11 Franchise Laundry Kiloan Ternama dan Terbaik (+Bocoran Harga)

Belakangan ini, bisnis franchise laundry semakin diminati para pelaku usaha karena memiliki prospek yang bagus terutama di kota-kota besar yang memiliki mobilitas tinggi. Konsumen jasa laundry ini juga makin meningkat karena praktis dan hemat tenaga.

Variasi dan teknologi yang digunakan untuk layanan jasa laundry ini juga sudah bervariasi, bahkan ada juga yang menggunakan sistem koin seperti jasa laundry di luar negeri. Untuk mengetahui daftar waralaba laundry terbaik beserta tips menjalankannya, berikut ulasan selengkapnya.

Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap jasa cuci pakaian memang menjadi alasan bermunculannya jasa laundry. Prospek yang ditawarkan dari jasa laundry juga terbilang menjanjikan. Nah, berikut ini beberapa franchise jasa laundry yang recommended dengan profit menggiurkan:

1. Simply Fresh

Simply-Fresh

Simply Fresh merupakan salah satu rekomendasi franchise binatu atau laundry terbesar dan terpopuler di Indonesia. Bisnis laundry waralaba ini sudah memiliki setidaknya 330 outlet yang tersebar di 101 kota seluruh Indonesia.

Branding dan reputasi brand satu ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk memulai bisnis waralaba laundry ini, Simply Fresh menawarkan 2 pilihan kemitraan yaitu franchise dan business ownership.

Untuk menjaga reputasi dan citra bisnis, manajemen Simply Fresh menerapkan standar prosedur yang tinggi mulai dari penerapan lokasi hingga luas tanah untuk outlet. Berdasarkan website resminya, modal investasi awal untuk memulai franchise ini yaitu kisaran 45 juta hingga 115 juta rupiah.

2. Melia Laundry & Dry Cleaning

Melia-Laundry-Dry-Cleaning

Rekomendasi franchise jasa cuci alias laundry selanjutnya yaitu Melia Laundry & Dry Cleaning. Hampir sama seperti franchise laundry Simply Fresh, kualitas dan pelayanan yang ditawarkan jasa binatu satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Berdiri sejak 24 tahun silam, bisnis laundry satu ini sudah memiliki setidaknya 75 outlet dan 600 agen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk menjaga reputasi dan citra baiknya, manajemen Melia Laundry & Dry Cleaning menerapkan standar operasional yang tinggi.

Bagi pengusaha yang tertarik bergabung menjadi mitranya, Melia Laundry & Dry Cleaning mengharuskan untuk memiliki lokasi usaha yang strategis dan luas. Selain itu, pengusaha yang tertarik dengan waralaba ini juga wajib menyiapkan area parkir yang memadai dan daya listrik yang besar.

Besaran biaya yang diperlukan untuk membuka franchise Melia Laundry memang terbilang besar. Namun, bisnis ini memiliki prospek yang bagus sehingga waktu yang dibutuhkan untuk balik modal terbilang cepat.

3. SuperWash Laundry

SuperWash-Laundry
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

SuperWash Laundry juga menjadi pilihan terbaik untuk pengusaha yang tertarik menjalankan waralaba laundry kiloan. Bisnis waralaba satu ini juga sudah memiliki branding dan popularitas yang bagus di kalangan masyarakat.

Hingga saat ini, bisnis laundry waralaba ini sudah memiliki setidaknya 140 gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Tidak seperti laundry kiloan pada umumnya, SuperWash Laundry menawarkan keunggulan sehingga tidak mengherankan jika bisnis laundry ini memiliki banyak pelanggan. Biaya yang dibutuhkan untuk bergabung menjadi mitra SuperWash yaitu mulai dari 42 juta rupiah.

4. LaundryKlin

LaundryKlin

Waralaba laundry selanjutnya yang recommended yaitu LaundryKlin. Jasa laundry satu ini tidak hanya sekedar usaha cuci setrika saja, namun sudah terintegrasi dengan teknologi canggih sehingga proses cuci menjadi lebih mudah dan cepat.  

Karena reputasinya yang baik di mata masyarakat, bisnis franchise laundry express satu ini sudah memiliki lebih dari 100 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk bergabung menjadi mitra LaundryKlin, biaya investasi yang wajib disiapkan yaitu kisaran 35 juta hingga 75 juta rupiah.

