Tips Merancang Modal Nikah 50 Juta, Super Hemat!

Pernikahan adalah satu hal penting dalam hidup seseorang. Untuk itu perlu modal dan persiapan yang matang dari pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Saran modal nikah 50 juta berikut ini akan sangat membantu rencana pernikahan dengan modal sedikit namun acara yang tetap sakral.

Jika pandai mengatur kebutuhan pernikahan, maka tidak perlu modal banyak untuk mewujudkan hajat tersebut. Misalnya, cukup utamakan keperluan primer dan mengundang kerabat yang paling dekat saja, ini akan cukup membantu meminimalisir modal untuk acara pernikahan.

Tips Merancang Modal Nikah 50 Juta Beserta Triknya

1. Perkirakan Apa Saja Kebutuhan Pernikahan

Ini merupakan tahap awal untuk merencanakan pernikahan. Terlebih dahulu mengetahui apa saja keperluan pernikahan yang amat penting yang tidak boleh dilewatkan untuk acara pernikahan tersebut. Membuat daftar kelengkapan akan membantu untuk memilah apa saja yang dibutuhkan.

Ada beberapa kelengkapan pernikahan yang bisa mencakup modal nikah 50 juta. Berikut penjelasannya:

Administrasi

Administrasi pernikahan biasanya dilakukan di KUA. Setelah semua syarat administrasi terpenuhi dan diberi izin melangsungkan pernikahan, maka ada beberapa pilihan yang dapat diambil.

Jika mengadakan akad nikah di KUA, biasanya tidak perlu membayar biaya administrasi kecuali pada hari libur dan akhir pekan. Melangsungkan pernikahan di luar KUA pun juga harus membayar biaya administrasi.

Biaya tambahan yang diperlukan adalah biaya untuk penghulu. Namun, biaya ini dapat dibayarkan dengan jumlah sukarela sebagai tanda terima kasih. Pada umumnya biaya administrasi ini dialokasikan sebanyak 1 juta rupiah.

Sewa Gedung dan Dekorasi

Jika rumah tidak memungkinkan sebagai lokasi pernikahan, maka jauh sebelum hari pernikahan sebaiknya dilakukan survei dan pemilihan gedung dengan harga yang murah dan strategis.

Untuk menghemat biaya, pilihan gedung hotel dapat diganti dengan aula pertemuan di daerah setempat ataupun ruang serbaguna. Ini akan menekan biaya modal nikah 50 juta yang dikeluarkan untuk menyewa gedung.

Dekorasi yang dipilih sebaiknya dekorasi sederhana namun tetap menarik dan terkesan mewah. Untuk info lebih lengkapnya bisa diikuti beberapa vendor dekorasi pernikahan di media sosial. Untuk anggaran dana yang bisa digunakan untuk sewa gedung dan dekorasi adalah kisaran 8 juta.

Catering dan Menu Makanan

Catering-dan-Menu-Makanan

Inti dari acara pernikahan adalah jamuan makanan yang diberikan untuk tamu undangan. Alokasi dana untuk catering ini biasanya cukup besar sehingga perlu diperhatikan jumlah tamu undangan dan jumlah porsi makanan yang akan dipesan lewat catering.

Mencari tahu info catering lewat media sosial ataupun kerabat yang sudah pernah memesan catering bisa menjadi saran untuk persiapan pernikahan yang akan diadakan. Biasanya untuk satu porsi makanan yang ditawarkan oleh pihak catering adalah Rp30-50 ribu.

Untuk menghemat dana, bisa diambil solusi untuk menyediakan makanan yang dibuat sendiri. Ini akan mengurangi alokasi dana untuk biaya memesan makanan lewat catering.

Jumlah tamu juga akan mempengaruhi pengeluaran yang dibutuhkan untuk pemesanan makanan lewat catering. Estimasi dana untuk catering ini bisa diambil pada kisaran Rp20 juta, kemudian sesuaikan dengan jumlah tamu undangan yang akan datang.

Wardrobe dan Tata Rias

Wardrobe-dan-Tata-Rias modal nikah 50 juta

Konsep pernikahan yang sederhana bisa disesuaikan dengan busana/wardrobe yang akan dikenakan, begitu juga dengan tata riasnya. Untuk pernikahan sederhana bisa menggunakan cukup dua busana, satu untuk akad nikah dan satu lagi untuk resepsi pernikahan.

Ini akan membantu menghemat biaya yang dikeluarkan untuk busana dan tata rias ini. Biasanya, jasa tata rias bisa langsung menyediakan baju sewaan untuk pernikahan. Sangat disarankan untuk mencari jasa tata rias yang langsung menyediakan baju sewaan.

