Consumer Goods Itu Apa? Ini Pengertian dan Klasifikasinya

Dalam aktivitas ekonomi, mungkin pernah mendengar istilah consumer goods. Secara umum istilah ini dapat diartikan sebagai barang akhir, atau barang yang memang dibeli untuk dikonsumsi. Produsen membuat barang tersebut untuk dipergunakan dalam kegiatan ekonomi lebih lanjut.

Lebih mudahnya, produk yang masuk dalam kategori tersebut merupakan hasil akhir dari proses produksi, untuk dikonsumsi. Konsumen dapat dengan mudah mendapatkan barang-barang tersebut, misalnya di toko-toko, swalayan, pusat perbelanjaan dan lainnya.

Pengertian Consumer Goods

Pengertian-Consumer-Goods

Pengertian dari consumer goods adalah sebuah produk yang dibeli oleh para konsumen dengan tujuan untuk dikonsumsi. Dalam beberapa literatur, barang atau produk ini juga disebut dengan barang akhir. Dengan kata lain, produk ini merupakan hasil akhir dari manufaktur yang diperuntukkan bagi konsumen.

Setelah produk tersebut selesai dari proses produksi, maka konsumen dapat melihat atau barang tersebar di beberapa tempat, baik toko maupun yang lainnya. Barang inilah yang disebut dengan barang konsumsi dan siap digunakan oleh pelanggan.

Barang yang masuk dalam kategori ini adalah barang yang bisa langsung digunakan. Contohnya adalah makanan, pakaian, perhiasan, minuman, dan lainnya. Sedangkan untuk bahan dasar atau bahan mentah, tidak masuk dalam kategori karena masih membutuhkan proses selanjutnya.

Klasifikasi Barang Konsumsi

Melihat dari ilmu ekonomi, barang konsumsi tersebut memiliki beberapa klasifikasi yang ditetapkan. Pengklasifikasian tersebut antara lain durable goods, undurable good, serta service. Definisi dan penjelasan dari masing-masing klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Durable Goods

Durable-Goods

Kata lain dari durable goods ini adalah barang tahan lama. Istilah ini ditujukan untuk beberapa jenis barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya barang tersebut masih digunakan lebih dari 3 tahun. Contohnya adalah pakaian, sepatu, dan lainnya.

2. Undurable Goods

Undurable-Goods

Undurable goods juga disebut dengan barang yang tidak tahan lama. Barang-barang ini merupakan barang yang hanya bisa digunakan untuk waktu yang terbatas atau memiliki masa pakai kurang dari tiga tahun.

3. Service

Service

Produk dalam kategori ini memang bukan dalam bentuk barang, namun berupa jasa atau layanan. Service ini masuk dalam kategori barang konsumsi, selama jasa atau layanan tersebut berguna secara langsung pada saat melakukan proses produksi.

Pemasaran Consumer Goods

Pemasaran-Consumer-Goods

Dalam kegiatan ekonomi, bukan hanya terjadi proses produksi. Setelah barang selesai diproduksi, maka perlu pemasaran guna memberitahukan akan produk tersebut kepada konsumen. Dalam pemasaran barang konsumsi ini, diklasifikasikan berdasarkan aktivitas serta tujuan dari pembelian konsumen.

1. Convenience Consumer Goods

Pengertian dari convenience consumer goods yaitu barang atau produk yang memiliki aktivitas pembelian dari konsumen secara berulang dan teratur. Hampir sebagian besar pedagang grosir maupun pedagang pengecer yang menjual barang-barang jenis ini.

Cara ini membuat barang tersebut banyak tersedia dipasaran. Konsumen juga bisa dengan mudah membelinya. Contoh barang barang konsumsi convenience ini adalah beras, susu, gula, gandum, minyak, telur, dan lainnya.

Mengingat keberagaman kebutuhan konsumen, maka barang convenience ini dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah barang kebutuhan pokok, yaitu barang yang dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan dasar. Kedua barang impulsif atau barang non prioritas.

2. Shopping Consumer Goods

Shopping consumer goods atau disebut juga dengan barang belanjaan, adalah barang yang membutuhkan perencanaan dan pemikiran lebih bagi konsumen untuk memutuskan pembelian. Hal ini berbeda dengan barang konsumsi convenience yang bersifat kebutuhan pokok.

