5 Strategi Pemasaran Pizza Hut dari Dulu Sampai Sekarang

Strategi Pemasaran Pizza Hut – Siapa yang tidak mengenal Pizza Hut? Sebuah gerai pizza yang sangat familiar di tengah para pecinta pizza. Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, cukup berimbas juga pada penjualan dari Pizza Hut.

Hal tersebut mendorong manajemen untuk merubah strategi pemasaran Pizza Hut sesuai kondisi saat ini.

Covid-19 merupakan krisis kesehatan yang sangat mengkhawatirkan. Berbagai macam kebijakan dilakukan oleh pemerintah demi menghentikan laju penyebaran virus.

Tentu saja hal ini juga sangat berdampak pada sektor perdagangan, termasuk Pizza Hut.

Strategi Pemasaran Pizza Hut

Strategi-Pemasaran-Pizza-Hut

Dampak signifikan akan adanya Covid-19 ini sangat dirasakan oleh Pizza Hut. Bahkan beberapa gerai terpaksa tidak dapat buka melayani pelanggan untuk sementara waktu.

Tim Pizza Hut terus berusaha untuk tetap bertahan dalam bisnis makanan ini.

Pasalnya Pizza Hut memiliki ratusan karyawan yang menggantungkan hidupnya. Selain itu nama besar Pizza Hut juga patut untuk diselamatkan.

Perlu adanya strategi khusus agar jasa pelayanan makanan ini dapat terus bertahan ditengah gelombang pandemi yang belum berakhir hingga saat ini.

Hampir seluruh lini bisnis mengalami kerugian yang cukup besar dengan adanya pandemi Covid-19 ini.

Banyak juga yang akhirnya gulung tikar atau tutup secara permanen. Disinilah letak fungsi pemasaran yang tepat diperlukan agar kerugian tidak semakin besar.

Strategi-strategi yang dibuat, disesuaikan dengan jenis kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Misalnya saja terkait dengan kebijakan dilarang dine in atau makan ditempat selama jangka waktu tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan promosi take away atau dibawah pulang.

Strategi pemasaran Pizza Hut dalam masa pandemi ini patut diapresiasi sebab mampu bertahan di tengah gelombang pandemi. 

Langkah strategis yang tepat dapat menyelamatkan sebuah bisnis dan seluruh aset didalamnya, termasuk para karyawan.

Macam-Macam Strategi Marketing Pizza Hut

Melihat kondisi yang belum juga stabil, Pizza Hut harus merubah strategi menjadi lebih baik lagi sesuai kondisi. Restoran cepat saji ini mulai memberlakukan beberapa kebijakan untuk tetap bertahan.

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran Pizza Hut yang dilakukan saat ini.

1. Penawaran Pembelian Promo Pizza

Penawaran-Pembelian-Promo-Pizza

Pizza Hut memberikan tawaran menarik dengan adanya promo pembelian pizza dengan harga yang terjangkau.

Promo yang ditawarkan adalah pembelian 4 pizza hanya dengan harga Rp 100.000. Ternyata peminat promo ini cukup banyak dan banyak dicari.

Pizza yang dijual pada promo ini adalah personal pizza dengan toping yang berbeda-beda. Penjualan paket pizza ini bisa ditemui pada semua gerai Pizza Hut.

Pada saat pembelian, pizza juga dipastikan masih dalam kondisi hangat dan siap disantap.

2. Pizza On The Road

Pizza-On-The-Road

Apabila diperhatikan, pada beberapa titik dan ruas jalan akan ditemukan para pegawai Pizza Hut yang menjajakan pizza.

Strategi ini dilakukan untuk lebih mendekati pasar. Jadi bagi yang ingin membeli pizza tidak perlu datang ke gerai.

Pizza yang dijual juga masih fresh dan selalu hangat. Harga yang ditetapkan juga sama, yaitu empat personal dengan harga Rp 100.000.

Cara ini juga dapat dikatakan sebagai penyelaman para karyawan yang terkena imbas dari kebijakan adanya Covid-19.

3. Penerapan Pass Strategy

Penerapan-Pass-Strategy

Pass strategy yang dilakukan oleh Pizza Hut adalah dengan memberikan informasi kepada para pelanggan, bahwa Pizza Hut menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Contohnya adalah physical distancing, cek suhu tubuh, cuci tangan, dan lainnya.

Strategi ini diluncurkan ketika telah terdapat kebijakan dari pemerintah, dimana gerai makanan sudah boleh makan ditempat namun terbatas.

