6 Ide Packaging Hijab yang Menambah Nilai Jual

Ide Packaging Hijab – Hijab menjadi salah satu produk yang sangat laris di pasaran saat ini mengingat banyak sekali wanita yang memakainya.

Sehingga, tak heran jika banyak orang yang terjun dalam bisnis jual beli hijab online. Agar bisnis ini semakin laris, penjual perlu memilih ide packaging hijab yang tepat.

Pentingnya Packaging Hijab

Pentingnya-Packaging-Hijab

Packaging atau pengemasan adalah bagian penting dalam penjualan produk. Produk yang berbeda tentu membutuhkan jenis packaging yang berbeda pula mengingat karakteristik produk yang tidak sama.

Sehingga, penjual tidak dapat memukul rata semua produknya dengan jenis packaging yang sama. 

Dengan demikian, para penjual hijab online perlu memilih pengemasan hijab yang baik dan tepat. Packaging tersebut memiliki arti penting khusus bagi penjual hijab.

1. Melindungi Produk

Packaging dapat melindungi produk hijab selama pengiriman. Sudah umum diketahui bahwa proses pengiriman tidak selalu berjalan dengan mulus.

Terkadang, pihak ekspedisi tidak menghandel paket dengan baik sehingga ada kemungkinan paket rusak karena beragam hal.

Penjual yang mengemas produk hijabnya dengan baik dan menggunakan material yang tepat dapat melindungi produk dari kerusakan akibat kelembapan, gesekan, dan berbagai faktor luar lainnya.

Sehingga, hijab yang dikirim akan sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik. 

2. Membangun Kepercayaan Pembeli

Packaging yang baik dan menarik dapat menjadi sarana membangun kepercayaan pembeli.

Dari pengemasan ini, pembeli dapat melihat bahwa penjual melakukan effort lebih untuk melindungi produknya. Sehingga, mereka akan berpikiran bahwa penjual tersebut dapat dipercaya.

Di samping itu, pengemasan yang baik dan menarik dapat membuat pembeli merasa lebih puas ketika menerima produk hijab yang mereka pesan.

Alhasil, kepercayaan mereka terhadap penjual pun semakin meningkat.

3. Menambah Daya Tarik Produk

Kemasan yang didesain dengan menarik tentu akan menambah daya tarik produk.

Hal ini tentu akan membuat para calon pembeli merasa lebih tertarik untuk membeli produk hijab yang ditawarkan.

4. Memperkuat Karakteristik Produk

Penjualan hijab online memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Banyak dari mereka bahkan menjual produk-produk yang sama.

Oleh karena itu, penjual harus mampu memperkuat karakteristik produknya, yaitu dengan packaging yang tepat.

Ide packaging hijab yang menonjolkan karakteristik penjual akan memudahkan pembeli dalam mengingat mana penjual hijab yang memberi layanan penjualan yang memuaskan.

Sehingga, mereka akan kembali membeli hijab dari penjual yang sama.

5. Mengkomunikasikan Pesan

Kemasan memiliki arti penting dalam mengkomunikasikan pesan penjual.

Contohnya, melalui packaging, penjual dapat memberikan informasi kontak media sosial dan nomor telepon.

Macam-Macam Ide Packaging Hijab

Para penjual hijab online dapat memilih berbagai macam ide pengemasan hijab.

Di bawah ini beberapa ide pengemasan yang wajib dipertimbangkan.

1. Box Kardus

Box-Kardus

Box kardus ini cocok untuk mengemas hijab yang akan dikirim. Ukuran box ini bermacam-macam.

Ada box yang hanya muat satu hijab segi empat yang dilipat dengan cara digulung dan ada box yang muat beberapa gulungan hijab.

Beberapa box kardus dilengkapi dengan mika sehingga produk yang dikemas dapat terlihat dari luar.

Box ini menjadi banyak pilihan penjual hijab karena terkesan premium dan dapat dihias dengan leluasa. Ide packaging hijab tersebut cocok ditawarkan untuk hijab hampers saat lebaran.

2. Pillow Box

Pillow-Box

Pillow box terbuat dari kertas karton yang lebih tipis dari pada box kardus. Jenis packaging tersebut sangat cocok untuk mengemas hijab karena bentuknya yang unik dan fungsional.

