Jumlah Kekayaan Dedi Mulyadi: Sumber Harta & Asetnya

Dedi Mulyadi merupakan salah satu politisi di Indonesia yang akrab dipanggil Kang Dedi. Sebagai seorang politisi, sekarang beliau menjabat sebagai anggota DPR Republik Indonesia untuk periode 2019-2024. Meskipun sering tampil sederhana, ternyata kekayaan Dedi Mulyadi cukup melimpah.

Kekayaan Kang Dedi bukan hanya berasal dari gajinya sebagai anggota DPR RI, tetapi beliau memiliki sumber kekayaan lain, baik itu dari penghasilan lain maupun aset berharga. Memangnya apa saja sumber kekayaan dan penghasilan yang dimiliki Dedi Mulyadi?

Berapa total kekayaan yang dimiliki oleh Kang Dedi? Bagaimana perjalanan karier Dedi Mulyadi hingga memiliki harta berlimpah? Apa saja aset miliknya? Jawaban dan penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut terdapat dalam artikel tentang profil serta sumber kekayaan sosok Kang Dedi di bawah ini!

Profil Singkat Dedi Mulyadi

Profil-Singkat-Dedi-Mulyadi

Seperti apa profil atau biografi dari sosok H Dedi Mulyadi, SH? Kang Dedi merupakan anak terakhir dari sembilan bersaudara yang tinggal di Kampung Sukadaya, Desa Sukasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Ayahnya merupakan pensiunan dini Tentara Prajurit Kader, sementara ibunya bekerja di ladang dan menggembala domba.

Kang Dedi berhasil menempuh dan menyelsaikan pendidikan dari tingkat SD hingga SMA di Subang, Jawa Barat. Setelah itu, beliau melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Hukum Purnawarman Purwakarta dan lulus di tahun 1999 mendapatkan gelar sebagai Sarjana Hukum.

Istri Dedi Mulyadi bernama Anne Ratna Mustika yang dinikahinya pada tahun 2003. Namun, kini ia sudah bercerai dengan istrinya sejak tahun 2022. Kisah perceraiannya sempat viral dan dibahas di berbagai media.

Dedi Mulyadi memiliki tiga orang anak, yaitu Maulana Akbar Ahmad Habibie, Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip, dan Hyang Sukma Ayu.

Daftar Sumber Kekayaan Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi dikenal sebagai mantan Bupati Purwakarta yang tajir atau kaya raya. Total kekayaan yang dimiliki oleh sosok Kang Dedi bahkan ditaksir bisa mencapai 7 triliun rupiah! Memangnya, dari mana saja sumber kekayaan beliau?

Jika penasaran dan belum mengetahuinya, maka berikut ini daftar sumber penghasilan dan kekayaan yang dimiliki oleh Kang Dedi, yaitu:

1. Gaji dari Jabatan Wakil Bupati dan Bupati Purwakarta

Gaji-dari-Jabatan-Wakil-Bupati-dan-Bupati-Purwakarta

Setelah lulus perguruan tinggi dan menjadi sarjana Hukum, Dedi Mulyadi memulai kariernya di bidang politik. Pada tahun 1999, Dedi Mulyadi menjabat sebagai anggota DPRD Purwakarta. Masa jabatannya harusnya berakhir tahun 2004, tetapi di tahun 2003 ia terpilih menjadi Wakil Bupati Purwakarta.

Dedi Mulyadi pun menjalani jabatan barunya sebagai Wakil Bupati Purwakarta untuk periode jabatan 2003 hingga 2008. Saat itu, Dedi Mulyadi berpasangan dengan Lily Hambali Hasan. Bermodalkan pengalaman tersebut, Dedi Mulyadi mencoba mencalonkan diri sebagai Bupati Purwakarta.

Akhirnya pada periode berikutnya yaitu periode 2008 hingga 2018, Dedi Mulyadi berhasil terpilih menjadi Bupati Purwakarta. Pada masa kepemimpinannya, ia dibantu oleh Wakil Bupati Purwakarta bernama Dudung B.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, Dedi Mulyadi kembali mengajukan diri menjadi Bupati Purwakarta. Berdasarkan pemilihan yang dilakukan, beliau pun akhirnya terpilih kembali menjadi Bupati Purwakarta untuk periode 2013 hingga 2018. Namun, kali ini ia berpasangan dengan Dadan Koswara sebagai wakil.

2. Pendapatan dari Jabatan Anggota DPR Republik Indonesia

Pendapatan-dari-Jabatan-Anggota-DPR-Republik-Indonesia

Setelah menjabat sebagai Bupati Purwakarta, Kang Dedi memulai perjalanan kariernya di dunia politik dengan menduduki jabatan sebagai anggota DPR RI untuk periode 2019-2024. Penghasilannya sebagai seorang anggota DPR RI tentu saja sangat besar hingga ratusan juta per bulan.

