4 Cara Membangun Rumah Modal 50 Juta dengan Desainnya

Rumah modal 50 juta bagimana caranya? Punya rumah impian adalah keinginan semua orang dan punya rumah impian dengan budget yang diharapkan merupakan kebahagiaan yang tidak terukur.

Membangun rumah sudah dikategorikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai semua orang. Tapi itu tergantung dari usaha masing-masing kapan ingin mewujudkannya. Seseorang sering tersendat bahkan gagal untuk memiliki rumah sendiri dikarenakan biayanya.

Pernahkah terpikirkan bahwa untuk membangun rumah sebenarnya tidak selalu dengan biaya yang melambung tingginya. Hal itu bisa diakali dengan berbagai cara yang tidak semua orang bahkan menyadarinya.

Cara Membuat Rumah Modal 50 Juta

1. Desain Terlebih Dahulu Rumah yang Diinginkan

Desain-Terlebih-Dahulu-Rumah-yang-Diinginkan

Kenapa harus kita yang desain rumahnya? Hal ini dilakukan tujuannya agar menghemat biaya. Kegiatan ini mesti dilakukan dari awal perencanaan sampai pengerjaan rumah nantinya. Jika menggunakan jasa desain, maka akan merogoh kocek sekian rupiah lagi.

Makanya butuh perencanaan yang matang dulu mulai dari desain rumah yang diinginkan sejak awal. Untuk budget rumah modal 50 juta ini bisa menggunakan desain rumah minimalis namun tetap terkesan modern.

Desain rumah seperti ini jadi pilihan beberapa orang untuk budget minim. Selain karena tidak banyak membutuhkan ruang yang akan dibangun, rumah desain ini cocok ditinggali bagi mereka yang baru berumah tangga juga.

2. Pilih Material Bangunan yang Murah

Pilih-Material-Bangunan-yang-Murah Rumah modal 50 juta

Material bangunan rumah merupakan hal terpenting dipikirkan saat ingin membangun rumah 50 juta. Kenapa begitu? Karena dibagian inilah sebenarnya banyak menghabiskan biaya untuk pembangunan rumah.

Material yang digunakan tidak harus dengan kelas satu. Tapi yang penting memiliki kualitas yang bagus. Material seperti sangat banyak pilihannya. Jadi tergantung seseorang cermat dalam memilih material untuk rumah yang akan mereka bangun.

Berikut akan dibahas satu-satu untuk material bangunan, yaitu:

  1. Pertama, dinding rumah. Anda bisa menggunakan batu bata saja untuk membangun dinding rumah ini dengan di-aci/plester. Dinding jenis ini sudah jelas tahan dan tidak akan jebol.
  2. Untuk sekat ruangan bisa menggunakan kayu atau beberapa perabot yang memungkinkan untuk dijadikan sekat. Contohnya rak buku. Buatlah desain rak buku dengan menggunakan kayu. Penataan rumah rumah juga akan lebih aesthetic jika pandai menata rumah seperti ini.
  3. Atap rumah. Material yang bisa digunakan untuk menghemat biaya yaitu baja ringan. Baja ringan juga tidak kalah kokoh jika dibandingkan dengan kayu. Bisa juga menggunakan galvalum, tapi harus dilengkapi dengan peredam agar tidak berisik saat turun hujan.

3. Tipe Rumah yang Sesuai

Tipe-Rumah-yang-Sesuai

Nah, tipe rumah juga jadi penentu untuk membangun rumah dengan modal 50 juta. Bicara soal tipe rumah berarti sama dengan bicara luas lahan yang sesuai. Untuk rumah dengan budget minim ini tidak perlu lahan yang luar biasa luas. Malah akan makan banyak biaya.

Lahan sempit pun bisa disulap sedemikian rupa agar pas memenuhi target. Tipe rumah 21, 33, dan 36 adalah pilihannya. Anda pun bisa mendesain dengan 2 lantai jika mau. Dalam hal ini diperlukan kreatifitas yang matang juga untuk membangun rumah.

Bisa dibayangkan dengan tipe 21, 33, dan 36 yang tidak terlalu besar namun bisa memenuhi seluruh kebutuhan ruangan yang diperlukan keluarga nantinya. Ruangan ini bisa juga dibuat multifungsi. 

Misalnya ruang keluarga merangkap menjadi ruang tamu juga dan ruang makan merangkap jadi dapur. Hal ini yang diperlukan untuk membangun rumah modal 50 juta.

