Cara Menjadi Agen Pegadaian, Syarat, Pendapatan, dan Jenisnya

PT Pegadaian sekarang ini telah membuka program untuk menjadi mitra Pegadaian atau agen Pegadaian. Cara menjadi agen Pegadaian ini cukup mudah dan bisa dicoba oleh masyarakat. Dengan mendaftar program ini, ada banyak sekali keuntungan yang akan didapat nantinya. 

Namun keuntungan yang dihasilkan juga tergantung dari jenis agen Pegadaian itu sendiri, seperti agen pemasaran, agen pembayaran, dan agen gadai.

Beberapa keuntungan dari agen Pegadaian yang paling umum adalah semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat, pendapatan dengan sharing komisi yang kompetitif, dapat menambah jumlah pelanggan atau relasi, dan pemasaran produk secara fleksibel.

Pengertian Agen Pegadaian

Pengertian-Agen-Pegadaian

Sebelum bahas cara menjadi agen Pegadaian, sebaiknya ketahui beberapa pembahasan mengenai pengertian agen Pegadaian terlebih dahulu. Pembahasan ini penting bagi yang ingin mendaftar calon agen supaya lebih paham dan tidak bingung nantinya.

Mitra atau agen Pegadaian merupakan perpanjangan tangan dari pegadaian yang bertujuan untuk memberikan layanan terbaik di kalangan masyarakat. Agen Pegadaian ini sendiri dapat dilakukan oleh badan usaha atau perorangan.

Sejak tahun 2019 lalu, Pegadaian sudah memiliki 9.600 lebih agen. Bahkan outletnya mencapai sekitar 4.100 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Jenis-Jenis Agen Pegadaian

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Pegadaian terbagi menjadi 3 jenis, yaitu agen pembayaran, agen pemasaran, dan agen gadai. Masing-masing jenis Pegadaian tersebut memiliki perbedaan tersendiri. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai ketiga jenis agen tersebut:

1. Agen Pemasaran

Agen-Pemasaran

Jenis agen Pegadaian yang pertama adalah agen pemasaran. Agen ini umumnya akan memperoleh keuntungan dari pendapat administrasi dan juga succes fee.

Agen pemasaran memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah untuk mensosialisasikan atau mengkomunikasikan berbagai produk dan keuntungan yang bisa dari Pegadaian jika dibandingkan layanan sejenisnya. Sehingga orang-orang akan tertarik untuk menjadi pelanggan Pegadaian.

2. Agen Pembayaran

Agen-Pembayaran

Agen pembayaran memperoleh keuntungan yang lebih banyak daripada agen pemasaran. Jenis agen yang satu ini juga biasa disebut dengan loket PPOB.

Hal ini karena berbagai produk yang ditawarkan tidak berbeda jauh dengan loket pembayaran, seperti melayani pembelian listrik, pulsa telepon, speedy, PDAM dan lain sebagainya.

Dengan mendaftar cara menjadi agen Pegadaian ini akan juga akan menawarkan banyak keuntungan seperti success fee, pendapat administrasi, penghasilan dari pembukaan tabungan emas, penghasilan transaksi payment point, dan penghasilan top up tabungan emas.

3. Agen Gadai

Agen-Gadai

Agen gadai bisa dibilang merupakan produk terbaik dari Pegadaian. Sebab, jenis agen gadai ini melayani banyak barang yang bisa digadaikan seperti HP, laptop, logam mulia dan lainnya.

Disamping itu, agen gadai memperoleh keuntungan lebih lengkap meliputi success fee, pendapat administrasi, pembukaan tabungan emas, transaksi payment point, share sewa modal, dan top up tabungan emas.

Hal ini pastinya akan menjadi prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan, terlebih jika didukung dengan selalu bergerak aktif dan serius.

Pendapatan Agen Pegadaian

Pendapatan-Agen-Pegadaian

Selama ini, banyak sekali yang bertanya berapa penghasilan yang didapat saat bergabung menjadi agen Pegadaian. Sebenarnya hal ini wajar, karena memang dorongan kuat untuk bergabung adalah potensi penghasilan. Jika mendapatkan hasil besar pastinya akan banyak orang yang ikut bergabung.

Diklaim dari Pegadaian, pendapatan dari agen Pegadaian yang paling besar bisa mencapai hingga 17 juta. Sedangkan rata-rata pendapatan agen Pegadaian adalah sekitar 3 sampai 4 juta.

Namun untuk jumlah penghasilan yang diperoleh ditentukan oleh jumlah transaksi dan nasabah baru yang berhasil direkrut. Penghasilan ini akan semakin bertambah jika target yang diberikan sudah tercapai atau bahkan melampui target.

