5 Perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda + Penjelasannya

Perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda seyogyanya dimiliki walau nama keduanya nyaris sama. Tentu saja bagi yang belum memahaminya akan mengalami sedikit kebingungan atas dua dari sekian produk tabungan Bank BNI tersebut.

Bagi nasabah yang hendak membuka rekening, sejatinya diperbolehkan untuk memiliki 2 rekening sekaligus di Bank BNI. Hanya saja dengan pertimbangan seperti biaya administrasi dan saldo yang terkena potongan di tiap bulannya, agaknya harus memilih minimal satu diantara dua produk tersebut.

Ini Perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda

Telah diketahui bersama bahwa BNI memiliki bermacam produk tabungan yang ditawarkan kepada calon nasabahnya. Beragam produk tabungan tersebut pastinya memiliki berbagai keunggulan, fasilitas, dan juga perbedaan antara satu dengan lainnya.

Lebih spesifik dengan 2 produk tabungannya, agar dapat memilih dengan yakin haruslah mengetahui perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda. Sehingga saat harus memilih, calon nasabah tahu benar mana yang dibutuhkan.

1. Syarat dan Setoran Awal Saat Pembukaan Rekening

Syarat-dan-Setoran-Awal-Saat-Pembukaan-Rekening

Dari sisi syarat dan setoran awal ketika pembukaan rekening dilakukan, sebenarnya telah terlihat perbedaan antara BNI Taplus dan BNI Taplus Muda. Lebih jelasnya terkait perbedaan tersebut, berikut beberapa poin pembedanya:

  1. Syarat Usia. Pemilik rekening BNI Taplus usia minimalnya adalah 17 tahun, sedangkan batas usia atasnya tidak dibatasi. Sementara Taplus Muda usia yang disyaratkan adalah mulai dari 17 hingga 25 tahun.
  2. Syarat Administrasi. Beberapa cabang bank BNI mewajibkan adanya NPWP dalam membuat BNI Taplus. Adapun BNI Taplus Muda syarat administrasi yang diwajibkan cukup hanya menyertakan Identitas diri seperti KTP, Paspor, atau juga SIM.
  3. Besaran Setoran Awal. BNI Taplus mematok besaran nominal sekitar 250 ribu rupiah yang berlaku di luar wilayah Jabotabek dan 500 ribu rupiah di wilayah Jabotabek. Sedangkan Taplus Muda setoran awalnya hanya sekitar 100 ribu rupiah.

2. Fitur Atau Fasilitas

Fitur-Atau-Fasilitas

Terkait fitur atau fasilitas, ada beberapa hal yang membedakan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda. Perbedaan tersebut antara lain:

  1. Buku Tabungan. Untuk Taplus, buku tabungan akan langsung diberikan. Namun untuk Taplus Muda akan diberikan pilihan apakah akan memakai buku tabungan atau tidak. Bila memilih tanpa buku tabungan, maka akan digantikan dengan failitas e-statement service.
  2. Kartu ATM. Bagi nasabah yang memilih BNI Taplus, dapat memilih kartu ATM jenis Silver, Gold, serta Platinum atau juga GPN. Pemegang Taplus pun dapat meng-upgrade atau men-downgrade kartu ATM-nya.

Adapun nasabah yang memilih Taplus Muda, kartu ATM yang diberikan adalah jenis ATM khusus yang dapat didesain dengan foto milik sendiri atau dapat memilih jenis kartu ATM GPN.

Sedikit menjelaskan, fungsi kartu ATM yang diberikan dari kedua jenis tabungan ini dapat juga digunakan sebagai kartu debit, serta dapat digunakan di luar negeri bila terdapat logo Maestro, Cirrus, dan Mastercard. Sementara untuk GPN hanya berlaku terbatas di wilayah Indonesia. 

3. Biaya Administrasi

Biaya-Administrasi perbedaan bni taplus dan taplus muda

Perbedaan antara BNI Taplus dan BNI Taplus Muda berikutnya terletak pada biaya pembuatan kartu ATM, pengelolaan rekening, dan biaya untuk administrasi setiap bulannya. Berikut rincian infonya:

