9 Cara Konsisten Menabung Bagi Semua Kalangan

Menabung adalah hal yang terdengar sulit untuk dilakukan oleh beberapa orang yang memang tidak terbiasa menyisihkan uang. Cara konsisten menabung antara satu orang dengan orang lain memang berbeda sesuai dengan gaya hidup dan karakter masing-masing orang.

Orang bisa menabung uang tunai di celengan, di tabungan bank dan di rekening giro. Apapun pilihan metode menabungnya, konsisten adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dan tidak semua orang bisa melakukannya. Lalu bagaimana sih cara agar konsisten menabung?

Cara Konsisten Menabung

Jika seseorang sangat berniat sekali untuk menabung, maka ia harus menabung sebanyak yang ia mampu. Aturan praktis yang baik adalah menabung setidaknya 20% dari penghasilan.

Sangat penting untuk menyimpan apa yang bisa ditabung untuk keadaan darurat, peristiwa besar dalam hidup dan pensiun. Berikut adalah cara agar bisa konsisten dalam menabung :

1. Tetapkan Anggaran

Tetapkan-Anggaran

Sulit untuk mengetahui berapa banyak yang dapati seseorang sisihkan untuk ditabung jika tidak tahu berapa banyak uang yang akan dimiliki.

Namun, kebiasaan yang baik adalah harus bisa menetapkan anggaran bulanan untuk merencanakan pengeluaran. Cara ini bisa membantu Anda menghabiskan lebih sedikit uang dan menghemat lebih banyak.

Cobalah menulis dan mengkategorikan kebutuhan hidup misalnya tagihan rumah tangga, bahan makanan, makan di luar, perjalanan, dll. Dengan mencatat anggaran ini, maka akan memberi Anda gambaran yang lebih rinci tentang di post mana Anda menghabiskan uang.

Ketika tahu apa saja pos yang dihabiskan, hal itu akan membantu Anda menemukan peluang untuk menabung setiap bulannya.

2. Otomatiskan Gaji Bulanan ke Tabungan

Otomatiskan Gaji Bulanan ke Tabungan

 Sebagian besar lembaga keuangan mengizinkan Anda untuk menautkan rekening giro dengan rekening tabungan sehingga sejumlah uang tertentu akan masuk ke tabungan.

Banyak perusahaan juga mengizinkan karyawan untuk membagi setoran langsung sehingga sebagian dari gaji bisa masuk ke tabungan.

Apabila perusahaan Anda tidak bisa melakukan transfer, cobalah agar setoran bisa dilakukan secara otomatis pada hari gajian dan Anda tidak akan kehilangan uang yang seharusnya Anda habiskan.

3. Potong Pengeluaran Tidak Penting

Potong-Pengeluaran-Tidak-Penting Cara Konsisten Menabung

Cara konsisten menabung selanjutnya adalah mengurangi makan di luar dan jalan-jalan ke cafe. Cobalah untuk memotong pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan. Ubah gaya hidup Anda menjadi minimalis.

Dengan hidup irit dan minimalis, Anda dapat menghemat banyak uang dan bisa ditabung. Ketika Anda pergi keluar cobalah untuk menahan diri dari memesan item paling mahal di menu. Jika biasanya Anda makan di luar, cobalah mulai belajar memasak untuk memangkas uang keluar.

4. Tetapkan Tujuan Menabung

Tetapkan-Tujuan-Menabung

Buat daftar tujuan jangka pendek dan jangka panjang di balik alasan Anda menabung. Memiliki tujuan akan membuat Anda lebih termotivasi melihat tabungan Anda terus tumbuh.

Rata-rata, nasabah bank bisa menghemat dua kali lipat ketika mereka menabung dengan alasan tertentu. Ketika memiliki alasan untuk menabung, nasabah lebih mudah mencapai tujuannya.

Jika Anda ingin konsisten menabung, pastikan Anda memiliki tujuan, misal untuk bisnis, menikah, beli rumah dan sebagainya.

5. Perhitungkan Semua Kebutuhan

Perhitungkan-Semua-Kebutuhan

Saat mengalokasikan untuk kebutuhan Anda, pastikan untuk memperhitungkan hanya hal-hal yang rekening tunai Anda butuhkan untuk mempertahankan kehidupan sehari-hari seperti sewa kos, belanja bahan makanan, perlengkapan mandi dsb.

Cara konsisten menabung selanjutnya, yaitu hindari untuk belanja apapun yang sekiranya itu tidak dibutuhkan. Selalu utamakan berbelanja sesuai dengan yang paling dibutuhkan, bukan apa yang Anda inginkan.

Dengan cara ini, Anda bisa memiliki uang yang bisa disisihkan untuk menabung.

