Sampoerna Career Gaji Terbaru, Tunjangan, dan Penjelasannya

Indonesia memiliki pabrik rokok terbesar dan pertama yang bernama PT Hanjaya Mandala Sampoerna. Pabrik ini terus berkembang dan semakin besar sehingga mampu menyerap ribuan tenaga kerja. Untuk informasi Sampoerna career tersebut, dapat dilihat di berbagai media informasi.

Sampoerna membuka peluang yang cukup besar untuk para pekerja dalam mengembangkan karir di perusahaan tersebut. Dengan pabrik yang sangat besar, banyak posisi yang dibutuhkan. Posisi tersebut misalnya operator, supervisor, marketing, hingga bagian administrasi.

Sebagai perusahaan yang besar, tentunya Sampoerna sangat memperhatikan gaji dan kesejahteraan para pegawaianya. Hal ini terlihat dari standar gaji serta kebijakan lainnya, seperti tunjangan dan bonus yang disiapkan oleh Sampoerna.

Sampoerna Career

Sampoerna-Career

Dunia kerja memang tidak pernah lepas dari para pencari kerja yang setiap tahunnya selalu bertambah. Banyak perusahaan yang membuka peluang kerja, termasuk Sampoerna. Kenapa banyak orang yang berminat untuk masuk ke perusahaan ini?

Salah satu alasan penting yang menjadi pertimbangan para pencari kerja adalah dari sisi finansial. Sampoerna menawarkan gaji yang tinggi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Tentu saja Sampoerna career ini menjadi incaran para pencari kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan yang baik.

Secara umum, gaji HM Sampoerna tersebut berkisar angka Rp 1.000.000 hingga mencapai Rp 39.000.000. Apabila dihitung, rata-rata gaji yang diberikan oleh Sampoerna adalah sekitar Rp 6.500.000 setiap bulannya. Nominal gaji ini cukup tinggi dibandingkan perusahaan yang lainnya.

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa rokok menjadi komoditas yang menyumbang pajak paling tinggi. Hal ini karena jumlah produksi yang tinggi, seiring dengan semakin meningkatnya permintaan pasar. Tidak heran jika Sampoerna memiliki pendapatan yang tinggi, sehingga gaji pegawai juga tinggi.

Hingga saat ini, Sampoerna telah memiliki anak perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Berdasarkan data yang didapatkan pada tahun 2019, diketahui bahwa Sampoerna memiliki lebih dari 23.500 karyawan. Jumlah tersebut tersebar di perusahaan induk maupun anak perusahaan.

Informasi Gaji dan Karir di Sampoerna

Informasi-Gaji-dan-Karir-di-Sampoerna

Sampoerna memiliki standar gaji yang cukup tinggi. Meskipun demikian, standar tersebut tetap mengacu pada besaran UMP dan UMK yang berlaku di daerah tersebut. Secara garis besar, besaran gaji yang diberikan oleh Sampoerna pada beberapa posisi adalah sebagai berikut.

NoPosisiGaji
1Sales Level Manager23 juta – 24 juta
2Sales Level Assistant Manager/ Junior Manager18 juta – 20 juta
3Staf Penjualan6 juta – 7 juta
4Team Leader Sales9 juta – 10 juta
5Staff Business Development4 juta – 6 juta
6IT Division Manager38 juta – 39 juta
7IT Senior Supervisor13 juta – 15 juta
8Staff IT5 juta – 6 juta
9Finance & Accounting Level Manager25 juta – 30 juta
10Finance & Accounting Level Supervisor9 juta – 10 juta
11Finance & Accounting Lever Senior Supervisor15 juta – 16 juta
12Staff Finance & Accounting5 juta – 7 juta
13Staff Management Product (QC)7 juta – 8 juta
14Staff Manufaktur/ Operator Produksi5 juta – 7 juta
15HR & Admin Level Senior Supervisor6 juta – 7 juta
16Staff HR & Admin4 juta – 5 juta
17Engineering Level Senior Supervisorjuta – 10 juta
18Staff Engineering5 juta – 6 juta
19Staff Pelayanan3 juta – 4 juta
20Logistik & Transportasi Lever Supervisor10 juta – 12 juta
21Staff Desain5 juta – 7 juta
22Staff Logistik dan Transportasi4 juta – 5 juta

Tabel diatas merupakan sebagian posisi yang ada di Sampoerna. Gaji tersebut adalah gaji rata-rata yang akan diterima sesuai dengan posisi dan jabatan. Selain itu besar kecilnya gaji pegawai, akan dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut ini.