Syarat Mendaftar Mitra atau Agen Pegadaian

Syarat-Mendaftar-Mitra-atau-Agen-Pegadaian

Jika berminat untuk bergabung karena keuntungan yang ditawarkan cukup bagus, maka syarat-syaratnya juga perlu diketahui sebelum bahas bagaimana cara menjadi agen Pegadaian.

Syarat-syarat yang perlu dipenuhi oleh seseorang untuk bergabung menjadi mitra Pegadaian adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan registrasi secara online di website resminya.
  2. Mempunyai perangkat pendukung seperti PC, smartphone dan printer. Selain itu, dibutuhkan akses internet yang lancar untuk mempermudah dalam melakukan pekerjaan dimana saja.
  3. Mengikuti kegiatan atau pelatihan yang sudah diadakan oleh Pegadaian.
  4. Menyiapkan lokasi atau tempat yang digunakan untuk transaksi seperti warung atau toko. Namun juga bisa menyiapkan rumah, dengan syarat tempat harus jelas dan cukup mudah untuk ditemukan.
  5. Mempunyai kompetensi, ini merupakan syarat yang sulit bagi seseorang yang ingin daftar cara menjadi agen pegadaian di Indonesia. Peserta diharuskan untuk mempunyai kompetensi di setiap jenis agen.
  6. Harus mempunyai jaminan atau deposit untuk  agen pembayaran dan agen gadai. Deposit ini akan digunakan untuk melakukan transaksi. Sedangkan agen gadai harus menggunakan dana pribadi lebih dulu baru diklaim di Pegadaian. Uangnya nanti akan diberikan dan komisi.

Syarat Kompetensi bagi Agen Pegadaian

Syarat-Kompetensi-bagi-Agen-Pegadaian

Calon agen Pegadaian harus memenuhi syarat kompetensi jika ingin mendaftar. Adapun syarat-syarat kompetensi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Agen pembayaran, calon agen harus terbiasa untuk melakukan transaksi secara online.
  2. Agen pemasaran, calon agen harus mempunyai kemampuan komunikasi sekaligus kecakapan yang baik ketika menjelaskan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Pegadaian.
  3. Agen gadai, calon gadai harus bisa menafsirkan harga atau nilai yang ingin digadaikan oleh seseorang. Jadi, agen gadai ini sebelumnya harus mempunyai conter HP, dealer motor, atau toko emas. Ini karena memang mereka mempunyai kemampuan dalam menafsirkan barang.

Cara Menjadi Agen Pegadaian dengan Mudah

Cara-Menjadi-Agen-Pegadaian-dengan-Mudah

Mencoba atau mendaftarkan diri sebagai agen Pegadaian adalah peluang yang bagus. Sebab semakin hari, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa ini dibandingkan meminjam uang secara tunai ke pihak lainnya.

Selain itu, calon agen nantinya akan mendapatkan binaan secara langsung dari salah satu perusahaan milik negara yang pastinya sudah sangat berkompeten hingga berpuluh-puluh tahun.

Pada pembahasan selanjutnya akan dijelaskan cara menjadi mitra atau agen Pegadaian yang mudah. Cara ini berlaku untuk semua jenis agen seperti agen gadai, agen pembayaran, dan agen pemasaran. Adapun langkah-langkahnya yang bisa diikuti dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Bagi yang ingin mendaftar jadi agen, pertama harus mendaftar online melalui website atau situs resminya di https://agen.pegadaian.co.id/. Dalam hal ini harus mengisi biodata, pekerjaan sehari-hari, dan juga mencantumkan identitas seperti KK dan KK.
  2. Jika sudah maka bisa langsung mendatangi outlet Pegadaian terdekat, tujuannya untuk melakukan verifikasi kelengkapan pendaftaran yang telah dilengkapi.
  3. Setelah tahapan ini sudah disetujui, maka pihak Pegadaian langsung mensurvei lokasi yang ingin dijadikan tempat untuk menjalankan kegiatan operasional nantinya.
  4. Selanjutnya bisa dilakukan dengan mencetak formulir pendaftaran, dalam hal ini dilengkapi perjanjian untuk melakukan kerja sama dan bukti sebagai mitra atau agen.
  5. Langkah yang terakhir adalah menyetujui perjanjian untuk melakukan kerja sama dan resmi sudah menjadi agen pegadaian.

Cara menjadi agen Pegadaian di atas bisa diikuti dengan mudah. Jika mengalami masalah saat melakukan proses registrasi, maka bisa langsung menghubungi kontak nomor pusat Pegadaian atau datang ke tempat Pegadaian terdekat.

Leave a Comment

x