Salary Crediting BRI itu Apa? Ini Pengertian & Keuntungannya

Salary crediting BRI merupakan fasilitas yang diberikan bank BRI untuk para pemilik bisnis untuk bisa menggaji karyawannya. Dengan begitu karyawan saat gajian bisa dapat uang dari salary crediting BRI. Hal ini bisa mempercepat transaksi.

Berbeda penggajian dengan amplop yang harus diberikan satu-persatu. Hal ini tentu sangat lambat dan membuang-buang waktu. Agar tidak membuang waktu terlalu banyak, mari manfaatkan payroll atau penggajian menggunakan salary crediting BRI.

Pengertian Salary Crediting

Pengertian-Salary-Crediting

Salary Crediting adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh bank yang digunakan untuk melakukan penggajian karyawan. Dalam hal ini bank BRI termasuk yang menyediakan fasilitas ini. Segala aspek dalam melakukan salary crediting terhitung secara akurat.

Apa saja saja aspek-aspek yang terhitung akurat dalam melakukan salary crediting? Berikut ini adalah aspek-aspek yang dimaksud.

1. Jumlah Gaji Yang Dikirim

Jumlah gaji yang dikirim bisa akurat sesuai kontrak gaji yang diterima. Misalnya gaji yang harus diberikan adalah Rp2.250.518, maka gaji yang dikirimkan bisa sesuai dengan nominal tersebut.

Berbeda apabila nomimal gaji diberi secara manual, akan sulit untuk menyediakan Rp18 rupiah tersebut. Sistem akurat tersebut karena didukung teknologi yang bisa dilakukan transfer secara online serta digital.

Selain itu dengan sistem akurat tersebut dari perusahaan aka naman secara hukum karena bisa memberi gaji sesuai yang ada di kontrak.

2. Waktu Penggajian

Yang dimaksud dengan waktu penggajian adalah bahwa dalam mengirimkan gaji ke karyawan, waktunya bisa ditentukan oleh perusahaan. Mulai dari bulan, hari, tanggal. Hal ini bisa secara otomatis dari pihak bank untuk melakukan transfer.

Pihak perusahaan juga tidak perlu melakukan pertemuan untuk membagikan gaji-gaji ke karyawan karena semuanya sudah menjadi tugas dari bank itu sendiri. Yang dilakukan perusahaan cukup mengatur kapan penggajian akan dicairkan.

Dari pihak karyawan juga bisa bersantai dalam menunggu transferan masuk, karyawan hanya perlu tahu kapan tanggal gajian dilakukan.

3. Jumlah Gaji Yang Diterima Karyawan

Jumlah gaji karyawan yang dimaksud di sini adalah sesuai dengan yang dikirimkan atau sesuai dengan kontrak. Pada akhirnya karyawan juga harus teliti dalam menerima gaji yang sesuai kontrak, tidak hanya perusahaan yang mengecek dalam pengiriman.

4. Keamanan Ketat

Kemanan ketika dapat uang dari salary crediting bri akan lebih terjamin. Hal ini karena pihak melakukkan transfer secara aman dan langsung masuk ke rekening masing-masing. Berbeda jika penggajian dilakukan secara tradisional yang harus menggunakan pihak ke tiga.

Bisa jadi pihak ke tiga tersebut bisa mengambil beberapa lembar uang, sehingga nominal uang yang diberikan tidak sesuai gaji karyawan di kontrak. Karena itulah keamanan dalam melakukan transfer lebih baik.

Cara Perusahaan Menggunakan Salary Crediting BRI

Cara-Perusahaan-Menggunakan-Salary-Crediting-BRI

Untuk bisa menggunakan salary crediting dari BRI, perusahaan harus mendaftarkan rekening giro terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk perusahaan mendaftar rekening giro adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan isi formulir aplikasi pada pembukaan rekening giro rupiah.
  2. Khusus umur sudah 21 tahun ke atas atau telah menikah.
  3. Melampirkan identitas seperti KTP/SIM/PASPOR.
  4. Melampirkan NPWP.
  5. Melampirkan satu lembar Pasfoto 4×6.
  6. Melakukan setoran setoran awal Rp2.000.000 untuk perusahaan.

Ketika sudah bisa menggunakan salary crediting, perusahaan cukup membuat daftar penerima gaji  dan nomor rekeningnya, serta nominal yang didapatkan. Dengan begitu, bank bisa memproses nominal gaji yang akan ditransfer.

