5 Cara Usaha Jual Gorengan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Siapa yang tahu usaha jual gorengan bisa menghasilkan keuntungan yang sangat fantastis. Terlihat sepele memang, tapi jangan salah sangka. Usaha ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan juga yang pasti menghasilkan omzet hingga jutaan per bulannya.

Mengingat kegemaran masyarakat Indonesia akan makanan seperti gorengan, pasti peluang dalam menekuni usaha jual gorengan sangatlah besar. Bisa dilihat, sering dijumpai pedagang gorengan di tiap-tiap sudut jalanan daerah rumah masing-masing.

Besar kemungkinan, banyak yang tertarik untuk mencoba usaha gorengan seperti ini. Baik dengan besar-besaran maupun hanya sekedar mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Perlu diperhatikan beberapa kiat dalam melakukan bisnis jual aneka gorengan. Begini caranya!

Kiat-Kiat Usaha Jual Gorengan

1. Matangkan Rencana Usaha

Matangkan-Rencana-Usaha

Dalam melakukan bisnis hal basic yang perlu diperhatikan adalah rencana usaha kedepannya. Cari tahu kisaran besar modal yang harus dikeluarkan, lalu keperluan apa saja yang dibutuhkan, hingga gorengan apa yang ingin dijual. Rencana ini tidak perlu rumit, cukup sederhana saja asal bisa dilakukan konsisten.

Selain itu, perlu riset sekitaran yang menjadi tempat usaha gorengan ini akan berdiri. Karena melihat eksistensi usaha gorengan di Indonesia, tentu banyak yang berjualan gorengan dimanapun kita berada. Sehingga nantinya dapat diketahui berapa banyak saingan usaha yang berbisnis disitu.

Rencana ini juga bisa digunakan untuk menganalisa terkait jalannya bisnis gorengan agar stabil atau juga sebagai pondasi untuk mengevaluasi kegiatan usaha tersebut. Jangan sampai menjalankan usaha tapi tidak memiliki goals atau keuntungan yang tidak sepadan tanpa adanya rencana usaha ini.

2. Pilih Bahan Baku yang Paling Baik

Pilih-Bahan-Baku-yang-Paling-Baik

Resep dalam membuat gorengan pada dasarnya memang sama saja di tiap usaha. Namun yang membedakan adalah kualitas dari bahan baku yang digunakan dalam usaha tersebut. Misalnya terigu saja, ada berbagai pilihan terigu dan tentukan yang lebih baik kualitasnya.

Tapi dalam menjalani bisnis ini, pilihan apapun tidak menjadi masalah asalkan bahan baku yang digunakan sudah sesuai dengan resepnya. Karena jika tidak tahu dasar resepnya bahan baku seperti apapun tidak akan berarti. Hanya saja ada nilai tambah apabila bahan baku yang digunakan adalah kualitas terbaik.

3. Kembangkan Inovasi

Kembangkan-Inovasi

Banyaknya penjual gorengan di luar sana membuktikan usaha jual gorengan adalah usaha yang sangat masif dan eksis di Indonesia. Di situasi seperti ini, diperlukan ide yang cemerlang untuk mengembangkan usaha agar lebih kreatif dan inovatif agar usaha tersebut tidak tergerus oleh kompetitor yang ada.

Coba lakukan eksperimen atau berikan trademark yang membuat usaha jual gorengan tidak kalah saing dengan para kompetitor. Seperti dengan cara pengemasannya, mungkin dengan membuat ide gorengan yang berbeda dari biasanya, atau sederhananya dengan meningkatkan kualitas rasa gorengan.

4. Jaga Kebersihan Selalu

Jaga-Kebersihan-Selalu

Masyarakat tentu menginginkan makanan yang higienis dan bersih dari lokasi maupun produknya. Karena baik makanan atau tempat usaha yang tidak higienis dipercaya justru akan membuat konsumen akan menjauh. Oleh karena itu, pastikan kebersihan harus selalu dijaga sebelum atau setelah memulai usaha.

Penggunaan minyak untuk menggoreng gorengan harus rutin diganti ketika sudah mulai menghitam. Sebab minyak yang hitam akan merusak rasa gorengan tersebut. Selain itu, kandungan minyak hitam yang dipakai akan memperburuk kesehatan bagi masyarakat yang menikmati gorengan tersebut.

5. Utamakan Pelayanan dan Harga Terbaik

Utamakan-Pelayanan-dan-Harga-Terbaik

Pelayanan adalah hal penting yang harus diperhatikan karena biasanya pembeli lebih menyukai usaha dengan pelayanan yang ramah. Selain itu, dalam menentukan harga jual produk pasti harus diperhitungkan modal dan keuntungannya.