  1. Biaya Kartu ATM Baru. Untuk BNI Taplus, biayanya tergantung pada jenis ATM yang dipilih, yakni Silver sebesar 10 ribu rupiah, Gold 15 ribu Rupiah, dan Platinum sekitar 20 ribu Rupiah. Sedangkan BNI Taplus Muda tidak dikenakan biaya khusus untuk kartu ATM khusus. Sementara kartu ATM dengan desain nasabah sendiri, biayanya sekitar 25 ribu rupiah.  
  2. Biaya Pengelolaan Rekening. Untuk masing-masing tabungan besarnya berbeda-beda tergantung fasilitas yang digunakan. Biaya pengelolaan rekening tiap bulannya untuk Taplus sebesar 11 ribu rupiah, sedangkan Taplus Muda sebesar 5 ribu rupiah.
  3. Biaya Administrasi Bulanan. Untuk kartu ATM Taplus jenis Silver sebesar Rp4.000, Gold Rp7500, Platinum sebesar Rp10.000 dan GPN sebesar Rp4.000. Sedangkan biaya kartu ATM Taplus Muda adalah kartu khusus 4 ribu rupiah, dan kartu desain pribadi 4 ribu rupiah. 

4. Limit Atau Batas Transaksi

Limit-Atau-Batas-Transaksi

Yang dimaksud dengan limit atau batas transaksi adalah nilai nominal maksimal dari transaksi pembayaran, penarikan tunai, transfer antar rekening BNI dan juga transfer antar bank dalam satu hari menggunakan kartu ATM.

Perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda dalam hal limit transaksi lebih jelasnya dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Batas Penarikan Tunai. Secara nominal besarannya untuk BNI Taplus Silver 5 juta rupiah, Gold 15 juta rupiah, Platinum 15 juta rupiah, serta GPN 15 juta rupiah. Sedangkan kartu ATM untuk Taplus Muda besarannya adalah 5 juta rupiah.
  2. Batas Pembayaran atau Belanja. Untuk BNI Taplus Silver adalah 10 juta rupiah, Gold 50 juta rupiah, Platinum dan GPN sekitar 100 juta rupiah. Adapun Taplus Muda dibatasi sekitar 10 juta rupiah.
  3. Transfer Sesama BNI. Batasan nominalnya untuk BNI Taplus Silver adalah 50 juta rupiah, lalu Gold, Platinum, dan GPN batas transaksi transfer sesama BNI setiap harinya adalah 100 juta rupiah. Sementara batas transaksi transfer sesama BNI sebesar 10 juta rupiah.
  4. Transfer Antar Bank. Batasan nominalnya untuk BNI Taplus Silver sebesar 10 juta rupiah, Gold 25 juta rupiah, lalu Platinum dan GPN sebesar 50 juta rupiah. Sedangkan yang berlaku bagi Taplus Muda adalah sebesar 10 juta rupiah.

5. Saldo Minimal dan Suku Bunga

Saldo-Minimal-dan-Suku-Bunga perbedaan bni taplus dan taplus muda

Berbagai hal lainnya yang menjadi poin perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda meliputi hal-hal berikut:

  1. Saldo Minimal. Pada BNI Taplus, saldo minimalnya adalah sebesar 150 ribu rupiah. Namun jika saldo dibawah nominal tersebut, maka akan dikenakan denda sebesar 5 ribu rupiah. Di BNI Taplus Muda tidak dikenakan saldo minimal.
  2. Suku bunga. Untuk suku bunga, kedua tabungan akan mendapatkan suku bunga. Sedangkan melihat perbedaan suku bunganya sangat sulit dikarenakan berbeda dalam pengelompokkannya (besaran saldonya). Namun sekedar informasi, besaran tersebut antara lain:
  1. BNI Taplus: saldo tabungan dibawah 1 juta rupiah 0,00%, saldo 1 hingga 50 juta rupiah sekitar 0,50%, lalu saldo 50 hingga 500 juta rupiah adalah 0,85%, kemudian saldo 500 juta hingga 1 milyar rupiah adalah sebesar 1,20% dan saldo lebih dari 1 milyar rupiah besaran suku bunganya adalah 2.00%.
  2. BNI Taplus Muda: saldo tabungan dibawah 1 juta 0,00%, saldo 1 hingga 10 juta rupiah adalah 0,50%, saldo 10 hingga 50 juta rupiah sebesar 0,75%, lalu saldo 50 juta hingga 100 juta rupiah sebesar 1,00% dan saldo yang melebihi 100 juta akan mendapatkan suku bunga sekitar 1,25%.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya memang ada perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda dari beberapa aspek. Sekedar merangkum, produk BNI Taplus memang diperuntukkan bagi kawula muda. Sedangkan BNI Taplus lebih ditujukan untuk usia di atasnya.

Dari pengkategorian ini, nasabah bisa menemukan produk tabungan mana yang tepat sesuai kebutuhan dan rentang usianya.

Leave a Comment

x