5 Cara Menjadi Agen Pakan Ternak yang Sukses dan Untung!

Tahukah bahwa bisnis pakan ternak menjadi usaha yang tak usang dimakan zaman. Hal ini dikarenakan, Indonesia memiliki banyak peternak berbagai jenis hewan. Apabila ingin mencari tahu cara menjadi agen pakan ternak yang sukses, maka akan menemukan jawabannya di penjelasan kali ini.

Usaha peternakan menjadi peluang bisnis yang menarik di tengah persaingan sektor lain yang semakin kompetitif. Selain membuka usaha sendiri, juga bisa menciptakan lowongan pekerjaan bagi orang lain. Syaratnya harus mengikuti cara atau langkah yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Cara Menjadi Agen Pakan Ternak agar Sukses dan Untung

Hal paling utama yang mendasar ketika ingin membuka usaha di bidang pakan hewan ternak adalah harus tahu berbagai jenis pakan yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semakin banyak ragam yang disediakan, maka keuntungannya juga akan lebih besar.

Sebelum menjalankannya, ini cara yang harus dilakukan:

1. Melakukan Riset Pasar

Melakukan-Riset-Pasar cara menjadi agen pakan ternak

Riset pasar adalah hal yang urgent karena tanpa adanya riset pasar seorang agen pakan ternak tidak akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tujuannya agar penjualan laku karena barang yang dijual tepat guna.

Bayangkan saja, jika sebuah usaha berjalan tanpa adanya riset pasar, pasti akan menimbulkan kerugian karena barang yang dijual tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari.

2. Menjalin Kerjasama dengan Distributor

Menjalin-Kerjasama-dengan-Distributor cara menjadi agen pakan ternak

Cara menjadi agen pakan ternak burung atau lainnya harus menjalin kerjasama dengan distributor. Tujuannya agar bisa memperoleh stok barang dengan harga yang relatif murah dibanding lainnya.

Namun dalam memilih distributor ini tidak boleh asal. Dalam artian, tetap harus diperhatikan apakah merek pakan yang diambil sudah terkenal, dipercaya atau diinginkan masyarakat dan lain sebagainya.

Jangan sampai mencari distributor yang bahkan masyarakat tidak mengenalnya. Selain itu, jika mendapatkan distributor yang mematok harga lebih murah, keuntungan yang didapatkan juga semakin besar. Sampai sini bisa dipahami kan?

3. Memilih Lokasi yang Strategis

Memilih-Lokasi-yang-Strategis

Lokasi adalah hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Usahakan ketika berjualan pakan, kantor atau toko mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Terlebih bagi Anda yang langsung ingin menjalankan sistem keagenan dalam jumlah yang besar.

Pastikan lokasi yang dipilih bisa diakses baik oleh mobil maupun motor. Selain itu, semakin strategis lokasi sebuah toko maka semakin dikenal pula oleh masyarakat. Calon agen bisa riset terlebih dahulu mana lokasi yang paling tepat untuk dijadikan usaha.

4. Melakukan Riset Harga Kompetitor

Melakukan-Riset-Harga-Kompetitor

Cara menjadi agen pakan ternak selanjutnya adalah melakukan riset harga yang dipatok oleh kompetitor. Dalam artian, calon agen selain fokus utamanya adalah mendapatkan untung, namun juga harus bisa bersaing dengan yang lainnya, khususnya dari segi harga.

Usahakan mematok harga yang tidak terlalu murah atau lebih mahal dari kompetitor agar tidak merusak harga brand yang dijual. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembukaan lokasi atau membeli di distributor, perkirakan terlebih dahulu berapa harga sebuah barang yang akan Anda jual.

5. Memastikan Bahwa di Daerah Tersebut Permintaan Pakan Ternak Tinggi

Memastikan-Bahwa-di-Daerah-Tersebut-Permintaan-Pakan-Ternak-Tinggi cara menjadi agen pakan ternak

Cara menjadi agen pakan distributor pakan ternak yang kelima, seorang agen harus memastikan bahwa di daerah sekitarnya dihuni oleh para peternak. Contohnya, berjualan pakan ternak di tengah kota dinilai kurang menguntungkan dibandingkan yang ada di desa.

Apalagi jika memang penduduk sekitarnya beternak jenis hewan yang seragam. Tentunya akan lebih menguntungkan dibandingkan berjualan di daerah padat penduduk yang tidak terlalu membutuhkan pakan ternak.

