10 Ebook Pemasaran Online dan Strateginya untuk Pemula

Saat ini, sistem pemasaran online memang menjadi tren tersendiri di kalangan para pengusaha. Cara pemasaran ini dinilai lebih efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan. Supaya dapat menjalankan pemasaran online secara menguntungkan, maka bacalah ebook pemasaran online.

Dalam memilih ebook, pastikan agar isinya berkualitas dan dapat memberikan jalan keluar di setiap kendala yang Anda hadapi. 

Seperti halnya buku konvensional, ebook juga berisi informasi yang bermanfaat bagi pembacanya. Ebook dapat dibaca di mana saja dan kapan saja melalui gadget.

Rekomendasi Ebook Pemasaran Online

Ebook pemasaran yang baik adalah ebook yang ditulis oleh orang yang memiliki background pendidikan atau berpengalaman dalam bidang marketing. 

Penulis yang melakukan riset dan menekuni pemasaran secara langsung akan membagi informasi sesuai fakta dan pengalaman aslinya.

Agar tidak salah pilih dalam membeli, berikut adalah rekomendasi ebook pemasaran online yang wajib dibawa oleh para online marketer:

1. Gift: Kekuatan Hasrat dan Kegigihan

Gift-Kekuatan-Hasrat-dan-Kegigihan

Rekomendasi ebook yang pertama yaitu berjudul Gift: Kekuatan Hasrat dan Kegigihan. Buku yang ditulis oleh Angel Duckworth ini membahas tentang mengapa orang-orang yang memiliki bakat alami umumnya mengalami kegagalan dalam mengembangkan potensinya.

Buku yang masuk ke dalam jajaran New York Times Bestseller ini akan mengajak pembaca untuk mengetahui rahasia menjadi orang sukses. Rahasia tersebut adalah kolaborasi antara kegigihan dan passion.

Pastinya, buku ini sangat berbobot karena ditulis berdasarkan wawancara kepada orang-orang berprestasi. 

Melalui buku ini, Duckworth ingin mengungkapkan bahwa terlalu terpaku dengan bakat alami adalah keliru, sebab, yang paling penting adalah usaha dan upaya menghadapi kesulitan.

2. The Power of Digital Marketing

The-Power-of-Digital-Marketing Ebook Pemasaran Online

The Power of Digital Marketing adalah buku atau ebook yang ditulis oleh G.M. Susanto, seorang pakar praktisi pemasaran online.

Karya ini ditulis untuk memberikan pemahaman kepada pembaca bahwa ada kekuatan besar yang tersembunyi di balik pemasaran online atau digital marketing.

Memang, mendirikan sebuah bisnis sudah cukup sulit, apalagi untuk memasarkannya. Oleh karena itu, The Power of Digital Marketing hadir untuk memberikan ide-ide inovatif bagi pengusaha milenial.

Tentunya, buku ini dapat memberikan tips dan trik menakjubkan yang akan meroketkan usaha Anda.

3. The Art of SEO

The-Art-of-SEO Ebook Pemasaran Online

Salah satu elemen pemasaran online yang penting untuk diperhatikan adalah Search Engine Optimation (SEO). 

Hal ini karena syarat utama agar bisnis online dapat berjalan lancar adalah dengan memudahkan calon konsumen untuk mencarinya di search engine.

Supaya situs bisnis Anda selalu menjadi yang nomor satu di search engine, maka kualitas SEO yang dibangun harus mumpuni. 

Melalui ebook The Art of SEO, pembaca akan diajak untuk berkenalan dengan SEO hingga mengeksekusinya untuk dunia pemasaran online.

4. Purple Cow

Purple-Cow

Ebook pemasaran online yang wajib dibaca selanjutnya yaitu Purple Cow. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, Purple Cow artinya sapi ungu.

Namun, yang dimaksud sapi ungu di sini bukan sapi sungguhan, melainkan hanya metafora belaka.

Maksud dari sistem pemasaran yang ditulis dalam buku ini adalah suatu produk yang akan dijual harus menarik, membuat penasaran, fenomenal dan luar biasa. 

Sehingga, orang-orang akan mencari tahu mengenai produk tersebut dan mulai membelinya.

Ebook yang ditulis oleh Seth Godin ini akan mengajak Anda untuk menggunakan Purple Cow di berbagai aspek usaha. 

Perlu diketahui bahwa konsep pemasaran online ini telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa dunia, sehingga Anda dapat membuktikan sendiri kualitasnya.

5. Digital Marketing—Strategy, Implementation, and Practice

Digital-Marketing-Strategy-Implementation-and-Practice Ebook Pemasaran Online

Digital Marketing adalah buku yang ditulis oleh Dave Chaffey dan Fiona Ellis-Chadwick.

