5 Produk Pinjaman Modal Nikah, Cepat Cair!

Menikah adalah salah satu tujuan / keinginan besar bagi hampir setiap orang, dan seringkali hari istimewa ini ingin dilalui dengan indah. Salah satunya lewat pesta pernikahan yang bisa menelan dana cukup besar. Tapi jangan khawatir, karena saat ini sudah ada banyak pinjaman modal nikah dari berbagai bank lokal.

Dana pinjaman yang ditawarkan oleh bank-bank dalam negeri masuk dalam kategori produk pinjaman bernama Kredit Tanpa Agunan, atau biasa disingkat KTA.

Persis seperti namanya, pinjaman ini tidak membutuhkan jaminan (agunan) seperti beberapa jenis pinjaman bank lainnya.

Daftar Produk Pinjaman Modal Nikah

Karena tanpa jaminan, tentu saja pasangan yang ingin memiliki pesta pernikahan impian namun kebetulan dananya masih kurang akan sangat terbantu dengan KTA. 

Jadi nantinya, pasangan calon pengantin tidak perlu menggadaikan kendaraan, menjaminkan sertifikat rumah, atau berurusan dengan pinjol yang mungkin saja tidak legal untuk mengadakan pesta.

Namun, tidak semua pasangan bisa diterima pengajuannya, dan jika diterima, besarnya jumlah dana yang bisa dicairkan dari KTA ini bermacam-macam tergantung pada hasil analisis yang telah dilakukan oleh masing-masing bank terhadap kemampuan bayar setiap pasangan. 

Saat ini sudah ada banyak bank lokal dan mancanegara yang memiliki KTA untuk calon pasangan pengantin. Bahkan, perusahaan bukan bank namun di bidang jasa keuangan juga banyak yang memilikinya. 

Adapun daftar produk KTA dari berbagai perusahaan yang bisa dijadikan pinjaman modal nikah dan masing-masing keterangannya adalah sebagai berikut:

  1. ANZ Personal Loan
  2. Standard Chartered
  3. KTA BRI
  4. Q Personal Loan
  5. Dana Bantuan Sahabat

1. ANZ Personal Loan

ANZ-Personal-Loan

ANZ adalah nama salah satu bank paling besar di Australia yang melayani nasabah dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Tenor yang ditawarkan mulai dari 12-36 bulan dengan jumlah dana yang bisa dipinjam mulai dari Rp 8.000.000 – Rp 250.000.000. 

  1. Sedangkan proses pencairan membutuhkan waktu sekitar 10 hari kerja. Syarat dan dokumen yang harus dimiliki agar bisa meminjam ke ANZ adalah:
  2. Usia minimal peminjam adalah 21 tahun, dan maksimal saat pelunasaan adalah 60 tahun.
  3. Bisa WNA atau WNI.
  4. Memiliki pekerjaan tetap dengan jumlah gaji minimal Rp 3.000.000 per bulan.
  5. Harus memiliki kartu kredit ANZ dengan jangka waktu keanggotaan minimal 9 bulan jika sebelumnya belum pernah memiliki pinjaman di ANZ, dan minimal keanggotaan bulan jika sudah pernah tercatat sebagai peminjam ANZ.
  6. Limit minimal dari kartu kredit adalah Rp 8.000.000.

2. Standard Chartered

Standard-Chartered

Standard Chartered PLC merupakan sebuah perusahaan di industri perbankan (jasa keuangan) yang memiliki kantor pusat di London namun memiliki wilayah operasi seluruh dunia termasuk di Indonesia. 

Lebih dari 70 negara dapat mengakses pinjaman modal nikah dari perusahaan yang sudah memiliki 1.700 cabang ini. Cabang di Tanah Air ada di Jakarta Selatan tepatnya di Jl. Prof DR Satrio 164, RT 004/RW 005, Kelurahan Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi (lantai dasar Satrio Menara Standard Chartered).

Namun untuk penduduk di luar Jakarta jangan khawatir, pengajuan pinjaman di Standard Chartered bisa juga dilakukan secara online lewat website resminya. Berikut detail informasinya:

  1. Standard Chartered cabang Indonesia ini menawarkan tiga tenor pinjaman, yaitu jangan pendek (6 bulan), jangka menengah (18 bulan), dan jangka panjang (42 bulan). 
  2. Suku bunga yang digunakan mulai dari 0.65% dan dengan jenis bunga flat.
  3. Plafon pinjaman mencapai Rp 300.000.
  4. Menyediakan juga fasilitas kredit tanpa perlu jaminan aset.
  5. Proses dari pengajuan hingga cair sekitar 3-5 hari kerja.
  6. Angsuran bisa dibayar lewat lebih dari 80.000 mesin ATM atau teller bank.
  7. Denda keterlambatan sebesar 6% dari jumlah angsuran per bulan.

