9 Ide dan Bisnis Online Untuk Pelajar Dapat Cuan

Perkembangan teknologi memungkinkan ide bisnis online untuk pelajar bisa terus dikembangkan. Dengan bermodalkan keterampilan, pelajar bisa memulai bisnis agar bisa mendapatkan penghasilan. Sambil belajar, para pelajar bisa merasakan kesenangan memiliki penghasilan.

Menjalankan bisnis online tidak membutuhkan modal yang besar namun bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, menjalankan bisnis sejak dini bisa menjadi sarana untuk bisa mengasah keterampilan yang dimiliki.

Apa Itu Bisnis Online

Apa-Itu-Bisnis-Online

Bisnis online adalah usaha yang dipasarkan melalui internet dengan berbagai cara untuk dapat menghasilkan keuntungan. Sistem usaha seperti ini banyak dipilih karena memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah membutuhkan modal yang relatif kecil dan jangkauan yang luas.

Umumnya bisnis online akan mengandalkan keterampilan yang dimiliki oleh pengelola bisnis sehingga layanan jasa yang akan dijual. Jenis bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan dalam sebuah bidang tertentu.

Bisnis online buat pelajar antara lain seperti menjadi podcaster, blogger, reseller, dan lainnya. Dengan adanya layanan online, informasi yang diterima pelanggan bisa dilakukan dengan cepat sehingga keuntungan juga bisa segera dirasakan.

Ide dan Bisnis Online Untuk Pelajar

Status sebagai pelajar tidak akan menjadi penghalang untuk seseorang dapat memulai bisnis. Hal tersebut terjadi karena terdapat beberapa ide bisnis online untuk pelajar dengan resiko yang rendah namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Berikut beberapa diantaranya.

1. Youtuber

Youtuber

Menjadi Youtuber bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa diterapkan oleh pelajar. Anda bisa membuat beragam konten menarik sesuai dengan minat, misalnya saja video blog, tutorial memasak, daily life, dan lain sebagainya.

Konten video harus dikemas dengan tema yang unik dan informatif sehingga menyenangkan untuk ditonton. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan banyak mengikut dan penonton.

Sebagai Youtuber, Anda akan mendapatkan uang dari adsense dan mungkin kesepakatan kerja sama lainnya dengan berbagai pihak.

2. Blogger

Blogger

Digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran untuk suatu brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuannya adalah untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan cara yang relevan dan efisien.

Salah contoh teknik pemasaran yang diterapkan adalah SEO. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, menjadi blogger bisa menjadi ide bisnis online yang menjanjikan dan mampu memberikan keuntungan yang besar.

Untuk dapat menarik minat pembaca, konten yang dihadirkan harus menarik dan informatif. Agar blog terlihat keren dan mudah diingat, Anda bisa membeli domain TLD melalui web hosting Niagahoster.

Dengan menggunakan domain TLD, keberadaan blog bisa lebih diakui karena identitas blog bisa langsung terlihat dari domain yang digunakan. Apalagi jika ingin memasarkan suatu brand dalam blog, hal ini bisa menjadi komponen yang dapat menunjang kepercayaan pengunjung.

3. Reseller atau Dropshipper

Reseller-atau-Dropshipper

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal yang bisa dijadikan alternatif bagi pelajar adalah menjadi reseller atau dropshipper. Sistem kerja bisnis ini tidak melakukan produksi dan bisa langsung dimulai dengan modal yang kecil, bahkan tanpa modal.

Resiko bisnisnya juga relatif rendah sehingga aman untuk dijalankan oleh para pemula. Agar bisa mendapatkan banyak keuntungan, pilihlah produk yang banyak dibutuhkan masyarakat dan pilihlah supplier yang berkualitas dan terpercaya.

Lakukan promosi melalui berbagai media untuk dapat menjangkauan pasaran yang lebih luas. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar.

4. Affiliate

Affiliate

Saat ini affiliate menjadi bisnis yang sangat populer dijalankan. Dimana Anda harus mengajak orang lain untuk melakukan pembelian melalui link tertentu.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan memahami sistem kerja dari affiliate marketing. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal dan hanya perlu mendaftarkan diri.

Sebelum memulai bisnis ini, pastikan untuk mengetahui platform apa saja yang menyediakan program affiliate, berapa besar keuntungan yang bisa didapatkan, dan bagaimana cara mendaftarnya.

