Simulasi Kredit BFI Finance 2022 (Pinjaman Mobil, Motor, dll)

Bagi seseorang yang membutuhkan uang secara mendesak, mendatangi perusahaan peminjaman terpercaya seperti BFI Finance menjadi salah satu jawaban terbaiknya. Namun, sebelum memutuskan untuk meminjam, pelajari dulu simulasi kredit BFI Finance ya.

BFI Finance sendiri baru bisa memberikan pinjaman yang berupa uang atau dana apabila nasabah juga mengajukan pinjaman dengan jaminan. Jadi jelas ya bahwa BFI Finance ini tergolong sebagai perusahaan pinjaman yang berdasarkan pada agunan.

Sedangkan cara untuk mengajukan pinjaman itu sendiri bisa dilakukan baik secara online maupun secara offline. Sekali lagi, perhatikan simulasi cicilannya dulu agar bisa memutuskan apakah akan lanjut mengambil pinjaman atau tidak. Berikut contoh simulasi pinjaman di BFI Finance yang bisa disimak.

Contoh Simulasi Kredit BFI Finance untuk Tenor 12 Bulan

Soal tenor, BFI Finance bisa dikatakan sangat fleksibel. Hal ini membuat setiap nasabah jadi memiliki pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangannya. Namun secara umum, tenor yang bisa dipilih antara 12 bulan hingga 48 bulan tergantung pada produk yang dipilih juga.

Contoh Simulasi Kredit Dengan DP (Down Payment) atau Uang Muka

Dalam contoh kali ini, mari ambil sebesar Rp 113.000.000 dengan DP atau Down Payment sebesar Rp 27.000.000 dengan tenor selama 36 bulan atau 3 tahun.

Dengan memanfaatkan kalkulator simulasi kredit yang disediakan oleh BFI Finance, diketahui bahwa simulasi kredit motor di BFI Finance adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah Pinjaman: Rp 113.000.000
  2. DP atau Uang Muka: Rp 27.000.000
  3. Tenor atau Jangka Waktu Kredit: 36 Bulan
  4. Pokok Pinjaman: Rp 86.000.000
  5. Angsuran per Bulan: Rp 2.948.000

Bisa diperhatikan dengan adanya DP atau uang muka sebesar Rp 27.000.000, jumlah pokok pinjaman yang awalnya Rp 113.000.000 berubah menjadi Rp 86.000.000. Dari jumlah ini kemudian pinjaman akan dicicil setiap bulan dengan besaran Rp 2.948.000 per bulannya.

Hasil ini didapatkan dari Rp 86.000.000 dibagi 36 bulan dan masih ditambah dengan angsuran bunga per bulan. Dengan demikian, setiap bulan nasabah tidak hanya harus membayar pinjaman pokoknya, namun juga ada bunganya.

Contoh Simulasi Kredit Tanpa DP (Down Payment) atau Uang Muka

Atau dalam contoh lainnya, katakan seorang nasabah akan meminjam uang sebesar Rp 15.000.000 di BFI Finance yang akan dicicil dalam waktu 12 bulan atau 1 tahun. Cicilannya akan dibayar setiap bulan dengan bunga per tahun sebesar 11.5% dan bunga flat 0.96% per bulan.

Berdasarkan perhitungan menggunakan kalkulator simulasi kredit, maka bisa diketahui bahwa simulasi cicilan BFI Finance adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah Pinjaman: Rp 15.000.000
  2. Tenor: 12 Bulan
  3. Bunga per tahun: 11.5%
  4. Bunga flat: 0.96% per bulan
  5. Angsuran pokok per bulan: Rp 1.250.000
  6. Angsuran bunga per bulan: Rp 143.750
  7. Total Angsuran per bulan: Rp 1.393.750

Kalau dalam contoh kali ini, pinjaman pokoknya tetap Rp 15.000.000 karena tidak dikurangi dengan DP atau uang muka. Kalau tenor yang diambil selama 12 bulan, maka angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan sebesar Rp 1.250.000.

Namun, jumlah ini masih ditambahkan dengan angsuran bunga per bulan sebesar Rp 143.750 karena memperhatikan besaran bunga flat per bulan. Jadi, total angsuran perbulan yang harus dibayarkan menjadi Ro 1,393.750.

Satu hal yang perlu diingat dari contoh simulasi kredit BFI Finance di atas adalah ini hanyalah informasi saja dan tidak bersifat mengikat. Memang contoh ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan namun juga tidak bisa dijadikan sebagai patokan pasti.

Sedangkan cara untuk mendapatkan informasi yang pasti mengenai kredit dan lain sebagainya, bisa langsung tanyakan ke pihak BFI Finance. Tentunya dalam simulasi ini juga ada beberapa komponen yang tidak disinggung.

Misalnya biaya lain-lain yang dibebankan kepada nasabah oleh pihak BFI Finance. Makanya, untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut khususnya mengenai simulasi kredit BFI Finance ini, sebaiknya hubungi pihak BFI Finance saja.

