Yuk Intip Simulasi Leasing Mobil Bekas dan Perhitungannya

Memiliki mobil sebagai transportasi utama akan menghindari diri dari hujan dan aman untuk dipakai dalam perjalanan jauh. Namun, harga mobil yang mahal menjadi permasalahan utama kebanyakan orang. Simulasi leasing mobil bekas dapat membantu untuk memiliki mobil tanpa menunggu lama!

Leasing mobil bekas merupakan solusi efektif untuk bisa memiliki mobil impian yang dilakukan secara kredit. Leasing mobil ini sudah banyak diterapkan oleh banyak orang, lho. Bahkan di jaman sekarang, sudah cukup jarang orang membeli mobil secara tunai. Gimana sih simulasi leasing mobil bekas?

Apa itu leasing mobil bekas?

Apa-itu-leasing-mobil-bekas

Seperti yang telah diketahui, leasing mobil bekas adalah suatu perusahaan yang dapat membantu seseorang untuk memiliki mobil bekas dengan cara mendanai atau menyewakan. Seseorang bisa mendapatkan mobil tersebut secara kredit dengan melunasinya pada jangka waktu yang ditentukan.

Pada leasing mobil bekas biasanya jangka waktu pelunasan ditentukan berdasarkan kesepakan pengguna jasa. Untuk masa dewa mobil biasanya berkisar antara 1-5 tahun. Namun pengguna jasa juga harus mempersiapkan biaya perbaikan mobil yang jika sewaktu-waktu dapat bermasalah.

Bagaimana cara kerja perusahaan leasing mobil bekas?

Bagaimana-cara-kerja-perusahaan-leasing-mobil-bekas

Pengguna jasa harus menyetujui persyaratan yang diberikan dalam pengajuan pembiayaan sebelum akhirnya perusahaan akan menawarkan tenor pembayaran kredit berkisar antara 1-3 tahun. Setelah itu, pengguna jasa yang menyetujui dapat langsung membawa mobil bekas yang dibeli.

Tak hanya biaya pelunasan kredit, ada biaya lain yang harus pengguna siapkan diantaranya adalah biaya administrasi, angsuran asuransi mobil bekas, bunga senilai 6-8% serta pembayaran pokok pinjaman sekitar 20-30%. Jangan salah, angka tersebut sudah ditetapkan oleh OJK, lho!

Untuk melalukan kredit mobil, pengguna harus sudah siapkan akan resiko terburuk jika pembayaran kredit macet di tengah jalan. Kira-kira apa yang terjadi? Ya, perusahaan leasing akan menyita mobil bekas tersebut. Maka dari itu, pengguna harus menyiapkan simulasi leasing mobil bekas dahulu.

Apa saja syarat leasing mobil bekas?

Apa-saja-syarat-leasing-mobil-bekas

Mengajukan kredit mobil bekas tentu harus ada persyaratan yang dipenuhi. Namun, tidak memakan banyak waktu hingga pengguna bisa membawa mobil bekas tersebut untuk mengajak jalan-jalan orang tercinta tanpa takut kepanasan dan kehujanan dengan simulasi leasing mobil bekas.

Perhatikan syarat-syarat berikut sebelum datang ke perusahaan leasing mobil bekas:

  1. Pengguna minimal berusia 21 
  2. Untuk dapat menggunakan KTP pribadi, pengguna harus berstatus sudah pernah menikah. Jika pengguna masih lajang, wajib melampirkan KTP orangtua.
  3. Lampirkan Kartu Keluarga
  4. Lampirkan bukti kepemilikan rumah seperti tagihan listrik, tagihan telepon atau PBB.
  5. Sertakan bukti bahwa pengguna memiliki pekerjaan.
  6. Apabila pengguna mengatasnamakan perusahaan, sertakan bukti daftar perusahaan besera surat izin usaha dan perdagangan.
  7. Lampirkan slip gaji selama 3 bulan terakhir.
  8. Lampirkan laporan mutasi rekening selama 3 bulan terakhir.
  9. Sertakan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak.
  10. Maksimal usia saat pelunasan kredit adalah 55 tahun.

Bagaimana keuntungan dan kerugian leasing mobil bekas?

Bagaimana-keuntungan-dan-kerugian-leasing-mobil-bekas

Memilih menggunakan jasa leasing mobil bekas akan memudahkan proses pembelian mobil tanpa harus menunggu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan. Melalui proses yang mudah dan cepat, tenor pelunasan kredit yang diberikan juga cukup panjang.