Namun, pillow box pada umumnya hanya dapat digunakan untuk mengemas satu hijab saja.

Bentuknya yang compact membuatnya tidak membuat ongkos kirim membengkak.

Selain itu, penjual dapat memperoleh beragam desain pillow box yang unik untuk produk hijab mereka.

3. Plastik Klip Plong

Plastik-Klip-Plong

Jika penjual takut produknya terkena air, maka plastik klip plong dapat menjadi pilihan yang tepat.

Model plastik ini memang hanya seperti plastik toko biasa, tapi dilengkapi dengan klip sehingga air sulit masuk ke dalamnya.

Meski terkesan cukup biasa, namun ide packaging hijab ini tidak mengurangi daya tarik kemasan. Penjual dapat memesan custom plastik klip plong yang sesuai toko mereka.

Selain itu, plastik ini sangat ringan dan tidak membuat ongkir menjadi lebih mahal.

4. Ziplock Pouch

Ziplock-Pouch

Selain plastik klip plong, penjual juga dapat memilih ziplock pouch untuk mengemas produk hijab mereka. Jenis kemasan ini terbuat dari plastik dan sangat rapat sehingga produk akan terlindungi dengan baik. 

Ziplock pouch tidak hanya baik untuk mengemas hijab, namun packaging ini juga dapat dimanfaatkan ulang oleh pemiliknya.

Selain itu, packaging ini juga cukup ringan, tersedia dalam beberapa ukuran, dan dapat didesain sesuai kebutuhan.

5. Besek

Besek

Penjual yang ingin menggunakan packaging ramah lingkungan dapat memilih besek untuk mengemas produk hijab jualannya. Besek juga memiliki kesan etnik yang unik sehingga terlihat menarik.

Selain itu, besek tersedia dalam beberapa ukuran dan warna. Penjual juga dapat menambahkan leaflet atau brosur di dalam besek untuk menyampaikan informasi produk ataupun kontak.

6. Tabung Mika

Tabung-Mika

Tabung mika kue kering juga dapat dimanfaatkan untuk mengemas hijab.

Packaging hijab dengan tabung transparan ini dapat ditambah dengan pernak-pernik lain untuk membuatnya lebih menarik, misalnya pita, tali rami, stiker, dan roller hijab.

Ide packaging hijab tersebut sangat cocok untuk souvenir pernikahan atau pengajian dan item tambahan hampers lebaran.

Sehingga, penjual dapat membidik mereka yang sedang membutuhkan souvenir dan item untuk hampers.

Tips Memilih Packaging Hijab

Tips-Memilih-Packaging-Hijab

Setiap ide pengemasan hijab di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sehingga, penjual harus memilihnya dengan beberapa pertimbangan agar dapat mengemas produk hijab mereka dengan tepat.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Harga 

Beberapa packaging dijual dengan harga yang lebih mahal daripada lainnya. Oleh karena itu, penjual perlu mempertimbangkan harga tersebut.

Jangan sampai harga packaging membuat harga produk melambung tinggi dan membuatnya kurang kompetitif di pasaran.

2. Berat dan Dimensi

Penjual harus memastikan bahwa kemasan hijab yang mereka pilih cukup ringan dan dimensinya ringkas. Dengan demikian, pembeli tetap dapat menghemat ongkos kirim.

3. Desain dan Warna

Beberapa packaging dapat dipesan sesuai dengan desain yang diinginkan. Oleh karena itu, pastikan bahwa desain dan warna kemasan tersebut menarik di mata pembeli.

Jika packaging tidak dapat dibuat dalam desain yang diinginkan, penjual dapat menempelinya dengan stiker.

4. Bahan 

Packaging dari kertas tentu lebih ramah lingkungan, namun kemasan ini kurang tahan air.

Sedangkan packaging dari plastik dapat melindungi produk hijab dengan baik, tapi kurang ramah lingkungan. Jadi, penjual harus menimbang keunggulan dan kekurangan bahan kemasan.

Ide packaging hijab ternyata sangat beragam. Beberapa ide ini lebih cocok untuk occasion tertentu atau pembeli tertentu.

Oleh karenanya, penjual harus pandai membidik calon pembeli sehingga packaging yang mereka tawarkan sesuai kebutuhan pembeli dan tetap dapat melindungi produk dengan baik.

Leave a Comment