Kekayaan Indra Kenz Sekarang, Sumber & Asetnya yang Disita

Nama Indra Kenz awalnya muncul sebagai sosok crazy rich asal Medan, yang memiliki kekayaan berlimpah. Namun ternyata saat popularitas semakin naik, dia terseret kasus penipuan dan semu kekayaan Indra Kenz disita untuk proses penyelidikan.

Sosoknya menjadi perhatian karena dalam usia muda berhasil memiliki aset hingga puluhan miliar. Padahal jika dilihat dari sepak terjangnya di dunia bisnis dan lainnya tidak terlalu menonjol. Mau tahu apa saja sumber kekayaan seorang Indra Kenz yang kini semuanya sudah menjadi milik negara?

Profil Indra Kenz

Profil-Indra-Kenz

Lahir di daerah Rantauprapat, Sumatera Utara Indra Kenz merupakan mahasiswa Universitas Prima Indonesia rentang tahun 2014 hingga 2018 dan mengambil jurusan Teknik.

Kehidupannya terlihat biasa seperti layaknya anak muda pada umumnya, mulai dari menjadi penyiar radio dan host acara. Hingga sempat ikut dalam sebuah acara pencarian bakat bertajuk The Voice Indonesia tahun 2018 silam.

Namanya menjadi terkenal ketika sering memamerkan kehidupan mewahnya lewat kanal Youtube yang dimilikinya, dengan nama Indra Kesuma yang memiliki pengikut mencapai 1,32 juta. 

Dia juga sempat menjadi content creator, dimana kebanyakan kontennya memperlihatkan barang mewah yang berhasil dimilikinya melalui bisnis di Binomo. Tak hanya itu, Indra juga disebut sebagai trader yang sukses dan mengisi sejumlah acara entrepreneuruntuk membagikan tips kesuksesannya

Sejak namanya tenar, semakin banyak orang menganggapnya sebagai orang kaya muda dari Medan yang mampu menjadi inspirasi. Alhasil, banyak yang akhirnya memilih menggunakan jalan ikut investasi Binomo dan berakhir rugi.

Dia juga diketahui memiliki beberapa bisnis, namun sejak terjerat kasus penipuan berkedok afiliasi Binomo nama Indra hilang dari peredaran seiring ditetapkannya kekasih Vanessa Khong sebagai terdakwa dan sudah dijatuhi vonis 10 tahun penjara dan denda mencapai Rp 5 miliar.

Sumber Kekayaan Indra Kenz

Selama proses persidangan kasusnya, didapatkan fakta bahwa kekayaan pria yang rencananya akan menikah tahun lalu ini  mencapai Rp 57 miliar. Kekayaan Indra Kenz Tersebut didapat dari berbagai sumber diantaranya adalah:

1. Kanal Youtube

Kanal-Youtube

Kanal Youtube Indra Kenz yang sudah punya banyak subscribers tersebut menjadi salah satu sumber kekayaan utamanya. Sejumlah video yang diunggahnya berhasil menarik perhatian banyak orang, sehingga penontonnya sering mencapai ratusan ribu bahkan jutaan kali.

Dari setiap konten yang memenuhi syarat adsense Youtube tersebut, dia meraih keuntungan setiap bulan. Jika diprediksi bisa mencapai ratusan juta rupiah namun kekayaan Indra Kenz sekarang tentu tidak bisa lagi berasal dari kanal tersebut.

2. Bisnis Digital Marketing

Bisnis-Digital-Marketing

Sejak namanya melejit, bisnis digital marketing yang dimilikinya dengan nama Disotiv Agency juga ikut kecipratan keuntungan. 

Bisnis ini berkutat di bidang penyediaan jasa fotografi, production house, web design, hingga videografi untuk berbagai kebutuhan. 

Kebanyakan bisnis ini dimanfaatkan personal atau perusahaan yang ingin memiliki konten berkualitas di platform media sosial seperti Tiktok maupun Youtube.

3. Bisnis Kuliner

 kekayaan indra kenz Bisnis-Kuliner

Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, Indra Kenz juga merambah dunia bisnis kuliner ketika penghasilannya dinilai fantastis. Ada bisnis Literally Café yang cukup populer untuk berbagai kalangan, kemudian ada juga bisnis Mie dengan brand Gerai Mie Jongkok.

Pendapatannya dari bisnis ini, tentu juga mengalir ke kantong dan menjadi penambah kekayaan Indra Kenz dalam sejak bisnis dibuka sampai terjerat kasus penipuan.

4. Kursus Trading

Kursus-Trading

Sebagai pihak yang terhubung dengan bisnis crypto yang bermasalah yaitu Binomo, Indra juga membuka kursus trading.

Bisnis ini dibuat setelah sosok Indra Kenz disebut berhasil menjadi trader, dengan keuntungan berlipat ganda. Pengguna bisnis ini juga tergolong cukup besar, apalagi antusias untuk ikut berinvestasi melalui trading.