Jangan sampai menaruh harga secara asal-asalan. Caranya bisa dilakukan dengan membandingkan harga jual gorengan dengan kompetitor yang lain. Coba melakukan kalkulasi modal serta keuntungan untuk mengetahui berapa harga jual yang tepat untuk gorengan tersebut.

Ada kalanya harga yang dipatok lebih mahal dari biasanya namun kualitasnya jelas lebih baik dibandingkan yang sekedar murah. Banyak konsumen yang tidak mempermasalahkan hal tersebut sebab selama itu berkualitas dan enak, harga mahal bukan jadi persoalan.

Kelebihan Usaha Jualan Gorengan Kaki Lima

Kelebihan-Usaha-Gorengan

1. Banyak Peminat

Target pasar dari usaha gorengan sangatlah banyak, hampir semua kalangan suka dengan gorengan. Prospek bisnis gorengan pun menjalar sangat luas bahkan banyak yang sudah bisa membuka cabang mengenai usaha tersebut.

Dengan peminat yang sangat banyak ini, membuat masyarakat berbondong-bondong membuka usaha jual aneka gorengan. Jadi sudah pasti potensi pembeli akan selalu ada tiap harinya, walaupun memang tidak semua usaha selalu laku. Tergantung bagaimana realisasi strategi yang sudah direncanakan sebelumnya.

2. Mudah Dilakukan

Menjalani bisnis gorengan dengan peminat yang banyak ini diketahui sangat mudah dan sederhana. Tidak perlu menggunakan modal yang terlampau banyak sudah bisa mendirikan usaha gorengan rumahan. Selain itu, peralatan maupun bahan bakunya sangat mudah ditemui di toko sembako ataupun di pasar.

Cara membuat adonannya pun bisa diketahui melalui internet maupun resep yang sudah beredar di setiap segi kehidupan masyarakat. Sehingga dalam hal melakukan usaha gorengan tidak ada kesulitan yang berarti dalam produksi maupun penjualannya nanti.

3. Fleksibel dalam Menjual

Tak perlu repot-repot mencari lokasi dengan survei-survei dan sebagainya, usaha gorengan jauh lebih fleksibel penjualannya. Dalam menjual produk gorengan, bisa dengan membuat lapak gorengan di depan rumah, atau juga bisa dilakukan dengan berkeliling menggunakan gerobak.

Aksesibilitas yang multiguna ini jelas bukan tanpa sebab, mengingat setiap kalangan masyarakat menyukai gorengan. Jadi para calon penggiat usaha jual gorengan tidak perlu khawatir mengenai lokasi yang digunakan untuk melakukan usaha tersebut.

Kelemahan Usaha Jualan Gorengan

Kelemahan-Usaha-Gorengan

1. Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tak dapat dipungkiri gorengan memanglah kuliner yang sangat enak dan murah. Namun, dibalik kelezatan tersebut terdapat zat berupa minyak yang dapat mengganggu Kesehatan apabila dikonsumsi terlalu banyak. Bisa menyebabkan kolesterol, radang, atau batuk.

Selain itu, banyak oknum-oknum penjual gorengan yang tidak menjaga gorengan tersebut tetap higienis. 

Misalnya tidak rutin mengganti minyak goreng dan lebih parah lagi ada yang mengoplos minyak goreng dengan bahan-bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Pastinya sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

2. Banyaknya Kompetitor

Usaha gorengan yang mudah dan murah untuk didirikan pasti memunculkan jumlah pedagang yang terjun dalam bisnis ini. Kesamaan jenis usaha pasti akan menghadirkan kecenderungan di tiap masing-masing pedagang. Konsumen akan selalu menimbang produk mana yang lebih baik dan itu yang akan dipilih.

Oleh sebab itu, menghindari permasalahan seperti ini perlu mengembangkan inovasi yang mampu mengangkat usaha yang dilakukan agar bisa bertahan di tengah persaingan dagang yang multilevel ini. Jangan sampai usaha yang dijalankan tergerus arus persaingan dan membuat usaha menjadi bubar.

Beberapa kiat ini diharapkan bisa membantu untuk membangun usaha jual gorengan. Kelezatan yang ditawarkan serta minat konsumen akan gorengan bersinkronisasi sehingga memudahkan para pelaku usaha gorengan untuk menjual dagangannya.

Bisnis gorengan ini memang sangat mudah ditemukan, tetapi untuk para penikmat kuliner ini harus tetap menjaga asupan gizi yang baik dari makanan lainnya. Jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi gorengan sebab seperti yang sudah disinggung di atas dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia.

Leave a Comment

x