2 Jenis Asuransi Pendidikan BRI dan Syarat Preminya

BRI adalah salah satu perusahaan perbankan yang berkembang pesat di Indonesia. Bank yang terdaftar sebagai BUMN ini juga menawarkan berbagai produk yang dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia. Asuransi pendidikan BRI adalah salah satu produk yang ditawarkan bank ini.

Menggabungkan manfaat perlindungan dan tabungan adalah daya tarik dari asuransi pendidikan oleh BRI. Terdapat dua jenis asuransi pendidikan yang ditawarkan dengan kemudahan akses dan pembayaran premi.  

Jenis-Jenis Asuransi Pendidikan BRI

Jenis-Jenis-Asuransi-Pendidikan-BRI

Berbagai pilihan jenis asuransi pendidikan ditawarkan oleh BRI, mulai dari asuransi pendidikan umum hingga syariah. Setiap pilihan jenis asuransi pendidikan, memiliki ketentuan pembayaran premi yang berbeda-beda.

Selain menjamin perlindungan dana pendidikan, asuransi yang ditawarkan BRI juga menjamin asuransi bagi orang tua. Tidak hanya itu, dana pendidikan yang diambil bisa disesuai dengan jenjang pendidikan anak. Hal ini benar-benar dapat membantu kebutuhan dana pendidikan di masa depan.

Namun, sama seperti beberapa jenis asuransi lainnya, terdapat jangka waktu pertanggungan yang diatur. Nilai investasi yang dihasilkan juga kecil, sehingga asuransi ini cocok untuk orang yang memiliki risiko yang kecil juga.

Beberapa jenis asuransi pendidikan BRI yang ditawarkan diantaranya:

1. BRI Life Danasiswa

Manfaat yang diterima nasabah dari jenis asuransi pendidikan ini ada dua, yakni sebagai perlindungan dan tabungan. Terdapat beberapa risiko lain yang juga menjadi tanggungan asuransi diantaranya cacat, kecelakaan, penyakit kritis hingga kematian.

BRI menawarkan beberapa ketentuan terkait jenis asuransi pendidikan ini. Pertama, calon nasabah harus setuju dengan masa kontrak minimal selama 5 tahun dengan pembayaran premi selama 2 tahun. Setoran yang dilakukan mulai dari 5% sampai 100%.

Selain itu, BRI menawarkan pembayaran setoran dapat disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Pembayaran setoran juga dapat dilakukan secara bertahap. Premi bisa dibayarkan dengan periode bulanan, semester atau tahunan. Hal ini menyesuaikan dengan kemampuan nasabah.

2. BRI Life Danasiswa Syariah

Siapa bilang sistem syariah hanya ada pada rekening tabungan saja? Nyatanya, BRI memberikan pilihan asuransi pendidikan dengan sistem syariah. Melalui sistem ini, proses asuransi dilakukan dengan mengikuti syariat islam.

Risiko yang ditanggung asuransi selain biaya pendidikan adalah risiko kecelakaan dan kematian. Kontrak asuransi yang ditawarkan juga beragam, bisa ditentukan oleh nasabah. Kontrak dimulai dengan minimal waktu 5 tahun hingga 10 tahun.

Nasabah yang membeli produk ini juga harus setuju dengan membayar premi selama 2 tahun. Proses pembayaran bisa disesuaikan, tergantung dengan kemampuan para nasabah. Periode pembayaran yang bisa dipilih yakni bulanan, semester atau tahunan.

Syarat dan Cara Mendaftar Asuransi Pendidikan BRI

Syarat-dan-Cara-Mendaftar-Asuransi-Pendidikan-BRI

Seperti membuka tabungan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh asuransi pendidikan ini. Persyaratan harus dipenuhi agar proses pendaftaran bisa dilakukan.

Persyaratan yang diberikan tidak sulit, calon nasabah harus memenuhi usia tertentu untuk mendaftarkan diri. Syaratnya adalah memiliki usia dengan rentang usia minimal 17 tahun hingga 55 tahun. Panjang masa penganggungan juga disesuaikan dengan usia anak.

BRI menawarkan 22 tahun sebagai masa penanggungan. Jumlah tersebut dikurangi dengan jumlah usia anak ketika mendaftar, itulah yang menjadi masa penanggungan yang diterima nasabah.

Jika sudah memenuhi syarat, lalu bagaimana calon nasabah bisa mendapatkan asuransi pendidikan tersebut? Calon nasabah bisa melakukan pendaftaran melalui kantor asuransi BRI terdekat. Pastikan untuk membawa berbagai dokumen yang diperlukan untuk mendaftar.

Pihak asuransi akan memproses pendaftaran jika calon nasabah sudah memenuhi persyaratan. Adapun dokumen yang bisa dibawa untuk proses pendaftaran diantaranya tanda pengenal, KK dan dokumen pendukung lainnya.