Siapa saja bisa ikut kursus ini dan bisa punya ilmu yang cukup ketika ingin ikut investasi trader. Seperti yang pernah terjadi padanya. Kursus ini juga punya kontribusi tersendiri pada pundi keuangan Indra Kenz.

5. Bisnis Crypto BotXcoin

Bisnis-Crypto-BotXcoin kekayaan indra kenz

Ini adalah bisnis yang menyediakan instrumen investasi crypto. Selain itu, Indra juga sempat merilis Botxcoin sebelum akhirnya diciduk oleh pihak berwajib, setelah banyak korban Binomo yang merasa tertipu olehnya.

Aset Indra Kenz yang Disita Negara

Berdasarkan informasi awal tahun 2022 ketika sosok Indra Kenz ditangkap polisi, total kekayaan Indra Kenz dikatakan mencapai Rp 57 miliar.

Nominal ini ditemukan di dalam rekening miliknya. Apa saja asetnya yang membuatnya mendapat julukan orang kaya dan juga bukti penipuan yang dilakukannya disita negara?

1. Mobil Mewah

Mobil-Mewah

Ada dua mobil mewah yang disita oleh negara, pertama adalah mobil Tesla 3 warna biru yang ditaksir memiliki nilai Rp 1,3 miliar. Kemudian ada satu lagi mobil Ferrari California warna merah, yang diperkirakan bernilai Rp 3,4 miliar.

2. Rumah Mewah

Rumah-Mewah

Ada dua rumah mewah yang dinyatakan sebagai kekayaan Indra Kenz dari Binomo yang juga disita oleh negara yaitu rumah yang terletak di Jalan Bilal Ujung Nomor 219, Medan Timur, Sumatera Utara.

Satu lagi adalah rumah yang terletak di Jalan Blueberry nomor 88i, Deli Serdang, Sumatera Utara

3. Jam Tangan Mewah

 Jam-Tangan-Mewah kekayaan indra kenz

Dua buah jam tangan mewah juga masuk dalam daftar aset Indra Kenz yang disita negara, yaitu Rolex dengan tipe Oyster Perpetual Date GMT varian Master II Automatic. Harga satu set jam tangan tersebut bisa mencapai Rp 300 jutaan.

Ada lagi jam tangan Tag Heuer Aquaracer Calibrate dengan taksiran harga puluhan juta rupiah, yang pernah dipakai oleh Indra Kenz di sejumlah kesempatan.

4. Uang Tunai

Uang-Tunai

Uang tunai diambil dari perusahaan Kursus Trading dengan total Rp106 juta, kemudian dari akun crypto milik Indra Kenz dengan jumlah Rp 214 juta. Lalu yang paling besar adalah berasal dari rekening BCA dengan total Rp 924 juta.

5. Aset lain

Aset-lain kekayaan indra kenz

Selain sejumlah aset di atas, ada juga beberapa aset yang ikut disita diantaranya adalah dokumen sekaitan kasus penipuan Binomo yang menyeret namanya. Kemudian bukti berbagai transaksi aliran dana yang dilakukannya.

Ada juga ponsel yang pernah digunakan oleh Indra Kenz, sejumlah video konten yang menjadi bukti pengadilan dan terbukti menjadi salah satu cara meyakinkan orang untuk melakukan investasi di Binomo.

6. Akun Crypto Nathania Kesuma

Akun-Crypto-Nathania-Kesuma

Akun Crypto atas nama adik Indra Kenz, yang nilainya mencapai Rp 35 miliar juga termasuk kekayaan Indra Kenz yang disita sebagai bagian dari barang bukti oleh negara.

Akhir Kasus Indra Kenz

Akhir-Kasus-Indra-Kenz

Kasus Indra Kenz sempat jadi perbincangan awal tahun 2022 lalu, sampai akhirnya bergulir hingga putusan pengadilan menyatakan pria asal Sumatera Utara tersebut divonis bersalah. Dia harus menjalani hukuman 10 tahun penjara, ditambah denda Rp 5 miliar dan subsider kurungan selama 10 bulan.

Namun ada yang disayangkan yaitu para korban penipuan yang dilakukannya sebanyak 144 orang tidak mendapatkan ganti rugi. Alasan hakim adalah para korban yang disebut dengan istilah trader tersebut sudah melakukan judi, meskipun kuasa hukum korban mengaku tidak terima atas keputusan tersebut.

Dari kasus penipuan dan penyitaan aset kekayaan Indra Kenz, Anda bisa belajar bahwa untuk mendapatkan kesuksesan tidak bisa melalui jalan instan. Jangan mudah percaya dengan yang bisnis berkedok investasi tanpa melihat dan memahami terlebih dahulu secara detail aman atau tidaknya bisnis tersebut.

Leave a Comment

x