Apa Itu BRI Life: Jenis Asuransi, Kelebihan, Kekurangannya

Berminat untuk menggunakan jasa asuransi dari BRI Life, tetapi masih belum banyak mengetahui informasi seputar asuransi ini? Jangan khawatir, pada artikel ini penulis akan mengulas seputar BRI Life mulai dari pengertian, manfaat, jenis, kelebihan, hingga kekurangan BRI Life.

Pertama-tama, yuk kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian BRI Life. BRI Life (PT Asuransi BRI Life) merupakan unit usaha di bawah naungan Bank BRI yang bergerak pada bidang penyedia jasa asuransi.

Apa itu BRI Life?

Apa-itu-BRI-Life

Perusahaan asuransi BRI Life berdiri sejak tahun 1987 oleh Dana Pensiun BRI dengan tujuan memberikan pelayanan kepada nasabah kredit Bank BRI.

Oleh karena itu, BRI Life juga sering disebut dengan Asuransi Jiwa Bank BRI. BRI Life menawarkan berbagai proteksi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi karyawan, dan lain sebagainya.

Kelebihan BRI Life

Kelebihan-BRI-Life

Menjangkau jaringan yang luas

Terdapat lebih dari 50 kantor cabang BRI Life yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan tenaga pemasar yang berjumlah sekitar 3000 orang, yang selalu siap melayani calon nasabah dengan baik.

Keuangannya kuat

Keuangan BRI Life dinilai sangat kuat dan cukup stabil, karen rasio solvabilitasnya lebih dari 5 kali standar. Oleh karena itu, nasabah akan merasa tenang dan aman ketika mengajukan klaim dan asuransi dapat dicairkan dengan mudah pada waktu kapan saja.

Menjamin pengembalian premi hingga 110%

Bancassurance Lentera, salah satu produk asuransi BRI Life, menawarkan jaminan pengembalian premi hingga 110% apabila tidak terdapat klaim selama 5 tahun. Hal itu bisa menjadi jaminan untuk nasabah bahwa premi yang sudah dibayar tidak akan hangus walaupun tidak ada klaim.

Penempatan dana investasi yang aman dan terjamin

BRI Life menyediakan pengelolaan dana investasi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah, termasuk prinsip konvensional atau syariah. Keunggulan ini akan dapat memberikan rasa aman kepada nasabah karena dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Mudah mengakses informasi polis dan mengajukan klaim

Untuk memudahkan nasabah ketika mengakses informasi polis, mengajukan klaim, Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan aplikasi BRI Life My Life. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di ponsel Anda, sehingga sangat memudahkan pelanggan.

Penarikan dana hasil investasi tanpa dipotong biaya

Keunggulan yang selanjutnya, yaitu apabila terdapat nasabah yang mengundurkan diri atau berhenti ketika asuransi masih aktif, maka dana hasil investasi dapat ditarik dengan mudah tanpa dipotong biaya apapun.

Kekurangan BRI Life

Kekurangan-BRI-Life

Nah, jika tadi sudah disebutkan pengertian, kelebihan, saatnya kita membahas kekurangan BRI Life. Berikut beberapa kekurangannya:

  1. Produk asuransi Syariah tidak lengkap.
  2. Tidak ada produk asuransi kesehatan yang tersedia untuk penggunaan pribadi.
  3. Tidak ada jaminan pengembalian investasi, sehingga nilai tunai yang akan diterima nasabah tidak menentu dan terkadang jauh dari harapan nasabah.
  4. Produk-produknya hanya tersedia pada jaringan BRI.

Jenis Asuransi BRI Life

Jenis-Asuransi-BRI-Life

AM KKM

AM KKM adalah singkatan dari Asuransi Mikro Kecelakaan Kesehatan Meninggal Dunia, yakni program asuransi yang mencakup perlindungan meliputi risiko kesehatan, kecelakaan, sampai meninggal dunia. Dilansir dari situs brilife.co.id berikut manfaat dari AM KKM:

  1. Santunan biaya rawat inap rumah sakit per harinya.
  2. Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan atau sakit.
  3. Santunan cacat karena kecelakaan.
  4. Klaim biaya pembedahan karena sakit atau kecelakaan.

