5 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal, Bisa Cuan Terus!

Sembako adalah kebutuhan pokok manusia dan harus selalu dipenuhi. Oleh sebab itu, peluang menjadi agen sembako seperti terbuka sangat lebar. Sebenarnya, cara menjadi agen sembako tanpa modal yang besar merupakan hal yang mungkin dilakukan.

Untuk memulai bisnis ini, hal pertama yang harus disiapkan ialah sarana dan prasarana yang lengkap. Umumnya, dalam agen sembako, modal paling besar adalah barang dagangan yang nantinya dijual.

Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal Besar

Ketika ingin membuka sebuah bisnis besar, Anda tetap harus memulainya dari nol, salah satunya saat mencoba bisnis agen sembako. Ketika membuka bisnis ini, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Siapkan Tempat Usaha

Siapkan-Tempat-Usaha

Ketika ingin memulai bisnis agen sembako, hal pertama yang harus disiapkan adalah mempersiapkan lahan atau tempat. Bila belum memiliki tempat usaha, Anda akan bingung menyimpan barang-barang sembako yang sudah dipesan.

Oleh sebab itu, tempat usaha menjadi komponen penting yang harus disiapkan. Ketika memilih tempat usaha, pastikan memilih lokasi yang strategis.

Selain agar mudah dijangkau oleh pembeli, tempat strategis akan memudahkan kita menurunkan barang dagangan ketika barang diantar oleh distributor.

2. Lakukan Analisa Modal

Lakukan-Analisa-Modal

Selain masalah tempat usaha, modal juga harus dijadikan sebagai perhatian. Lakukan analisa modal, agar pengeluaran nantinya tidak membengkak. Anda dapat mempertimbangkan barang yang dibeli.

Sebelum membuka bisnis ini, Anda juga dapat melakukan survey terlebih dulu. Dengan melakukan survey, dapat mempertimbangkan apa saja barang yang harus dipesan.

3. Tulis Daftar Harga

Tulis-Daftar-Harga

Penulisan daftar harga dilakukan agar nantinya pengeluaran modal bisa terlihat dengan jelas serta pas, sehingga tidak akan ada kesalahan lagi dalam pembelanjaan modal.

Selain itu bila daftar harga sudah tertulis, Anda dapat melakukan pembelian barang serta melakukan transaksi tunai.

4. Lakukan Kerjasama Dengan Distributor Produk

Lakukan-Kerjasama-Dengan-Distributor-Produk

Salah satu kunci cara menjadi agen sembako tanpa modal yang besar ialah menjalin kerjasama dengan distributor produk.

Dengan memiliki distributor tetap, stock barang menjadi lebih mudah didapatkan. Contohnya saja untuk distributor minyak goreng, Anda dapat menjalin kerjasama dengan distributor minyak goreng dari ebrbagai macam merek.

Keuntungan yang bisa diperoleh dari kerjasama ini seperti tidak perlu melakukan negosiasi lagi, selain itu produk sembako yang dibeli juga memiliki kualitas yang jelas.

Sedangkan, dari segi pembayaran, tidak sedikit distributor yang memiliki tempo pembayaran fleksibel, sehingga modal yang dimiliki dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain.

5. Bangun Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Bangun-Hubungan-yang-Baik-dengan-Konsumen cara menjadi agen sembako

Tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalankan bisnis karena mereka tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

Tentu ini menjadi hal yang harus diperhatikan. Lebih-lebih membangun hubungan yang baik dengan konsumen menjadi hal yang penting bagi kelancaran bisnis.

Karena bertindak sebagai agen, Anda dapat menjalin kerjasama yang baik dengan para grosir-grosir sembako dan pedagang warung.

Jangan salah, meskipun pedagang warung memiliki total belanja yang sedikit, tetapi biasanya mereka akan membeli barang tersebut setiap hari sebagai stock.

Tips Mencari Distributor Agen Sembako

Agar bisnis yang Anda jalankan lancar, mencari distributor sembako menjadi salah satu hal krusial yang harus dilakukan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencari distributor, antara lain:

1. Cari Informasi Distributor Sebanyak Mungkin

Cari-Informasi-Distributor-Sebanyak-Mungkin

Untuk memperoleh produk dengan harga yang lebih murah, Anda dapat mencari informasi yang berkaitan dengan distributor ini sebanyak mungkin. Salah satunya dengan mencari informasi distributor di pasar-pasar tradisional.

Kemudian, hubungi beberapa distributor dan cari informasi terkait harga produk. Pilih distributor yang memiliki kualitas baik serta harga terjangkau.