Contoh dari barang yang masuk dalam kategori barang belanjaan yaitu televisi, lemari, microwave, lemari es, sepeda motor, dan lainnya. Barang-barang tersebut, pada umumnya tidak langsung dibeli oleh konsumen, namu membutuhkan pertimbangan.

Pada umumnya, barang belanjaan atau shopping ini memiliki waktu hidup yang lebih lama. Selain itu harganya juga cukup mahal, sehingga konsumen perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak dibandingkan ketika membeli barang pokok.

3. Specialty Consumer Goods

Disebut juga dengan barang konsumsi khusus atau spesial. Pengertiannya adalah barang-barang yang diproduksi atau dibuat, dan ditujukan bagi konsumen yang memiliki keuangan melimpah atau daya beli yang tinggi.

Barang konsumsi khusus ini juga sering disebut dengan barang mewah. Target pasar dari produk ini juga lebih mengarah pada konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Contoh barang yang paling umum dari jenis barang ini yaitu produk perhiasan.

4. Unsought Consumer Goods

Selain beberapa barang diatas, terdapat juga barang yang disebut dengan unsought consumer goods. Jenis barang ini adalah barang dan pelayanan, dimana produk ini banyak tersedia di pasar namun jarang dicari oleh konsumen atau pelanggan.

Barang jenis ini hanya digunakan oleh beberapa kalangan orang saja. Pada umumnya, jenis barang unsought ini tersedia untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan tertentu. Contoh dari jenis barang ini adalah asuransi.

Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Fast-Moving-Consumer-Goods-FMCG

Dalam pengkategorian barang konsumsi yang paling terkenal adalah fast moving consumer goods. Arti dari istilah ini adalah barang konsumsi yang sifatnya bergerak cepat atau lebih cepat habis. Pengelompokan ini, memasukkan barang dengan waktu konsumsi yang cepat.

Contohnya adalah makanan dan minuman. Jenis produk ini selalu bergerak dengan cepat melalui rangkaian mulai dari produsen hingga ke konsumen. Barang-barang yang termasuk dalam klasifikasi ini, lebih banyak digemari oleh konsumen.

Hal tersebut menjadikan barang FMCG ini, memiliki pergerakan yang sangat cepat serta menawarkan peluang perputaran barang yang cukup tinggi. Dengan tingkat perputaran tinggi ini, membuat banyak perusahaan besar yang bergerak dalam produksi FMCG.

Jenis Produk Fast Moving Consumer Goods

Jenis-Produk-Fast-Moving-Consumer-Goods

Di Indonesia, barang yang masuk dalam fast moving consumer goods dibedakan menjadi 4 macam. Barang tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsi dan tujuannya. Berikut ini adalah produk fast moving consumer goods tersebut.

1. Makanan dan Minuman

Perputaran transaksi dari konsumen untuk makanan dan minuman ini sangat tinggi. Beberapa jenis produk bahkan dapat langsung dikonsumsi oleh konsumen, namun ada juga yang memerlukan proses pengolahan. Contohnya adalah kopi, mie instan, beras, telur, dan lainnya.

2. Private Care

Private care merupakan sebutan bagi produk yang digunakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda akan barang private care ini. Misalnya adalah obat-obatan, pakaian, kosmetik, dan lainnya.

3. Home Care

Sesuai dengan namanya, home care adalah barang yang berhubungan dengan rumah. Tujuan diproduksinya barang ini adalah untuk memenuhi kebutuhan di rumah tangga. Contoh produk ini adalah sikat gigi, sabun mandi, dan peralatan lainnya.

4. Rokok

Salah satu produk dengan tingkat pergerakan dipasar secara cepat, yaitu rokok. Banyak pengguna yang menyukai rokok. Bahkan, rokok menjadi penyumbang pajak terbanyak dibandingkan produk yang lainnya.

Rokok dikelompokkan tersendiri, karena merupakan barang yang digemari namun bukan bersifat kebutuhan pokok. Dari ketiga kelompok di atas, rokok adalah barang fast moving consumer goods yang berdiri sendiri.

Barang konsumsi atau consumer goods merupakan barang jadi yang diproduksi dengan tujuan agar bisa digunakan langsung oleh konsumen. Sektor barang konsumsi ini berhubungan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen secara pribadi atau rumah tangga.

Leave a Comment

x