4. Gunakan Jasa Tukang Profesional

Gunakan-Jasa-Tukang-Profesional

Anda bisa menggunakan jasa tukang yang telah direkomendasikan banyak orang dengan melakukan negosiasi terlebih dahulu. Jasa tukang yang digunakan juga bisa dengan jasa tukang borongan atau rekomendasi orang terdekat.

Dengan begitu, akan sangat menekan biaya pada tahap ini. Jika dibandingkan dengan menggunakan jasa kontraktor, maka akan lebih menang jauh menggunakan jasa tukang profesional ini.

Desain Rumah Modal 50 Juta

Setelah membahas tips yang bisa dilakukan untuk menekan biaya rincian rumah, sekarang kita bahas desain yang cocok untuk rumah dengan modal 50 juta ini.

1. Desain Rumah Minimalis Namun Tetap Modern

Desain-Rumah-Minimalis-Namun-Tetap-Modern Rumah modal 50 juta

Desain rumah pertama yang bisa jadi pilihan adalah desain rumah minimalis yang sederhana. Konsep rumah minimalis sebenarnya tidak melulu harus serba minim semuanya. Tapi sebenarnya yang dipakai pada konsep ini adalah keahlian dalam memanfaatkan ruangan.

Rumah minimalis akan jauh lebih sedikit membutuhkan pintu dan ventilasi. Hal ini karena bangunan rumah minimalis juga yang sangat hemat tempat.

2. Desain Rumah yang Tumbuh

Desain-Rumah-yang-Tumbuh

Kenapa namanya rumah tumbuh? Hal ini karena bangunan rumah sendiri dibangun bertahap seolah-olah tumbuh dari hari ke hari. Anda bisa awali dengan membangun sampai ruang tamu dan kamar dulu pada tahap awal.

Lalu disusul dengan kamar mandi dan dapur untuk tahap berikutnya. Konsep desain rumah seperti ini jauh lebih menghemat biaya karena dibangun bertahap dan disesuaikan dengan kondisi budget saat itu.

3. Desain Rumah Berbentuk Balok

Rumah dengan desain balok cukup terkesan unik namun tidak kalah aesthetic dengan rumah desain mewah. Desain seperti ini akan jauh lebih hemat tempat dan cocok dibangun di daerah tropis. Rumah akan terasa lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.

Mungkin akan terbayang rumah balok yang biasa saja bentuknya. Tapi sebenarnya banyak referensi dalam membangun rumah balok yang cukup aesthetic. Tentu juga dengan memperhatikan bahan yang digunakan untuk membangun rumah modal 50 juta ini.

4. Desain Rumah Mezzanine

Desain-Rumah-Mezzanine Rumah modal 50 juta

Mungkin rumah dengan desain ini masih kurang familiar terdengar di telinga. Tapi pernahkah Anda melihat rumah satu lantai dari luar, tapi ternyata di dalam rumah ada dua lantai? Rumah seperti ini dinamakan rumah mezzanine.

Konsep yang memanfaatkan satu lantai untuk menambah lantai tambahan. Rumah dengan konsep mezzanine akan terlihat mewah dan aesthetic tentunya. Lantai tambahan yang dibuat tidak terbatas untuk satu jenis ruang saja.

Malah bisa dijadikan dengan beberapa konsep tambahan ruangan menarik lainnya. Seperti ruang kerja, ruang belajar, kamar tamu, ruang keluarga atau ruang bermain anak. Kalau dipikir lagi mau dijadikan apa, pasti tidak akan ada habisnya.

Apalagi bagi mereka yang punya banyak ide dengan konsep rumah. Hal seperti itu akan menjadi kegiatan paling menyenangkan sekaligus menguji kreatifitas kita dalam hal membangun rumah. Bukan hanya sekedar membayangkan desainnya saja.

Konsep yang sudah direncanakan sematang mungkin dari awal akan memberikan hasil terbaik juga untuk membuat rumah modal 50 juta ini. Terlepas dari besarnya biaya yang digunakan. Masalah biaya kembali lagi pada kepandaian seseorang menggunakan tips dan trik diatas saat membangun rumah. 

Tips yang sudah dipaparkan di atas semata-mata bukan hanya tips saja. Hal tersebut sudah banyak diterapkan oleh kebanyakan orang.

Model desain rumah tersebut juga bisa jadi inspirasi untuk membangun rumah dengan budget yang tidak terlalu mencekik. Hal yang paling dibutuhkan adalah kreatifitas.

Leave a Comment

x