Sedangkan untuk syarat-syaratnya adalah:

  1. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  2. WNI atau WNA yang sudah memiliki pekerjaan tetap atau memiliki usaha.
  3. Memiliki NPWP.
  4. Tinggal di area layanan Standard Chartered yaitu di Bogor, Jakarta, Depok, Bekasi, Surabaya, Bandung, Tangerang, dan Bekasi.

3. KTA BRI

KTA-BRI

Jika ingin memilih perusahaan lokal, BRI bisa dijadikan pilihan. Produk pinjaman modal nikah dari bank ini bernama BRIGuna, yang menggunakan sistem potong gaji otomatis setiap tanggal pembayaran. BRIGuna sendiri masih dibagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • BRIGuna Karya
  • BRIGuna Umum
  • BRIGuna Purna
  • BRIGuna Pendidikan

a. BRIGuna Karya

Cocok untuk keperluan konsumtif maupun produktif, misalnya biaya pengobatan, pernikahan, DP rumah, renovasi bangunan, atau sekedar untuk membeli gadget atau perabot rumah tangga yang mahal.

Tenor pinjaman tersedia mulai dari 12-60 bulan dengan bunga 13-13,5% per tahun.

b. BRIGuna Umum

Tenor pinjaman maksimal 15 tahun dengan maksimal usia peminjam adalah 75 tahun saat pinjaman tersebut lunas.

KTA jangka panjang ini cocok untuk membeli rumah atau lainnya yang bernilai sangat besar dan membutuhkan waktu pelunasan yang lama. Adapun suku bunganya adalah 7,2% per tahun.

c. BRIGuna Purna

Produk ini khusus untuk para pensiunan yang memiliki uang pensiunan tetap per bulan seperti PNS, Polri, TNI, atau mantan karyawan BUMN.

d. BRIGuna Pendidikan

Pinjaman ini bisa digunakan untuk meneruskan pendidikan S1, S2, atau S3 di kampus dalam atau luar negeri. Syaratnya hanya harus memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap.

Jadi selain untuk pesta pernikahan, KTA dari BRI ini juga boleh digunakan untuk keperluan lain. Adapun syarat-syarat untuk mengajukan KTA BRI adalah:

  1. Memiliki NPWP dan KTP WNI
  2. Melampirkan KK
  3. Pas foto
  4. Melampirkan slip gaji (khusus BRIGuna Umum dan Karya)
  5. Menandatangani surat kuasa untuk pemotongan gaji atau uang pensiun, dan surat kuasa untuk debet rekening.

4. Q Personal Loan 

Q-Personal-Loan

Produk pinjaman modal nikah bernama Q Personal Loan berasal dari sebuah bank bernama QNB. Meskipun namanya terdengar seperti bank internasional, namun QNB sebenarnya adalah bank lokal yang berpusat di ibukota Indonesia.

QNB mulai beroperasi pada 1913 dengan nama “NV Chunghwa Shangyeh”.

Bank ini menggunakan sistem bunga flat dengan dana yang bisa dicairkan mulai dari Rp 10.000.000 – Rp 250.000.000.

Adapun tenor maksimalnya adalah 72 bulan dengan proses pencairan maksimal 14 hari kerja. Syarat-syarat pengajuannya adalah sebagai berikut:

  1. Usia pemohon diantara 21-55 tahun.
  2. WNI atau WNA dengan penghasilan minimal per bulan Rp 6.000.000 dan berstatus sebagai karyawan tetap minimal 2 tahun.
  3. Jika pemohon adalah pekerja profesional (misalnya dokter, pengacara, atau lainnya), maka gaji minimal harus Rp 15.000.000 dengan minimal pengalaman kerja 5 tahun. 
  4. Harus melampirkan dua nomor telepon (hp dan nomor kantor / perusahaan tempat kerja).
  5. Harus memiliki kartu kredit dan NPWP.

5. Dana Bantuan Sahabat 

Dana-Bantuan-Sahabat

Produk pinjaman ini dimiliki oleh Digibank, atau yang disebut juga dengan DBS Bank Limited.

Bank asli Singapura ini memiliki cabang di Indonesia dengan alamat kantor di Lantai 31-37 DBS Bank Tower yang berada di Jalan Prof. Dr. Satrio, Kav 3-5, Jakarta. 

KTA dari DBS mematok bunga rendah sekitar 0,88% per bulan dengan pencairan mencapai Rp 300.000.000 dan tenor hingga 36 bulan. Usia minimal peminjam adalah 21 tahun dan harus WNI.

Lalu pekerjaan tetap yang dimiliki harus menghasilkan gaji minimal Rp 2.000.000 per bulan.

Pinjaman modal nikah dari Standard Chartered adalah pilihan terbaik jika ingin proses pencairan kilat 3 hari saja.

Namun untuk area layanan yang mencakup seluruh Indonesia bisa memilih BRI atau Digibank. Sedangkan untuk tenor panjang bisa memilih QNB atau ANZ.

Leave a Comment

x