Cara Cek Angsuran Pinjaman Bank BRI

Cara Cek Angsuran Pinjaman Bank BRI – Musibah seringkali datang tiba-tiba dan dapat menghampiri siapa saja. Sebagian orang mungkin akan siap kapan pun untuk menghadapi musibah yang menghampirinya.

Mereka mungkin memiliki tabungan atau dana darurat yang mereka simpan untuk berjaga-jaga jikalau situasi seperti itu akan terjadi.

Namun, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki tabungan yang cukup atau dana darurat yang mereka simpan untuk menghadapi situasi tersebut?

Transfer-Uang-dari-BRI-ke-BCA-Melalui-Teller

Untuk menghadapi situasi tersebut, banyak orang yang memilih untuk meminjam uang. Ada banyak sekali tempat untuk meminjam uang, baik itu melalui pinjaman online ataupun melalui bank.

Masing-masing tempat meminjam tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Apabila Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman ke bank, banyak sekali bank yang dapat Anda pilih. Mulai dari bank swasta hingga bank yang beroperasional di bawah BUMN.

Salah satu bank yang akan kami bahas untuk melakukan proses peminjaman adalah bank BRI. Mulai dari apa saja syarat untuk meminjam uang di bank ini, jenis produk pinjaman Bank BRI, cara cek angsuran pinjaman Bank BRI, tips agar pinjaman Anda disetujui, dll.

Jenis Pinjaman di Bank BRI

Nah, sebelum Anda melakukan pinjaman di Bank BRI, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis pinjaman apa yang Anda butuhkan. Jenis pinjaman di Bank BRI ada Kredit Usaha Rakyat, Kupedes, Kredit Kepemilikan rumah, Kredit kendaraan bermotor, dan briguna karya, dan masih banyak lagi.

Tabungan-BRI-Simpedes

Adapun masing-masing kredit tersebut dijabarkan melalui penjelasan di bawah ini:

Kredit KPR

Kredit KPR atau Kredit Kepemilikan rumah ditujukan bagi Anda yang ingin membeli properti, dan dapat pula digunakan untuk pembelian apartemen. Adapun persyaratan dalam kredit ini adalah Anda diwajibkan untuk membayar uang muka minimal 10% dan jangka waktu peminjaman adalah 20 tahun.

Kredit Kendaraan Bermotor

Adapun jenis kredit ini ditujukan bagi Anda yang ingin membeli kendaraan bermotor, baik motor baru maupun motor bekas. Keuntungan kredit ini adalah tidak adanya biaya provisi.

Berbeda dengan Kredit KPR, pada kredit ini, Anda diwajibkan untuk membayar uang muka sebesar 25%. Jangka waktu cicilan adalah 6 tahun (kendaraan baru) dan 4 tahun (kendaraan bekas).

Mekanisme Kredit Motor

Briguna Karya

Pinjaman ini ditujukan bagi Anda yang ingin meminjam untuk berbagai kebutuhan. Anda dapat menggunakan pinjaman ini untuk kebutuhan sehari-hari ataupun untuk keperluan produktif. Pembayaran untuk kredit ini diberikan kepada Anda dengan sumber pembayarannya adalah gaji tetap Anda.

Rentang biaya yang dapat Anda pinjam pun beragama, disesuaikan dengan sumber penghasilan Anda dalam jangka waktu dua belas sampai enam puluh bulan.

KBB BRI Refinancing

Bagi Anda yang mungkin butuh dana cepat, KBB BRI Refinancing adalah solusinya. Dengan jaminan kendaraan bermotor yang Anda miliki, Anda sudah dapat mengajukan jenis pinjaman ini. Pinjaman ini pun bebas dari biaya provisi.

Jika dibandingkan dengan pinjaman online, jenis pinjaman ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya bunga yang lebih rendah, tenor yang lebih panjang, dan palfon pinjaman yang lebih besar.

Briguna Karya

Untuk jenis pinjaman ini, ditujukan bagi Anda yang telah pensiun, namun ingin mengajukan pinjaman ke bank. Untuk pembayarannya sumbernya dari dan pensiunan Anda yang dibayarkan tiap bulan. Jangka waktu untuk pinjaman ini adalah lima belas tahun.

Persyaratan Mengajukan Pinjaman

Pada umumnya, setiap bank memiliki persyaratan yang tidak jauh berbeda dalam hal memberikan pinjaman kepada para nasabahnya. Persyaratan yang diberlakukan pun bersifat wajib agar Anda bisa mendapat kredit dari bank.

