12 Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka Bagi Masyarakat

Bagi sebagian orang menggunakan asuransi jiwa merupakan keputusan yang kurang tepat dan dianggap sebagai pemborosan. Tapi, persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar jika orang tersebut, bisa memilih produk yang tepat dan mengetahui manfaat asuransi jiwa secara keseluruhan.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika menggunakan produk asuransi jiwa. Selain, dapat melindungi seseorang dari peristiwa tak terduga yang merugikan di masa mendatang, asuransi jiwa juga memiliki manfaat lainnya.

Manfaat Asuransi Jiwa bagi Masyarakat

Asuransi jiwa termasuk salah satu produk asuransi yang paling m di Indonesia karena menawarkan jaminan perlindungan yang cukup lengkap dan menarik. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik memilikinya untuk berjaga-jaga dari beberapa risiko yang bisa saja menimpa mereka di kemudian hari.

Berikut ini beberapa manfaat asuransi jiwa yang perlu diketahui sebelum memilih jenis asuransi lain:

1. Memberikan Proteksi dari Risiko Kehilangan Mata Pencaharian

Memberikan-Proteksi-dari-Risiko-Kehilangan-Mata-Pencaharian

Manfaat utama asuransi jiwa, yaitu melindungi tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang tidak bisa diprediksi di masa mendatang.

Sebagai contohnya, seorang kepala keluarga mengalami kecelakaan, lalu meninggal dunia sehingga membuat orang tersebut kehilangan pekerjaan untuk menghidupi keluarganya.

Ketika orang tersebut memiliki asuransi jiwa, maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan atas terjadinya musibah tersebut. Dengan begitu keluarga dari almarhum tetap dapat menjalani hidup tanpa mengalami kekurangan ekonomi.

2. Menjamin Kelangsungan Hidup dan Ekonomi Keluarga

Menjamin-Kelangsungan-Hidup-dan-Ekonomi-Keluarga

Manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat berikutnya, yaitu memberi jaminan perlindungan dari risiko cacat sebagian dan cacat total permanen. Ketika tertanggung mengalami musibah yang membuat dirinya mengalami cacat dan kehilangan pekerjaannya.

Maka perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan yang bisa digunakan oleh tertanggung, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jadi, perusahaan asuransi jiwa akan memberikan 100 persen uang pertanggungan atau sesuai perjanjian polis yang disepakati dengan pihak tertanggung.

Pada umumnya, jumlah uang pertanggungan tersebut akan diberikan perusahaan asuransi jiwa dengan sistem pembayaran sekaligus.

3. Perlindungan dari Risiko Cacat Sebagian atau Cacat Permanen

Perlindungan-dari-Risiko-Cacat-Sebagian-atau-Cacat-Permanen manfaat asuransi jiwa

Manfaat asuransi jiwa kali ini sangat tepat untuk orang-orang yang sangat menyayangi keluarganya. Mereka akan membayangkan bagaimana jadinya ketika ia meninggal, apakah keluarganya akan kesulitan ekonomi? Anak-anaknya tidak bisa menempuh pendidikan tinggi?

Pasti pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu terlintas di kepala orang-orang yang sangat mengutamakan keluarga, khususnya kepala keluarga. Salah satu cara menjamin dan mempersiapkan kelangsungan hidup keluarga di masa mendatang adalah dengan memiliki asuransi jiwa.

Dengan begitu seseorang akan lebih tenang menjalani hidupnya tanpa perlu mengkhawatirkan kehidupan keluarganya sepeninggalnya nanti.

4. Membantu Mengelola Keuangan dengan Baik

Membantu-Mengelola-Keuangan-dengan-Baik

Siapa bilang memiliki asuransi jiwa hanya membuang-buang uang? Justru dengan menggunakan asuransi jiwa orang tersebut akan lebih terbantu dalam mengelola keuangannya.

Mengapa bisa demikian? Karena memiliki asuransi jiwa termasuk dalam salah satu komponen penting dalam melakukan perencanaan keuangan keluarga yang sehat.

Perlindungan yang ditawarkan produk asuransi jiwa akan membuat kondisi finansial sebuah keluarga, menjadi lebih stabil walaupun terjadi risiko-risiko tak terduga di masa mendatang.

5. Mengelola Uang secara Tepat

Mengelola-Uang-secara-Tepat

Manfaat asuransi jiwa selanjutnya adalah membantu seseorang mengalokasikan dana secara tepat untuk masa depannya.

Apabila menjalani gaya hidup yang cenderung boros, asuransi jiwa bisa dijadikan pilihan untuk menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan, dengan membayar premi asuransi secara rutin.

Menggunakan uang untuk membayar premi asuransi akan lebih berguna, dibandingkan menghabiskannya untuk foya-foya yang tidak membawa manfaat.