Davestera

Dana Sehat Sejahtera (Davestera) adalah produk dari BRI Life yang memberikan perlindungan ketika nasabah sedang menjalani rawat inap atau opname di rumah sakit. Manfaat dari jenis asuransi Davestera yakni:

  1. Pengembalian 100% premi apabila tidak ada klaim asuransi selama 5 tahun
  2. Santunan harian biaya perawatan harian di rumah sakit secara lengkap, mulai dari santunan harian ICU, rawat inap, hingga bedah.
  3. Santunan uang tunai kepada ahli waris apabila nasabah meninggal dunia saat masa asuransi.

Davestera Optima

Produk asuransi BRI Life yang ketiga yaitu Davestera Optima atau Dana Investasi Sejahtera Optima. Jenis ini merupakan gabungan antara investasi dan manfaat proteksi yang lebih optimal.

Apabila nasabah memilih jenis ini, maka nasabah dapat membayar premi sekaligus rider (asuransi tambahan) yang beragam. Manfaat yang ditawarkan antara lain:

  1. Bebas biaya asuransi untuk penarikan dana dan switch 3 kali setahun.
  2. Keuntungan investasi didapatkan sejak tahun pertama polis.
  3. Uang pertanggungan hingga 150% dari premi yang dibayar.
  4. Ahli waris mendapatkan uang santunan dan nilai investasi jika tertanggung meninggal dunia
  5. Nilai investasi dapat di-klaim saat nasabah mengundurkan diri.
  6. Manfaat tambahan lainnya.

Davestera Optima Syariah

Davestera Optima Syariah adalah penggabungan dari manfaat perlindungan, investasi, serta pembayaran investasi yang dilaksanakan dengan prinsip syariah. Keuntungan dari Davestera Optima Syariah yaitu:

  1. Gratis ujrah penarikan dan ujrah MCU
  2. Gratis ujrah switching 3 kali dalam setahun
  3. Terdapat berbagai pilihan asuransi tambahan

Lentera

BRI Life Lentera atau Lengkap Ekonomi Nyaman Sejahtera adalah jenis asuransi yang menawarkan proteksi dari risiko kematian untuk penyakit kritis, serta manfaat pengembalian premi di akhir masa asuransi.

Kelebihan produk Lentera yaitu biaya premi yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp100.000,00 per bulannya, serta terdapat pengembalian premi hingga 110% pada akhir masa asuransi. Untuk lebih lanjutnya, berikut manfaat yang diberikan:

  1. Pemberian uang pertanggungan hingga 50%
  2. Pemberian uang santunan duka 100% apabila yang tertanggung meninggal dunia
  3. Proteksi dari lima penyakit kronis, seperti stroke, kanker, jantung, hepatitis, dan gagal ginjal.
  4. Asuransi jiwa

Double Care

Asuransi Double Care adalah asuransi khusus karyawan. Jenis produk asuransi ini memberikan jaminan kematian dan cedera terkait pekerjaan kepada karyawan. Benefit yang ditawarkan BRI Life Double Care antara lain:

  1. Natural death: jika tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan santunan duka.
  2. Term life: ahli waris mendapatkan santunan duka (sebesar pertanggungan term life) apabila tertanggung meninggal dunia.
  3. Personal Accident (risiko A): santunan duka kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.
  4. Personal Accident (risiko B): 100% pertanggungan bila tertanggung asuransi mengalami cacat total akibat kecelakaan.
  5. Santunan biaya pemakaman

Syarat Mengajukan Asuransi

Syarat-Mengajukan-Asuransi

Syarat yang ditentukan oleh BRI Life untuk mengajukan asuransi dinilai mudah. Selain itu, prosesnya juga tidak sulit. Berikut beberapa syarat-syaratnya:

  1. Usia maksimum tertanggung adalah 55 tahun.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, akta kelahiran, serta bukti pembayaran premi pertama
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Menyerahkan dokumen ke kantor BRI Life melalui email atau kantor pos
  5. Selanjutnya, pihak BRI Life akan mengecek aplikasi polis calon nasabah. Jika aplikasi diterima, polis akan dicetak

Apabila pengajuan polis asuransi tidak diterima, maka pihak BRI Life akan mengembalikan premi pertama yang sudah dibayarkan calon nasabah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir premi yang sudah dibayar akan hangus atau hilang.

Setelah membaca pembahasan tentang pengertian, kelebihan, jenis-jenis, hingga kekurangan BRI Life, apakah Anda mulai tertarik untuk mendaftarkan asuransi? Jika iya, silakan hubungi agen/sales asuransi atau customer service BRI Life.

Leave a Comment

x