Cara Beli Reksadana Panin yang Resmi dan Aman

Berbicara soal investasi, Panin Asset Management punya produk di bidang reksa dana. Dengan total 22 pilihan, cara beli reksadana Panin tidak justru dibedakan. Semua jenis melewati langkah yang sama, yaitu membeli dengan mengisi formulir secara online.

Profil Singkat Panen Asset Management

Profil-Singkat-Panen-Asset-Management

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Reksa dana terbagi menjadi empat jenis, yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksa dana saham.

Dikutip dari situs panin.co.id, terdapat lima poin manfaat berinvestasi, khususnya pada jenis reksa dana.

  1. Reksa dana dikelola dengan profesional oleh Manajer Investasi.
  2. Diversifikasi Investasi, di mana terdapat bermacam-macam jenis investasi yang dapat mengurangi risiko.
  3. Transparansi Informasi, di mana Nilai Aktiva Bersih (NAB) ditampilkan melalui surat kabar atau media online.
  4. Likuiditas Tinggi, di mana investor kapan saja bisa mencairkan Unit Penyertaan kembali.
  5. Kemudahan Akses, di mana investor bisa melakukan transaksi secara langsung di cabang Bank Panin.

Panin Asset Management adalah perusahaan manajemen investasi dengan active investment strategy. Maksudnya adalah, reksa dana tidak mengacu pada benchmark saat menentukan portofolio investasi, namun dipakai untuk mengukur kinerja reksa dana secara relatif seiring waktu yang berjalan.

Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam reksa dana saham dan pendapatan tetap di Indonesia. Berdiri pada tahun 1989, Panin Asset Management adalah salah satu perusahaan pengelola reksa dana tertua di Indonesia. Saat ini pun perusahaan memegang salah satu yang terbaik dalam industrinya.

Selama tiga dekade, penciptaan nilai jangka panjang dengan memanfaatkan ketidakefisienan dalam pasar adalah dua poin utama dalam membangun keberhasilan perusahaan.

Panin Asset Management memiliki filosofi bahwa pasar modal Indonesia belum efisien secara keseluruhan. Ini berarti sekuritas belum menjadi bahan dagang dengan nilai wajar berdasarkan faktor fundamentalnya.

Hal ini pula yang menjadi kesempatan para investor cerdas dalam usaha mengungguli kinerja pasar modal. Untuk mencapai tujuan itu, tentu harus memahami risiko-risiko investasi secara mendalam, harus disiplin dalam tujuan berinvestasi, dan harus mampu mengidentifikasi nilai intrinsik sebuah investasi.

Filosofi Panin Asset Management itu berdasarkan pada tiga prinsip berikut ini.

1. Kehati-hatian

  • Memberi penilaian komprehensif terhadap semua risiko pada keputusan investasi.
  • Melakukan mitigasi risiko penurunan (downside risk) dengan cara mengadakan cushion of error atau margin of safety pada setiap keputusan investasi.
  • Memberi tanggapan yang tepat terhadap semua risiko yang terjadi.

2. Disiplin dan Konsistensi

  1. Membuat keputusan investasi dengan hati-hati, serta disiplin dan konsisten, agar kinerja unggul dapat dicapai.
  2. Menentukan keputusan investasi dengan rasional, bukan berdasarkan bias emosional atau kepentingan personal.
  3. Menargetkan fokus pada tujuan dan sasaran yang sudah disepakati.

3. Penciptaan Nilai

  1. Mengasah keahlian dan memberi nilai pada nilai intrinsik investasi dengan konsisten.
  2. Menargetkan fokus pada tujuan utama investasi dengan konsisten, agar dapat memberi nilai tambah bagi klien.

Hingga kini, Panin Asset Management telah memiliki total 22 pilihan investasi reksa dana untuk para nasabah. Pilihan yang ditawarkan terdiri dari:

  1. Panin Dana Maksima
  2. Panin Dana Unggulan
  3. Panin Dana Utama Plus 2
  4. Panin Dana US Dollar
  5. Panin Dana Prima
  6. Panin Gebyar Indonesia II
  7. Panin Dana Bersama
  8. Panin Dana Bersama Plus
  9. Panin Dana Likuid
  10. Panin Dana Syariah Saham
  11. Panin Dana Syariah Berimbang
  12. Panin Dana Prioritas
  13. Panin Dana Ultima
  14. Panin Dana Teladan
  15. Panin Dana Pendapatan Berkala
  16. Panin Dana Infrastruktur Bertumbuh
  17. Panin Beta One
  18. Panin Dana Likuid Syariah
  19. Panin Dana Pendapatan Utama
  20. Panin IDX-30
  21. Panin IDX-30 Kelas A
  22. Panin IDX-30 Kelas B

Rincian masing-masing jenis reksa dana tersebut dapat dibaca melalui alamat situs www.panin-am.co.id/product_mutual_01.aspx.

