Apa Itu Program Magang Bakti BCA? Ini Cara Daftar dan Syaratnya

Bakti BCA – Dunia kerja tidak jarang menjadi kekhawatiran bagi para lulusan baru. Tidak memiliki pengalaman bekerja adalah salah satu alasannya. Namun, saat ini sudah banyak perusahaan besar yang membuka kesempatan untuk lulusan baru mendapatkan pengalaman kerja melalui berbagai pelatihan.

Salah satunya adalah Bank Central Asia atau BCA. Menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, sama hanyalah dengan BINA BNI yang di kelola Bank BNI, Kini Bank BCA juga membuka kesempatan bagi para lulusan baru untuk memperoleh pelatihan melalui program magang bakti BCA.

Apa itu Program Magang Bakti BCA?

Apa-itu-Program-Magang-Bakti-BCA

Bakti BCA merupakan salah satu program magang dari BCA yang memberikan kesempatan serta pengalaman dalam dunia kerja. Program ini diberikan kepada para lulusan baru atau fresh graduate yang ingin memasuki dunia kerja.

Mulai dari lulusan SMA/SMK sederajat, D3 hingga lulusan S1 memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengikuti program ini. Program yang dikembangkan sejak 2002 ini, bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional dalam dunia kerja.

Selama 1 tahun, para peserta yang berhasil lolos akan diberikan pelatihan terkait pekerjaan di dunia perbankan. Teller dan Customer Service (CS) adalah dua posisi yang dibuka dalam program magang ini.

Dua posisi tersebut memiliki kesamaan yakni berhubungan langsung dengan nasabah bank. Hal ini memberikan pengalaman bagi peserta untuk mengembangkan keterampilan komunikasi. Tidak dipungkiri jika keterampilan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam dunia kerja.

Oleh sebab itu, selama pelatihan berlangsung peserta tidak hanya mendapatkan ilmu seputar perbankan, tetapi juga mendapatkan ilmu lain yang berhubungan erat dengan dunia kerja yang profesional. Meskipun program ini memiliki kontrak selama 1 tahun, tetapi peserta tidak memiliki ikatan dinas dengan BCA.

Itu artinya, jika program magang selesai dilakukan, peserta boleh memilih untuk tetap bekerja di BCA atau mencari pekerjaan di tempat lain. Jika peserta memilih untuk tetap bekerja di BCA, maka peserta juga harus mengikuti berbagai tahap lainnya sebelum menjadi pegawai tetap.

Persyaratan Mengikuti Program Magang

Persyaratan-Mengikuti-Program-Magang

Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program magang bakti BCA. Walaupun begitu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa lulus dan mengikuti pelatihan. Telah lulus SMA/SMK sederajat, D3 dan S1 adalah syarat utamanya.

Selain syarat tersebut terdapat beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi, diantaranya:

  1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) dibuktikan dengan adanya KTP.
  2. Pria atau wanita yang memiliki penampilan menarik.
  3. Memiliki nilai rapor minimal 70 pada semester 5 dan 6 bagi lulusan SMA/SMK.
  4. Memiliki IPK dengan minimal nilai 2,50 untuk lulusan D1-D3 serta S1.
  5. Berusia 17 hingga 24 tahun saat mendaftar.
  6. Sehat secara jasmani dan rohani.
  7. Memiliki sikap ramah dan keterampilan komunikasi yang baik.
  8. Tidak memiliki catatan hukum dan tidak mengkonsumsi narkoba.
  9. Bersedia untuk ditempatkan di semua cabang BCA sesuai kota seleksi.
  10. Tidak terikat status pernikahan dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti program magang.
  11. Tidak pernah mengikuti program magang sebelumnya.

Tahapan yang Harus Dilalui Program Bakti BCA

Tahapan-Yang-Harus-Dilalui

Layaknya melamar pekerjaan, program magang ini juga memiliki tahapan-tahapan agar bisa dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pelatihan. Secara umum terdapat lima tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta magang.

1. Tahapan Administrasi

Seperti tahapan administrasi pada umumnya, tahap pertama ini membutuhkan beberapa dokumen yang memberikan informasi pribadi calon peserta. Semua tahapan administrasi dilakukan pada website resmi BCA.

