langsung digunakan.

Solusi ini biasa disebut dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Banyak sekali kegunaan KTA yang bisa dipakai untuk modal usaha, biaya pendidikan dan masih banyak lagi. Berikut ini sedikit ulasan mengenai KTA yang ditawarkan oleh Bank BRI dan beberapa kelebihan KTA.

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Bank BRI

Pinjaman-Modal-Usaha-Tanpa-Jaminan-Bank-BRI-Bisa-Jadi-Modal-Usaha

Dalam sistem Bank BRI, peminjaman modal usaha tanpa jaminan disebut dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Biasanya KUR digunakan untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan, kehutanan, perindustrian, perikanan, dan kelautan.

Secara umum, KUR menyediakan kredit pinjaman hingga Rp500.000.000 dengan jumlah bunga yang harus dibayar tergolong rendah sekitar 0,58% setiap bulan atau 7% setiap tahunnya. Waktu maksimal peminjaman adalah 6 tahun.

Untuk Bank BRI, pinjaman yang diberikan sebesar Rp50.000.000 tanpa jaminan apapun. Kemudian minimal waktu usaha yang dijalankan sudah berjalan selama 6 bulan. Mengajukan pinjaman ini dapat diakses secara online dan offline.

Syarat dokumen yang disiapkan tidak terlalu sulit dan pencairan dana yang cepat menjadi keunggulan yang menonjol untuk jasa peminjaman modal seperti ini.

Beberapa pelaku usaha yang menggunakan jasa pinjaman modal usaha tanpa jaminan Bank BRI adalah orang yang menjual produk atau usahanya di beberapa marketplace, misalnya Shopee dan Tokopedia.

Ada juga pelaku usaha yang mengembangkan usahanya lewat aplikasi ojek online seperti Grab atau Gojek. 

Syarat Peminjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Bank BRI

Syarat-Peminjaman-Modal-Usaha-Tanpa-Jaminan-Bank-BRI

Untuk mengajukan pinjaman modal usaha ini, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh pihak yang mengajukannya. Ada beberapa syarat untuk menjadi peserta KUR BRI, di antaranya adalah:

  1. Warga Negara Indonesia. Sebagai seorang WNI, harus memiliki identitas yang dapat membuktikan status kewarganegaraan tersebut. Misalnya memiliki Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau surat keterangan pembuatan e-KTP bagi yang belum memiliki e-KTP.
  2. Mempunyai usaha selama 6 bulan. Ini merupakan minimal waktu usaha yang telah dijalankan yang ditetapkan oleh Bank BRI.
  3. Tidak menerima kredit dari bank lain. Artinya kredit yang akan dibayar hanya pada satu bank saja, yaitu pinjaman modal usaha tanpa jaminan Bank BRI. Boleh memiliki beberapa kredit seperti Kredit Kepemilikan Rumah atau Kendaraan, Kredit Jaminan Pensiun, dan lain sebagainya.
  4. Melampirkan beberapa surat penting seperti:
  5. Formulir pengajuan pinjaman
  6. Fotokopi e-KTP
  7. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  8. Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
  9. Surat Izin Usaha
  10. Fotokopi Buku Tabungan BRI
  11. Slip pendapatan usaha atau upah
  12. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  13. Minimal usia peminjam adalah 21 tahun dan maksimum 75 tahun

Ketentuan dari KUR BRI

Ketentuan-dari-KUR-BRI

BRI memberikan ketentuan untuk mengajukan pinjaman di KUR BRI:

  1. Maksimal pinjaman Rp50.000.000. Bisa juga mengajukan pinjaman diatas Rp50.000.000 – Rp500.000.000 akan tetapi nasabah harus mengajukan pinjaman KUR Kecil BRI dan memberikan jaminan berupa sertifikat tanah atau rumah, kendaraan, serta tabungan maupun deposito sehingga ini bukan termasuk fasilitas KUR.
  2. Jangka waktu maksimal peminjaman adalah 3 tahun.
  3. Lama Kredit Investasi selama 5 tahun.
  4. Tidak wajib membayar atau memberikan agunan (jaminan).

Alur Meminjam Modal Lewat KUR BRI

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan Bank BRI terdiri dari dua metode, yaitu secara offline dan online.

