3 Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik dan Contohnya

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik – Iklan, apapun jenisnya, bertujuan untuk membuat masyarakat mengenal suatu produk atau jasa yang tersedia. Iklan juga bersifat persuasif atau mampu mengajak target untuk bertindak. Tapi, ada beberapa perbedaan iklan media cetak dan elektronik yang sebaiknya dipahami.

Iklan bisa dipasang di media cetak serta bisa disebarkan melalui media elektronik.

Meskipun medianya berbeda, kedua jenis iklan tersebut mempunyai peranan penting dalam mempromosikan atau memasarkan suatu produk sehingga masyarakat bisa mengenali dan tergerak untuk membeli.

Pengertian Iklan Media Cetak dan Elektronik

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik Pengertian-Iklan-Media-Elektronik

Pengertian Iklan Media Cetak

Iklan media cetak merupakan suatu jenis iklan yang dibuat dengan cara menggunakan berbagai media cetak, misalnya tabloid, koran, brosur, majalah, dan lain sebagainya.

Semua iklan yang harus melewati proses pencetakan termasuk dalam kategori iklan media cetak.

Iklan media cetak bisa ditemukan di berbagai lokasi. Misalnya, spanduk, poster, dan brosur yang termasuk iklan media cetak bisa dilihat dengan mudah di jalanan karena biasanya ditempelkan di tembok-tembok atau dibagikan langsung ke orang-orang.

Iklan media cetak biasanya mempromosikan jasa, produk tertentu, acara, sosialisasi, atau informasi untuk dibaca dan diikuti oleh masyarakat yang membacanya.

Pengertian Iklan Media Elektronik

Sebelum memahami perbedaan iklan media cetak dan elektronik lebih jauh, pahami juga pengertian dari iklan media elektronik.

Iklan media elektronik merupakan suatu iklan yang memanfaatkan penggunaan elektronik sehingga para pengguna bisa mengakses konten iklan dengan berbagai cara.

Media elektronik yang digunakan untuk menyediakan iklan sendiri terbagi dalam dua jenis berbeda, yaitu media digital dan media analog. Saat ini, media elektronik yang paling sering digunakan untuk menampilkan iklan adalah media digital.

Iklan media elektronik merupakan jenis reklame atau iklan yang disebarkan, dipublikasikan, atau disiarkan melalui berbagai media elektronik seperti internet, radio, atau televisi.

Berbagai Contoh Iklan Media Cetak

Agar bisa lebih memahami tentang iklan media cetak, pahami berbagai contoh iklan yang disebarkan dengan menggunakan media cetak.

Iklan media cetak adalah jenis iklan yang usianya lebih lama dibandingkan dengan iklan media elektronik. Beberapa contoh iklan jenis ini antara lain:

1. Iklan kolom di berbagai surat kabar

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik Iklan-kolom-di-berbagai-surat-kabar

Surat kabar adalah media yang paling sering digunakan untuk menampilkan iklan media cetak.

Iklan yang ditampilkan di berbagai surat kabar dikenal dengan nama iklan kolom karena memang iklan tersebut diletakkan di beberapa kolom dalam surat kabar dan mempunyai warna hitam putih.

Berbagai perusahaan berusaha untuk membuat iklan kolom yang sangat menarik dengan cara menampilkan desain dan gambar yang berpadu secara persuasif.

Dengan begitu para pembaca pun akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian produk yang diiklankan.

2. Iklan brosur

Iklan-brosur

Salah satu perbedaan iklan media cetak dan elektronik adalah iklan media cetak bisa disentuh dan digenggam dengan tangan.

Contohnya adalah brosur yang mempunyai beberapa halaman dan fungsinya adalah menampilkan berbagai informasi yang terperinci dan lengkap.

Brosur bisa dibuat dalam berbagai ukuran, mulai dari A6 sampai A4. Ukuran brosur juga bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

Brosur biasanya disebarkan di berbagai tempat yang potensial sehingga semakin banyak orang akan mendapatkan iklan tersebut.

3. Iklan spanduk

Iklan-spanduk

Iklan media cetak berikutnya adalah iklan spanduk yang dibuat dalam bentuk horizontal dan ukuran yang panjang.

Biasanya, jenis iklan yang satu ini dipasang di jalanan sehingga banyak orang yang melintas bisa melihat iklan tersebut dengan lebih mudah.

