Rincian Biaya Modal Usaha Toko Kosmetik, Lengkap!

Modal usaha toko kosmetik tidak hanya berkaitan dengan uang saja, melainkan juga pengetahuan dan keterampilan dalam berjualan.

Perkembangan zaman membuat variasi kosmetik semakin banyak dijumpai sehingga kita bisa membeli sesuai kebutuhan.

Kosmetik sudah menjadi suatu keharusan bagi wanita untuk tampil lebih cantik, misalnya saat bekerja di kantor.

Ada banyak produk kosmetik yang bisa kita jumpai di pasaran, mulai dari foundation, lipstik, blush on, eye shadow, pensil alis, mascara dan lain sebagainya. 

Rincian Biaya Modal Usaha Toko Kosmetik

Modal memang menjadi bagian penting dalam membangun suatu usaha agar berjalan dengan lancar, begitu juga dengan bisnis toko kosmetik.

Modal ini nantinya bisa digunakan sebagai modal investasi dan biaya operasional usaha, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Modal Investasi

Modal-Investasi

Modal usaha toko kosmetik yang pertama adalah modal investasi atau peralatan yang memiliki manfaat jangka panjang bagi bisnis kosmetik.

Beberapa perlengkapan toko kosmetik sebagai investasi adalah etalase, kursi, rak kaca, cermin hingga papan iklan toko kosmetik

Total biaya investasi modal awal yang diperkirakan untuk membuka usaha toko kosmetik adalah Rp 3,3juta.

2. Biaya Operasional Usaha

Biaya-Operasional-Usaha

Berbeda dengan biaya operasional usaha yang biasanya dikeluarkan setiap bulan sehingga keuntungan harus disisihkan untuk membayar biaya operasional usaha ini.

Ada banyak keperluan yang harus dibayarkan dan masuk ke keperluan operasional usaha. 

Biaya operasional usaha digunakan untuk membayar upah karyawan, biaya telepon dan listrik bulanan, belanja berbagai jenis dan merek kosmetik, sewa lokasi usaha hingga biaya tidak terduga.

Total biaya operasional usaha diperkirakan Rp 6juta per bulan.

Omzet Bisnis Toko Kosmetik

Omzet-Bisnis-Toko-Kosmetik

Dengan modal usaha toko kosmetik yang dimiliki, kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin sehingga mendapatkan segala keperluan untuk berjualan kosmetik.

Modal usaha yang bisa dimanfaatkan dengan baik maka akan mendatangkan keuntungan menjanjikan.

Jika dalam satu hari Anda mampu menjual produk kosmetik dengan omzet Rp300ribu, maka omzet bulanan mencapai Rp 9juta.

Total omzet tersebut nantinya akan dikurangi biaya operasional perbulan sehingga didapatkan angka Rp 3juta sebagai laba bersih per bulan.

Keuntungan ini bisa terus bertambah jika Anda bisa mengelola keuangan bisnis toko kosmetik dengan baik, misalnya memanfaatkan keuntungan untuk menambah produk, mempercantik toko dan lain sebagainya. 

Keuntungan Buka Toko Kosmetik

Peluang usaha toko kosmetik sangat terbuka lebar jadi Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika membuka toko kosmetik dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Harga Bervariasi

Harga-Bervariasi

Kosmetik terdiri dari berbagai jenis, produk, brand, dan variasi lainnya sehingga harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan modal usaha toko kosmetik untuk membeli produk dengan harga menarik dan bisa dijual kembali.

2. Bukan Bisnis Musiman

Bukan-Bisnis-Musiman

Bisnis musiman hanya mendapatkan keuntungan pada momen tertentu saja, tapi tidak untuk kosmetik.

Setiap wanita membutuhkan kosmetik untuk tampil cantik sehingga dalam momen apapun, mereka tetap saja membutuhkan kosmetik sehingga peluang usahanya baik. 

3. Pangsa Pasar Wanita

Pangsa-Pasar-Wanita

Meskipun ada pria yang menggunakan kosmetik, tapi sebagian besar pengguna kosmetik adalah wanita.

Jumlah penduduk wanita yang lebih besar dibanding pria tentu membuat peluang usaha ini semakin menjanjikan. 

4. Konsep Beragam

Konsep-Beragam

Kosmetik tersedia dalam berbagai konsep, baik natural, bold, dan lain sebagainya jadi Anda bisa memilih konsep yang paling disukai para wanita.