Jenis Penawaran di BFI Finance

1. Pinjaman dengan Jaminan BPKB Mobil

Pinjaman-dengan-Jaminan-BPKB-Mobil

Penawaran ini memerlukan jaminan yang berupa BPKB Mobil. Tentunya BPKB mobil yang dimaksud harus milik pribadi, entah itu atas nama pemohon sendiri maupun nama pasangannya. Untuk jenis penawaran yang pertama ini, suku bunga flat per tahunnya sebesar 0,95%.

Sedangkan suku bunga maksimal per tahunnya sebesar 12% dengan plafon minimal Rp 10.000.000. Pinjaman dnegan jaminan BPKB Mobil tenornya berlangsung antara 12 bulan hingga 36 bulan atau antara 1 tahun hingga 3 tahun.

2. Pinjaman dengan Jaminan BPKB Motor

Pinjaman-dengan-Jaminan-BPKB-Motor

Sesuai dengan namanya, penawaran yang kedua ini memerlukan jaminan yang berupa BPKB Motor. Sama seperti sebelumnya, motor yang dijaminkan haruslah milik pribadi. Dengan penawaran yang kedua ini, nasabah yang bersangkutan bisa mendapatkan dana minimal pinjaman sebesar Rp 1 juta.

Dana tersebut bisa dilunasi dalam waktu 6 bulan hingga 18 bulan. Bunga flat untuk pinjaman ini adalah 2,25% per bulan dengan suku bunga maksimal per tahun sebesar 27%.

3. Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah atau Ruko

Pinjaman-dengan-Jaminan-Sertifikat-Rumah-atau-Ruko

Kalau penawaran yang ketiga ini, yang menjadi jaminannya adalah sertifikat rumah atau ruko yang juga milik pribadi. Sertifikat yang diajukan bisa SHM maupun SHGB dan dari jenis penawaran yang ketiga ini, minimal pinjamannya sebesar Rp 50.000.000.

Pinjaman tersebut bisa dilunasi dalam kurun waktu 12 bulan hingga 60 bulan atau 1 tahun hingga 5 tahun. Pinjaman ini bunga flat per bulannya sebesar 1,03% dengan suku bunga maksimal per tahunnya sebesar 13%.

Satu informasi penting lain yang juga harus diperhatikan jika Anda akan mengajukan salah satu dari ketiga jenis penawaran tersebut adalah perhatikan daerah domisili Anda. Sebab, bisa tidaknya mengajukan permohonan ini memang dilihat dari area domili juga dengan informasi sebagai berikut.

  1. Kalau dengan jaminan BPKB mobil serta motor, ini untuk seluruh Indonesia kecuali Aceh
  2. Kalau dengan jaminan sertifikat rumah, hanya bisa untuk area Jabodetabek, Surabaya dan Sidoarjo

Keuntungan Mengajukan Pinjaman di BFI Finance

Keuntungan-Mengajukan-Pinjaman-di-BFI-Finance

BFI Finance sudah ada sejak tahun 1982 yang membuat perusahaan ini menjadi perusahaan pembiayaan yang terlama di Indonesia. Dengan usia yang sudah matang ini, BFI Finance menawarkan keuntungan kepada setiap nasabah yang mengajukan pinjaman. Diantaranya sebagai berikut.

1. Aman dan Terpercaya

BFI Finance diawasi langsung oleh OJK. Ini menandakan bahwa proses yang berlangsung di BFI Finance ini adalah legal sehingga setiap nasabah bisa yakin bahwa transaksi yang dilakukannya aman, resmi dan pastinya perusahaan ini adalah perusahaan yang terpercaya.

2. Tenor yang Fleksibel

BFI Finance memberikan tenor yang fleksibel yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan keuangan. Pastinya, pilihan tenor ini disesuaikan dengan produk yang dipilih juga. Bahkan di laman resmi milik BFI Finance juga sudah ada kalkulator khususnya.

Kalkulator ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui jumlah angsuran yang harus dibayarkan. Bisa dikatakan bahwa kalkulator ini adalah sarana untuk melakukan simulasi perhitungan rencana pinjaman yang akan diajukan.

3. Bunga yang Ringan

Bunga yang ringan juga menjadi keuntungan yang ditawarkan oleh BFI Finance. Dengan begini, setiap nasabah tidak perlu mengkhawatirkan pasal bunga, mengingat bunga ini juga sangat kompetitif. Suku bunga tersebut juga ditetapkan berdasarkan kebijakan BI mengingat BFI Finance diawasi oleh OJK.

4. Mudah dan Cepat

Proses pengajuan pinjaman di BFI Finance sangat mudah dan cepat. Persyaratannya juga hanya beberapa dokumen termasuk dalam hal ini adalah dokumen aset yang nanti akan dijadikan jaminan. Asalkan pemohon sudah memenuhi syarat, bisa dipastikan permohonan akan dikabulkan.

BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang terkemuka yang melakukan semua prosesnya secara legal dan diawasi dengan ketat oleh OJK. Sebelum mengajukan pinjaman, Anda bisa menyimak contoh simulasi kredit BFI Finance di atas.

Atau kalau ingin mendapatkan perhitungan yang sesuai pinjaman dengan yang direncanakan, bisa langsung manfaatkan kalkulator untuk simulasi kredit yang ada di laman BFI Finance secara langsung.

Leave a Comment

x