Peluang Usaha Agen Sari Roti, Biaya, dan Keuntungannya

Produk roti buatan dari Sari Roti, hampir dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko hingga swalayan. Bahkan tersedia agen yang menjajakan roti ini secara berkeliling. Peluang usaha menjadi agen Sari Roti ternyata cukup menjanjikan dan bisa dijadikan bisnis.

Sari Roti berkembang menjadi produsen roti terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berada di bawah naungan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Pabrik Sari Roti ini tersebar di hampir seluruh penjuru nusantara. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan roti para konsumen.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Sari Roti bukan hanya memasarkan sendiri produk-produknya. Terdapat beberapa jaringan distribusi, untuk memastikan produk dapat sampai ke konsumen dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menjalin mitra sebagai agen atau distributor.

Agen Sari Roti

Agen-Sari-Roti

Keberadaan mitra penjualan ini sangat penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Berbagai bentuk mitra ini, misalnya agen, memiliki peranan dalam proses distribusi produk. Untuk produk Sari Roti ini, distribusi utama adalah pada pasar tradisional yang dikenal dengan istilah General Trade.

Kenapa pangsa pasar ini penting? Alasannya adalah pangsa pasar tradisional ini memiliki cakupan yang sangat luas. Bahkan mampu menjangkau sudut terjauh sekalipun. Agar bisa sampai ke tangan konsumen, sangat penting adanya agen atau distributor di berbagai daerah.

Sistem distribusi yang diterapkan oleh Sari Roti, mengharuskan terdapat banyak agen atau distributor yang bergerak memasarkan produknya. Hal ini karena mengingat daya tahan roti yang hanya bertahan 4-6 hari saja, terhitung dari tanggal proses produksi.

Pengertian Agen – Distributor Sari Roti

Pengertian-Agen-–-Distributor-Sari-Roti

Menjadi agen atau distributor, hampir sama dengan penjual produk. Secara umum, distributor atau agen ini memiliki peran yang penting dalam proses rantai distribusi produk dari Sari Roti. Fungsi dari agen adalah menyalurkan produk langsung ke toko-toko hingga ke konsumen dalam kondisi baru.

Distributor ini menjadi garda depan dalam penjualan dan pemasaran produk Sari Roti. Hal tersebut didapatkan melalui para penjual loyal serta memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dalam hal penjualan produk. Dari tangan agen Sari Roti dan distributor inilah produk Sari Roti dapat sampai ke konsumen.

Produk makanan jadi ini harus selalu berputar setiap harinya. Berbeda dengan makanan kemasan yang memiliki masa simpan lebih lama. Sari Roti dengan masa simpan yang cukup singkat, harus selalu sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik.

Keuntungan Agen Sari Roti

Keuntungan-Agen-Sari-Roti

Beberapa keuntungan menjadi agen Sari Roti ini adalah:

  1. Brand Sari Roti telah dikenal oleh masyarakat luas.
  2. Mendapatkan benefit yang menarik.
  3. Produk roti berkualitas, halal dengan adanya sertifikat MUI, serta sehat.
  4. Harga terjangkau.
  5. Area distribusi atau sales, di bawah pengelolaan pihak Manajemen Sari Roti.
  6. Proses produksi roti dengan menggunakan teknologi Jepang, dimana kualitas produk lebih tinggi dibanding dengan produk roti lainnya.
  7. Para agen didukung dengan Aplikasi Sistem Online.
  8. Agen dibekali dengan dukungan marketing profesional terutama dalam hal kendaraan, sistem, dan lainnya.

Cara Menjadi Agen Sari Roti

Cara-Menjadi-Agen-Sari-Roti

Sari Roti membuka peluang usaha kepada masyarakat untuk menjadi reseller atau agen dari produk-produk Sari Roti. Selain mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut, ada berbagai benefit menarik lainnya. Dibawah ini adalah cara mendaftar sebagai agen Sari Roti.

  1. Pendaftaran secara online bisa dengan membuka laman resmi Sari Roti di www.sarirotifoodsolutions.com
  2. Klik User kemudian pilih Daftar
  3. Isilah identitas yang diperlukan secara lengkap dan benar.
  4. Klik Daftar Sekarang yang tunggulah proses selanjutnya.
  5. Bisa juga secara offline dengan datang ke agen-agen resmi Sari Roti terdekat.
  6. Setelah terdaftar sebagai agen, maka akan mendapatkan produk dan wilayah pemasaran yang diperkenankan.