Selain itu, banyak pilihan mobil yang bisa dipilih oleh pengguna karena rata-rata perusahaan bekerja sama dengan berbagai dealer mobil. Wah, kira-kira mobil seperti apa yang sekarang ada di dalam pikiran?

Namun tak bisa dipungkiri, menggunakan jasa leasing mobil harus siap dengan bunga yang tinggi mengakibatkan pengguna memiliki beban angsuran cukup besar. Keterlambatan dalam pembayaran cicilan juga akan berpengaruh pada besarnya denda yang dikeluarkan.

Pengguna yang tidak bisa membayar dalam kurun waktu 2 bulan berturut-turut harus siap dengan penyitaan mobil bekas yang dilakukan perusahaan. Selain itu, pengguna tidak bisa melunasi sebelum masa cicilan berakhir karena akan dikenakan penalti, lho.

Hal yang harus diperhatikan saat leasing mobil bekas

Hal-yang-harus-diperhatikan

Walaupun ada keinginan memiliki mobil yang tinggi, namun jangan terburu-buru membeli tanpa memerhatikan hal penting yang bisa berdampak besar kedepannya. 

Pilihlah perusahaan leasing mobil bekas terkenal dan terpercaya. Manfaatkan privilege dalam memilih mobil bekas, pilihlah mobil dengan peminat yang tinggi karena akan memudahkan pengguna dalam menjualnya kembali saat mobil tersebut sudah lunas. 

Ingat, jangan menunda-nunda dalam membayar cicilan karena berdampak pada biaya denda yang semakin membuat kantong seret. Terakhir, rawatlah mobil tersebut sebaik mungkin untuk meminimalisir biaya perbaikan kerusakan. Jangan sampai menyesal, lho!

Simulasi leasing mobil bekas

mobil-bekas

Supaya tidak bingung dan menambah pemahaman sebelum membeli mobil secara kredit, berikut merupakan ilustrasi simulasi leasing mobil bekas yang akan membuat pengguna lebih yakin menentukan pilihan.

Mas Tomi mengajukan leasing mobil bekas dengan mematok harga Rp. 150 juta. Uang muka yang harus dibayarkan adalah sebesar 20% yaitu Rp. 30 juta. Jika bunga yang harus dibayarkan adalah sebesar 6% per tahun dengan biaya administrasi sebesar Rp. 40 ribu dan biaya polis asuransi sebesar Rp. 700 ribu, berikut merupakan cicilan yang harus dibayarkan:

 1 Tahun2 Tahun3 Tahun4 Tahun5 Tahun
Uang MukaRp. 30 jutaRp. 30 jutaRp. 30 jutaRp. 30 jutaRp. 30 juta
AdministrasiRp. 40 ribuRp. 40 ribuRp. 40 ribuRp. 40 ribuRp. 40 ribu
Polis AsuransiRp. 700 ribuRp. 700 ribuRp. 700 ribuRp. 700 ribuRp. 700 ribu
CicilanRp. 10,6 jutaRp. 5,6 jutaRp. 3,93 jutaRp. 3,1 jutaRp. 2,6 juta

Melalui simulasi leasing mobil bekas tersebut, Mas Tomi bisa menyesuaikan tempo waktu pembayaran cicilan sesuai penghasilannya setiap bulan agar kedepannya, cicilan tersebut justru tidak menjadi beban finansial.

Perusahaan leasing juga menjadi tolak ukur kemudahan dan keamanan pengguna dalam membeli mobil bekas secara kredit. Tak sedikit perusahaan mewajibkan persyaratan yang justru dapat sedikit menghambat. Khususnya perusahaan ilegal, keamanan di dalamnya tidak ada yang menjamin, lho.

Diantara banyaknya perusahaan leasing mobil, yang paling terkenal dan bisa dijadikan referensi untuk dipilih adalah Adira Finance, BFI Finance, WOM Finance, Astra Credit Company, juga BCA Finance. Kelima perusahaan tersebut aman dan terpercaya karena sudah terdaftar OJK.

Setelah mengetahui keuntungan dan resiko dalam leasing mobil bekas dan menganalisis hasil simulasi leasing mobil bekas, tentunya sudah tidak bingung lagi untuk menentukan membeli mobil secara tunai atau kredit kan? 

Walaupun mobil bekas namun kebutuhan tersebut masih masuk ke dalam kebutuhan tersier dengan harga yang mahal pula. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas secara kredit, pastikan pengguna menjamin terpenuhinya kebutuhan primer dalam jangka waktu bertahun-tahun ke depan.

Jadi, sudah siapkah membawa orang tersayang jalan-jalan dengan mobil impian? Yuk, mulai pilih leasing mobil yang nyaman di hati juga di dompet!

Leave a Comment

x