4 Cara Membatalkan Asuransi BCA Life Beserta Syarat dan Biayanya

Ada beberapa cara membatalkan Asuransi BCA Life yang dapat dilakukan oleh nasabah yang terlanjur membeli polis asuransi. Pembatalan pembelian Asuransi BCA Life bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena manfaat yang ditawarkan tidak sesuai kebutuhan nasabah.

Namun, dalam membatalkan polis asuransi perlu melewati berbagai prosedur karena membeli polis asuransi, tidak seperti ketika membeli barang di toko. Ada beberapa langkah dan persyaratan yang harus dipenuhi nasabah sebelum mengajukan pembatalan polisi Asuransi BCA Life.

Agar tidak dirumitkan dengan proses pengajuan pembatalan polis, akan lebih baik jika setiap nasabah memahami dan mempelajari produk asuransi yang akan digunakan terlebih dahulu. Dengan begitu, nasabah bisa menilai apakah produk asuransi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

4 Cara Membatalkan Asuransi BCA Life

Pembatalan pembelian polis asuransi umumnya didasari oleh sejumlah alasan yang beragam. Cara membatalkan polis asuransi sebenarnya tidak terlalu sulit karena prosesnya hampir sama seperti saat mengajukan pembelian asuransi.

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk melakukan pengajuan pembatalan polis, mulai dari cara yang menguras cukup banyak waktu hingga cara yang paling mudah dan praktis.

Bagi yang belum tahu cara membatalkan atau menghentikan Asuransi BCA Life, sebaiknya simak beberapa cara berikut ini.

1. Mendatangi Kantor BCA Life Insurance Terdekat

Mendatangi-Kantor-BCA-Life-Insurance-Terdekat

Cara pertama, nasabah dapat datang langsung ke kantor BCA Life Insurance, untuk mengurus pengajuan pembatalan. Tidak perlu datang langsung ke kantor pusat, nasabah bisa langsung mengunjungi kantor cabang BCA Life Insurance terdekat.

Sebelum datang ke sana, sebaiknya persiapkan dokumen persyaratannya terlebih dahulu, contohnya seperti:

  1. Formulir pembatalan
  2. Kartu identitas diri atau KTP
  3. Dan polis asuransi yang asli

Setelah persyaratannya sudah lengkap, langsung temui customer service yang sedang bertugas di kantor BCA Life Insurance terdekat. Lalu nasabah cukup mengutarakan niatnya untuk mengajukan pembatalan dan menyerahkan dokumen persyaratan

Selanjutnya customer service yang bertugas akan segera memprosesnya, selain ke kantor BCA Life Insurance nasabah juga bisa datang ke gerai myBCA. Berikut beberapa alamat gerai myBCA yang bisa dikunjungi untuk membatalkan polis asuransi:

  1. Gandaria City Mall, Jalan Sultan Iskandar Muda, RT.10 RW.6, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12240.
  2. Central Park Mall, Jalan Letjen S. Parman No.28, RT.12 RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470.
  3. Kota Kasablanka Mall, Jalan Casablanca No.88, Menteng Dalam, Tebet, RT.14 RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870.
  4. Bintaro Jaya XChange Mall, Bintaro Jaya, Boulevard, Jalan Sektor VII No.2, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227.
  5. Emporium Pluit Mall, Jalan Pluit Selatan Raya, RT.15 RW.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440.
  6. Grand City Mall, Jalan Walikota Mustajab No.1, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272.
  7. Ciputra World Mall, Jalan Mayjen Sungkono No.89, Gn. Sari, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60224.

2. Menghubungi Call Center BCA Life

Menghubungi-Call-Center-BCA-Life

Cara membatalkan Asuransi BCA Life berikutnya bisa dilakukan dengan menghubungi call center BCA Life melalui sambungan telepon.

Jadi, bagi nasabah yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke kantor BCA Life terdekat bisa langsung menghubungi nomor telepon BCA Life di (021) 8062 9889.

Nomor telepon call center BCA Life tersebut bisa dihubungi selama hari kerja, yakni mulai hari Senin hingga Jumat pukul 08.30 – 17.30 WIB. Selain nomor telepon di atas, nasabah juga bisa menghubungi Halo BCA melalui nomor 1500888 untuk melakukan pengajuan pembatalan polis.

3. Mengirimkan Pengajuan Pembatalan Melalui Email

Mengirimkan-Pengajuan-Pembatalan-Melalui-Email

Cara membatalkan Asuransi BCA Life via email bisa dijadikan alternatif, untuk mengajukan pembatalan tanpa perlu repot-repot pergi ke kantor atau menelepon call center.

Cara pembatalan polis melalui email sangat mudah dan praktis cukup kirimkan pengajuan ke alamat email BCA Life yang resmi di halobca@bca.co.id.