Kunci Sukses dalam Berjualan Pakan Ternak

Perlu diketahui bahwa dalam sebuah bisnis apalagi menjadi agen pakan ternak tidak perlu kemampuan khusus. Namun, yang harus dilakukan adalah serius dalam menjalaninya dan mau belajar tentang hal-hal baru. Berikut ini ada beberapa kunci sukses dalam berjualan pakan ternak:

1. Mau Belajar

Mau-Belajar

Tidak peduli apapun latar belakang pendidikan formal seorang calon agen, asalkan ia mau belajar khususnya dalam hal peternakan, maka akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Belajar juga tidak bisa dilakukan sembarangan karena ada ilmu atau standar yang harus diikuti apabila tidak ingin menimbulkan masalah yang lebih jauh lagi nantinya. Misalkan, cara menyimpan pakan agar tidak mudah tumpah, cara pemasaran dan lain sebagainya.

2. Mengetahui Produk yang Bagus

Mengetahui-Produk-yang-Bagus

Cara menjadi agen pakan ternak ayam, burung atau unggas lainnya harus mengetahui mana produk yang bagus. Jika sebelumnya awam tentang hal ini, maka bisa belajar kepada ahlinya. Baik itu berkenalan melalui jaringan teman atau di platform youtube secara gratis.

Seorang agen harus mengetahui kualitas, merek, jenis dan kandungan dalam produk yang dijualnya. Jadi apabila konsumen bertanya dan meminta solusi pakan apa yang bagus untuk karakteristik hewan tertentu, maka seorang agen sudah bisa menjawabnya dengan benar.

Hal ini tentunya menambah keprofesionalitasan seorang pedagang, sehingga konsumen akan melakukan repeat order.

3. Mampu Membayar Panen atau Cicilan

Mampu-Membayar-Panen-atau-Cicilan

Cara menjadi agen pakan ternak yang sukses sebenarnya tidak selalu mengejar keuntungan. Keuntungan akan datang sendirinya ketika berhasil menjalin kerjasama atau jaringan yang baik dengan para pembeli.

Misalkan, seorang pembeli sedang kesusahan dan waktu itu sangat membutuhkan pakan untuk ternak mereka. Seorang penjual atau agen pakan ternak bisa memberikan diskon, kebijakan cicilan atau membayar ketika mereka panen.

Keringanan tersebut tentunya akan membuat konsumen senang. Namun tetap  saja, harus ada syarat, ketentuan dan kepercayaan yang dibebankan. Seorang agen bisa menetapkan harga yang berbeda ketika membeli dengan cash dan membeli dengan kredit.

Sebaiknya, sebelum memberikan pinjaman kepada orang lain terlebih dahulu harus survey lokasi dan analisis usaha ternak yang dimiliki. Tujuannya agar tidak mendapatkan kerugian yang besar.

4. Menjual Berbagai Jenis Pakan Ternak

Menjual-Berbagai-Jenis-Pakan-Ternak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, seorang agen tidak harus menjual satu jenis pakan saja, namun bisa banyak hal. Berikut ini yang sering dijual oleh agen pakan ternak yang lain dan bisa dijadikan referensi:

Pakan Ternak Sapi

Tahukah Anda bahwa pakan ternak sapi dibagi menjadi pakan utama dan konsentrat atau pakan tambahan. Seorang agen bisa menjual pakan hijauan untuk menggemukkan badan atau vitamin dan mineral lainnya.

Pakan Ternak Ayam

Jika ingin usaha agen pakan ternak laku, maka sebaiknya stok pakan ternak ayam karena masyarakat Indonesia banyak yang bergelut di bidang ini. Seorang agen bisa menyediakan jagung giling, pelet dan lain sebagainya.

Pakan Ternak Unggas

Permintaan unggas di Indonesia belakangan ini semakin meningkat, sehingga membuat para peternak kewalahan. Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi para agen pakan ternak karena berjual pakan unggas akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Cara menjadi agen pakan ternak yang sukses di atas harus dilakukan sebaik mungkin. Lakukan riset secara mendalam, analisis, mulai mengumpulkan modal dan mencari distributor pakan ternak yang cocok. Jangan sampai salah langkah ya! 

Leave a Comment

x