4 Cara Mencairkan Asuransi Prudential Sebelum & Sesudah Jatuh Tempo

Di antara berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, Prudential merupakan salah satu perusahaan dengan nasabah terbanyak. Bukan hanya karena produk asuransi yang menguntungkan tetapi juga cara mencairkan asuransi Prudential yang terbilang mudah.

Prudential sendiri adalah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa biasa dan asuransi jiwa yang terkait dengan penanaman modal unit link.

Dari kedua jenis produk asuransi ini, asuransi yang terhubung dengan investasi merupakan produk yang paling diminati. 

Ada setidaknya tiga cara yang bisa diambil oleh nasabah Prudential Unit Link yang ingin mencairkan dananya atau yang juga disebut dengan penarikan nilai tunai. 

1. Hubungi Customer Service

Hubungi-Customer-Service cara mencairkan asuransi prudential

Sama seperti nasabah atau pengguna jasa keuangan lainnya, ketika mendapatkan masalah atau memiliki pertanyaan terkait dengan produk yang sedang digunakan, maka cara yang paling mudah adalah dengan menghubungi Customer Service.

Hal ini juga berlaku pada asuransi PruLink. Nasabah yang ingin mencairkan asuransinya dapat menghubungi nomor 1500085. Nantinya, nasabah akan dibantu dan diarahkan untuk proses pengumpulan berkas hingga pencairan dana.

Nomor hotline ini memang cukup sibuk, tapi bagian pelayanan pelanggan milik Prudential ini cukup tanggap memberikan solusi bagi permasalahan nasabah.

Biasanya nasabah harus menyebutkan nomor dan nama pemegang polis. Selain itu juga beberapa pertanyaan lainnya. 

Selain menghubungi pihak Prudential dengan telepon, nasabah juga dapat menghubungi lewat e-mail atau surel di customer.idn@prudential.co.id.

Sama seperti menghubungi CS, nasabah yang ingin mengetahui cara mencairkan asuransi Prudential miliknya juga harus menyertakan nomor dan nama pemegang polis.

Tapi tentu saja, agar lebih mudah dalam melacak kebutuhan pelanggan terkait pencairan dana, saat mengirimkan surel hendaknya nasabah menuliskan maksud dan tujuan mengirim surel, beserta lampiran berkas yang diperlukan.

Balasan terkait dengan pengiriman surel dan tindak lanjutnya bisa segera ditangani saat hari kerja, maksimal 7 hari. 

2. Hubungi Agen Asuransi

Hubungi-Agen-Asuransi cara mencairkan asuransi prudential

Seorang nasabah polis asuransi jarang yang mendaftarkan dirinya secara mandiri di kantor cabang maupun pusat Prudential. Umumnya, para nasabah mendapatkan informasi dan ajakan dari para agen asuransi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Maka sudah barang tentu ketika mengalami kesulitan atau menginginkan untuk mencairkan dana yang sudah masuk ke dalam asuransi, para nasabah akan mencari agen yang mendaftarkan mereka.

Selain lebih praktis daripada menghubungi sendiri ke kantor, cara mencairkan asuransi Prudential lewat agen juga tidak menyita banyak waktu.

Para agen yang akan mengumpulkan berkas dan mengurusnya di kantor hingga menyerahkan pencairan dana. Hal ini juga menjauhkan nasabah dari kekeliruan karena semuanya sudah dilakukan oleh agen profesional.

Tapi selalu pastikan agen asuransi yang akan diajak kerja sama merupakan orang yang berdedikasi dan jujur.

Kebanyakan orang tidak percaya kepada asuransi bukan karena produk yang ditawarkan tidak bermanfaat tetapi lebih pada para agen yang tidak bisa dipercaya.

3. Datang ke Kantor Prudential

Datang-ke-Kantor-Prudential cara mencairkan asuransi prudential

Sebagai sebuah perusahaan asuransi yang besar dan ternama, sudah barang tentu jika Prudential memiliki banyak kantor cabang seperti di Medan, Bandung, Bali, Batam, Surabaya dan Semarang.

Bukan hanya itu, tercatat sudah lebih dari 400an kantor marketing mandiri Prudential di semua wilayah Indonesia.

Jika memutuskan untuk datang sendiri ke kantor Prudential, maka sudah tentu nasabah yang harus menyiapkan segala berkas dan persyaratan yang diperlukan secar mandiri.