Cara beli reksadana Panin masih hanya bisa dilakukan melalui situs web. Akan ada formulir yang ditampilkan untuk diisi oleh nasabah.

Cara Beli Reksadana Panin

Cara-Beli-Reksadana-Panin

Total pilihan reksa dana Panin Asset Management adalah 22. Sebelum mendaftar, ada baiknya membaca terlebih dahulu satu per satu profil dari setiap jenis reksa dana.

Ini berguna agar tidak salah dalam memilih nantinya. Lalu, untuk membeli reksa dana, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Registrasi pada situs web reksa dana bank Panin. Alamat situsnya adalah https://www.reksadanapanin.co.id/register.aspx.
  2. Isi formulir dengan data pribadi. Data pribadi terdiri dari Informasi Pemesan, Informasi Nasabah, Maksud dan Tujuan, Sumber Dana, Penghasilan Bersih Tahunan, Informasi Keluarga, dan Informasi Bank. Data harus asli dan valid.
  3. Pada bagian Informasi Reksa Dana, pilih reksa dana yang dikehendaki. Kolom pilihan reksa dana ada tiga. Setelah memilih, isi pula besar nilai pemesanan. Setiap pilihan Reksa Dana, terdapat total 22 pilihan.
  4. Informasi lebih rinci tentang masing-masing produk reksa dana, harga harian, serta profil dapat dibaca pada situs www.panin-am.co.id/product_mutual_01.aspx.
  5. Isi Profil Investasi. Terdapat enam kategori yang harus diisi, yakni Jangka Waktu Investasi, Tujuan Investasi, Preferensi, Jumlah Pengeluaran, Pengetahuan Atas Industri Reksa Dana Secara Umum, dan Pemahaman Atas Produk Reksa Dana yang Dimiliki.
  6. Setiap kategori terdiri atas 3 – 5 pilihan jawaban di mana masing-masing memiliki nilai skor berupa angka.
  7. Centang kotak persetujuan ‘Syarat dan Ketentuan’ dan ‘Pernyataan Calon Nasabah’ untuk melanjutkan. Pastikan kedua ketentuan tersebut telah dibaca dengan saksama dan disetujui.
  8. Isi captcha dengan kode yang ditampilkan di sebelah kiri kolom isian.
  9. Klik ‘Submit’. Tunggu pihak Panin Asset Management memproses registrasi pembelian.

Cukup singkat namun banyak isian yang harus dipenuhi dalam langkah-langkah cara beli reksadana Panin di atas. Ini bisa dianggap sebagai indikator di mana nasabah benar-benar harus mengerti sebelum memutuskan untuk berinvestasi reksa dana.

Investasi Reksa Dana di Panin Asset Management

Investasi-Reksa-Dana-di-Panin-Asset-Management

Dikutip dari situs panin-am.co.id, berikut adalah beberapa tips agar aman bertransaksi reksa dana.

  1. Dilarang memberikan uang tunai atau menitipkan uang ke pihak manapun untuk pembelian reksa dana Panin Asset Management.
  2. Pembelian reksa dana Panin Asset Management hanya dapat dilakukan melalui transfer ke nomor rekening Virtual Account(rekening atas nama nasabah) atau melalui nomor rekening Bank Kustodi (rekening atas nama produk reksa dana).
  3. Nomor rekening Virtual Account akan dikirimkan melalui SMS dan email terdaftar.
  4. Notifikasi email resmi dari PT Panin Asset Management hanya dikirim dari alamat email noreply@panin-am.co.id.
  5. Kegiatan transaksi di luar ketentuan yang berlaku bukan menjadi tanggung jawab PT Panin Asset Management.

Saat ini, perusahaan memilih metode kombinasi antara pemasaran langsung dan pemasaran online.

Ini disebabkan oleh beberapa segmen investor yang memiliki uang lebih banyak lebih suka dilayani secara langsung. Sebaliknya, investor milenial lebih suka cara efisien, yakni lewat platform online.

Untuk itu, sekaligus untuk tujuan menarik nasabah lebih banyak lagi, Panin Asset Management kini sedang mempersiapkan aplikasi reksa dana. Saat ini, aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Direktur Panin Asset Management, Rudiyanto, menyampaikan bahwa pembuatan aplikasi bekerja sama dengan penyedia aplikasi investasi dengan jumlah nasabah yang juga cukup besar, seperti Ajaib Sekuritas dan Moduit.

Dengan keberadaan aplikasi, bisa jadi cara beli reksadana Panin akan menjadi lebih mudah dan praktis, sebab nasabah tidak harus mengakses dari situs browser lagi. Proses pembelian akan dirasa lebih efisien dengan menggunakan ponsel saja.

Dari pembahasan cara beli reksadana Panin ini, dapat disimpulkan bahwa pembelian baru bisa dilakukan melalui situs browser saja.

Semakin cepat aplikasi rampung, maka diharapkan semakin cepat pula Panin Management Asset meraup nasabah baru dalam jumlah berlimpah.

Leave a Comment

x