Cara Membuka ATM Mandiri, Ini Syarat, Prosedur dan Biaya

Meski saat ini semua serba digital dan banyak yang memanfaatkan mobile banking hingga i-banking, namun masih banyak masyarakat yang tetap menggunakan ATM sebagai sarana transaksi keuangan. Membuka ATM Mandiri sendiri tidak memiliki proses yang rumit dan bisa dilakukan dengan mudah.

Dengan memiliki kartu ATM, maka seorang calon nasabah bisa tarik tunai sejumlah uang di mesin ATM, membayar tagihan PLN, internet, PDAM hingga transfer antar bank. Ada banyak sekali manfaat yang dimiliki dengan buka ATM Mandiri. Penasaran seperti apa cara membuka ATM Bank Mandiri?

Cara Membuka ATM Mandiri

Cara-Membuka-ATM-Mandiri

Dengan memiliki kartu ATM Mandiri, maka ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Setiap kali membuka rekening tabungan, maka calon nasabah akan mendapatkan sebuah buku tabungan dan kartu ATM.

Namun bagi yang membuka rekening giro di Bank Mandiri, maka tidak akan diberikan fasilitas kartu ATM. Jadi nasabah hanya mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan saja. Lalu bagaimana cara untuk membuka rekening tabungan di Bank Mandiri?

  1. Siapkan berbagai dokumen yang disyaratkan oleh bank.
  2. Bawalah uang setoran pertama sesuai dengan ketentuan.
  3. Kunjungilah kantor cabang Bank Mandiri yang paling dekat.
  4. Ambil antrian di petugas satpam untuk menuju ke customer service.
  5. Sampaikan keinginan untuk membuat rekening tabungan di Mandiri.
  6. Isilah formulir dan serahkan dokumen yang telah dipersiapkan.
  7. Rekening tabungan dan kartu ATM akan diberikan dan bisa digunakan.

Syarat Membuka ATM Mandiri

Syarat-Membuka-ATM-Mandiri

Sebelum datang ke kantor cabangnya bank Mandiri dan berniat membuka rekening tabungan, maka persiapkan dengan detail apa saja yang menjadi syarat utamanya. Dengan membawa sejumlah syarat yang tepat, maka proses pembuatan rekening tabungan akan lebih cepat.

Lalu apa saja yang menjadi persyaratan untuk membuat rekening tabungan di Mandiri? Ada 3 syarat wajib yang harus calon nasabah penuhi jika ingin membuka rekening di Bank Mandiri, yaitu:

  1. Kartu tanda penduduk (KTP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Setoran awal dengan nilai Rp500 ribu.

Apabila semua syarat sudah dipenuhi, maka proses pembuatan kartu ATM tidak sampai memakan waktu 1 jam. Nantinya, calon nasabah akan mendapatkan kartu ATM yang bisa langsung aktif dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Prosedur Membuka ATM Mandiri

Sudah tahu bagaimana cara dan syarat apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin membuka buku tabungan? Informasi yang sudah dijelaskan di atas memang harus dimengerti dan diperhatikan dengan baik.

Jika sudah tahu apa saja syaratnya, maka berikut adalah prosedur yang bisa dilalui oleh seorang calon nasabah untuk buka ATM Mandiri:

1. Mempersiapkan Seluruh Berkas yang Menjadi Persyaratan

Mempersiapkan-Seluruh-Berkas-yang-Menjadi-Persyaratan

Pertama, siapkan terlebih dahulu berkas persyaratan mulai KTP, NPWP hingga nominal uang. Teliti kembali dokumen yang harus dibawa dan jumlah uang sebagai setoran awal.

Jika syarat yang harus dibawa tidak lengkap, maka akan menghambat proses pembuatan rekening tabungan bank Mandiri.

2. Kunjungi Kantor Cabang Mandiri

Kunjungi-Kantor-Cabang-Mandiri

Setelah semua persyaratannya lengkap, maka bisa segera kunjungi kantor cabang Bank Mandiri paling dekat. Mencari kantor bank Mandiri yang paling dekat sangat penting sebab apabila ada sesuatu yang perlu diurus, maka tidak akan terlalu jauh lokasinya dari rumah

3. Ambillah Nomor Antrian

Ambillah-Nomor-Antrian

Setelah mengetahui lokasi kantor cabang bank Mandiri yang ingin dituju, pastikan datang sesuai jam operasionalnya.

