Koperasi Karyawan Alfamart dan Cara Pencairan Dananya

Sebagian orang mungkin belum mengetahui keberadaan koperasi karyawan alfamart karena memang koperasi ini hanya untuk karyawan di alfamart. Beragam layanan disediakan untuk kesejahteraan karyawan alfamart, seperti layanan simpan pinjam.

Pencairan simpan pinjam di koperasi alfamart memiliki ketentuan khusus yang harus diperhatikan. Meski begitu, caranya cukup cepat karena tidak membutuhkan verifikasi kredit yang rumit dan panjang, apalagi dengan beberapa periode pencairan yang disediakan.

Syarat Koperasi Karyawan Alfamart

Pengajuan-Pinjaman-secara-Offline

Pemenuhan kebutuhan karyawan alfamart dipermudah dengan adanya koperasi, apalagi dengan layanan pinjaman yang bisa diajukan. Koperasi ini ternyata tidak hanya menerima anggota dari alfamart, tapi juga Lawson, Alfatrex, serta DAN+DAN.

Karyawan alfamart yang sudah terdaftar sebagai anggota koperasi bisa memanfaatkan fasilitas kredit dari koperasi. Itulah mengapa pengajuan kredit tidak bisa dilakukan oleh masyarakat umum karena tujuannya untuk melayani anggota koperasi karyawan alfamart.

Pengajuan pencairan dana memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku, baik untuk pekerja lama ataupun baru di alfamart. Berikut ini adalah beberapa syarat pencairan koperasi alfamart yang harus diperhatikan.

  1. Wajib terdaftar sebagai anggota koperasi alfamart setidaknya 6 bulan.
  2. Tidak memiliki tunggakan utang maupun tagihan di koperasi alfamart.
  3. Mendapatkan persetujuan dari pejabat alfamart terkait.
  4. Tenor pinjaman yang diambil maksimal 2 bulan atau 24 bulan.
  5. Jumlah tabungan pinjaman ditambah bunga angsuran maksimal 30% dari penghasilan bulanan karyawan alfamart.
  6. Jumlah pinjaman lebih rendah daripada kredit dari Bank lalu diatur berdasarkan ketentuan alfamart.
  7. Koperasi alfamart memiliki hak penuh untuk menolak maupun menerima permohonan anggotanya.
  8. Cara pencairan koperasi alfamart dilakukan ke rekening pribadi karyawan jika pinjaman sudah disetujui.
  9. Pembayaran tiap bulan dilakukan dengan sistem cicilan dengan memotong gaji karyawan.
  10. Apabila karyawan masih memiliki kewajiban pembayaran belum selesai, keanggotaan tetap aktif.
  11. Tidak boleh mengambil uang pengembalian atau setoran dengan pinjaman yang belum dibayarkan.
  12. Anggota koperasi memiliki hak menerima Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibayarkan sekali pada bulan April atau Maret setelah rapat tahunan.

Cara Pengajuan Pinjaman

Sebelum melakukan pencairan koperasi alfamart, anggota harus mengajukan terlebih dahulu melalui fasilitas yang sudah tersedia. Tanpa adanya persetujuan dari pejabat bersangkutan maka proses pencairan tidak bisa dilakukan jadi pastikan Anda melalui proses pengajuan ini.

Menariknya, pencairan koperasi alfamart masih bisa dilakukan setelah habis kontrak, selama karyawan tersebut masih terdaftar sebagai anggota koperasi alfamart. Meski sudah tidak jadi karyawan alfamart, cicilan tetap berjalan dan Anda wajib membayarnya.

Pengajuan pinjaman koperasi alfamart ini tidak bisa dilakukan oleh masyarakat umum karena ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelasnya, Anda harus tahu cara pengajuan pinjaman secara online maupun offline, yakni datang langsung ke kantor.

1. Pengajuan Pinjaman secara Online

Pengajuan-Pinjaman-secara-Online

Koperasi karyawan alfamart menyediakan layanan berupa pengajuan kredit secara online agar lebih mudah dan cepat. Anda tinggal membuka laman koperasi online lalui mengakses berbagai menu simulasi yang tersedia di dalamnya dan berikut ulasan lengkapnya.

  1. Buka browser dan kunjungi laman koperasi online Alfamart di intranet.sat.co.id
  2. Halaman login akan terbuka kemudian pilih SAT untuk alfamart
  3. Setelahnya, masukkan NIK atau Nomor Induk Karyawan berupa PIN yang terdiri dari minimal 6 digit lalu tekan MASUK.
  4. Menu utama koperasi alfamart akan muncul lalu tekan tombol Simulasi untuk mengecek cicilannya. Tuliskan jumlah pinjaman dan pilih jenis angsurannya lalu tekan Proses hingga muncul informasi maksimal pinjaman yang bisa didapatkan, angsuran perbulan dan bunga.
  5. Setelah itu, akses menu Peminjaman lalu isi formulirnya dengan lengkap dan akhiri proses dengan tekan Proses.
  6. Apabila pengajuan sudah berhasil dilakukan, Anda tinggal menunggu persetujuan dari pihak terkait.

