6 Cara Membuat Giveaway yang Menarik dan 2 Jenis Giveaway

Ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan untuk membuat banyak orang mengenal bisnis yang dijalankan. Salah satu strategi efektif yang bisa membuat orang tertarik adalah giveaway. Bagaimana cara membuat giveaway yang menarik dan menarik perhatian calon pelanggan?

Banyak sekali pengguna internet, terutama pengguna media sosial yang sangat bersemangat menanti-nanti hadirnya moment giveaway.

Giveaway bisa mendorong para pelanggan setia dan calon pelanggan baru untuk mengikuti kegiatan tersebut dan mungkin nanti akan tertarik untuk mencoba lagi.

Berbagai Jenis Giveaway yang Perlu Dipahami

cara membuat giveaway yang menarik

Sebelum mengadakan kegiatan giveaway, penjual perlu terlebih dahulu memahami apa giveaway itu dan apa saja jenis giveaway yang ada.

Giveaway sendiri merupakan suatu kegiatan untuk membagikan hadiah pada pelanggan atau calon pelanggan yang mengikuti syarat yang ditetapkan oleh penjual.

Ada setidaknya 2 jenis giveaway yang bisa dilakukan oleh para penjual, yaitu:

1. Self Giveaway

Merupakan jenis pertama giveaway yang dilakukan oleh penjual secara mandiri. Yang mengatur promosi, hadiah, dan ketentuan adalah pemilik bisnis itu sendiri.

Jenis giveaway yang satu ini biasanya dilakukan oleh pemilik bisnis yang sudah mempunyai banyak pengalaman.

Self giveaway juga seringkali dilakukan oleh pelaku bisnis yang sudah mempunyai anggaran khusus untuk pemasaran dan mempunyai banyak konsumen.

Jenis giveaway ini seringkali mengharuskan para peserta untuk mengikuti syarat tertentu, misalnya mengikuti akun media sosial penyelenggara.

Hadiahnya juga bervariasi, bisa berupa produk fisik atau produk digital, sesuai dengan jenis bisnis yang dikelola.

2. Sponsor Giveaway

Sebelum mempelajari cara membuat giveaway yang menarik, pahami juga apa itu sponsor giveaway.

Jenis giveaway yang satu ini adalah giveaway yang sangat cocok bagi pelaku bisnis yang tidak ingin repot merencanakan giveaway.

Biasanya, jenis giveaway ini dilakukan atau diselenggarakan oleh host atau pihak ketiga.

Semua rangkaian acara, seperti informasi tentang kapan giveaway akan diadakan dan kapan pemenang akan diumumkan akan ditentukan oleh host. Pelaku bisnis hanya perlu membayar jasa host.

Jenis giveaway ini sangat cocok untuk online shop yang masih baru dan audiensnya belum luas.

Tujuan giveaway ini adalah untuk brand awareness dan menarik partisipan sebanyak mungkin.

Cara Membuat Giveaway yang Menarik

Giveaway bisa membuat semakin banyak pengguna media sosial mengetahui bahwa ada suatu bisnis yang menarik di media sosial.

Agar giveaway bisa berlangsung dengan lancar, ada beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu:

1. Menetapkan tujuan untuk mengadakan giveaway

Menetapkan-tujuan-untuk-mengadakan-giveaway

Langkah paling awal untuk membuat kegiatan giveaway adalah menetapkan tujuan diadakannya giveaway.

Beberapa tujuan untuk mengadakan giveaway antara lain adalah membuat produk yang dijual semakin laris atau membuat followers atau pengikut bertambah banyak.

Salah satu tujuan diadakannya giveaway adalah meningkatkan engagement atau hubungan dengan para pelanggan.

Penyelenggara giveaway biasanya akan memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk membagikan pengalaman saat menggunakan produk dari penyelenggara giveaway tersebut.

Biasanya, pelanggan akan memberikan testimoni yang positif sehingga calon pelanggan yang membaca testimoni tersebut akan semakin mempercayai produk yang disediakan.

2. Memilih hadiah terbaik untuk giveaway

cara membuat giveaway yang menarik

Saat memilih hadiah untuk giveaway, penjual harus memilih hadiah yang paling cocok dengan kebutuhan audiens dan tujuan promosi.

Misalnya, kalau penjual ingin memperoleh leads, hadiah paling efektif untuk diberikan adalah produk yang dijual di toko online penjual itu sendiri.

Dengan melakukan hal ini, penjual bisa melihat apakah produk yang disediakan berhasil menarik perhatian banyak peserta atau tidak.

Jika banyak orang menjadi peserta, maka produk yang ditawarkan sebagai hadiah merupakan produk yang sangat diinginkan oleh banyak orang.