2. Ajukan Permohonan Sebagai Agen Resmi

Ajukan-Permohonan-Sebagai-Agen-Resmi cara menjadi agen sembako

Jika berhasil mendapatkan nomor distributor, Anda dapat mengajukan toko sebagai agen resmi. Umumnya, distributor akan menerima Anda dengan sejumlah syarat contohnya seperti fotocopy KTP serta KK.

Bila dalam waktu beberapa hari distributor tidak menghubungi Anda, Anda dapat menghubungi mereka kembali. Mungkin, nama yang diajukan belum terdaftar.

Jika pihak distributor sudah menyanggupi, mereka akan datang ke toko untuk melakukan survey lokasi. Setelah pengajuan diterima, serta proses survey sudah selesai, Anda dapat memesan barang yang diperlukan.

3. Datang Ke Kantor Secara Langsung

Datang-Ke-Kantor-Secara-Langsung

Bila semua persyaratan serta permohonan sudah diajukan tetapi distributor belum juga menindaklanjutinya, Anda dapat mendatangi kantor secara langsung, sehingga proses menjadi agen resmi bisa segera berlanjut.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Sembako

Keuntungan-Menjalankan-Bisnis-Sembako

Umumnya, kebanyakan orang yang ingin menjajal bisnis ini beralasan karena keuntungan yang besar. Namun, selain hal tersebut berikut sejumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh, seperti:

  1. Peluang masih terbuka lebar
  2. Memiliki daya saing yang tidak begitu ketat
  3. Dapat dibuka dimana saja
  4. Modal lekas kembali.

Tempat Mencari Distributor Online dan Offline

Dengan adanya perkembangan zaman, sekarang kita bisa dengan mudah mencari distributor. Berikut tempat untuk mencari distributor online serta offline, antara lain:

1. ULA

ULA cara menjadi agen sembako

ULA adalah startup baru yang dibesut oleh Nipun Mehra. Mulanya, ULA berkembang di India, kemudian sekarang memperluas ekspansi pasar di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Saat ini ULA memiliki fokus menghubungkan retailer besar serta toko kelontong kecil untuk memudahkan proses distribusi. Misi yang dimiliki ULA ialah memperpendek rantai pasokan serta membantu pengembangan toko.

Saat ini, ULA memiliki fasilitas Buy No Pay Later pada toko kelontong agar semakin mudah menambah pasokan barang.

2. Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak merupakan marketplace terbaik di Indonesia. Melalui Bukalapak, Anda dapat mencari barang secara online, mulai dari pakaian hingga distributor sembako.

Pelaku bisnis yang berada di Bukalapak rata-rata merupakan orang Indonesia dan berasal dari berbagai pulau.

3. Tokopedia

Tokopedia

Sebagai marketplace yang terus booming beberapa waktu ini, kehadirannya memang sangat membantu pelaku bisnis online agar bisa memasarkan produk dengan lebih luas.

Layaknya di Bukalapak, di sini Anda juga bisa dengan mudah mencari distributor sembako. Anda bisa mencari distributor dengan lokasi tidak jauh dari kota Anda.

4. Global Jaya Sembako

Global-Jaya-Sembako

Pilihan distributor lainnya addalah Global Jaya Sembako. Global Jaya Sembako merupakan distributor Sembako yang berada di Surabaya. Berbagai kebutuhan pokok bisa diperoleh dengan harga murah di sini.

Selain datang langsung ke Global Jaya Sembako, Anda juga dapat melakukan order secara online, untuk memesannya, Anda dapat menggunakan SMS, WhatsApp hingga email.

Nantinya, barang yang dipesan dapat dikirim dari jasa kurir maupun dengan cara lain sesuai dengan kesepakatan yang sudah terjalin.

5. Buana Abadi

Buana-Abadi cara menjadi agen sembako

Perusahaan Buana Abadi berlokasi di kota Bandung serta menjadi distributor yang cukup besar. Berbagai macam kebutuhan sembako seperti kebutuhan dapur, cuci piring hingga keperluan mandi ada di sini.

Uniknya, Buana Abadi juga akan membantu Anda membuka usaha sesuai modal yang dimiliki. Jenis usaha yang dapat dibuka serta menjadi mitra Buana Abadi adalah usaha sembako grosiran, mini market hingga swalayan.

Jadi, cara menjadi agen sembako tanpa modal besar tidak sulit bukan? Baik memiliki modal kecil atau besar, kunci dari bisnis ini adalah tekun dan terus sabar untuk mencari ramuan terbaik dalam menjalankan bisnis.

Leave a Comment

x