Cara Daftar Agen Mandiri Secara Online dan Kantor Cabang (+Syaratnya)

Tidak ingin kalah dari bank lainnya, Bank Mandiri menambahkan beberapa produk layanan yang menarik dan berguna untuk lebih membantu para nasabah. Salah satunya adalah dengan adanya Agen Mandiri.

Para nasabah Bank Mandiri ini nantinya dapat mengunjungi Agen Mandiri terdekat untuk melakukan transaksi atau kegiatan perbankan, seperti pembukaan rekening baru, transfer sesama atau antar bank, setor tunai, pembayaran semua tagihan dan lain sebagainya.

Apa yang Dimaksud Agen Mandiri?

Apa-yang-Dimaksud-Agen-Mandiri

Agen Mandiri adalah salah satu layanan yang dibuat oleh Bank Mandiri untuk menambah kemudahan bagi para nasabah dalam urusan layanan perbankan secara cepat, dimana saja dan kapan saja.

Bank Mandiri akan merekrut atau menerima beberapa pihak yang bersedia bekerja sama untuk melayani kegiatan perbankan nasabah Mandiri dengan peraturan dan syarat yang berlaku. Pihak tersebut yang dikatakan sebagai agen.

Layanan perbankan yang nantinya disediakan juga hampir sama dengan layanan perbankan yang ada pada kantor Bank Mandiri.

Hanya saja, agen bisa melakukan kegiatan layanan perbankan tersebut lewat rumah atau dimana saja dan tidak terikat oleh jam operasional kantor Bank Mandiri sehingga bisa lebih fleksibel.

Dengan menjadi seorang agen, Anda bisa membantu para nasabah Mandiri untuk melakukan layanan perbankan dengan mudah dan tentu saja juga mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Untuk menjadi seorang agen dari Bank Mandiri tentu harus mengikuti beberapa persyaratan dan peraturan yang diberlakukan. Persyaratan tersebut juga bisa dibilang cukup mudah sehingga bisa diikuti oleh masyarakat umum.

Syarat Menjadi Agen Bank Mandiri

Syarat-Menjadi-Agen-Mandiri

Untuk mendaftarkan diri menjadi seorang agen Bank Mandiri ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi dan tentu saja dipatuhi. Persyaratan tersebut juga mudah dan tentu saja dapat dilakukan oleh semua masyarakat. 

Berikut ini adalah beberapa persyaratan mulai dari syarat umum dan dokumen yang harus dipersiapkan:

1. Syarat Umum

Untuk menjadi agen Bank Mandiri ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Persyaratan umum tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia yang sudah berusia 21 tahun ke atas.
  2. Memiliki penghasilan utama yang bersumber dari kegiatan usaha tidak berbadan hukum minimal dua tahun berjalan dan memiliki bukti dokumen perizinan usaha yang berlaku.
  3. Memiliki penghasilan utama lainnya yang berasal dari kegiatan pensiunan atau kepegawaian dengan dibuktikan melalui surat keterangan kerja, pegawai tetap dan pensiun.
  4. Wajib memiliki rekening Bank Mandiri.
  5. Belum bekerja sama menjadi agen dari bank lain.
  6. Memiliki sarana yang dapat menunjang fasilitas dan pelayanan perbankan dari Bank Mandiri, seperti jaringan yang bagus, laptop atau smartphone.
  7. Memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk uang dan dokumen di tempat usaha.

2. Syarat Dokumen

Setelah persyaratan umum di atas terpenuhi, ada juga beberapa syarat dokumen yang wajib dipersiapkan untuk mendaftar menjadi Agen Mandiri. Berikut ini adalah syarat dokumen daftar agen Bank Mandiri yang harus dipersiapkan:

  1. Isi dan tanda tangan formulir pendaftaran menjadi agen.
  2. Fotocopy dari E-KTP atau SKD (Surat Keterangan Domisili) yang ditandatangani oleh kelurahan.
  3. Fotocopy dari SKU (Surat Keterangan Usaha) bagi yang memiliki usaha lain.
  4. Slip dari gaji terakhir untuk pegawai.
  5. Surat Keterangan Pensiun bagi calon agen yang telah pensiun.
  6. Fotocopy dari NPWP yang sudah memiliki.