1. Alur untuk Meminjam Modal di KUR BRI Secara Offline

  1. Mengajukan formulir permintaan peminjaman ke kantor cabang Bank BRI yang berada di dekat tempat tinggal.
  2. Membawa persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Menunggu proses pengajuan berkas.
  4. Persetujuan pinjaman jika semua berkas memenuhi syarat dan dilanjutkan dengan tanda tangan kontrak.
  5. Pencairan dana pinjaman, ini ditandai dengan masuknya dana pinjaman ke rekening peminjam.

2. Alur untuk Meminjam Modal di KUR BRI Secara Online

Alur-untuk-Meminjam-Modal-di-KUR-BRI-Secara-Online
  1. Mengakses situs resmi KUR BRI yaitu kur.bri.co.id.
  2. Kemudian klik “Ajukan Pinjaman”.
  3. Daftar menggunakan email dan password yang telah ditentukan lalu klik agreement persetujuan persyaratan.
  4. Login dengan email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan.
  5. Mengunggah segala persyaratan yang dibutuhkan untuk pinjaman online KUR BRI. Catatan persyaratan untuk pengajuan pinjaman online KUR BRI adalah:
  6. Softcopy KTP dan KK.
  7. Jika tidak ada Surat Izin Usaha maka bisa digunakan surat keterangan dari platform e-commerce dan ride hailing.

Untuk informasi lebih lengkap jika terdapat kekeliruan maka bisa dihubungi pusat panggilan BRI dengan nomor 14017.

Kelebihan Menjadi Peminjam melalui Jasa Peminjaman Tanpa Modal

Kelebihan-Menjadi-Peminjam-melalui-Jasa-Peminjaman-Tanpa-Modal

Kelebihan peminjaman tanpa modal menjadi alasan memilih jasa seperti ini untuk mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan. Di bawah ini beberapa kelebihannya:

1. Syarat yang Dibutuhkan Tidak Terlalu Sulit

Syarat yang diminta untuk pengajuan pinjaman berupa dokumen umum yang dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia seperti KTP dan KK. Kemudian ada beberapa dokumen umum lainnya yaitu slip gaji atau penghasilan serta Surat Izin Usaha.

Tidak sampai meminta dokumen yang bisa dijadikan sebagai jaminan, seperti jaminan sertifikat dan aset-aset yang dimiliki.

2. Singkatnya Waktu Pencairan Dana

Bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat, maka jasa seperti ini akan sangat membantu mengatasi masalah tersebut. Jika semua syarat telah terpenuhi dan semua persetujuan telah disetujui, maka dalam waktu singkat dana yang dipinjam akan langsung dikirim ke rekening peminjam.

Biasanya untuk waktu tunggu yang diberikan hingga dana cair adalah dua sampai 3 hari kerja. Setelah itu dana bisa langsung dipakai sebagai modal usaha dan keperluan lainnya.

3. Waktu Pengembalian Dana yang Fleksibel

Dengan tidak adanya jaminan apapun, untuk waktu pengembalian dana pinjaman tergolong fleksibel. Karena peminjam bisa mengembalikan dana sesuai waktu maksimum pinjaman.

Jika waktu maksimum pinjaman adalah 5 tahun, maka dalam waktu tersebut bebas kapan saja jika ingin mengangsur pengembalian dana.

Yang penting pinjaman tersebut dapat dikembalikan hingga waktu maksimum pinjaman. Jadi tidak terpaku harus membayar dalam rentang waktu setiap bulan atau setiap tahun.

4. Akses yang Mudah

Saat ini sangat banyak jasa pinjaman tanpa modal, seperti peminjaman modal usaha tanpa jaminan Bank BRI. Bank atau jasa peminjaman lainnya juga menyediakan jasa pinjaman seperti ini. Kemudahan aksesnya dapat dinikmati secara offline maupun online.

Cabang beberapa bank sudah mulai terjangkau di beberapa daerah seperti di desa-desa. Sehingga tidak sulit untuk menemukan akses pinjaman bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses bank di perkotaan.

Ulasan mengenai pinjaman modal usaha tanpa jaminan Bank BRI di atas bisa menjadi salah satu opsi yang bisa digunakan untuk mendapatkan modal usaha secara praktis dan cepat. Akses yang mudah juga menjadi keunggulan jasa pinjaman ini tanpa menyulitkan nasabah.

Tidak adanya jaminan tentunya sangat memberikan keuntungan dan keamanan bagi nasabah yang meminjam dana. Alasannya karena tidak melibatkan jaminan yang nantinya bisa merugikan nasabah/peminjam.

Leave a Comment

x