Nantinya, akan ada petugas satpam yang akan menyambut siapapun yang datang ke kantor. Sampaikan keperluan untuk membuat ATM Mandiri dan petugas satpam akan memberikan nomor antrian ke customer service. Calon nasabah hanya perlu menunggu nomor antrian dipanggil.

4. Menuju ke Customer Service

Menuju-ke-Customer-Service

Setelah mendapat nomor antrian, maka tunggu saja sampai dipanggil. Customer Service yang bertugas akan menanyakan keperluan calon nasabah yang datang ke kantor cabang bank. Katakan bahwa alasannya adalah hendak membuka rekening tabungan.

Setelah itu, Customer Service akan menjelaskan detail apa saja jenis tabungan yang bisa dipilih beserta dengan kelebihan dan fitur-fiturnya. Dari sekian jenis tabungan yang ditawarkan, maka calon nasabah bisa memilih mana yang sekiranya sesuai dengan preferensi.

5. Serahkan Dokumen

Serahkan-Dokumen

Ketika sudah tahu jenis tabungan apa yang hendak dipilih, maka customer service akan meminta kepada calon nasabah untuk menyerahkan dokumen persyaratan.

Serahkan KTP dan NPWP kepada customer service untuk mempermudah proses pembuatan buku tabungan. Tidak lupa serahkan juga uang untuk setoran awal yang nantinya akan tercatat di buku tabungan.

6. Isi Formulir

Isi-Formulir

Jika syarat yang dibutuhkan sudah diserahkan, Customer Service akan memberikan sebuah formulir pembukaan rekening. Isilah formulir yang Customer Service berikan dan isi semua kolom yang kosong. Pastikan bahwa tidak ada kolom yang terlewat.

7. Tunggu Proses Pembuatan Buku Tabungan

Tunggu-Proses-Pembuatan-Buku-Tabungan

Setelah syarat membuka ATM Mandiri sudah diberikan dan kolom kosong di formulir telah diisi, maka Customer Service akan segera memproses pembukaan ATM Bank Mandiri. Tidak perlu ditinggal sebab proses pembuatan rekening tabungan ini tidak butuh waktu lama.

Setelah jadi, maka nasabah akan dimintai tanda tangan di buku tabungan dan Customer Service juga memberikan sebuah kartu ATM baru lengkap dengan sebuah kode PIN.

8. Ubah Kode PIN Kartu ATM

Ubah-Kode-PIN-Kartu-ATM

Pada tahap ini, calon nasabah bisa mengganti kode PIN ATM yang diberikan oleh pihak bank. Customer service akan melakukan reset untuk mengubah PIN di ATM.

Nasabah Bank Mandiri bisa menekan kode PIN sebanyak dua kali untuk ganti dengan PIN baru. Setelah kode PIN bisa diganti, maka kartu ATM bisa digunakan langsung oleh nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi.

Pada dasarnya mengubah kode PIN asli dari bank tidaklah wajib. Namun, jika ingin menggantinya, maka Customer Service bisa membantu nasabah untuk mereset kata sandi menjadi yang baru.

Membuka ATM Mandiri, Berapa Biayanya?

Membuka-ATM-Mandiri-Berapa-Biayanya

Apakah buka ATM Mandiri ini akan dikenakan biaya nantinya? Bagi calon nasabah yang baru pertama kali membuka rekening tabungan Mandiri dan kartu ATM baru diterbitkan bersama dengan buku tabungan, maka tidak ada biaya yang dibebankan.

Calon nasabah tidak akan dibebankan biaya jasa pembuatan kartu ATM dan buku tabungan. Hanya saja, setiap bulannya, akan ada biaya administrasi dan tarifnya berbeda-beda sesuai dengan jenis kartunya.

Nah, apabila kasusnya adalah kartu ATM rusak atau hilang, maka akan dibebankan biaya penerbitan lagi. Adapun biaya yang nantinya akan dibebankan kepada nasabah bank Mandiri adalah:

LayananHarga
Administrasi per bulanGratis
Ganti bukuGratis
Rekening pasifRp2 ribu
Penarikan tunaiRp5 ribu
Biaya saldo jika di bawah minimal.Rp20 ribu
Biaya untuk menutup rekeningRp20 ribu
Reissue PINRp5 ribu
Penggantian kartu ATMRp15 ribu

Syarat untuk membuka ATM Mandiri ada 3 yakni memiliki KTP, NPWP, dan setoran awal Rp500 ribu. Selanjutnya bisa kunjungi kantor cabang Mandiri dan mengambil antrian menuju ke Customer Service. Setelah itu, nasabah akan diminta mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening tabungan Mandiri.

Leave a Comment

x