3 Cara Pembayaran di Instagram Ads dengan dan Tanpa CC

Instagram dan Facebook sudah terkenal sebagai platform media sosial yang bagus untuk berjualan secara online. Agar penjualan di platform media sosial semakin meningkat, penjual bisa menggunakan sara jualan berbayar dan mempelajari cara pembayaran di Instagram Ads.

Platform media sosial memang merupakan sarana yang cocok untuk beriklan, apalagi kalau target pasarnya adalah para pengguna internet aktif.

Karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pengguna internet aktif, Instagram Ads menjadi sarana beriklan yang sangat efektif.

Mengapa Beriklan dengan Instagram Ads?

Mengapa-Beriklan-dengan-Instagram-Ads

Pada akhir tahun 2018 saja, pengguna Instagram yang ada di Indonesia sudah mencapai angka 60 juta. Sebagian besar pengguna berusia 18 tahun hingga 34 tahun.

Data dari Tech in Asia menunjukkan bahwa kurang lebih 45% pengguna Instagram di Indonesia membeli produk yang dilihat di Instagram.

Instagram Ads sendiri merupakan platform iklan yang tersedia di Instagram.

Dengan platform ini, penjual bisa membuat iklan yang ditampilkan di Insta Story maupun di Instagram Feed. Platform Instagram Ads sudah berada di bawah Facebook Ads Manager sejak penggabungan pada 2012.

Untuk bisa menggunakan Instagram Ads, penjual harus terlebih dahulu mempunyai halaman Facebook dan melakukan pembayaran agar iklan bisa ditampilkan di platform Instagram.

Cara Pembayaran di Instagram Ads

Untuk mulai menggunakan Instagram Ads maupun Facebook Ads, penjual perlu masuk ke akun Facebook dan membuka halaman Facebook Ads Manager.

Penjual juga perlu memilih anggaran kampanye atau anggaran iklan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Setelah itu penjual harus mengatur jenis iklan, nama iklan, tujuan iklan, dan berbagai pengaturan lainnya.

Karena iklan akan ditampilkan di Instagram, penjual perlu menghubungkan akun Instagram yang akan digunakan untuk beriklan. Selanjutnya, lakukan pembayaran dengan mengikuti cara ini:

1. Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit

Pembayaran-dengan-menggunakan-kartu-kredit

Cara membayar Instagram Ads yang pertama adalah dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Setelah pembayaran berhasil dikonfirmasi, Facebook akan segera melakukan review terhadap iklan yang ada dan menampilkannya jika iklan sudah memenuhi ketentuan dan syarat yang ada.

Untuk membayar dengan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit, ikuti beberapa langkah ini:

  • Klik pada pilihan metode pembayaran yang ada lalu centang bagian Kartu Kredit atau Debit untuk melakukan pembayaran secara otomatis dengan menggunakan kartu kredit yang Anda miliki saat ini.
  • Selanjutnya masukkan informasi tentang kartu kredit yang mencakup Nomor Kartu, bulan dan tahun kadaluarsa kartu kredit, serta kode keamanan yang tercantum di kartu kredit. Penjual perlu memeriksa apakah informasi yang diisikan sudah benar atau belum.
  • Cara pembayaran di Instagram Ads yang terakhir adalah mengklik tombol biru yang bertuliskan Lanjutkan. Tunggu sampai semuanya terkonfirmasi dan iklan Anda akan segera ditayangkan di platform media sosial Instagram.

Metode pembayaran yang satu ini adalah metode yang paling disarankan oleh Facebook.

Lakukan pembayaran segera setelah Anda selesai mengisikan berbagai data sehingga semua iklan bisa segera tayang dan penjualan pun bisa segera ditingkatkan.

2. Pembayaran iklan menggunakan transfer ATM

Pembayaran-iklan-menggunakan-transfer-ATM

Facebook tidak hanya menyediakan metode pembayaran iklan dengan kartu kredit atau kartu debit saja.

Ada beberapa pilihan metode lain yang bisa Anda gunakan, seperti misalnya transfer bank dan kupon Facebook Ad.