Lebih tepatnya, gaji Dedi Mulyadi sebagai anggota DPR RI kurang lebih Rp75.000.000 hingga Rp100.000.000. Pendapatan tersebut termasuk gaji pokok dan beberapa tunjangan yang berhak diperolehnya.

3. Content Creator Channel YouTube

Content-Creator-Channel-YouTube

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi ternyata cukup eksis di media sosial. Beliau bahkan memiliki channel YouTube sendiri bernama “Kang Dedi Mulyadi Channel”. Channel YouTube miliknya menampilkan berbagai unggahan menarik, sehingga memiliki banyak pengikut.

Di Channel YouTube, Kang Dedi sering mengupload atau membagikan berbagai kegiatan sehari-hari yang dijalaninya. Misalnya, kehidupan pribadi bersama keluarga, lagu-lagu ciptaannya, kegiatan kunjungan ke masyarakat, dan berbagai konten menarik lainnya.

Kang Dedi Mulyadi Channel bahkan memiliki lebih dari 4.09 M subscribers YouTube. Channel YouTube miliknya ini bahkan bisa memberikan tambahan pendapatan dan kekayaan Dedi Mulyadi. Setiap bulannya, beliau bahkan mendapatkan lebih dari Rp300.000.000 dari channel YouTube pribadi miliknya.

4. Sumber Kekayaan Lainnya

Sumber-Kekayaan-Lainnya

Selain beberapa sumber kekayaan yang sudah disebutkan sebelumnya, Kang Dedi juga masih memiliki sumber kekayaan lainnya. Berdasarkan laporan Dedi Mulyadi ke KPK, pada tanggal 6 Maret 2022 harta bergenre lainnya yang dimiliki beliau mencapai Rp57.864.500.

Selain itu, jumlah kas dan setara kas milik Kang Dedi mencapai Rp57.864.500. Selain itu, kekayaan yang dimiliki Kang Dedi terus bertambah setiap tahunnya.

Aset Berharga Miliki Dedi Mulyadi

Kekayaan yang dimiliki Kang Dedi memang berasal dari penghasilannya sebagai pemegang jabatan di pemerintahan maupun bisnis yang dijalaninya. Selain itu, kekayaannya juga dapat dilihat dari berbagai aset berharga yang dimilikinya.

Apa saja aset berharga yang dimiliki Kang Dedi Mulyadi? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa aset berharga yang menambah pundi-pundi kekayaan Kang Dedi, yaitu:

1.. Kepemilikan Properti Berupa Bangunan dan Tanah

Kepemilikan-Properti-Berupa Bangunan-dan-Tanah

Selain berasal dari gaji sebagai anggota DPR RI, ternyata asal kekayaan Dedi Mulyadi adalah kepemilikan aset properti berupa bangunan dan tanah. Tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Dedi Mulayadi tersebar di beberapa daerah, termasuk di wilayah Purwakarta dan Subang, Jawa Barat.

Dedi Mulyadi memiliki 12 bidang tanah yang di atasnya dibangun berbagai jenis bangunan. Selain itu, beliau juga memiliki 58 bidang tanah kosong tanpa bangunan. Jika dijumlahkan, maka Kang Dedi memiliki 70 properti berupa tanah dan bangunan. Aset yang sangat banyak!

Berapa nilai aset properti yang dimiliki Dedi Mulyadi? Berdasarkan informasi dari e-LHKPN KPK, kekayaan properti tanah dan bangunan yang dimiliki Kang Dedi mencapai Rp6.468.868.000. Jumlah kekayaan tersebut berasal dari pelaporan harta kekayaan yang dilakukan Dedi pada 6 Maret 2022.

Semakin tahun, nilai aset bangunan dan tanah milik Kang Dedi terus meningkat. Kondisi ini membuat kekayaan yang dimiliki Kang Dedi terus bertambah jumlahnya.

3. Beberapa Asset Kendaraan Mewah

Beberapa-Asset-Kendaraan-Mewah

Tidak hanya berupa properti bangunan dan tanah, aset berharga lainnya yang dimiliki oleh Kang Dedi berupa berbagai jenis kendaraan mewah. Jumlah kekayaan Dedi Mulyadi atas kepemilikan kendaraan mewah bahkan mencapai Rp2.701.500.000.

Apa saja kendaraan mewah yang dimiliki oleh Dedi Mulyadi? Beliau memiliki motor Vespa Sei Giorni Limitied Edison tahun 2020, mobil Range Rover Vogue 3.0 AT tahun 2017, motor Triumph Scrambler 1200 CE tahun 2019, Polyogon COLLOUS T8 tahun 2017, dan motor Honda keluaran tahun 2003.

Kekayaan Dedi Mulyadi kurang lebih mencapai 7 triliun rupiah dari hasil jerih payahnya. Sumber kekayaan beliau berasal dari gaji sebagai anggota DPR RI, aset properti bangunan/ tanah, aset kendaraan mewah, channel YouTube, dan berbagai sumber lainnya.

Leave a Comment

x