Calon nasabah juga akan diminta untuk mengisi formulir. Biasanya formulir tersebut sudah disediakan oleh pihak bank. Pastikan untuk mengisi formulir dengan baik dan valid, agar proses klaim asuransi dikemudian hari dapat dilakukan.

Cara Melakukan Pembayaran Premi

Cara-Melakukan-Pembayaran-Premi

Setiap jenis asuransi selalu memiliki cara pembayarannya masing-masing. Biasanya pihak asuransi memberikan penjelasan terhadap jadwal dan cara pembayaran premi. Tidak jarang pula, agen asuransi akan menghubungi pemilik polis ketika masa tenggang waktu pembayaran semakin dekat.

BRI sebagai pihak asuransi memiliki berbagai metode pembayaran. Banyaknya pilihan metode membuat nasabah memiliki kemudahan dalam proses pembayaran premi. Mulai dari pembayaran melalui ATM, virtual account hingga melalui debet.

Lalu, bagaimana cara membayar premi asuransi pendidikan BRI? Cek di bawah

1. ATM

Cara yang mungkin paling sering dilakukan adalah dengan mengunjungi ATM BRI terdekat. Setelah memasukkan kartu ATM, nasabah bisa memilih menu sebagai berikut:

  1. Klik menu transaksi, kemudian akan muncul menu pembayaran. Selanjutnya, pilih meni lainnya.
  2. Akan muncul pilihan menu dilayar, klik menu asuransi dan masukkan kode BRI Life 50010.
  3. Nasabah tinggal memasukkan nomor polis dan melanjutkan ke instruksi selanjutnya. Jika sudah selesai, maka proses pembayaran sudah berhasil dilakukan.

2. Debit Tabungan BRI

Nasabah BRI bisa memilih proses pembayaran dengan menggunakan debit bank. Cara ini bisa dipilih saat pertama kali membuka asuransi, sehingga pembayaran premi dapat didebet secara otomatis di tabungan rekening BRI.

Tanggal pembayaran premi juga bisa disesuaikan tergantung pilihan nasabah. Pihak BRI biasanya akan memberikan pilihan tanggal yakni mulai tanggal 1, 5 dan tanggal kelipatan 5 lainnya hingga tanggal 25.

3. Virtual Account

Cara yang terakhir ini bisa dianggap cara yang paling mudah dan praktis. Nasabah yang ingin melakukan pembayaran dengan metode ini akan diberikan 15 digit nomor khusus untuk pembayaran premi. Setelah itu, nasabah bisa melakukan pembayaran melalui ATM BRI dan ATM lainnya.

Jika melakukan pembayaran melalui ATM BRI, nasabah bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Klik menu transaksi lainnya, kemudian mundul menu dan pilih menu pembayaran.
  2. Klik menu lainnya dan pilih BRIVIA.
  3. Masukkan nomor yang telah diberikan sebagai nomor virtual account.
  4. Selanjutnya, nasabah tinggal mengikuti instruksi hingga proses pembayaran selesai. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran.

Tetapi, jika nasabah tidak bisa melakukan pembayaran dengan ATM BRI, pembayaran bisa dilakukan dengan ATM lain. Caranya dengan memilih menu Bank BRI sebagai bank yang dituju dan memasukkan nomor virtual account sebagai nomor rekening tujuan.

Proses pembayaran melalui metode BRIVA atau virtual account ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan SMS. Internet banking, teller dan mobile banking juga menjadi pilihan cara untuk metode pembayaran premi yang satu ini.

Cara Klaim Asuransi Pendidikan BRI

Klaim-Asuransi-Pendidikan

Apabila masa penanggungan asuransi telah berakhir, nasabah bisa melakukan prosedur pengajuan klaim. Cara yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan pihak asuransi agar klaim dapat disetujui. Untuk itu, nasabah harus memahami semua prosedur sebelum setuju membeli produk asuransi tersebut.

Klaim asuransi bisa dilakukan dengan mempersiapkan dokuman-dokumen yang diperlukan. Kemudian, dokumen tersebut akan dikirim ke kantor perusahaan. Pihak asuransi akan melakukan pengecekan data dan mengkonfirmasi persetujuan klaim kepada pihak tertanggung.

Namun, jika klaim asuransi ditolak, pihak asuransi akan kembali mengkonfirmasi dengan meminta pemilik asuransi untuk melengkapi data. Jika telah selesai, proses pencairan dana selanjutnya akan diinformasikan oleh pihak asuransi.

Salah satu asuransi pendidikan yang memberikan kemudahan akses adalah asuransi pendidikan BRI. Banyaknya pilihan metode pembayaran premi menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan. Meskipun nilai investasi kecil, tetapi asuransi ini tetap bisa menjamin pendidikan anak di masa depan.

Leave a Comment

x