Cara Menjadi Agen Dakota Cargo via Online/Offline dan Syaratnya

Sebagai perusahaan pengiriman yang cukup terkenal, Dakota Cargo tercatat sudah mempunyai banyak agen yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Perusahaan ini juga menyediakan layanan cukup lengkap, sehingga banyak yang mencari informasi cara menjadi agen Dakota Cargo.

Keuntungan menjadi agen ekspedisi yang satu ini cukup menggiurkan. Syarat-syarat atau ketentuannya juga tidak terlalu rumit. Sehingga cocok sekali bagi yang ingin mencoba peluang bisnis sebagai jasa agen pengiriman.

Sampai detik ini, terhitung sudah ada puluhan agen Dakota Cargo yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Mereka mendapatkan keuntungan puluhan juta rupiah untuk setiap bulannya. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menarik untuk dicoba.

Jenis Layanan Pengiriman Dakota Cargo

Kali ini kami akan bahas mengenai berbagai macam syarat dan daftar cara menjadi agen Dakota Cargo area secara lengkap. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu mengenai beberapa layanan pengiriman yang ditawarkan.

Dakota Cargo melayani pengiriman lewat jalur darat dan laut ke seluruh provinsi Indonesia. Pelayanan yang diberikan terbilang sangat cepat dan aman sehingga bisa diandalkan. 

Ada beberapa  jenis layanan yang bisa digunakan, dimana setiap layanan mempunyai ketentuan pengiriman yang juga berbeda. Tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan ataupun estimasi waktu sampainya paket.

1. Top Urgent Service

Top-Urgent-Service

Top urgent service merupakan layanan pengiriman yang menjamin barang akan sampai di tempat tujuan pada keesokan harinya, atau yang biasa disebut dengan next day. Layanan ini memiliki ketentuan yang harus sampai dalam waktu satu hari.

Jika barang masih belum sampai dalam jangka waktu satu hari, maka biaya ongkir sepenuhnya akan langsung dikembalikan pada konsumen. Sehingga untuk masalah kecepatan dan ketepatan menjadi hal paling utama.

2. Two Days Service

Two-Days-Service

Two Days Service atau TDS merupakan layanan pengiriman barang yang memberikan jaminan bahwa barang tidak akan sampai ke tempat tujuan lebih dari 2 hari. Sama halnya dengan layanan sebelumnya, jika paket tidak sampai tepat waktu maka biaya pengiriman akan dikembalikan pada konsumen.

3. Door Too Door

Door-Too-Door

Door too door adalah layanan penjemputan barang atau pickup secara langsung ke alamat konsumen. Kurir akan langsung mengambil barang yang ingin dikirim ke alamat yang sudah ditentukan.

Pelayanan ini akan sangat memudahkan konsumen atau pelanggan. Hal ini karena konsumen tak perlu lagi pergi ke kantor Dakota Cargo, apalagi jika barangnya cukup berat.

4. Door to Port

Door-to-Port

Door to Port merupakan layanan pengambilan barang kiriman yang dilakukan oleh pihak penerima di cabang atau agen Dakota Cargo terdekat.

Dengan menggunakan layanan door to port, maka pihak penerima dapat mengambil barang di alamat yang telah disepakati sebelumnya. Sehingga akan jauh lebih efisien karena menghemat waktu.

5. Dakota Cargo Regular

Dakota-Cargo-Regular

Dakota Cargo regular merupakan layanan pengiriman barang yang membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 hari untuk sampai ke tempat tujuan. Layanan yang satu ini menggunakan jarak tempuh untuk dijadikan sebagai acuan dalam pengirimannya.

Jadi bisa dikatakan bahwa layanan ini tidak jauh berbeda dengan layanan dari ekspedisi pada umumnya.

