9 Cara Memasarkan Produk Makanan Frozen Offline dan Online

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya karena makanan dan minuman selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis makanan beku atau frozen food. Bagaimana cara memasarkan produk makanan frozen agar bisnis kuliner ini bisa terus berjalan?

Berbagai e-commerce dan media pengiriman sudah tersedia dan memungkinkan penjual frozen food untuk mengirimkan produk dagangannya ke kota-kota lain.

Tapi sebelumnya, penjual perlu memahami cara yang paling efektif untuk memasarkan produk frozen food.

Memasarkan Produk Frozen Food dengan Sukses

Frozen food bukanlah bidang bisnis yang baru. Sudah ada banyak penjual yang menyediakan frozen food sebagai produk utamanya.

Agar bisnis frozen food terus berkembang, setiap penjual perlu memikirkan strategi pemasaran yang paling efektif.

Ada beberapa strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk memperkenalkan bisnis frozen food dan membuat bisnis tersebut semakin berkembang. Berikut beberapa strategi yang bisa digunakan.

1. Menentukan target pasar

cara-memasarkan-produk-makanan-frozen Menentukan-target-pasar

Langkah paling awal untuk memasarkan produk frozen food adalah menentukan siapa saja yang akan menjadi target market.

Penjual perlu membuat segmentasi pasar secara spesifik dan menarget pelanggan secara spesifik juga, seperti misalnya umur, gender, pekerjaan, dan target wilayah.

Tujuan dari cara memasarkan produk makanan frozen yang satu ini adalah untuk menentukan produk yang paling cocok untuk setiap calon pelanggan. Misalnya, produk frozen food yang manis lebih cocok untuk keluarga yang mempunyai anak kecil.

Dan untuk target market anak-anak muda yang suka makan berbagai makanan kekinian, produk frozen food yang lebih cenderung asin dan pedas akan lebih diminati.

2. Mencari supplier frozen food yang terbaik

cara-memasarkan-produk-makanan-frozen Mencari-supplier-frozen-food-yang-terbaik

Setelah memutuskan produk frozen food yang akan dijual, langkah berikutnya adalah mencari dan memilih supplier yang terbaik.

Supplier bisa berupa penyedia produk jadi yang bisa langsung dikirimkan ke pelanggan atau penyedia bahan baku untuk kemudian diolah menjadi frozen food sendiri.

Sangat disarankan untuk membandingkan berbagai supplier untuk melihat kualitas bahan baku maupun produk yang ditawarkan, lokasi supplier dan jaraknya, harga yang ditawarkan, serta kemasan yang digunakan.

Pertimbangkan semua hal tersebut dengan baik sebelum mulai bisnis frozen food.

Setelah melihat perbedaan antara beberapa supplier yang sudah dibandingkan, pilih supplier yang menyediakan produk berkualitas tapi sebanding dengan harga yang ditawarkan.

3. Membuat produk frozen food yang unik

Membuat-produk-frozen-food-yang-unik

Karena sudah banyak produk frozen food yang beredar di luar sana, produk frozen food yang akan dijual sebaiknya mempunyai keunikan tersendiri yang sulit ditemukan di tempat lain.

Misalnya, buat produk frozen food yang rendah kalori, terbuat dari bahan nabati, rendah lemak, atau bisa custom.

Cara memasarkan produk makanan frozen yang satu ini sangat efektif. Meskipun jenis produk atau bahan pembuatan produk frozen foodnya sama, keunikan yang ditawarkan membuat lebih banyak orang tertarik untuk mencoba.

Karena produk frozen foodnya berbeda, para calon pelanggan akan merasa penasaran dengan keunikan yang dimiliki oleh produk unik yang tersedia sehingga besar kemungkinan akan membeli.

4. Membuat konsep branding atau merek yang efektif

Membuat-konsep-branding-atau-merek-yang-efektif

Cara lain agar bisnis frozen food bisa dipasarkan dengan lebih efektif, konsep brandingnya juga harus efektif. Branding sebaiknya dilakukan dengan baik secara online maupun offline.

Baik kemasan frozen food, logonya, atau taglinenya harus dibuat dengan menarik serta konsisten.

Gunakan logo serta tagline untuk memasarkan produk frozen food secara offline dengan meletakkannya di kemasan produk.

Gunakan secara online juga untuk melakukan pemasaran di berbagai akun media sosial dan di berbagai e-commerce.