Dengan begitu Anda bisa melakukan promosi yang tepat untuk bisa memasarkan produk orang lain sehingga mampu meraih komisi yang besar.

5. Membuka Les Privat

Membuka-Les-Privat-scaled

Untuk pelajar yang memiliki kemampuan akademik bagus, membuka les privat bisa bisa menjadi ide bisnis online untuk pelajar. Tidak semua pelajar memiliki uang yang besar untuk ikut les bimbingan belajar di sebuah lembaga.

Hal tersebut bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk menawarkan jasa les privat dengan harga yang lebih terjangkau.

Pilihlah salah satu materi khusus yang paling dikuasai agar informasi yang diberikan untuk les bisa dikuasai dengan baik. Dengan begitu Anda bisa memberikan fasilitas belajar yang lebih efektif dan nyaman.

6. Fotografer

Fotografer

Bagi yang memiliki hobi dibilang fotografi, hobi tersebut bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang cukup menguntungkan. Jasa fotografer bisa dibuka untuk berbagai event acara seperti ulang tahun, acara kantor, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menjual karya foto yang sudah dihasilkan ke beberapa website yang akan membayarnya.

Hal tersebut dapat memberikan sarana untuk menyalurkan hobi sambil mendapatkan cuan. Dalam hal ini, kemampuan mengambil angle foto serta mengeditnya sangatlah diandalkan untuk menghasilkan karya yang menawan.

7. Admin Sosmed

Admin-Sosmed

Menjadi admin sosial media merupakan ide bisnis yang cukup menjanjikan bagi pelajar yang aktif dan kreatif dalam mengelola media sosial. Anda bisa menawarkan jasa untuk mengelola sosial media milik pihak tertentu sebagai bentuk kerja sama.

Admin sosmed memiliki tanggung jawab untuk merancang konten yang akan diunggah ke sosial media. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk dapat mengetahui konten apa yang disukai oleh target audiens.

Jika sudah memahaminya, rencana konten bisa mulai dirancang. Anda bisa mempersiapkan gambar dan video untuk diedit agar lebih menarik saat diupload. Buatlah caption yang menarik untuk konten tersebut agar interaksi dengan audiens dapat berjalan efektif.

8. Bisnis Camilan

Bisnis-Camilan

Ide bisnis online untuk pelajar lainnya yang bisa diterapkan adalah membuat produk cemilan. Ada banyak sekali jenis cemilan menarik yang bisa dijual, contohnya keripik, bakso aci, kerupuk, dan lain sebagainya.

Untuk dapat memulai bisnis ini, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui minatnya.

Anda bisa mengembangkan produk sendiri atau mengambilnya dari produsen. Penjualan bisa dilakukan melalui media sosial atau layanan e-commerce. Jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal besar sehingga cocok bagi pelajar.

9. Menjual Produk Kerajinan Tangan

Menjual-Produk-Kerajinan-Tangan

Produk kerajinan tangan memiliki daya tarik tersendiri karena terlihat unik. Hal inilah yang membuat produk memiliki nilai jual yang tinggi.

Ide bisnis seperti ini sangat cocok bagi pelajar yang memiliki keterampilan membuat kreasi dari tangan seperti menyulam, membuat boneka, kerajinan kertas, dan lain sebagainya.

Selain mampu menyalurkan hobi, Anda bisa memperoleh keuntungan besar dari karya yang dihasilkan. Peluang usahanya sangat menggiurkan jika Anda bisa menghasilkan produk yang menarik dan bermanfaat.

Kesimpulan

Bisnis online untuk pelajar sangat beragam dan bisa dikembangkan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Meskipun memiliki kewajiban untuk belajar, namun tidak ada salahnya bagi pelajar untuk mengasah keterampilan melalui bisnis.

Dengan mengelola bisnis, pelajar bisa mempelajari berbagai hal seperti memahami potensi pasar, harga pasar, dan lain sebagainya. Ilmu tersebut nantinya bisa bermanfaat untuk masa depan.

Dalam menjalankan bisnis online, ketekunan dan kesabaran akan menjadi kuncinya. Dengan begitu bisnis yang dikelola bisa terus berkembang dan memberikan penghasilan yang besar.

Leave a Comment

x