Karena biasanya akan ada potongan harga atau paket pernikahan yang tentunya akan lebih murah dibandingkan menyewa jasa tersebut secara terpisah. Alokasi dana untuk keperluan pernikahan ini biasanya berkisar antara harga Rp5-6 juta.

Undangan dan Souvenir (Cenderamata)

Undangan-dan-Souvenir-CenderamataUndangan-dan-Souvenir-Cenderamata

Untuk perlengkapan ini biasanya juga tersedia dalam satu vendor. Bisa disesuaikan jumlah undangan jumlah souvenir yang akan disediakan.

Undangan yang dipesan sebaiknya tidak terlalu banyak memakan kertas. Misalnya cukup dengan lembaran kertas lipat dan desain yang unik akan membuat menarik undangan yang akan disebar.

Begitu juga dengan souvenir. Pilihlah souvenir yang bermanfaat namun harganya murah sehingga dapat menekan biaya pernikahan, dan cukup untuk modal nikah 50 juta. Dana yang dibutuhkan untuk keperluan pernikahan ini berkisar Rp2 juta sampai Rp3 juta.

Mahar dan Cincin Pernikahan

Mahar-dan-Cincin-Pernikahan modal nikah 50 juta

Untuk keperluan pernikahan ini biasanya bisa dialokasikan dana sebesar Rp10 juta. Mahar cukup dicari mahar yang sederhana seperti seperangkat alat sholat. Cincin yang digunakan sebagai cincin pernikahan cukup cincin dengan kualitas bagus dan desain cincin yang sederhana namun tetap elegan.

Dokumentasi

Dokumentasi

Mengabadikan momen pernikahan merupakan salah satu hal wajib. Ini berguna untuk menyimpan semua rangkaian acara pernikahan, potret bahagia kedua mempelai, dan mengabadikan setiap momen yang terjadi saat pernikahan.

Mencari jasa dokumentasi dengan harga yang murah bisa dilakukan dengan survei akun media sosial dari jasa dokumentasi dan melakukan tanya jawab dan negosiasi jika diperlukan. Biasanya dana yang dibutuhkan untuk dokumentasi adalah Rp6 juta.

Hiburan

Hiburan

Mulai dari MC hingga musik juga bisa didapatkan dari satu vendor yang sama. Alternatif untuk mencari vendor yang menyediakan paket keperluan pernikahan lebih dari satu menjadi solusi untuk menghemat biaya pernikahan. Karena harga yang ditawarkan akan lebih murah.

Cukup gunakan jasa yang menyediakan hiburan sederhana namun mempunyai kualitas yang tinggi. Anggaran dana yang dikeluarkan untuk keperluan pernikahan ini adalah Rp2-4 juta.

2. Memilih Jasa yang Menyediakan Paket Pernikahan

Memilih-Jasa-yang-Menyediakan-Paket-Pernikahan

Jasa yang menyediakan paket pernikahan biasanya akan menawarkan harga yang lebih murah daripada menyewa jasa secara terpisah. Ini akan membantu menurunkan anggaran dana sehingga untuk modal nikah Rp50 juta akan terpenuhi.

3. Banyak Melalukan Survei dan Tanya Jawab

Banyak-Melalukan-Survei-dan-Tanya-Jawab modal nikah 50 juta

Ini sangat berguna untuk memilih vendor pernikahan, patokan jumlah tamu yang diundang, dan bayangan keperluan pernikahan lainnya yang diperlukan. Pengalaman dari orang yang sudah pernah mengadakan acara pernikahan akan sangat dibutuhkan.

Berbagi informasi dengan orang yang sudah pernah menikah akan memberikan gambaran untuk rencana pernikahan yang akan diadakan.

4. Mulai Menabung Jauh Sebelum Rencana Pernikahan

Mulai-Menabung-Jauh-Sebelum-Rencana-Pernikahan

Tabungan yang harus disiapkan untuk modal nikah tentunya harus melebihi Rp50 juta. Ini bertujuan untuk mengatasi kebutuhan mendadak yang dibutuhkan saat persiapan acara.

Kemudian jika tabungan sudah tercukupi, maka bisa menghindari adanya utang ataupun cicilan yang akan dipenuhi. Sebaiknya segala pembayaran dibayar tunai secara langsung untuk menghindari masalah yang timbul akibat perutangan.

Jika ada tabungan lebih maka dana tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk modal membangun tempat tinggal atau rencana lain yang akan dilakukan setelah menikah.

Saran modal nikah 50 juta di atas bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengadakan acara pernikahan dengan modal yang tidak terlalu tinggi. Tidak perlu dana yang banyak untuk mengadakan acara pernikahan jika pandai mengatur keuangan.

Leave a Comment

x