Dalam buku ini, penulis membahas secara terang-terangan mengenal semua elemen pemasaran online secara detail. Beberapa yang dibahas mencakup teknologi pemasaran, internet, media digital, dan lain-lain.

Buku ini juga tersedia dalam bentuk ebook, sehingga Anda juga dapat membacanya secara praktis melalui gadget. 

Tentunya, ebook Digital Marketing akan membantu para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya secara luas.

6. The Age of Influence

The-Age-of-Influence

Seperti halnya pemasaran konvesional, pemasaran online juga berhubungan dengan “pengaruh”. Dalam memasarkan bisnis secara online, Anda membutuhkan teknik yang dapat memengaruhi seseorang untuk merespon barang atau jasa yang Anda jual.

Influence di dunia maya atau online memiliki sisi keunggulan dalam memberikan pengaruh terhadap calon konsumen. 

Neal Schaffer, penulis buku The Age of Influence mengajarkan bahwa marketing harus dilakukan secara personal atau lebih dekat,

Schaffer menjabarkan bahwa pengaruh teknologi digital untuk pemasaran online tidak sesederhana yang kebanyakan orang pikirkan. 

Di zaman sekarang, jasa influencer menjadi suatu elemen yang dibutuhkan dalam dunia pemasaran karena mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap penjualan produk.

Oleh karena itu, ebook pemasaran online ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memasarkan produk atau jasa secara jitu melalui influencer.

Saatnya menjalin kolaborasi dan mempelajari teknik pemasaran yang persuasif melalui ebook The Age of Influence.

7. Citizen 4.0

Citizen-4.0 Ebook Pemasaran Online

Buku yang ditulis oleh Hermawan Kartajaya adalah salah satu bahan bacaan wajib bagi para pengusaha yang memasarkan produk secara online. Buku ini sangat padat informasi mengenai dunia pemasaran di era sekarang.

Meskipun tebal, buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang nyaman dibaca, sehingga Anda tidak akan bosan untuk membacanya. 

Ada banyak informasi yang dikemas secara menarik dan akan membuka perspektif Anda tentang dunia marketing yang transformatif, namun tetap mengedepankan humanisasi.

8. Hit Market

Hit-Market

Ebook pemasaran online yang perlu dibaca selanjutnya adalah Hit Market yang ditulis oleh Derek Thomson. 

Buku ini akan berbicara dari sudut pandang psikologi mengenai sesuai yang disuka, diminati atau dibenci.

Jika sudah dapat menggali potensi diri, maka hal ini akan membantu Anda dalam memilih produk yang akan dijual hingga mengembangkan bisnis ke arah yang lebih luas lagi. 

Singkatnya, Hit Market akan membantu Anda dalam melakukan proses bisnis dari penggalian potensi sampai pemasarannya.

Bukan hanya itu, Thomson juga memaparkan tentang tren media sosial yang dimanfaatkan untuk sistem pemasaran online. 

Ekonomi pasar yang terdiri dari beragam aspek rupanya berpengaruh terhadap cara kita menjalani hidup. Melalui ebook ini, Anda akan memperoleh pemahaman yang baru dan berbeda.

9. Top of Mind

Top-of-Mind

Top of Mind karya John Hall adalah buku digital marketing yang akan membuka perspektif kita tentang cara membuat brand yang “top of mind”. 

Buku ini akan memberikan gambaran tentang sudut pandang konsumen dalam menilai suatu produk yang akan dibelinya.

Jika dapat mengetahui sudut pandang dari konsumen, maka Anda dapat menyesuaikan produkyang sesuai dengan minat dan kebutuhan para konsumen.

Top of Mind jga akan memberikan ide segar untuk membuat konten secara berkualitas dan konsisten agar produk semakin populer di media sosial.

10. Marketing 4.0: Moving from Tradisional to Digital

Marketing-4.0-Moving-from-Tradisional-to-Digital

Buku marketing digital yang satu ini ditulis oleh Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya. Kedua penulis ini adalah pakar pemasaran yang telah menggeluti dunia bisnis selama puluhan tahun. 

Melalui buku ini, Anda akan disuguhkan berbagai informasi baru dan menarik yang membuka cakrawala pemikiran. 

Dengan gaya bahasa yang santai dan mudah dipahami, pembaca akan lebih mudah mencerna setiap maksud yang disampaikan oleh penulis. Ebook ini dapat dibaca untuk menambah pengetahuan perihal transisi tradisional marketing ke online marketing.

Ebook pemasaran online sangat penting untuk dibaca, baik oleh pengusaha pemula maupun yang berpengalaman. 

Dunia marketing akan terus berkembang, sehingga Anda perlu untuk selalu mengupgrade diri dengan informasi-informasi yang berkualitas dan terbaru dari ebook.

Leave a Comment