Jangan lupa menyertakan subject email yang jelas dan dokumen persyaratan dalam bentuk soft file ke alamat email tersebut. Serta tuliskan tujuan pembatalan polis asuransi BCA Life di badan email agar bisa langsung diproses petugas.

4.  Mengunjungi Situs Resmi BCA Life

Mengunjungi-Situs-Resmi-BCA-Life cara membatalkan Asuransi BCA Life

Cara membatalkan Asuransi BCA Life yang mudah dan praktis tidak hanya melalui email, tapi juga bisa dilakukan melalui situs resmi BCA Life. Jadi, nasabah tidak perlu datang ke kantor BCA Life atau menghabiskan banyak pulsa untuk menelpon call center.

Dengan mengunjungi situs resmi BCA Life nasabah bisa mengajukan pembatalan polis kapan saja dan di mana saja. Berikut rincian selengkapnya mengenai cara pengajuan pembatalan polis melalui situs resmi BCA Life:

  1. Pertama buka browser di handphone atau di perangkat lainnya lalu kunjungi situs bcalife.co.id
  2. Kemudian pilih Halo BCA di bagian bawah kanan situs tersebut
  3. Lalu akan ada popup yang muncul, selanjutnya isi data diri sesuai polis yang dimiliki mulai dari nama, email, hingga telepon
  4. Setelah mengisinya klik Mulai
  5. Halo BCA Chat akan membantu nasabah melakukan pengajuan pembatalan polis asuransi

6. Melalui aplikasi BCA Life Mobile Services

Melalui-aplikasi-BCA-Life-Mobile-Services cara membatalkan Asuransi BCA Life

BCA Life menyediakan aplikasi yang akan memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi dalam asuransi, termasuk dalam mengajukan pembatalan polis. Dengan aplikasi BCA Life Mobile Service nasabah juga dapat mengajukan pembatalan melalui fitur e-formulir.

Untuk menggunakan fitur tersebut nasabah perlu melakukan registrasi terlebih dahulu, aplikasi BCA Life Mobile Service ini bisa diunduh di Google Play Store dan App Store secara gratis.

Persyaratan Mengajukan Pembatalan Asuransi BCA Life

Persyaratan-Mengajukan-Pembatalan-Asuransi-BCA-Life

Syarat mengajukan pembatalan asuransi BCA Life harus dipersiapkan terlebih dahulu, sebelum melakukan cara membatalkan Asuransi BCA Life di atas. Beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan dalam membatalkan asuransi BCA Life, di antaranya adalah:

  1. Nomor polis asli
  2. Kartu identitas tertanggung, contohnya seperti KTP atau Paspor
  3. Formulir pembatalan
  4. Nomor rekening untuk mengirim pengembalian premi yang sudah dibayar

Biaya Pembatalan BCA Life

Nasabah yang melakukan pembatalan polis asuransi akan dikenakan biaya, besaran biaya pembatalan BCA Life bisa bervariasi, tergantung dengan jenis asuransi yang diambil.

Biaya pembatalan BCA Life tersebut, akan digunakan untuk mengganti biaya administrasi pembatalan polis dan biaya pengembalian uang premi atau biaya transfer.

Oleh karena itu, ketika nasabah melakukan pengajuan pembatalan secara langsung di kantor BCA Life atau melalui call center. Sebaiknya menanyakan lebih dulu kepada petugas mengenai jumlah biaya pembatalan pada produk asuransi yang digunakan.

Ini karena biaya pembatalan akan diambil dari uang premi yang akan dikembalikan ke rekening nasabah.

Formulir Pembatalan Polis BCA Life

Formulir-Pembatalan-Polis-BCA-Life cara membatalkan Asuransi BCA Life

Formulir pembatalan asuransi menjadi salah satu poin terpenting dalam melakukan pembatalan asuransi BCA Life. Nasabah akan diharuskan untuk mengisi formulir pembatalan secara lengkap dan benar.

Sebagai salah satu persyaratan pengajuan pembatalan agar diterima oleh pihak BCA Life. Nasabah dapat mengunduh formulir pembatalan melalui situs resmi atau di aplikasi BCA Life Mobile Services.

Setelah berhasil mengunduh formulir pembatalan, nasabah bisa mengisinya dan langsung mengajukan pembatalan menggunakan salah satu cara di atas.

Tapi jika melakukan pengajuan pembatalan polis asuransi secara langsung di kantor BCA Life terdekat, nasabah tidak harus mengunduh formulir pembatalan. Karena biasanya petugas akan memberikan formulir pembatalan kepada nasabah.

Jadi, itulah beberapa cara membatalkan Asuransi BCA Life yang bisa dicoba ketika merasa kurang puas dengan manfaat yang diberikan produk asuransi dari BCA Life. Pastikan sebelum melakukan pengajuan, persiapkan dokumen persyaratannya secara lengkap terlebih dahulu.

Leave a Comment

x