6 Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa dari Berbagai Bank

Menabung adalah sebuah langkah penting bagi seseorang yang ingin mulai merapikan kondisi finansialnya. Terutama bagi seorang mahasiswa yang belajar hidup terpisah dari orang tua serta mengatur keuangannya sendiri dengan cara menemukan tabungan yang cocok untuk mahasiswa.

Dengan memiliki rekening tabungan di bank, mahasiswa tersebut dapat lebih dimudahkan ketika akan mendapat kiriman uang dari orang tuanya. Tak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk sekedar mengambil uang dari orang tua di kampung halaman.

Produk Tabungan Untuk Mahasiswa 

Produk-Tabungan-Untuk-Mahasiswa

Sekarang ini, bank telah banyak berinovasi dalam mengeluarkan variasi produk tabungannya untuk menjaring nasabah dari berbagai kalangan tak terbatas usia.

Untuk itu, pihak bank perlu mengembangkan kreatifitasnya dalam menawarkan kelebihan produknya dibanding bank lain.

Salah satu yang cukup berkembang sekarang ini adalah produk tabungan untuk generasi muda. Dari mulai desain, biaya yang ringan, hingga kecanggihan teknologi menjadi andalan dari program masing- masing bank.

6 Produk Rekening Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. TabunganKu

TabunganKu

TabunganKu merupakan sebuah program tabungan yang diluncurkan oleh pemerintah bersamaan dengan Gerakan Indonesia Menabung.

Program ini bertujuan untuk mengajak segala lapisan masyarakat Indonesia menumbuhkan budaya menabung

Dengan tujuan akhir demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Agar dapat menarik minat masyarakat khususnya yang belum memiliki tabungan di bank, program TabunganKu tidak menetapkan biaya administrasi bulanan.

Program TabunganKu ini dilaksanakan secara bersamaan oleh lebih dari 20 bank yang ada di Indonesia. Suku bunga tabungan per tahun yang diberikan berbeda-beda tergantung total saldo yang dimiliki oleh nasabah. 

Berikut rincian suku bunga per tahun dilihat dari total saldo TabunganKu:

  1. Bunga 0% untuk saldo kurang dari Rp 500 ribu.
  2. Bunga 0,25% untuk saldo mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta.
  3. Bunga 1% untuk saldo lebih dari Rp 1 juta.

Selain karena ditiadakannya biaya administrasi, program TabunganKu dirasa sebagai tabungan yang cocok untuk mahasiswa karena setoran awal yang dibutuhkan sangat rendah, yaitu cukup dengan Rp 20 ribu, serta minimal saldo mengendap juga sebesar Rp 20 ribu.

Beberapa contoh bank yang memilki program TabunganKu adalah BCA, BRI, Bank Mandiri, BNI, Panin, Maybank, dan beberapa bank lainnya telah umum dikenal.

Mahasiswa yang tertarik memiliki TabunganKu dapat memilih bank mana pun yang terdekat dari lokasinya.

2. BNI Taplus Muda dari BNI

BNI-Taplus-Muda-dari-BNI Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Produk tabungan yang cocok untuk mahasiswa berikutnya adalah BNI Taplus Muda. Yaitu, sebuah produk dari Bank BNI yang diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia dari usia 17 tahun hingga 35 tahun. 

Kelebihan dari BNI Taplus Muda adalah tersedianya berbagai fasilitas yang dapat memudahkan kebutuhan anak muda, khususnya mahasiswa. Fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Tersedia beberapa pilihan fasilitas transaksi perbankan elektronik (e-banking), yaitu BNI Internet banking, BNI SMS Banking, dan BNI Phone Banking.
  2. Dapat melakukan transaksi 24 jam dengan menggunakan mesin CDM BNI untuk melakukan setoran tunai.
  3. Menyediakan layanan transaksi selama 24 jam untuk melakukan transaksi non tunai melalui mesin ATM.
  4. Tersedia layanan transaksi 24 jam baik untuk transaksi tunai maupun non tunai dengan sarana mesin CRM (Cash Recycle Machine) BNI.
  5. Terakhir, tersedia layanan berupa notifikasi transaksi yang dikirimkan via sms.

Syarat yang dibutuhkan untuk membuka rekening BNI Taplus Muda relatif mudah. Pertama , calon nasabah perlu mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.

Kemudian menyerahkan data diri berupa KTP atau SIM beserta fotokopinya, lalu mengisi formulir e-statement.

3. Tabungan BTN Juara dari BTN

Tabungan-BTN-Juara-dari-BTN

Tabungan BTN Juara dikhususkan bagi anak usia 12 tahun hingga 23 tahun, dengan harapan para penggunanya dapat merasakan kemudahan dalam bertransaksi dan juga menabung.

Tabungan BTN Juara merupakan produk tabungan yang cocok untuk mahasiswa serta para remaja karena menetapkan minimal setoran awal yang cukup ringan, yaitu sebesar Rp 50 ribu serta bebas biaya administrasi bulanan.

