Mobil adalah alat transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas dalam kegiatan sehari-hari.
Servis berkala diperlukan dalam menjaga performa serta untuk mendeteksi masalah pada mobil agar terhindar dari terjadinya kerusakan yang membutuhkan penggantian suku cadang mobil paling mahal.
Tiap kelipatan jarak tempuh 10.000 kilometer, servis yang diperlukan biasanya adalah ganti oli, kampas rem, cek filter oli, atau perawatan lain sesuai keadaan mobil.
Lakukan servis mobil di bengkel terpercaya yang mempekerjakan tenaga profesional yang ahli dalam menangani kondisi mobil.
Mengapa Suku Cadang Diperlukan?
Sebuah mobil tersusun dari ribuan komponen yang saling berkaitan. Suku cadang adalah bagian dari mesin mobil yang berfungsi sebagai cadangan untuk kebutuhan perbaikan atau penggantian komponen kendaraan yang mengalami kerusakan.
Manfaat lain dari servis rutin adalah mengecek suku cadang yang aus atau mengalami penurunan kualitas seiring penggunaan kendaraan.
Memiliki pengetahuan tentang berbagai fungsi suku cadang dapat membantu menentukan tindakan perawatan yang tepat untuk mobil Anda.
Mengenal Fungsi dari Berbagai Suku Cadang Mobil
Mesin
- Busi
Berfungsi sebagai pemantik api saat proses pembakaran di ruang bakar sehingga mesin mobil dapat berjalan.
- Aki
Merupakan komponen penting dari mobil yang berfungsi menyuplai daya listrik untuk komponen mobil lainnya.
- Kampas rem
Kampas rem adalah sebuah bantalan yang berperan untuk mengatur laju roda mobil. Dengan penggunaan kampas rem, proses pengereman mobil menjadi halus dan lebih mudah.
- Kampas kopling
Kampas kopling berperan untuk memutus dan menghubungkan tenaga mesin ke transmisi.
- Filter
Terdapat 4 macam filter yang menjadi komponen mobil. Yaitu, filter oli, filter udara, filter bahan bakar, dan filter AC. Setiap filter memiliki fungsinya masing-masing.
AC
- Kompresor AC
Berfungsi untuk menyalurkan gas freon ke seluruh sistem AC mobil.
- Kondensor
Fungsi kondensor pada sistem AC mobil adalah membuang udara panas. Sehingga terjadi proses kondensasi yang mengubah gas freon menjadi cairan bertekanan tinggi untuk selanjutnya disalurkan ke receiver dryer kemudian ke expansi valve
- Filter Dryer
Bertugas untuk menyaring kotoran dan air dalam sistem AC.
- Katup Ekspansi
Berfungsi menurunkan suhu dan tekanan refrigerant pada freon.
- Evaporator
Memiliki fungsi yang berkebalikan dengan kondensor. Yaitu, menyerap udara panas kemudian menghembuskannya kembali menjadi udara dingin ke dalam kabin mobil.
Suku cadang lain-lain
- Bumper mobil
Berfungsi melindungi body mobil termasuk tangki dan mesin mobil, agar aman dari benturan.
- Lampu
Berguna untuk menerangi dalam jarak jauh maupun dekat serta ketika melewati jalanan yang berkabut.
- Spion
Berfungsi sebagai alat bantu untuk melihat keadaan pada bagian samping dan belakang mobil.
- Wiper mobil
Wiper diperlukan untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil dari debu, kotoran, maupun air.
Kerusakan Suku Cadang Mobil Paling Mahal
Sebagai pemilik mobil perlu memahami setidaknya dasar-dasar perawatan dan fungsi dari setiap komponennya.
Suku cadang mobil dari yang murah hingga suku cadang mobil paling mahal memiliki fungsi masing-masing. Kenali cara merawat dan penyebab kerusakan agar dapat menghindarinya.
1. Internal Mesin
Mesin merupakan salah satu bagian mobil yang paling sering mengalami kerusakan.
Hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil, antara lain perawatan mesin yang kurang diperhatikan, usia mesin mobil, serta cara mengendarai mobil yang kurang tepat.