Sejarah Singkat Sari Roti

Sejarah-Singkat-Sari-Roti

Sari Roti menjadi merek dagang yang populer dalam bidang makanan jadi khususnya roti. Perjalanan yang ditempuh hingga saat ini, telah dimulai dari beberapa tahun silam. Sari Roti ini merupakan anak perusahaan dari Salim Group yang terkenal dengan bisnisnya yang menggurita.

Pendiri dari Sari Roti adalah Wendy Sui Cheng Yap dengan kantor pusat berlokasi di Jakarta. Sari Roti adalah merek dagang yang dimiliki oleh PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Hingga saat ini, Nippon telah mengoperasikan 14 pabrik, dimana salah satu pabriknya berada di Filipina.

Komitmen yang diterapkan oleh perusahaan adalah standar ISO Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan Sistem Manajemen Mutu. Produk yang dihasilkan oleh Nippon Indosari Corpindo ini terdiri dari berbagai jenis produk roti tawar dan juga roti manis dengan merek dagang Boti dan Sari Roti.

Nippon juga memproduksi kue sifon yang diberi merek dagang Sari Cake. Di Indonesia, Sari Roti mulai diperkenalkan pada tahun 2015. Bagaimana sejarah perjalanannya? Berikut adalah catatan perjalanan Sari Roti dari mulai awal berdiri.

  1. Tahun 1995 telah didirikan perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) yang bernama PT Nippon Indosari Corporation.
  2. Tahun 1996 perusahaan mulai beroperasi komersial dengan membuat produk roti bermerek Sari Roti.
  3. Tahun 2001 mulai melakukan peningkatan kapasitas produksi. Hal ini dilakukan dengan menambah mesin lini sebanyak 2 buah untuk roti manis dan roti tawar.
  4. Tahun 2003 terjadi perubahan nama dari PT Nippon Indosari Corporation berubah menjadi PT Nippon Indosari Corpindo.
  5. Tahun 2005 Sari Roti membuka pabrik keduanya yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur.
  6. Tahun 2008 mulai pengoperasian pabrik ketiga di daerah Cikarang, Jawa Barat.
  7. Tahun 2010 terjadi perubahan perusahaan dengan melakukan Penawaran Umum Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia. Lebih tepatnya hal ini terjadi pada tanggal 28 Juni 2010. Sari Roti mendapatkan kode emiten “Roti”.
  8. Tahun 2011 dilakukan pembangunan 3 pabrik yang berada di Semarang, Medan, dan Cibitung.
  9. Tahun 2012 membangun kembali 2 pabrik yang memiliki kapasitas ganda di Purwakarta dan Cikande. Di tahun ini juga Sari Roti meluncurkan produk Premium Roti Tawar Double Soft dan produk roti baru lainnya.
  10. Tahun 2015 Sari Roti telah menerapkan standar ISO 9001:2008 tentang Quality Management System. Selain itu juga diterapkan ISO 22000:2005 tentang Food Safety Management System, dan ISO/TS 22002-1:2009.
  11. Tahun 2016 terjadi penandatanganan Perjanjian Patungan pada tanggal 18 Februari 2016, dengan Monde Nissin Corporation. Perjanjian ini dalam rangka untuk mendirikan usaha patungan dalam bidang industri makanan bernama SariMonde Foods Corporation (SMFC) di Filipina.
  12. Tahun 2017 atau lebih tepatnya tanggal 21 November 2017, didirikan PT Mitra New Grain oleh Perseroan dan Rainbow Isle Limited (RIL). Perusahaan ini bergerak dalam industri produksi tepung campuran serta adonan tepung yang telah dicampur untuk membuat biskuit, pancake, dan roti.
  13. Tahun 2018 dilakukan peningkatan standar Sistem Manajemen Mutu yaitu dari ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2005.
  14. Tahun 2018 juga telah beroperasi pabrik roti yang ke 11 di Indonesia. Pabrik ini memiliki lokasi di Batam.

Kebutuhan makanan bagi masyarakat adalah kebutuhan utama. Saat ini Sari Roti menjadi merek roti yang sangat populer. Peluang menjadi agen Sari Roti juga cukup menguntungkan, mengingat roti selalu diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Leave a Comment

x