Keuntungan Yang Didapatkan Menggunakan Salary Crediting BRI

Keuntungan-Yang-Didapatkan-Menggunakan-Salary-Crediting-BRI

Dapat uang dari salary crediting BRI mempunyai banyak keuntungan baik dari pihak perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Keuntungan yang didapatkan antara lain.

1. Cepat Dalam Penggajian karyawan

Ketika sebuah perusahaan yang memiliki karyawan yang banyak, bahkan ratusan sampai dengan ribuan. Tentu tidak mungkin perusahaan akan melakukan penggajian secara satu per satu. Adanya salary crediting dari BRI, penggajian bisa dilakukan secara cepat dan memangkas waktu.

Salary crediting dalam bank BRI bisa melakukan transfer kepada banyak orang sekaligus. Secara otomatis semuanya dapat dilakukan transfer secara mudah. Asalkan nama penerima dan nomor rekening karyawan ditulis dengan benar.

Ketika rekening sudah masuk ke karyawan, karyawan akan mendapatkan notifikasi bahwa penggajian sudah dilakukan sehingga perusahaan tidak perlu memberitahu bahwa gaji sudah masuk.

2. Tidak Perlu Mendatangi Bank atau Perusahaan

Seperti yang diketahui bahwa ketika gaji karyawan masuk, aka nada notifikasi melalui smartphones. Hal ini akan menghemat tenaga, karena karyawan tidak perlu mendatangi bank atau perusahaan untuk mengecek gaji sudah masuk ke rekening atau belum.

Terlebih lagi saat masa pandemi Covid-19, orang-orang dilarang  berkerumunan pada satu tempat. Dengan begitu, sistem salary crediting ini sangat efektif.

Jika masih penasaran kenapa gaji belum masuk, bisa jadi gaji akan masuk pada siang hari atau sore hari. Namun tetap saja menunggu notifikasi akan lebih baik daripada harus keluar rumah untuk mengunjungi perusahaan atau bank.

3. Dapat Mengecek Mutasi Pada Rekening

Ketika karyawan mendapat gaji, tentunya menjadi kabar gembira. Namun perlu diketahui bahwa uang yang masuk pada rekening bisa dicek. Dengan begitu bisa diketahui apakah uang yang masuk adalah gaji karyawan atau transfer dari orang lain.

Bagaimana cara mengeceknya? Yaitu dengan melihat pada mutasi rekening. Mutasi rekening berfungsi untuk melihat uang-uang yang masuk. Semua tertera dari siapa pengirimnya.

Notifikasi kadang tidak muncul ketika terdapat uang masuk, bisa jadi karena ada masalah jaringan maupun masalah lainnya. Untuk menghindari keraguan ini, rekening bisa menjadi solusi untuk pengecekan segala transfer yang masuk.

4. Tidak Perlu Memasukkan Uang ke Rekening Lagi

Keuntungan lain yang didapatkan ketika karyawan dapat uang dari salary crediting BRI adalah tidak perlu memasukkan uang ke rekening lagi. Uang kertas yang didapatkan, pada akhirnya harus dimasukkan ke dalam rekening lagi baik melalui teller atau ATM.

Dengan adanya sistem transfer gaji dengan salary crediting, karyawan yang menerima gaji tidak perlu memasukkan uang ke rekening lagi. Karyawan cukup mengambil uang yang diperlukan untuk kebutuhan hidup.

Berbeda jika penggajian dilakukan secara tradisional yang harus membagikan berbagai amplop. Yang pada akhirnya uang harus disetor ke bank untuk keamanan.

5. Waktu Bisa Digunakan Untuk Prioritas Lainnya

Karyawan yang tinggal menunggu waktunya untuk menerima gaji, tentunya bermanfaat bagi yang sudah berkeluarga. Mengingat jika sudah berkeluarga, jadwal semakin padat, perlu adanya meminmalisir segala sesuatu tidak mendesak untuk prioritas lainnya.

Misalnya karyawan bisa bermain dengan anak maupun keluarganya untuk jalan-jalan, sembari menunggu uang gaji masuk ke rekening. Secara pribadi karena sudah yakin dan terjamin aman saat uang gaji masuk, karyawan bisa melakukan aktivitas lainnya.

Manfaat tentang salary crediting BRI akan mempermudah alur penggajian dari perusahaan ke karyawan. Karyawan yang dapat uang dari salary crediting BRI juga lebih aman dan cepat. Pastikan perusahaan Anda mendaftarkan salary crediting BRI ya.

Leave a Comment

x