Dengan begitu, bisnis frozen food tersebut akan mempunyai brand image yang cukup kuat di pandangan para pelanggan.

5. Menggunakan pemasaran media sosial

Menggunakan-pemasaran-media-sosial

Media sosial sudah menjadi suatu bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Bahkan tidak hanya anak muda dan orang dewasa saja yang menggunakan media sosial, tapi juga orang-orang yang sudah tua. Hal ini membuat pemasaran di media sosial menjadi lebih efektif.

Cara memasarkan produk makanan frozen yang sangat disarankan untuk dicoba adalah membuat akun di berbagai platform media sosial yang banyak penggunanya, seperti Facebook dan Instagram.

Unggah berbagai konten yang menarik serta berhubungan dengan produk yang dijual.

Tapi jangan hanya sekadar mengiklankan berbagai produk di akun media sosial. Unggah juga beberapa postingan yang menghibur dan bersifat informatif untuk membuat banyak orang tertarik.

6. Menerapkan strategi SEO

Menerapkan-strategi-SEO

Strategi SEO atau Search Engine Optimization juga bisa diterapkan untuk produk frozen food.

Dengan menggunakan metode ini, bisnis frozen food jadi lebih mudah ditemukan di berbagai mesin pencarian seperti Google. Masih banyak orang yang mencari rekomendasi produk di Google.

Untuk menggaet para pengguna Google tersebut, Anda bisa membuat artikel mengenai produk dan bisnis frozen food dan mengunggahnya di situs web bisnis.

Isi situs tersebut dengan konten yang mampu menarik perhatian calon pelanggan dan lengkapi dengan hashtag yang cocok.

Kalau Anda tidak punya waktu untuk mengurus hal ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan jasa konsultan SEO tentang kebutuhan promosi yang satu ini.

7. Memasang iklan di berbagai platform online

Memasang-iklan-di-berbagai-platform-online

Media sosial bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal, misalnya memasang promosi atau iklan di berbagai platform online, misalnya YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp atau bahkan portal berita serta berbagai artikel yang trafficnya tinggi.

Cara memasarkan produk makanan frozen yang satu ini harus dilakukan secara konsisten.

Dengan memasang iklan secara konsisten, Anda bisa membangun brand image yang semakin bagus dan akan ada semakin banyak pelanggan yang mengenal produk Anda.

Beriklan di berbagai platform online sudah sering dilakukan oleh berbagai bidang bisnis yang lainnya seperti bisnis makanan ringan, produk software, hotel, rumah makan, dan lain sebagainya.

8. Mengundang orang untuk menjadi reseller

Mengundang-orang-untuk-menjadi-reseller

Cara pemasaran yang satu ini sebenarnya merupakan cara lama atau konvensional tapi masih tetap efektif untuk digunakan.

Rencanakan dan buat program reseller untuk menarik lebih banyak calon pelanggan. Program ini sudah terbukti lebih efektif untuk memasarkan berbagai produk.

Biasanya, program reseller mengharuskan calon reseller untuk membeli produk dalam jumlah yang lebih banyak agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Harga yang lebih murah adalah kunci untuk mendapatkan lebih banyak reseller dan menjual lebih banyak produk frozen food yang tersedia.

9. Menjual produk di aplikasi marketplace

cara-memasarkan-produk-makanan-frozen Menjual-produk-di-aplikasi-marketplace

Aplikasi marketplace adalah aplikasi yang terpercaya untuk jual beli produk antar kota, provinsi, bahkan pulau.

Bahkan sudah ada sarana pengiriman yang bisa digunakan untuk mengirimkan produk makanan dan frozen food dalam waktu yang lebih singkat sehingga produk makanan tetap terjamin kualitasnya.

Pahami berbagai cara memasarkan produk makanan frozen yang ada di atas agar bisnis kuliner yang akan atau sedang berjalan bisa semakin lancar dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Jika diterapkan dengan baik, seluruh langkah di atas bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Leave a Comment

  • https://digital.c2isante.fr/glpi/
  • http://test.nflalumni.org/
  • https://glpi.drimaes.com/
  • https://ankahair.com/wp-includes/
  • https://kmvholding.turist-kavkaz.ru/
  • https://mfbm.bangsamoro.gov.ph/
  • https://cesu.cps.sp.gov.br/
  • https://binaes.cultura.gob.sv/
  • https://astroline.myprm.com/css/
  • https://sorobanaqvn.edu.vn/