BRI-BritAma

Persyaratan tidak boleh kurang satu atau dua poin, apabila salah satu syarat tidak terpenuhi, maka proses pengajuan Anda tidak bisa dilanjutkan. Oleh sebab itu, berikut ini kami sajikan persyaratan mengajukan pinjaman di bank.

  1. Fotokopi KTP/Kartu Keluarga
  2. Fotokopi slip gaji
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi buku tabungan

Cara Cek Angsuran Pinjaman Bank BRI

Setelah Anda memutuskan jenis pinjaman apa yang akan Anda ambil, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah selalu mengecek berapa sisa pinjaman Anda agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugukan diri Anda.

Nah, untuk melakukan pengecekan angsuran pinjaman di Bank BRI, kami telah menuliskan informasi tersebut. Berikut ini adalah cara cek angsuran pinjaman Bank BRI.

Limit-Transfer-BRI-Via-Internet-Banking
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka website https://ib.bri.co.id/ dan login menggunakan akun Anda.
  2. Kemudian, klik pada menu rekening.
  3. Pilih menu rincian pinjaman.
  4. Langkah terakhir, pilih pada menu nomor rekening pinjaman, dan kemudian lihat berapa sisa pinjaman yang Anda miliki.

Namun, apabila Anda tidak memiliki koneksi internet di rumah Anda, bisa juga Anda langsung menghubungi narahubung (costumer service) untuk menanyakan terkait pengecekan sisa angsuran pinjaman Anda.

Caranya adalah Anda cukup menghubungi 14017, namun Anda harus menghubungi nomor tersebut pada jam kerja agar dapat tersambung. Anda dapat bertanya apa saja melalui narahubung pada nomor tersebut terkait dengan kredit yang Anda miliki.

Tips Agar Pinjaman Anda dapat Disetujui Oleh Pihak Bank

Apabila Anda membutuhkan dana cepat, tentunya Anda tidak ingin apabila pinjaman yang Anda ajukan tidak dapat diproses. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang akan kami berikan agar pinjaman Anda dapat diproses dengan lancar.

Mengirimkan-Surat-Sanggahan-Terhadap-Transaksi-Kartu-Kredit
  • Anda harus selalu tepat waktu dalam membayarkan kredit dari lembaga keuangan.

Umumnya, setiap nasabah yang ingin mengajukan pinjaman, akan selalu dicek oleh pihak bank. Mulai dari data diri, penghasilan, dan rekam jejak pelunasan kredit sebelumnya.

Apabila Anda memiliki catatan yang buruk pada kredit sebelumnya, bank akan memberikan pertimbangan lebih bagi Anda.

Jadi, selama proses pelunasan kredit, Anda harus selalu tepat waktu dalam membayarkannya, agar pada kredit yang akan Anda lakukan di masa mendatang menjadi lebih mudah.

  • Memiliki jaminan.

Barang yang Anda miliki yang digunakan sebagai penjamin bahwa Anda akan membayarkan kredit disebut jaminan. Apabila kredit yang Anda ambil tidak dapat Anda bayarkan, maka barang yang Anda jaminkanlah yang akan digunakan untuk melunasi kredit Anda.

Umumnya, tidak semua barang yang dapat digunakan sebagai jaminan. Ada syarat tertentu seperti, barang yang dijadikan jaminan harus memiliki nilai yang sama dengan kredit yang Anda ajukan, dan lain sebagainya.

Jaminan-untuk-Pengajuan-Kredit-Modal-Kerja
  • Tetapkan tujuan yang jelas.

Anda harus bisa meyakinkan pihak bank dengan tujuan apa Anda meminjam uang di bank tersebut. Apabila tujuan Anda untuk usaha, Anda harus bisa meyakinkan pihak bank dengan tujuan usaha Anda, seperti usaha apa yang Anda lakukan, dan hal-hal yang terkait usaha yang akan Anda jalani.

Apabila Anda memiliki tujuan yang jelas, akan menjadi nilai tambah dalam persetujuan kredit Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal terkait dengan pinjaman di Bank BRI. Mulai dari jenis pinjaman hingga tips dalam meminjam.

Harapannya, artikel ini dapat membantu Anda dalam proses pengajuan kredit Anda. Satu hal yang harus diingat dalam proses kredit ini adalah Anda harus bisa menyesuaikan kredit yang Anda ajukan dengan penghasilan Anda.

Apabila Anda tidak bisa melunasinya, hal tersebut dapat sangat merugikan Anda. Terima kasih telah membaca artikel dari kami dan selamat melanjutkan aktivitas Anda.

Leave a Comment

x