Bagi yang memiliki total saldo 0 sampai dengan Rp 50 ribu, BTN tidak memberikan bunga sebagai timbal balik dari simpanan. Namun, BTN dapat memberikan suku bunga hingga 0,5% bagi yang memiliki total saldo lebih dari Rp 50 ribu.

4. Tahapan Xpresi dari BCA

Tahapan-Xpresi-dari-BCA Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Tahapan Xpresi BCA adalah pengembangan dari produk tabungan yang cukup terkenal dari Bank BCA, yaitu Tahapan BCA.

Produk tabungan ini diprioritaskan bagi kalangan muda, maka dari itu desainnya disesuaikan dengan berbagai macam gaya khas anak muda.

Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 50 ribu pembukaan rekening Tahapan Xpresi BCA sudah dapat diproses. Saldo minimal yang mengendap adalah sebesar Rp 10 ribu dengan biaya administrasi Rp 7.500 per bulan.

Dengan ketetapan biaya yang begitu ringan menjadikan Tahapan Xpresi sebagai salah satu produk tabungan yang cocok untuk mahasiswa.

Walaupun demikian, Tahapan Xpresi mampu menyuguhkan berbagai keuntungan dari penggunaannya, yaitu :

  1. Kemudahan untuk bertransaksi tarik tunai di ATM BCA, ATM Prima, serta ATM berlogo Mastercard di seluruh Indonesia.
  2. Dapat melakukan pembayaran e-commerce, pembelian pulsa, bahkan tiket nonton bioskop dengan layanan internet banking KlikBCA.com.
  3. Setoran awal untuk pembukaan rekening dan biaya administrasi bulanan yang terjangkau.
  4. Menawarkan akses untuk tergabung dalam forum online untuk komunitas Tahapan Xpresi BCA di facebook dan twitter.

5. Britama X dari BRI

Britama-X-dari-BRI

Sebelum berganti nama menjadi Britama X, produk tabungan ini disebut sebagai Britama Muda. Tabungan ini menyediakan kartu debit dengan desain menarik yang dapat disesuaikan dengan kepribadian nasabahnya. 

Selain itu, kartu debit Britama X telah dilengkapi dengan chip demi menjamin keamanan kartu. Tersedia pula fasilitas e banking bagi pengguna tabungan ini, meliputi mobile banking, internet banking, serta sms notifikasi transaksi perbankan.

Keunggulan dari penggunaan rekening Britama X adalah kemudahan akses kartu ATM atau kartu debit di jaringan ATM BRI, ATM Bersama, ATM Prima, Link, Cirrus, Maestro, dan Mastercard baik di dalam maupun di luar negeri.

Bagi yang berminat untuk membuka rekening tabungan Britama X dibutuhkan persiapan berupa persyaratan yang berupa :

  1. Calon nasabah berusia minimal 17 hingga 35 tahun.
  2. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening Britama X.
  3. Melampirkan identitas diri berupa KTP dan NPWP bila ada.
  4. Membayarkan setoran awal sebesar Rp 100 ribu.

6. Jenius dari BTPN

Jenius-dari-BTPN Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Produk tabungan yang satu ini memang tidak secara khusus menargetkan anak muda sebagai penggunanya.

Namun, Jenius merupakan produk tabungan yang menyediakan berbagai fitur menarik dan modern sehingga dapat menarik minat generasi muda.

Jenius merupakan sejenis kartu debit yang diterbitkan oleh BTPN dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di smartphone.

Melalui penggunaan aplikasi Jenius, penggunanya dapat memanfaatkan berbagai fiturnya untuk mendapatkan kemudahan, seperti :

  1. Dari proses pembukaan rekening, mengatur tabungan, hingga tarik saldo tabungan dapat dilakukan tanpa perlu ke bank.
  2. Jenius memungkinkan para penggunanya untuk mengirim uang secara praktis tanpa nomor rekening, cukup menggunakan $Cashtag. Yaitu, nama yang menjadi identitas akun Jenius dan dapat dipakai untuk kirim atau tagih uang ke sesama akun Jenius.
  3. Alasan berikutnya yang menjadikan produk ini tabungan yang cocok untuk mahasiswa adalah kemampuan aplikasi Jenius untuk membantu mengatur uang dengan fitur Moneytori dan In & Out.
  4. Bagi yang memerlukan top up e-wallet juga dapat melakukannya melalui aplikasi Jenius.
  5. Aplikasi jenius juga dapat digunakan untuk membayar berbagai macam tagihan. Misalnya, kartu kredit, listrik, pulsa, internet, dan zakat.

Satu hal yang menjadi kesamaan dari setiap produk tabungan yang cocok untuk mahasiswa adalah biaya administrasi bulanan dan setoran awal yang ringan.

Wajar, karena produk tabungan tersebut memang menyasar para generasi muda yang notabene belum berpenghasilan.

Cara paling tepat untuk memilih produk tabungan yang paling tepat adalah dengan menyesuaikan kebutuhan personal masing-masing individu.

Ada yang membutuhkan layanan bank dengan metode konvensional, namun ada pula yang perlu kepraktisan, contohnya dengan menggunakan Jenius.

Leave a Comment

x