6. Hitung Berapa Banyak Uang yang Dibutuhkan

Hitung-Berapa-Banyak-Uang-yang-Dibutuhkan Cara Konsisten Menabung

Tentukan dengan tepat berapa banyak uang yang Anda perlukan, dan berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk menyimpannya. Bagilah jumlah target dengan jumlah bulan atau minggu yang Anda miliki hingga tujuan tercapai.

Misalnya, jika Anda membutuhkan Rp 6 juta untuk travelling yang ingin Anda lakukan enam minggu dari sekarang, Anda harus menghemat sekitar uang per minggu hingga saat itu.

Selalu pertimbangkan angka-angka dalam konteks penghasilan rutin untuk melihat apakah Anda dapat secara realistis menyisihkan uang agar ada yang bisa ditabung.

Periksa anggaran Anda dan kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan atau bisa menunda pembelian yang tidak terlalu diperlukan.

7. Jadikan Menabung sebagai Prioritas

Jadikan-Menabung-sebagai-Prioritas Cara Konsisten Menabung

Cara konsisten menabung selanjutnya adalah lebih cenderung menghemat uang, jika menjadikannya sebagai prioritas. Cobalah berpikir apa tujuan Anda menabung, apakah untuk uang pensiun, rumah, mobil, dana darurat, atau kuliah dan berapa biayanya.

Kemudian buat rencana Anda dengan menetapkan timeline kapan Anda ingin mencapai tujuan Anda. Tetapkan jadwal, dengan membagi jumlah total tujuan dengan jumlah minggu, bulan, atau periode pembayaran antara sekarang dan tanggal deadline untuk mencapai tujuan menabung.

8. Cerdas Atur Keuangan

Cerdas-Atur-Keuangan Cara Konsisten Menabung

Cara konsisten menabung sambil memenuhi kebutuhan hidup tidak akan mudah, namun Anda harus bisa melakukannya demi mewujudkan tujuan Anda. Berikut beberapa cara untuk bisa melacak keuangan dan menghematnya :

  1. Lacak semua uang yang Anda keluarkan. Cara ini akan membantu Anda mengetahui apa saja yang Anda beli dan apakah itu hal yang dibutuhkan atau sekedar keinginan impulsif.
  2. Lakukan lebih banyak pembelian dengan uang tunai, kurangi dengan kredit. Cara ini dapat membantu Anda memiliki anggaran yang tepat dan menghindari pembelian yang bersifar impulsif.
  3. Ketika hendak belanja, coba putuskan apa yang ingin dibeli, berapa banyak yang ingin Anda belanjakan dan sisihkan sejumlah uang tunai sebelum pergi berbelanja. Usahakan tidak membawa uang lebih dan tinggalkan kartu kredit.
  4. Jika Anda memiliki kartu kredit, turunkan limit
  5. Batalkan layanan yang tidak Anda perlukan seperti langganan Netflix atau Spotify premium.
  6. Berbelanja dengan cerdas. Pahami bahwa menabung Rp 5000 setiap hari sama halnya menabung Rp 1.825.00 per tahun, bagaimana jika yang Anda tabung nominalnya lebih?
  7. Beri peringkat pengeluaran non-esensial. Simpan yang paling Anda sukai dan hapus daftar keperluan yang benar-benar tidak Anda butuhkan atau gunakan lagi.
  8. Perhatikan pengeluaran makanan Anda. Sering-seringlah masak dan makan di rumah. Makan di luar hanya menghabiskan banyak uang.
  9. Jalani hidup Anda sendiri. Jangan mengikuti jejak orang lain yang mungkin boros. Stres terus-menerus karena keuangan adalah tanda bahaya bahwa Anda hidup di luar kemampuan, jadi jangan paksakan hidup hedon jika sebenarnya Anda tidak mampu.
  10. Mulailah membuat sistem menabung kalender.

9. Cari  Pekerjaan Sampingan

Cari-Pekerjaan-Sampingan

Jika Anda telah memotong pengeluaran dan masih belum mendekati target tabungan yang diinginkan, mungkin Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang memungkinkan Anda menabung lebih cepat dan banyak.

Anda bisa berjualan online, menjual pakaian bekas yang masih layak pakai, menjadi tutor online dan beberapa pekerjaan sampingan lainnya. Semakin banyak uang yang bisa Anda hasilkan semakin besar peluang Anda untuk bisa menabung dengan konsisten.

Bagi yang bingung dengan cara konsisten menabung, ingatlah untuk melakukan beberapa hal ini supaya tidak menyerah untuk tetap menabung apapun keadaannya.

Tetapkan anggaran menabung, otomatisasi gaji bulanan ke tabungan, potong pengeluaran yang sekiranya tidak penting.

Kemudian tetapkan tujuan menabung, perhitungkan semua kebutuhan, hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan, jadikan menabung sebagai prioritas, cerdas atur keuangan dan cari pekerjaan sampingan.

Leave a Comment

x