Selain itu kapasitas pengunjung juga dibatasi dengan pengaturan tempat duduk agar tidak bergerombol.

4. Layanan Pesan Antar

Layanan-Pesan-Antar

Terbatasnya pergerakan selama masa pandemi ini, dimanfaatkan oleh Pizza Hut untuk tetap mendapatkan pelanggan. Caranya adalah dengan lebih meningkatkan layanan pesan antar atau delivery service. 

Pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi Pizza Hut maupun call center. Layanan pesan antar ini juga sering dibarengi dengan promo menarik lainnya, untuk meningkatkan minat pelanggan dalam melakukan pembelian.

5. Kerjasama Dengan Layanan Online

Kerjasama-Dengan-Layanan-Online

Selain memiliki sistem pembelian online melalui aplikasi Pizza Hut, strategi pemasaran Pizza Hut juga dengan menggandeng berbagai platform layanan online.

Sebut saja Gofood dan Grab Food. Biasanya pada pembelian melalui layanan online tersebut terdapat berbagai promo atau diskon.

Cara tersebut efektif untuk meningkatkan penjualan pizza. Pelanggan bisa memesan menu yang ada dan akan diantarkan ke alamat yang dituju. Kualitas dan rasa pizza tidak akan berbeda baik untuk dine in, take away, maupun delivery order.

Keunggulan Pizza Hut

Sebagai brand yang telah cukup lama ada di Indonesia, kepopuleran Pizza Hut sudah tidak perlu diragukan lagi.

Konsep yang diusung adalah family restaurant yang nyaman. Ada beberapa keunggulan Pizza Hut sehingga menjadi pilihan para pelanggan.

1. Pilihan Menu Beragam

Pilihan-Menu-Beragam

Pizza Hut memiliki menu andalan yaitu pizza dengan variasi topping yang beragam. Selain itu juga terdapat pilihan crust (pinggiran pizza) yang unik.

Misalnya adalah cheesy bites, crown crust, hingga stuffed crust keju dan sosis.

Menu lainnya yang disediakan oleh Pizza Hut mulai dari snack, appetizer, dessert, dan juga aneka pasta.

Menariknya lagi, jika berkunjung ke Pizza Hut harus mencoba salad bar yang komplit. Pelanggan dapat membuat salad sendiri sesuai dengan selera.

2. Roti Tebal

Roti-Tebal  strategi pemasaran pizza hut

Roti pizza dari Pizza Hut ini lebih tebal dibandingkan dengan pizza original khas Italia lainnya.

Hal ini justru lebih digemari oleh konsumen di Indonesia. Alasannya adalah, ketika menyantap pizza akan lebih merasa puas.

3. Tempat Nyaman dan Pelayanan Baik

Tempat-Nyaman-dan-Pelayanan-Baik  strategi pemasaran pizza hut

Dengan konsep family restaurant, kenyaman konsumen menjadi hal yang diutamakan oleh Pizza Hut.

Sebagian besar restoran di desain dengan tampilan yang elegan agar konsumen merasa nyaman selama menyantap pizza tersebut.

Pelayanan kepada konsumen juga sangat baik dan ramah. Apabila hendak memesan pizza untuk take away, petugas akan langsung mengarahkan ke bagian kasir.

Tidak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati pizza ini. Cukup sekitar 15-20 menit saja, pizza sudah siap tersaji.

Kekurangan Pizza Hut

Kekurangan-Pizza-Hut  strategi pemasaran pizza hut

Meskipun secara keseluruhan Pizza Hut memiliki banyak keunggulan, namun terdapat kekurangannya. Walaupun demikian, kekurangan ini tidak terlalu signifikan dan mengurangi cita rasa maupun ketenaran dari Pizza Hut.

Kekurangannya adalah tidak semua gerai Pizza Hut memiliki layanan pesan antar. Ketika konsumen hendak memesan layanan delivery service, harus melihat terlebih dahulu gerai mana yang menyediakan layanan tersebut. 

Layanan pesan antar ini juga terdapat biaya pengiriman yang bagi beberapa orang dianggap lebih mahal dibandingkan dengan pemesanan menggunakan aplikasi online lainnya. harga Pizza Hut yang cukup mahal, juga menjadi pertimbangan pembelian.

Pizza Hut menjadi restoran pizza yang telah memiliki banyak konsumen. Kelezatan dan pelayanan yang baik, membuat pelanggan tetap setia.

Selain itu penetapan strategi pemasaran Pizza Hut yang tepat, mampu mempertahankan bisnis di tengah pandemi yang menumbangkan banyak usaha.

Leave a Comment