Cara Daftar Agen Bank Mandiri

Cara-Daftar-Agen-Mandiri

Setelah mengetahui beberapa persyaratan yang harus disiapkan dan dilengkapi untuk menjadi agen dari Bank Mandiri, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan diri menjadi seorang agen Bank Mandiri:

1. Melalui Kantor Cabang Bank Mandiri

Jika ingin mendaftarkan agen Bank Mandiri bisa juga langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
  2. Kemudian utarakan tujuan datang ke kantor tersebut kepada petugas yang terkait, yaitu ingin mendaftar menjadi agen.
  3. Setelah itu, isi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas.
  4. Kemudian lampirkan dengan syarat dokumen yang telah dipersiapkan.
  5. Kemudian ikuti langkah atau instruksi selanjutnya yang akan dijelaskan oleh petugas.

2. Melalui Online

Jika tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat, Anda juga bisa mendaftarkan agen Bank Mandiri dengan online melalui situs website resmi yang dari Bank Mandiri. Untuk langkah-langkah pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs di https://bit.ly/join-mandiriagen.
  2. Setelah itu, isi data diri sesuai dengan kolom yang tersedia.
  3. Jika sudah, pihak Bank Mandiri akan mengkonfirmasi data diri tersebut kemudian Anda hanya perlu menunggu konfirmasi selanjutnya.

Keuntungan Menjadi Agen Bank Mandiri

Keuntungan-Menjadi-Agen-Mandiri

Bank Mandiri tentu saja juga memberikan beberapa keuntungan bagi masyarakat yang bersedia direkrut atau mendaftarkan diri menjadi seorang agen. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menjadi Agen Bank Mandiri:

1. Mendapatkan Fasilitas dari Bank Mandiri

Jika seorang agen Bank Mandiri dapat memberikan layanan perbankan untuk para nasabah, tentu saja mereka akan dibekali fasilitas yang menunjang hal tersebut. Fasilitas tersebut dapat berguna untuk menunjang kegiatan sebagai seorang agen menjadi lebih nyaman dan mudah.

Fasilitas yang didapat untuk seorang agen Bank Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Brosur dan buku panduan agen.
  2. Banner dan spanduk.
  3. Sertifikat dan pelatihan dari petugas bank.
  4. EDC mini ATM dan sarana transaksi berbasis Web.

Sebagai agen, Anda juga diberikan kebebasan untuk menambah fasilitas lain yang nantinya bisa lebih menunjang fasilitas yang diberikan dari Bank Mandiri yang disebutkan di atas.

2. Mendapatkan Komisi

Selain mendapatkan fasilitas dari Bank Mandiri untuk menunjang pelayanan perbankan yang nantinya dilakukan, menjadi seorang agen juga nantinya akan mendapatkan sejumlah komisi atau fee dari pihak bank.

Komisi yang didapat tersebut didapatkan dari setiap transaksi atau layanan yang dilakukan selama menjadi seorang agen. Besarkan komisi yang didapat tergantung dari jenis layanan yang dilakukan.

Misalnya, untuk layanan pembukaan rekening baru, agen akan mendapatkan komisi sebesar Rp15.000,00. Nominal komisi tersebut akan berbeda sesuai dengan layanan perbankan yang dilakukan.

Untuk layanan transaksi lain, seperti pembayaran tagihan, setor tunai dan transfer juga berbeda. Untuk Tarik tunai di atas Rp200.000,00 komisi yang didapat oleh seorang agen bisa lebih dari Rp4.000,00 per transaksi.

Sedangkan untuk transfer sesama Bank Mandiri bisa mencapai Rp3.000,00 ke atas. Oleh karena itu, agen Bank Mandiri ini juga bisa menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

3. Gratis

Keuntungan selanjutnya yang didapatkan untuk menjadi seorang agen dari Bank Mandiri adalah tidak ada biaya pendaftaran alias gratis. Biaya yang mungkin harus dikeluarkan hanya untuk melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Itupun juga tidak mahal karena hanya sebatas fotocopy.

Apabila persyaratan dokumen tersebut sudah dimiliki semua, Anda tidak harus mengeluarkan biaya lainnya untuk mendaftarkan diri menjadi agen Bank Mandiri.

4. Dapat Dilakukan di Rumah

Untuk menjadi agen Bank Mandiri, tidak harus memiliki bangunan khusus. Dengan begitu, Anda bisa melakukan kegiatan agen di rumah yang saat ini ditempati atau juga dibangunan yang sama untuk mengurus usaha bisnis yang lain.

Selain itu, agen Bank Mandiri juga tidak terikat dengan jam operasional dari kantor Bank Mandiri sehingga bisa menentukan jadwal sendiri.

Itu tadi adalah beberapa informasi mengenai Agen Mandiri dari mulai pengertian, syarat, dan keuntungan yang didapat jika menjadi seorang agen dari salah satu perusahaan BUMN tersebut. Apakah Anda tertarik mendaftarkan diri? 

Leave a Comment

x