  1. Masa Kerja
  2. Posisi atau Level Jabatan
  3. Penilaian Kinerja
  4. Area Penempatan Kerja
  5. Tunjangan dan Bonus yang didapatkan
  6. Skill, Pengalaman, dan Background Pendidikan

Informasi yang berkaitan dengan Sampoerna career, bisa diakses melalui website resmi di www.sampoernacareer.id. Dalam website tersebut, tersedia informasi lengkap tentang lowongan pekerjaan yang tersedia saat itu, pengiriman atau apply lamaran, beserta rincian persyaratannya.

Sejarah Singkat PT HM Sampoerna

Sejarah-Singkat-PT-HM-Sampoerna

Banyak yang sudah mengenal Sampoerna sebagai pemegang merek rokok di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1913. Pendiri dan pemilik Sampoerna adalah seorang imigran Tionghoa yang bernama Liem Seeng Tee. Pada awalnya hanya berupa usaha rokok kecil-kecilan yang dikelola bersama sang istri.

Liem dan istri yang bernama Siem Tjiang Nio, mengelola usaha rokoknya yang berada di Ngaglik, Surabaya. Sehari-harinya, Liem menjajakan rokoknya berkeliling menggunakan sepeda. Perjalanan munculnya Sampoerna tersebut, dimulai dari usaha rokok keliling Liem.

Perjalanan Sejarah Sampoerna

  1. Tahun 1913 Liem Seeng Tee mulai memformalkan usaha rokoknya, dengan mulai memproduksi rokok secara komersial. Produksi ini dilakukan dalam wadah Handel Maatschappij Liem Seeng Tee. Produk awal perusahaan ini adalah rokok kretek hasil lintingan tangan.
  2. Liem memproduksi rokok kretek pertama yang diberi nama “Dji Sam Soe” (234).
  3. Tahun 1914 Liem menggunakan kemasan rokok Dji Sam Soe hingga tahun 2000.
  4. Tahun 1916 terjadi kebakaran pada “Pabrik Rokok Liem Seeng Teng” atau dikenal dengan nama Sigaretten Fabriek Liem Seeng Tee. Kebakaran ini menyebabkan hancurnya bisnis rokok yang dirintis oleh Liem.
  5. Liem mencoba bangkit dengan membeli pabrik baru menggunakan tabungan pribadi dari Liem. Selama kurun waktu 5 tahun, Liem berusaha untuk meracik kembali resep rokok agar menarik minat pelanggan. Hal tersebut dilakukan di pabrik barunya dengan dibantu oleh sang istri.
  6. Tahun 1921 atau 5 tahun setelah peristiwa kebakaran tersebut, Liem berhasil meracik resep untuk produk rokok utama yaitu Dji Sam Soe. Selanjutnya Liem juga mengedarkan merek rokok lainnya seperti 77, 123, 678, 720, dan juga Djangan Lawan.
  7. Tahun 1930 seiring dengan perkembangan perusahaan, Liem meresmikan nama baru NVBM Handel Maatschappij. Bisnis rokok Sampoerna berkembang pesat dengan produksi 3 juta batang setiap harinya.
  8. Tahun 1942 dimana Jepang datang dan menghancurkan bisnis Liem, kemudian ditangkap dan dibawa oleh Jepang. Karyawan pabrik Liem dipaksa untuk memproduksi rokok secara gratis.
  9. Tahun 1956 Liem meninggal dunia dan pabrik semakin menurun produksinya.
  10. Tahun 1959 secara resmi pabrik rokok Liem tutup.
  11. Tahun 1963 atau tepatnya pada tanggal 19 Oktober 1963, didirikan perusahan PT Handel Maatschappij Sampoerna kembali beroperasi dan mulai merintis dari nol.
  12. Setiap tahunnya, Sampoerna mengalami peningkatan produksi dan penambahan jumlah tenaga kerja hingga ribuan orang.
  13. Tahun 1990 perusahaan melangkah lebih jauh dengan mencatatkan di Bursa Efek Jakarta dengan nama PT Hanjaya Mandala (HM) Sampoerna. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 15 Agustus 1990.
  14. Tahun 1995 – 1996 pabrik ini mampu memproduksi 170 juta batang dan meningkat menjadi 600 juta batang/minggu. Pada periode ini, Sampoerna menjadi pemain yang menempati posisi atas pada bisnis rokok.
  15. Tahun 2005 PT HM Sampoerna ini diakuisisi oleh Philip Morris International (PMI).

PT HM Sampoerna lebih dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi rokok. Menjadi sebuah perusahaan besar, juga membuka peluang kerja. Banyak informasi Sampoerna career yang dapat dilihat di berbagai media maupun website resmi perusahaan.

x