Cara pengajuan pinjaman secara online bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja jadi Anda tidak perlu datang langsung ke kantor. Kemudahan dalam mengakses lamannya juga membuat Anda bisa segera mengisi formulir dan melakukan pengajuan pinjaman.

2. Pengajuan Pinjaman secara Offline

Pengajuan-Pinjaman-secara-Offline

Pengajuan pinjaman secara offline melalui koperasi karyawan alfamart bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang operasional terdekat. Anda bisa bertanya langsung dengan atasan dan jangan lupa untuk meminta formulir pengajuan pinjaman koperasi, berikut langkah langkahnya.

  1. Dapatkan formulir pengajuan pinjaman koperasi dari atasan atau pejabat alfamart terkait.
  2. Lengkapi setiap data yang diminta dalam formulir dan pastikan kebenarannya sebelum menyerahkan formulir tersebut ke petugas.
  3. Setelah itu, Anda tinggal menunggu sampai proses pengajuan disetujui oleh atasan tingkat AC/AM.
  4. Jika sudah disetujui, formulir tersebut akan naik ke PDM. Karyawan wajib mendapatkan persetujuan dari Branch Manager (BM) jika pengajuan yang diminta memiliki harga tinggi dan cicilan di atas 12 bulan.
  5. Apabila pengajuan sudah disetujui maka pencairan dana dilakukan sesuai periode berlaku.

Jika Anda memilih mengajukan pinjaman secara offline, maka harus datang ke kantor dan menyempatkan sedikit waktu untuk melalui berbagai tahapan pengajuan pinjaman tersebut.

Prosedur pengajuan koperasi pada dasarnya dimulai dari tingkat cabang operasional paling rendah hingga ke Branch Manager. Anda harus mengikuti setiap prosesnya dengan baik dan sesuai kebijakan yang berlaku agar prosesnya berjalan lancar.

Cara Pencairan Koperasi Alfamart

Tahapan pengajuan dan lamanya persetujuan tergantung pada pihak yang berwenang di koperasi alfamart jadi Anda harus menunggu keputusan dengan sabar sampai waktu yang belum bisa dipastikan. Pengajuan yang layak biasanya akan mendapat persetujuan.

Proses pencairan koperasi karyawan alfamart terbagi dalam tiga periode atau tahapan. Jika nominal kredit sudah disetujui, Anda harus mengenal masing masing periode yang disediakan dengan tanggal pengajuan awal agar lebih jelasnya, berikut rincian periode.

Periode 1

Pencairan dilakukan pada tanggal 25 untuk input yang dilakukan tanggal 1 hingga 10. Misalnya, input dilakukan pada tanggal 8 Maret 2022, maka pencairan bisa dilakukan pada tanggal 25 Maret 2022.

Periode 2

Pencairan dilakukan tanggal 5 bulan berikutnya jika input dilakukan di tanggal 11 sampai 20. Misalnya, input dilakukan di tanggal 18 Desember 2021, maka pencairan akan dilakukan pada tanggal 5 bulan Januari 2022.

Periode 3

Pencairan dilakukan pada tanggal 15 bulan berikutnya jika input dilakukan di tanggal 21 sampai 31. Misalnya, input dilakukan di tanggal 25 Juli 2022, maka pencairan koperasi alfamart dilakukan pada tanggal 15 bulan Agustus 2022.

Kapan tanggal input pengajuan pinjaman disetujui akan berpengaruh terhadap pencairan dananya. Apabila ada perkembangan dalam proses pengajuan, anggota koperasi yang mengajukan akan mendapatkan update informasi melalui email agar lebih fleksibel.

Untuk melakukan pengajuan, anggota koperasi alfamart hanya diharuskan melengkapi semua persyaratan beserta formulir yang ada. Selebihnya, anggota koperasi tinggal menunggu persetujuan dari pejabat terkait, apakah pengajuan diterima atau ditolak.

Keberadaan koperasi karyawan alfamart menawarkan kemudahan bagi setiap anggotanya dalam melakukan pengajuan pinjaman, baik secara online maupun langsung ke kantor. Banyak benefit yang bisa diperoleh anggota koperasi, seperti SHU tiap tahunnya.

Leave a Comment