Syarat Umum Menjadi Agen Dakota Cargo

Syarat-Umum-Menjadi-Agen-Dakota-Cargo

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar cara menjadi agen Dakota Cargo. Syarat-syarat yang dibutuhkan memang tidak terlalu rumit, yaitu sebagai berikut:

  1. Fotocopy persyaratan administrasi seperti KTP, SIUP, NPWP, Surat Keterangan Domisili Usaha, PBB, denah lokasi agen, dan lain sebagainya.
  2. Memiliki timbangan digital dan manual yang dapat menimbang berat maksimal 100 kg.
  3. Memiliki lokasi sebagai tempat usaha, setidaknya berupa ruko permanen yang memiliki ukuran 3×6 meter atau lebih.
  4. Lokasi harus strategis dan dapat diakes untuk kendaraan roda 4.
  5. Memiliki lahan parkir yang dapat memuat minimal 2 sampai 3 mobil.
  6. Siap menerapkan sistem penjualan yang ditentukan oleh pihak Dakota Cargo.
  7. Mengikuti jam operasional dari Dakota Cargo.
  8. Memiliki printer dan komputer dengan spesifikasi sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  9. Memiliki jaringan internet yang lancar.
  10. Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berupa karyawan atau petugas dengan minimal pendidikan SLTA sederajat.
  11. Mengikuti kegiatan evaluasi kemitraan yang dilakukan secara berkala.

2 Cara Menjadi Agen Dakota Cargo yang Mudah

2-Cara-Menjadi-Agen-Dakota-Cargo-yang-Mudah

Untuk mendaftar sebagai agen, maka bisa menggunakan beberapa opsi. Opsi tersebut adalah melalui online atau bisa juga secara offline. Untuk offline akan lebih rumit karena harus mengunjungi kantor cabang Dakota Cargo terdekat.

1. Mendaftar Agen Secara Online

Cara mendaftar agen Dakota Cargo secara online memang lebih mudah karena cukup dilakukan melalui smartphone, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan hubungi customer service Dakota Cargo terlebih dahulu di nomor 0218224548.
  2. Jika sudah terhubung dengan customer service, sampaikan maksud dan tujuan bahwa ingin mendaftar menjadi agen Dakota Cargo.
  3. Customer service kemudian akan menanyakan tempat atau lokasi yang akan didaftarkan sebagai agen.
  4. Sesudah menjawab pertanyaan tersebut, customer service akan memberikan sebuah formulir pengajuan agen Dakota Cargo.
  5. Isi formulir pendaftaran tersebut secara lengkap dengan data sebenarnya. Setelah itu, kirimkan melalui email resmi Dakota Cargo di alamat berikut cc@dakotacargo.co.id.
  6. Tunggu hasil dari pihak Dakota Cargo.

2. Mengunjungi Cabang Dakota Cargo

Pendaftaran selanjutnya adalah secara offline dengan mengunjungi cabang Dakota Cargo terdekat. Berikut ini adalah tahapan cara yang bisa diikuti:

  1. Silahkan kunjungi alamat kantor Dakota Cargo terdekat, yang dimana untuk alamat lengkapnya dapat dicek disini https://www.dakotacargo.co.id/.
  2. Jika sudah menemukan cabang terdekat, sebelum mengunjungi kantor cabang tersebut harus membawa beberapa persyaratan seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  3. Setelah itu, akan diberikan formulir yang harus diisi dengan lengkap.
  4. Sekarang tinggal menunggu jawaban dari pihak Dakota Cargo.

Sebagai info tambahan, untuk melakukan proses peninjauan dan verifikasi pada umumnya membutuhkan waktu selama 1 minggu lebih. Namun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan, karena bisa ebih cepat ataupun lebih lambat.

Pastikan alamat email dan nomor telepon yang diisi pada formulir  selalu aktif. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek, karena informasi terkait pendaftaran agen akan dikirimkan melalui email.

Keuntungan Agen Dakota Cargo  

        

Keuntungan-Agen-Dakota-Cargo

Dakota Cargo adalah salah satu  ekspedisi terbaik dari PT. Dakota Buana Semesta. Untuk masalah keagenan, agen Dakota Cargo akan mendapatkan lebih banyak keuntungan jika dibandingkan dengan agen sejenisnya.

Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi agen Dakota Cargo adalah sebagai berikut:

  1. Mendapat komisi sebesar 20% untuk setiap transaksi. Semakin banyak transaksi, maka semakin besar komisi yang bisa didapatkan oleh agen.
  2. Banyak bonus jika berhasil memenuhi target yang ditentukan.
  3. Mendapat harga spesial dari pusat.
  4. Diskon penjualan dari berbagai layanan yang ada.

Cara menjadi agen Dakota Cargo penting untuk diketahui ketika mencoba bisnis ekspedisi yang satu ini. Memulai bisnis pengiriman ini memang sulit dan membutuhkan banyak modal. Namun hal ini sebanding dengan keuntungan yang didapatkan nantinya. Selamat mencoba, semoga berhasil !

Leave a Comment

x