Ukuran iklan spanduk sendiri sangat bervariasi. Ada yang berukuran 100 x 700 cm, 115×500 cm, 90×500 cm, dan 90 x 600 cm.

Ukuran iklan media cetak ini juga bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Selain dipasang di jalan, ada yang memasang spanduk di depan toko atau tempat usaha.

4. Iklan flyer

Iklan-flyer

Jenis iklan media cetak yang lain adalah iklan flyer. Flyer sebenarnya mirip dengan brosur.

Yang membedakan flyer dan brosur adalah jumlah halamannya. Brosur biasanya mempunyai beberapa halaman tapi flyer hanya mempunyai satu halaman saja.

Cara mengiklankan flyer dan brosur tidak ada bedanya. Flyer seringkali dibagikan di berbagai tempat yang ramai sehingga bisa lebih menarik perhatian banyak orang.

Ukuran flyer juga bervariasi dan biasanya memuat informasi tertulis dan gambar yang menarik.

Contoh Iklan Media Elektronik

Sebelum mencari tahu lebih banyak tentang perbedaan iklan media cetak dan elektronik, ketahui beberapa contoh iklan media elektronik terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa contoh iklan media elektronik:

1. Iklan di marketplace

Iklan-di-marketplace

Ada banyak sekali iklan yang bisa ditemukan di marketplace dan bisa diakses di smartphone dan PC atau laptop.

Iklan di marketplace menggabungkan gambar, informasi berupa tulisan, dan beberapa iklan bahkan menggunakan video agar mampu menarik lebih banyak orang untuk membeli.

2. Iklan di berbagai siaran radio

Iklan-di-berbagai-siaran-radio

Jenis iklan elektronik yang satu ini hanya menggunakan audio atau suara untuk menarik pembeli.

Iklan yang disebarkan melalui siaran radio harus dibuat dengan lebih kreatif sehingga bisa membuat para pendengarnya membayangkan seperti apa produk yang ditawarkan dan tertarik untuk membeli.

3. Iklan yang disebarkan di televisi

Iklan-yang-disebarkan-di-televisi

Selanjutnya ada iklan elektronik yang ditayangkan di berbagai saluran televisi. Iklan ini mengkombinasikan suara dan video dan biasanya mempunyai durasi yang singkat tapi ditayangkan berulang kali.

Cara ini terbukti efektif untuk membuat penonton mengingat iklan yang ditayangkan.

4. Iklan videotron

Iklan-videotron

Iklan elektronik juga bisa ditampilkan di jalanan dengan memanfaatkan teknologi videotron. Iklan jenis ini menampilkan video dan biasanya tidak disertai dengan suara.

Biasanya, videotron diletakkan di dekat lampu lalu lintas sehingga pengendara yang berhenti bisa melihat iklan yang berdurasi panjang. 

3 Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik

Beberapa-Perbedaan-Iklan-Media-Cetak-dan-Elektronik

Berdasarkan pengertian serta contoh-contohnya, bisa dilihat beberapa perbedaan antara iklan yang dibuat di media cetak dengan iklan yang disebarkan dengan menggunakan media elektronik.

Beberapa perbedaannya antara lain:

Iklan Media CetakIklan Media Elektronik
Bisa dilihat dan dibaca kapan saja dan berulang kali karena bisa dibawa pulang dan dilihat lagi. Contohnya adalah iklan flyer dan brosur.Hanya bisa dilihat sekilas saja dan pada waktu iklan ditayangkan, contohnya adalah iklan di televisi atau iklan di radio.
Hanya bisa ditangkap dengan indera penglihatan saja karena hanya menampilkan tulisan dan gambar.Bisa ditangkap dengan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus karena merupakan iklan audio visual dengan gambar dan suara.
Hanya menggunakan gambar yang tidak bergerak serta tidak ada tambahan suara.Menggunakan gambar yang bergerak serta tambahan suara yang bisa membuat iklan tampak semakin menarik.
Penggunaan kalimatnya terbatas karena ukuran media cetaknya juga terbatas sehingga informasi yang ditampilkan harus padat dan singkat.Bisa menampilkan informasi yang cukup panjang karena tidak dibatasi oleh media cetak.

Perbedaan iklan media cetak dan elektronik yang paling utama adalah media yang digunakan untuk menyebarkan iklan tersebut.

Selain itu, perbedaan juga terletak pada tampilan iklan dan informasi yang disampaikan. Tapi tujuan iklan tetap sama, yaitu menarik orang yang melihat untuk membeli.

Leave a Comment