Komponen yang terdapat pada mesin mobil bekerja secara berkesinambungan, sehingga apabila satu bagian mengalami kerusakan akan diikuti oleh bagian lain yang berkaitan. Perbaikan internal mesin secara total disebut dengan turun mesin.
Ini merupakan jalan terakhir yang dilakukan saat kerusakan mesin sudah terlalu parah agar performa mobil dapat kembali prima. Turun mesin atau overhaul membutuhkan biaya jutaan hingga belasan juta rupiah tergantung tipe mobil.
2. Transmisi Mobil
Transmisi mobil adalah sebuah sistem pemindah tenaga dari mesin ke roda sehingga mobil bisa berjalan dan merupakan salah satu suku cadang mobil paling mahal.
Perawatan dasar yang dibutuhkan oleh komponen mobil ini adalah oli transmisi yang diganti secara berkala.
Dengan perawatan rutin, transmisi akan terhindar dari kerusakan dini yang memerlukan penggantian total. Biaya yang dibutuhkan bila transmisi mengalami kerusakan mencapai 2 juta – 8 juta rupiah. Bahkan lebih untuk mobil matic.
3. Head Gasket
Head gasket atau sering disebut juga dengan kepala paking adalah penyambung blok mesin dengan kepala silinder di mobil. Fungsi komponen ini adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada gas pembakaran oli, kompresi, maupun air pendingin.
Head gasket ini sebenarnya bukan termasuk suku cadang mobil paling mahal, harganya relatif murah hanya berkisar ratusan ribu rupiah. Namun, kerusakan head gasket dapat menimbulkan kerusakan pada komponen lain yang berkaitan.
Inilah yang menyebabkan mahalnya biaya perbaikan yang ditimbulkan oleh kerusakan head gasket yang terlambat terdeteksi. Bila terlanjur menjalar pada banyak komponen, biaya perbaikan yang dibutuhkan dapat mencapai jutaan rupiah.
4. Kompresor AC
Fungsi kompresor AC adalah untuk mengalirkan gas freon ke seluruh sistem AC, sehingga udara di dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk. Bila komponen ini mengalami kerusakan, suhu yang dihasilkan AC mobil menjadi tidak optimal.
Terdapat beberapa alasan yang dapat menyebabkan kerusakan kompresor AC, antara lain :
- Oli kompresor bocor atau habis.
- Jumlah freon dalam AC mobil terlalu banyak atau terlalu sedikit.
- Kebocoran body kompresor AC.
- Katup kompresor patah.
- Rusaknya magnetic clutch.
Biaya ganti kompresor adalah suku cadang mobil paling mahal di antara komponen suku cadang pendingin lainnya. Berkisar antara 2 juta sampai 8 juta rupiah, tergantung merk dan tipe mobil.
5. Injektor Diesel
Fungsi injektor diesel adalah untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang mesin.
Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan teratur membersihkan saluran injektor dari kotoran yang terbentuk akibat penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah.
Gejala yang dapat dirasakan dari tersumbatnya injektor adalah tenaga mesin drop dan susah di starter pada pagi hari. Bila kerusakan sudah terlalu berat, injektor harus dibongkar atau diturunkan. Biaya yang dibutuhkan dapat mencapai 10 juta rupiah.
6. Turbo
Fungsi turbo adalah sistem tambahan untuk meningkatkan torsi dan tenaga pada mesin mobil. Penyebab umum dari kerusakan turbo adalah usia pemakaian, kualitas oli mesin, filter udara kotor, dan kerusakan seal.
Bila terjadi masalah pada turbo, sebaiknya segera konsultasikan pada teknisi profesional agar kerusakan tidak menjalar pada mesin.
Selain itu turbo yang rusak menyebabkan mobil menjadi loyo dan berisik sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengendaranya.
Demikian sedikit ulasan yang perlu dipahami mengenai fungsi berbagai jenis suku cadang dan penyebab kerusakannya. Sudah sewajarnya pemilik kendaraan mengetahui tentang suku cadang sesuai jenis kendaraan yang dimiliki.
Sehingga bila suatu saat terjadi gejala kerusakan pada mobil, sumber permasalahan dapat segera diketahui dan diatasi. Dengan perawatan rutin, dan asuransi mobil, kerusakan fatal yang berdampak pada suku cadang mobil paling mahal dapat terhindarkan.