Selain itu, penjual juga bisa memberikan kesempatan bagi beberapa peserta yang memenangkan giveaway agar bisa mendapatkan dan menggunakan produk yang dimenangkannya.

3. Menentukan syarat untuk mengikuti giveaway

Menentukan-syarat-untuk-mengikuti-giveaway

Giveaway yang menarik adalah giveaway yang hadiahnya banyak tapi syaratnya sedikit.

Biasanya, syarat yang diminta oleh pembuat giveaway adalah peserta harus mengikuti akun penyelenggara giveaway, menyukai postingan tertentu, memberikan komentar, serta menandai beberapa teman.

Cara membuat giveaway yang menarik ini bisa membuat para peserta tertarik untuk berpartisipasi di acara giveaway yang diadakan.

Ada juga giveaway yang mengharuskan peserta untuk menuliskan jawaban kuis di kolom komentar.

Apapun persyaratan yang akan ditentukan, persyaratan sebaiknya mudah untuk dipenuhi dan tidak membuat peserta malas mengikuti giveaway karena syaratnya yang terlalu banyak dan rumit.

4. Menggunakan hashtag yang berhubungan dengan giveaway

Menggunakan-hashtag-yang-berhubungan-dengan-giveaway

Hashtag adalah salah satu cara untuk mengarahkan para calon peserta giveaway ke acara giveaway yang diadakan oleh penjual.

Fungsi hashtag sebenarnya adalah untuk mengelompokkan atau mengkategorikan konten. Hashtag memudahkan peserta menemukan postingan penjual.

Hashtag juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan kampanye promo atau brand yang sedang dilakukan.

Selalu tambahkan hashtag setiap kali mengadakan kegiatan giveaway. Hal ini sangat penting, terutama kalau tujuan giveaway adalah untuk meningkatkan engagement atau partisipasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Simply Measured, hashtag bisa meningkatkan engagement sampai 12,6%. Pastikan untuk selalu menambahkan hashtag ke setiap acara giveaway.

Selain menggunakan Hastag, kamu juga perlu menambahkan beberapa quote atau Kata-kata promosi giveaway untuk menarik pelanggan.

5. Mengadakan giveaway di momen-momen tertentu

Mengadakan-giveaway-di-momen-momen-tertentu

Giveaway tidak akan diadakan setiap hari. Tapi penjual juga harus mengetahui waktu yang paling tepat untuk mengadakan giveaway.

Misalnya adalah mengadakan giveaway menjelang hari raya tertentu atau pada hari belanja online nasional.

Atau, penjual bisa mempertimbangkan cara membuat giveaway yang menarik untuk merayakan momen istimewa seperti pencapaian 100.000 followers. Ulangi giveaway ketika followers sudah mencapai jumlah 200.000.

Peserta yang mengetahui bahwa akun penjual mengadakan giveaway di momen-momen tertentu akan selalu memantau kapan ada giveaway lagi di akun tersebut.

6. Menjangkau peserta yang tepat

cara membuat giveaway yang menarik

Siapapun boleh mengikuti kegiatan giveaway yang diadakan. Tapi penjual pasti ingin menarget peserta yang paling tepat yang akan membeli produk yang tersedia di kemudian hari.

Penting untuk menciptakan buyer persona. Kemudian menyediakan hadiah yang paling menarik bagi mereka.

Salah satu contoh penerapan cara ini adalah mengadakan giveaway laptop baru yang menargetkan para pembuat konten.

Syarat yang ditetapkan adalah menginformasikan fitur apa saja yang bisa pembuat konten gunakan di laptop yang terbaru.

Dengan begitu, hadiah pun bisa diberikan pada orang yang tepat. Pembuat konten yang memahami seberapa bagus produk tersebut akan semakin tertarik untuk menggunakan produk lain dari penjual.

Giveaway untuk Meningkatkan Penjualan

Giveaway-untuk-Meningkatkan-Penjualan

Dengan memahami dua jenis giveaway yang ada dan mengikuti 6 cara membuat giveaway yang menarik, setiap penjual bisa melakukan giveaway yang mampu menarik perhatian para pelanggan dan membuat lebih banyak pelanggan tertarik untuk berlangganan.

Giveaway merupakan langkah yang sangat penting untuk membuat para peserta berminat mengikuti event berhadiah yang diadakan.

Meskipun nanti para peserta tidak terpilih sebagai pemenang, mereka sudah mendapatkan kesempatan untuk mengenal produk yang tersedia.

Giveaway membuat para peserta menjadi pengikut penjual, artinya para peserta tersebut akan mendapatkan promosi-promosi dan iklan secara langsung dari penjual.

Leave a Comment

x