Dengan begitu, produk kosmetik akan laris terjual karena sesuai dengan selera dari kebanyakan wanita. 

Setelah mengetahui berbagai kelebihan yang bisa didapatkan dari bisnis toko kosmetik, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara memulai toko kosmetik rumahan yang laris manis meski dengan modal usaha toko kosmetik yang terbatas. 

Cara Memulai Toko Kosmetik Rumahan

Cara-Memulai-Toko-Kosmetik-Rumahan

Memulai suatu bisnis bukanlah perkara mudah karena ada banyak hal baru yang akan menghampiri, termasuk dalam memulai toko kosmetik rumahan.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai toko kosmetik yang laris manis. 

1. Pilih Lokasi Strategis

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi strategis untuk berjualan, seperti di dekat kampus, pinggir jalan raya dan lain sebagainya.

Pemilihan lokasi berjualan juga harus disesuaikan dengan budget karena makin strategis, harganya makin tinggi. 

2. Carilah Pemasok yang Terpercaya

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari pemasok atau supplier kosmetik yang terpercaya.

Anda harus mencari informasi lebih lanjut mengenai pemasok tersebut untuk memastikan bahwa pemasok hanya menjual produk asli dan berkualitas. 

3. Beli Produk Kosmetik Terlaris

Modal usaha toko kosmetik bisa digunakan untuk membeli beberapa produk terlaris dan sedang hits.

Setiap waktu, popularitas kosmetik terus berubah jadi Anda harus selalu update produk kosmetik terbaru agar bisa memilih produk apa yang harus dijual ke konsumen.

4. Pilih Kosmetik Asli dan Aman

Bukan hanya memilih produk terlaris, pastikan bahwa produk kosmetik yang dijual adalah produk asli dan aman.

Aman tidaknya produk kosmetik dapat dilihat dari nomor BPOM jadi pilihlah produk yang terdaftar dan memiliki nomor BPOM yang bisa dilacak.

5. Tentukan Harga Jual yang Bersaing

Meskipun ada perbedaan, tapi harga jual kosmetik tidak berbeda signifikan karena memang sudah ada harga pasarannya.

Meski begitu, tidak ada salahnya Anda memberikan potongan harga atau diskon sehingga harga jualnya bersaing dengan toko kosmetik yang lain. 

6. Berikan Pelayanan Prima

Langkah terakhir yang wajib dilakukan dalam memulai bisnis toko kosmetik adalah memberikan pelayanan prima.

Percuma produk berkualitas jika pelayanan tidak memuaskan jadi pastikan Anda selalu ramah pada konsumen dan memberikan pelayanan terbaik. 

Hambatan Usaha Kosmetik

Hambatan-Usaha-Kosmetik

Dalam berbagai bisnis, masalah pasti akan selalu ada, termasuk usaha kosmetik.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui hambatan apa saja yang biasa dialami oleh penjual kosmetik, maka bisa membuat rencana untuk mengatasi kendala tersebut. 

1. Pasokan Barang Kurang Lancar

Persediaan stok yang menipis atau habis tentu akan menghambat jalannya usaha kosmetik yang dilakukan.

Konsumen akan merasa kecewa saat mendapati produk yang dibutuhkan sedang tidak tersedia. Oleh karena itu, Anda harus memastikan semua stok barang aman.

2. Muncul Berita Tidak Benar

Kosmetik merupakan salah satu produk yang berada di bawah pengawasan BPOM sehingga harus terdaftar.

Terkadang, muncul berita tidak benar mengenai suatu produk dan membuat banyak orang percaya sehingga bisa mengurangi penjualan produk kosmetik di toko Anda.

3. Muncul Pesaing Baru

Hambatan terakhir yang biasanya dialami oleh penjual kosmetik adalah munculnya pesaing baru dengan modal besar.

Jika Anda tidak mungkin bersaing dalam hal modal, maka Anda harus memiliki daya tarik tersendiri, misalnya memberikan layanan antar gratis.

Bagi Anda yang tertarik di dunia kosmetik, maka bisa mencoba peluang usaha yang satu ini.

Pastikan Anda telah memahami penjelasan di atas dan persiapkan modal usaha toko kosmetik sesuai dengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

Leave a Comment