5. Bamboo Laundry

Bamboo-Laundry

Bamboo Laundry juga menjadi salah satu waralaba laundry terbaik yang cukup populer di Indonesia. Hingga saat ini, jaringan bisnis waralaba laundry satu ini sudah menyebar di berbagai wilayah Indonesia.

Tidak hanya mengedepankan hasil cucian yang bersih, bisnis laundry satu ini juga memperhatikan sumber energi yang digunakan secara berkelanjutan. Untuk memulai usaha franchise satu ini, pengusaha bisa menyiapkan modal mulai dari 4 juta hingga 65 juta rupiah.

6. Mr Klin

Mr-Klin-scaled

Franchise laundry selanjutnya yang recommended dengan profit menjanjikan yaitu Mr Klin. Tidak hanya menawarkan sistem kemitraan saja, Mr Klin juga memberikan kesempatan bagi pengusaha untuk menjadi agen penyedia jasa laundry.

Harga yang dibanderol untuk franchise binatu atau laundry Mr Klin cukup beragam. Untuk paket bronze dibanderol dengan harga 36 juta rupiah, paket silver dibanderol dengan harga 53 juta rupiah, dan paket gold dibanderol dengan harga 67 juta rupiah.

7. The Clean Bar Laundry

The-Clean-Bar-Laundry

Pilihan laundry franchise selanjutnya yang recommended yaitu The Clean Bar Laundry. Sesuai dengan namanya, jasa laundry satu ini menawarkan layanan cuci premium yang lebih berfokus pada produk tas dan sepatu.

Untuk bisa bergabung menjadi mitra waralaba laundry satu ini, modal yang harus disiapkan yaitu kisaran 35 juta rupiah. Besaran modal ini nantinya digunakan untuk penyediaan perlengkapan laundry dan operasional.

Selain itu, bisnis waralaba laundry satu ini juga menawarkan pilihan modal investasi sebesar 90 juta rupiah dengan fasilitas portable booth gratis. Pihak The Clean Bar Laundry juga menerapkan potongan 3% dari total omset kotor yang dihasilkan setiap bulannya.

8. Laundry Service Netto

Laundry-Service-Netto

Bagi pengusaha waralaba laundry yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas, maka Netto Laundry merupakan pilihan yang tepat. Bisnis laundry satu ini sudah dilengkapi dengan alat produksi berkualitas tinggi dan premium.

Sebagai contoh, mesin cuci yang digunakan pada jasa laundry premium ini diimpor langsung dari Korea dan Spanyol sehingga kinerja mesin lebih cepat dan kapasitas muatannya juga lebih besar. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis franchise satu ini yaitu sekitar 125 juta hingga 450 juta rupiah.  

9. Cleanlite Laundry

Cleanlite-Laundry

Bagi pelaku usaha yang ingin bergabung dengan waralaba laundry dengan mesin cuci jenis koin, maka Cleanlite Laundry bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bisnis waralaba laundry satu ini tidak hanya menyediakan layanan cuci baju menggunakan mesin cuci koin saja, namun menerima cuci sepatu dan perlengkapan tidur seperti bed cover, sprei, dan lain sebagainya.

Untuk bisa bergabung menjadi anggota kemitraan atau franchise Cleanlite, modal yang perlu disiapkan untuk investasi awal yaitu sekitar 65 juta hingga 360 juta rupiah.

10. Dressed Laundry

Dressed-Laundry

Dressed Laundry juga bisa menjadi alternatif franchise binatu terbaik dengan prospek yang bagus dan menjanjikan. Jasa laundry ini biasanya melayani pencucian pakaian eksklusif atau barang-barang dengan material kulit menggunakan sistem dry clean.

Untuk membuka gerai franchise Dressed Laundry satu ini, pelaku usaha setidaknya harus menyiapkan modal awal sebesar 150 juta rupiah dengan royalti merek dagang atau brand sebesar 5%.

11. Clothes Laundry

Clothes-Laundry

Clothes Laundry merupakan waralaba laundry yang populer di Indonesia. Bisnis laundry yang sudah berdiri sejak tahun 2011 lalu ini sudah memiliki gerai yang tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Palembang, Banten, Denpasar, dan Makassar.

Bisnis waralaba satu ini mematok biaya franchise sebesar 15 juta untuk paket basic dan 120 juta rupiah untuk paket premium.

Rekomendasi franchise laundry di atas bisa menjadi referensi bagi pengusaha yang ingin memulai bisnis waralaba. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap jasa laundry, prospek franchise satu ini terbilang bagus dengan keuntungan yang menjanjikan. 

Leave a Comment

x