Untuk menggunakan metode transfer bank, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi web browser kemudian buka Facebook Ads Manager lalu masuk ke bagian Billing. Untuk lebih singkatnya, klik link ini. Lalu klik di tombol Pengaturan Pembayaran yang ada di bagian kanan atas jendela Billing ini. 
  • Jika pemilik akun belum pernah beriklan sebelumnya, bagian Saldo Saat Ini akan bertuliskan 0 Rupiah. Klik di tombol Tambahkan Metode Pembayaran untuk memilih salah satu metode pembayaran yang tersedia.
  • Ada banyak pilihan cara pembayaran yang tersedia dan bisa dipilih sesuai dengan rekening bank yang penjual miliki. Penjual bisa memilih untuk transfer via Bank MandiriCIMBBNIDanamon, atau bank lain melalui ATM Bersama.
  • Setelah mengklik salah satu bank, cara pembayaran di Instagram Ads berikutnya adalah mengklik tombol Selanjutnya di kanan bawah jendela pembayaran yang terbuka. Tunggu sampai jendela Tambahkan Dana muncul di layar.
  • Di jendela Tambahkan Dana, masukkan jumlah dana yang akan Anda kirimkan untuk membayar iklan Instagram Ads. Nominal minimal yang bisa dibayarkan adalah Rp 10.501 dan nominal maksimalnya adalah Rp 1.434.470.
  • Setelah memasukkan nominal yang akan dibayarkan, klik Selanjutnya dan jendela Informasi Pajak akan muncul. Penjual bisa memasukkan ID NPWP jika memiliki NPWP. Langkah ini bisa dilewati dengan mengklik tombol Lewati di kanan bawah jendela Informasi Pajak.
  • Pada jendela baru yang muncul, klik tombol Lanjutkan dan penjual akan diarahkan ke halaman Pesanan. Halaman Pesanan menampilkan rincian pembayaran, seperti nomor rekening bank, kode bank, nominal pembayaran, dan tenggat waktu pembayaran.
  • Lakukan transfer dana dari ATM terdekat atau aplikasi mobile banking. Simpan bukti pembayaran atau lakukan screenshot untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Cek saldo di halaman Billing Facebook Ads Manager.

Setelah melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang ditentukan dan ke nomor rekening yang benar, pihak Facebook akan segera melakukan pengecekan dan memberikan konfirmasi bahwa pembayaran sudah diterima.

Kemudian iklan pun bisa segera ditayangkan.

3. Cara pembayaran di Instagram Ads dengan dompet digital

Cara-pembayaran-di-Instagram-Ads-dengan-dompet-digital

Metode pembayaran yang terakhir ini adalah untuk para penjual yang ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan dompet digital seperti Ovo, GoPay, atau Doku Wallet.

Langkah awal yang harus dilakukan sama seperti yang ada di atas, yaitu membuka halaman Billing di Facebook Ads Manager.

Kemudian ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Klik tombol Tambahkan Metode Pembayaran tapi kali ini pilih salah satu dompet digital yang tersedia, yaitu antara Doku Wallet, Ovo, atau GoPay. Klik pada tombol Selanjutnya.
  • Di jendela Tambahkan Dana yang muncul, masukkan jumlah dana yang akan dikirimkan untuk membayar biaya iklan Instagram Ads. Nominal minimal yang diperbolehkan adalah Rp 1.001 dan nominal maksimalnya Rp 1.434.470. Klik pada tombol Selanjutnya.
  • Jika menggunakan Ovo, penjual perlu memasukkan ID Ovo yaitu nomor telepon yang terdaftar di aplikasi Ovo. Kemudian klik tombol LanjutkanKlik Lanjutkan sekali lagi untuk melanjutkan proses pembayaran Instagram Ads.

Pembayaran sudah berhasil dilakukan. Metode pembayaran dengan menggunakan dompet digital ini lebih praktis untuk dilakukan karena pembayaran akan otomatis dipotong dari saldo dompet digital yang dimiliki oleh penjual.

Sehingga penjual tidak perlu melakukan transfer dana secara manual.

Beriklan di Instagram Ads sangat penting untuk dilakukan, terutama jika target pasar adalah anak muda yang berusia antara 18 tahun hingga 34 tahun.

Cara pembayaran di Instagram Ads sendiri cukup mudah, yaitu dengan memilih salah satu dari beberapa metode yang tersedia.

Penjual bisa memilih salah satu metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Pembayaran bisa melalui kartu kredit, transfer bank, atau melalui salah satu dompet digital.

Leave a Comment