Adapun berkas yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :

  1. Satu kopian Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku
  2. Mengisi data diri ke dalam Formulir Penebusan Polis yang disertai oleh surat pernyataan tambahan.
  3. Menyerahkan kembali buku polis original
  4. Jika semua data sudah diisi dengan benar dan lengkap, maka berkas tersebut bisa diberikan langsung ke kantor Prudential terdekat. Namun jika nasabah berada di kawasan Jakarta, maka lebih baik datang langsung ke kantor pusatnya yang berada di Prudential Tower, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 79, Jakarta 12910.
  5. Mendapatkan SMS konfirmasi tentang proses penarikan yang sedang dijalankan. 
  6. Mendapatkan e-mail tentang Surat Penebusan Polis atau Pernyataan Transaksi Polis.

Cara mencairkan asuransi Prudential dengan mendatangi kantor pusat adalah jalan yang baik.

Dengan demikian, maka nasabah dapat langsung memberikan data yang diperlukan dan tidak perlu menunggu hingga berkas tersebut sampai ke meja direktur. 

Setelah semua proses sudah dilalui, maka penarikan dana akan segera dimulai. Umumnya, nasabah akan mendapatkan dananya kembali dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan.

Dana yang dicairkan hanya akan ditransfer ke dalam rekening yang sebelumnya didaftarkan. 

4. Penarikan Melalui Kantor Pos 

Penarikan-Melalui-Kantor-Pos

Cara yang ditempuh untuk mencairkan dana asuransi memang tidak boleh sembrono.

Mereka yang sudah paham dengan aturan yang berlaku pasti akan mempersiapkan berkas dengan teliti. Berkas yang diperlukan umumnya sama seperti yang tertulis di atas. 

Proses ini berjalan lebih lama dari pada datang sendiri ke kantor. Hal ini dikarenakan semua berkas yang sudah didapatkan oleh kantor pos harus diberikan lagi kepada kantor pusat.

Proses pengumpulan berkas dan mengirim ke kantor pusat tentu membutuhkan waktu. 

Jika masih ragu mencairkan dana, maka pemegang polis bisa menghubungi nomor yang customer service dan menanyakan seluruh proses serta berkas yang harus disediakan. Dengan demikian, saat datang ke kantor pos, semua berkas sudah lengkap dan tidak perlu mengulur waktu lagi. 

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mencairkan Asuransi

Meskipun mencairkan dana asuransi cukup mudah, namun harus tetap membaca langkah-langkah yang perlu diambil. 

1. Batas Saldo Minimal

Batas-Saldo-Minimal cara mencairkan asuransi prudential

Sama seperti tabungan pada umumnya, saat menarik dana dari asuransi harus ada saldo tertinggal yang besarnya berbeda sesuai dengan ketentuan penerbit asuransi.

Jika ingin menarik semua dana memang bisa, hanya saja terdapat risiko ketika memutuskan pencairan tersebut yang artinya adalah tutup akun. 

Nama ProdukMinimum PenarikanMinimum Saldo Mengendap
Produk Investasi Prudential (Syariah maupun konvensional)Minimum 1 jutaMinimum 15 juta
Produk asuransi Prudential (konvensional)minimum 500 ribuminimum saldo 1 juta
Produk asuransi Prudential (Syariah)minimum 1 jutaminimum 3 juta

2. Pilihan Pengambilan Saldo di Prudential

Pilihan-Pengambilan-Saldo-di-Prudential
  • Mengambil Dana Sebagian (withdraw) : artinya adalah sebagian dana yang ada di dalam polis asuransi tersebut ditarik sebagian. Dengan demikian akun polis masih aktif dan tetap bisa memperoleh perlindungan. 
  • Mengambil Seluruh Dana (surrender) : Pada dasarnya konsep ini hampir sama dengan pengambilan dana secara withdraw. Dengan demikian, pemegang saham sudah tidak memiliki akses untuk mendapatkan semua manfaat asuransi. 

Memiliki asuransi jiwa menjadi pilihan banyak orang untuk memberikan perlindungan kepada dirinya dan juga ahli waris. Untuk itulah dipilih perusahaan yang sudah pasti terpercaya seperti Prudential.

Cara mencairkan asuransi Prudential juga sangat mudah. Selama semua berkas sudah lengkap dan sesuai dengan kesepakatan pada polis, maka dana bisa dicairkan tepat waktu. 

Leave a Comment

x