6. Mencegah Mengalami Kerugian Besar

Mencegah-Mengalami-Kerugian-Besar

Ketika seseorang dapat memilih produk asuransi jiwa terbaik, orang tersebut akan mendapatkan manfaat asuransi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Salah satu manfaat produk asuransi jiwa adalah mencegah kerugian yang lebih besar dari peristiwa tak terduga di masa depan.

Dengan menggunakan asuransi jiwa, orang tersebut dapat meminimalisir risiko kerugian yang lebih besar yang bisa saja menimpa dirinya dan keluarganya suatu hari nanti. Jadi, ketika tertanggung mengalami sakit kronis ia tidak perlu memikirkan biaya pengobatan.

Cukup fokus dengan masa penyembuhan dan pemulihan fisiknya saja, dengan begini kerugian yang diderita tertanggung hanya dari segi kesehatannya saja. Karena biaya pengobatan dan pemulihannya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi jiwa.

7. Memberikan Rasa Tenang Dan Aman

Memberikan-Rasa-Tenang-Dan-Aman manfaat asuransi jiwa

Tidak hanya meminimalisir kerugian, menggunakan produk asuransi jiwa terbaik juga akan mendatangkan rasa tenang dan aman. Seperti yang diketahui bahwa tidak ada hal yang pasti di dunia ini, termasuk dalam hal kesehatan dan umur seseorang.

Dengan memiliki asuransi jiwa sama artinya dengan mempersiapkan diri dan keluarga dari musibah yang bisa saja terjadi di masa depan. Jadi, ketika terjadi suatu kejadian buruk yang merugikan orang tersebut sudah siap menghadapinya, sehingga ia lebih tenang menjalani hidup.

8. Manfaat Tambahan Berupa Investasi

Manfaat-Tambahan-Berupa-Investasi

Manfaat kali ini biasanya hanya terdapat di dalam produk asuransi jiwa unit link, pemegang polis tidak hanya membayar premi untuk asuransi saja.

Tapi, sekaligus mendapatkan manfaat asuransi jiwa berupa investasi, dengan begini uang pertanggungan yang diberikan akan ditambahkan. Dengan keuntungan hasil investasi yang dilakukan perusahaan asuransi tersebut.

9. Melunasi Utang yang Belum Terbayar

Melunasi-Utang-yang-Belum-Terbayar manfaat asuransi jiwa

Ketika seseorang melakukan pengajuan pinjaman dalam jumlah besar, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) atau kendaraan bermotor. Orang tersebut perlu memiliki asuransi jiwa kredit yang dapat menjamin pelunasan utang, jika terjadi musibah ketika pinjaman tertanggung belum lunas.

10. Mempersiapkan Dana Pensiun

Mempersiapkan-Dana-Pensiun

Dengan memilih produk asuransi jiwa terbaik, setiap orang bisa mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Salah satu pilihannya adalah asuransi unit link dan dwiguna yang dapat membantu pemegang polis mengakumulasi dana untuk mempersiapkan pensiun.

Dengan begitu orang-orang dapat menggunakan produk asuransi tersebut untuk menabung dana pensiun dengan cara yang lebih mudah. Serta dengan penawaran manfaat yang lebih menarik dan menguntungkan kedua belah pihak, yakni pihak pemegang polis dan pihak perusahaan penyedia asuransi.

11.  Memastikan Target Biaya Pendidikan Anak Tercapai

Memastikan-Target-Biaya-Pendidikan-Anak-Tercapai

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anak mendapatkan pendidikan yang tinggi agar menjadi orang yang sukses dan membanggakan keluarga. Tapi, masalahnya tidak ada yang tahu sampai kapan orang tua bisa sanggup membiayai pendidikan anak-anaknya.

Untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan yang membuat para orang tua khawatir mengenai nasib pendidikan anak-anaknya.

Menggunakan produk asuransi jiwa terbaik bisa menjadi solusi yang tepat, karena ahli waris atau keluarga akan mendapat uang pertanggungan dari untuk biaya pendidikan anak-anaknya di masa depan.

12. Memastikan Biaya Merawat Orang Tua yang Sudah Pensiun

Memastikan-Biaya-Merawat-Orang-Tua-yang-Sudah-Pensiun manfaat asuransi jiwa

Tidak hanya untuk menanggung masa depan anak, asuransi jiwa juga berguna untuk membiayai orang tua yang. Contohnya, ketika seseorang mengalami musibah yang membuatnya kehilangan mata pencaharian untuk menghidupi orang tuanya.

Maka uang pertanggungan dari perusahaan asuransi dapat digunakan untuk membiayai hidup orang tua yang sudah pensiun tersebut.

Dari penjelasan tentang manfaat asuransi jiwa di atas bisa dilihat bahwa asuransi jiwa memiliki banyak kelebihan yang sangat berguna bagi setiap orang. Jadi, memiliki asuransi jiwa merupakan sebuah hal yang penting bagi orang-orang yang ingin mempersiapkan masa depan dengan matang.

Leave a Comment

x