Calon peserta akan mengisi formulir secara lengkap melalui website tersebut. Siapkan juga beberapa dokumen pendukung seperti KTP, foto, ijazah, SKCK atau surat keterangan kesehatan yang mungkin saja diminta untuk proses administrasi.

Karena semua proses dilakukan secara online melalui website, maka calon peserta harus memiliki email yang aktif. Setelah proses administrasi selesai, biasanya pengumuman untuk tahap wawancara akan diinformasikan juga melalui email.

2. Tahapan Tes Secara Online

Setelah lulus administrasi program Bakti BCA, peserta akan mengikuti tes secara online. Beberapa tes seperti tes pengetahuan dasar, logika serta psikotes akan dijani peserta. Tes ini bertujuan untuk melihat cara peserta dalam menyelesaikan masalah.

Agar bisa lulus tes, sebelumnya peserta bisa mulai berlatih dengan mengerjakan berbagai soal tes yang bisa didapatkan di internet. Sering berlatih akan membuat peserta terbiasa mengerjakan soal seputar pengetahuan dasar dan logika.  

Begitu pula dengan tes psikotes. Terdapat beberapa jenis psikotes yang sering dilakukan dalam tes seperti ini, calon peserta tidak bisa memastikan jenis tes psikotes seperti apa yang akan dijalaninya.

Oleh karena itu, disarankan bagi para peserta yang akan mengikuti tes untuk sering berlatih. Banyak gambaran tes psikotes yang bisa didapatkan melalui internet. Sering berlatih menyelesaikan tes dapat membantu peserta untuk lulus tes yang sesungguhnya.

3. Tahapan Wawancara

Tahap selanjutnya adalah tahap wawancara. Peserta yang lulus tes secara online akan diundang untuk mengikuti tahapan wawancara dengan HRD bank dan user. Para pewawancara biasanya akan menanyakan kembali informasi pribadi dari peserta sesuai data administrasi yang telah diisi.

Pada tahap ini, peserta akan ditanyakan juga tentang pengetahuan dasar seputar perbankan dan program magang yang akan diikutinya. Untuk bisa lulus pada tahapan ini, disarankan peserta untuk sering berlatih berbicara dihadapan cermin.

Mencatat beberapa point-point penting seputar program magang atau seputar BCA, bisa juga menjadi tips lain agar bisa lulus tahapan ini. Pastikan juga untuk datang wawancara dengan pakaian yang rapi, agar menjadi nilai tambahan.

4. Tes Kesehatan

Tes kesehatan adalah tahap terakhir dari seleksi peserta program magang Bakti BCA. Peserta akan menjalani berbagai tes kesehatan mulai dari pengukuran berat badan dan tinggi badan, hingga melakukan tes buta warna.

Secara keseluruhan tes ini dilaksanakan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh peserta. Tes secara menyeluruh hingga memeriksa kondisi organ tubuh peserta juga dilakukan dalam tahapan tes ini.

Keuntungan Mengikuti Program Magang

Bakti-BCA

Menariknya program magang yang dikembangkan oleh BCA ini, membuat siapa saja ingin mengikutinya. Selain memastikan diri sudah sesuai syarat yang ada, peserta juga harus menyiapkan berbagai keperluan untuk tahapan administrasi.

Jika sudah selesai dengan semua persiapan, calon peserta bisa langsung mengunjungi website resmi BCA untuk melakukan pendaftaran. Program magang ini dibuka setiap tahunnya dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Tidak hanya mendapatkan pengalaman yang dibutuhkan saat memasuki dunia kerja, peserta juga memperoleh gaji bulanan. Gaji sebesar Rp.5.500.000 menjadi jumlah yang diterima oleh para peserta magang.

Namun, jumlah ini bisa berbeda antara cabang wilayah yang satu dengan lainnya. Jumlah gaji yang diterima juga bisa berbeda berdasarkan kinerja dari peserta magang. Selain mendapat gaji bulanan, peserta juga mendapatkan sertifikat dan tunjangan berupa beasiswa diakhir program magang.

Banyaknya keuntungan yang didapatkan dari program bakti BCA, membuat siapa saja ingin mendaftar. Pastikan semua persyaratan telah dipenuhi agar bisa lulus tahapan tes magang ini. Selain itu, peserta juga bisa mengunjungi website resmi BCA untuk mengetahui jadwal pembukaan magang selanjutnya.

Leave a Comment

x